Facial Steam Untuk Kulit Cantik Bebas Jerawat? Begini Caranya!


Cara melakukan facial steaming DIY untuk wajah bebas jerawat. Facial steaming itu apa sih? Pertanyaan itu yang ada di otak saya saat pertama kali mengenal jenis perawatan wajah yang satu ini. Anehnya, cara melakukan perawatan steam wajah ini belum banyak yang tahu. Padahal bisa bikin kulit jadi kinclong lho. Kepoin terus!

Facial steam adalah sebuah proses perawatan kulit yang memanfaatkan uap air panas. Cara ini ternyata tidak hanya bisa dilakukan di klinik perawatan kecantikan dan salon. Salah satu teknik perawatan wajah yang satu ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Asyik!

Steaming ini sendiri memiliki berbagai macam manfaat untuk kecantikan kulit. Penasaran kan dengan apa saja manfaat steam wajah untuk kulit? Baca terus!


1. Membuka Pori
What??? Berarti nanti pori-pori wajah jadi terbuka dan besar-besar dong? Hehe... Tenang dulu sis. Kita simak penjelasannya terlebih dahulu ya. 

Kulit wajah manusia memiliki pori dengan ukuran mikroskopis di seluruh permukaannya. Fungsi dari pori tersebut yaitu untuk sarana pembuangan kotoran, keringat, serta pernafasan kulit. Yups, kulit juga butuh bernafas.

Saat permukaan wajah bertemu dengan suhu panas dari uap air maka pori-pori akan membuka. Kondisi tersebut akan membantu Anda untuk membersihkan kulit dengan lebih sempurna. Bukan hanya di lapisan atasnya saja melainkan hingga ke lapisan epidermis yang terletak di bawahnya.

2. Membuat Kulit Bersih Sempurna
Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya. Pori yang terbuka akan memudahkan Anda dalam membersihkan kotoran di kulit. Itulah mengapa facial steam sangat membantu untuk Anda yang ingin mempercantik kulit.

Melakukannya secara rutin di setiap rangkaian perawatan kulit harian akan membantu Anda dalam menghempas timbunan kotoran dan sel kulit mati di wajah.

3. Memaksimalkan Penyerapan Nutrisi
Nutrisi adalah makanan untuk kulit. Seperti halnya Anda yang setiap hari butuh makan dan minum agar selalu sehat, kulit juga sama. Dia membutuhkan nutrisi yang tepat agar bisa menampilkan aura seperti yang diinginkan oleh pemiliknya, yaitu Anda.

Berkat diuapi wajah Anda jadi bersih sempurna. Otomatis nutrisi dari krim perawatan wajah ataupun masker yang Anda pakai juga bisa terserap seluruhnya. Jangan heran kalau kulit Anda akan menjadi jauh lebih sehat dari sebelumnya.

4. Menghaluskan Kulit
Kulit Anda sudah bersih iya, sudah cukup mendapatkan nutrisi juga iya. Sel kulit mati juga berhasil diusir cantik berkat metode perawatan facial steam untuk wajah ini. Jangan kaget kalau kulit Anda berubah jadi lebih halus. Sehalus yang Anda dambakan!

5. Mencegah Jerawat
Jerawat itu disebabkan oleh bakteri. Sementara bakteri itu hidupnya di daerah yang tidak higienis. Dengan menjaga kebersihan wajah, otomatis wajah Anda jadi higienis. Pada akhirnya bakteri tidak akan betah untuk mengadakan gathering di sana. Hehe... Hasilnya wajah Anda akan terbebas dari jerawat. Alhamdulillah... 

Waduh ternyata steam wajah bukan sesederhana membuka pori dan memudahkan proses pembersihan kulit ya. Kece parah manfaat menguapi wajah. Sudah tidak sabar kan ingin perawatan di rumah? Oya! Sebelumnya jangan lupa bersihkan wajah terlebih dahulu ya sebelum melakukan steaming wajah?

Oke lanjut. Cara melakukan steam wajah di rumah juga mudah banget. Ada tiga cara menguapi wajah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Pastikan peralatan yang Anda gunakan (termasuk tangan Anda) sudah steril dan bebas dari kotoran. 


Masing-masing prosesnya akan saya jelaskan di bawah ini. Siap menyimak? Here we go!

1. Steam Wajah Pakai Rice Cooker
Cara pertama adalah dengan memanfaatkan rice cooker sebagai alat kecantikan. Ini serius, selain bisa untuk memasak makanan pokok Anda, ternyata rice cooker juga bisa jadi alat untuk membuat kulit Anda jadi lebih cantik.

Ketika Anda memasak nasi menggunakan rice cooker maka akan ada uap panas yang keluar melalui lubang uap kan? Nah itu dia! Anda bisa memanfaatkan uap nasi ini untuk menguapi wajah selama sepuluh menit saja. 


Jangan lebih dari 10 menit ya? Nanti kulit Anda bisa berubah jadi kemerahan. Apalagi untuk Anda yang memiliki tipe kulit sensitif. Terakhir, tepuk-tepuk wajah perlahan menggunakan handuk lembut atau tissue wajah hingga kering. Selesai! Mudah bukan?

2. Facial Steam Pakai Kettle/Teko/Ceret Air
Cara yang sama bisa Anda lakukan ketika Anda sedang merebus air. Ketika air mendidih dan kettle mengeluarkan uap panas, posisikan wajah Anda agar uap panas tepat mengenai wajah. Lakukan selama sepuluh menit saja. Terakhir, tepuk-tepuk wajah perlahan menggunakan handuk lembut atau tissue wajah hingga kering. Selesai!

3. Menguapi Wajah Pakai Baskom
Cara terakhir ini bisa dilakukan jika tidak ada kettle maupun rice cooker. Anda cukup menuangkan air mendidih pada sebuah baskom berukuran sedang. Jangan terlalu kecil karena akan menyulitkan Anda nanti. 

Sekarang posisikan wajah Anda di atas baskom dan tutupi kepala Anda menggunakan handuk. Tujuannya agar uap terfokus ke wajah dan tidak menyebar kemana-mana. Lakukan selama 10 menit. Terakhir, tepuk-tepuk wajah menggunakan handuk lembut atau tissue wajah hingga kering secara perlahan. Finished!

Itu dia tiga cara mudah steaming wajah di rumah. Pilihan ada di tangan Anda lebih suka pakai cara yang mana. Facial steam pakai magic com? Steam wajah pakai ceret air? Atau menguapi wajah menggunakan baskom? Jangan bingung-bingung, dicoba semua saja satu per satu. Hihi


Ketiga cara steaming wajah di atas akan memberikan hasil yang sama kok. Tinggal disesuaikan saja, mana yang kiranya paling nyaman untuk Anda.

Setelah proses steaming wajah selesai, Anda bisa melanjutkannya dengan serangkaian proses FACIAL RUMAHAN yang sudah saya bahas secara lengkap di blog ini. Langsung deh cari di kolom Pencarian/Search di pojok kanan atas sana.

Oke sekian dulu untuk hari ini. Terimakasih sudah membaca. Semoga artikel ini bermanfaat! ^_^


-diens-

sumber : pengalaman pribadi


Posting Komentar untuk "Facial Steam Untuk Kulit Cantik Bebas Jerawat? Begini Caranya!"