Minum Jus Tomat 2 Bulan Berturut-turut dan Lihat Efek Dahsyatnya


Manfaat minum jus tomat setiap hari. Tomat adalah salah satu tanaman yang termasuk dalam kategori sayuran. Akan tetapi meski tergolong dalam kategori sayur, buah ini tidak jarang diolah menjadi minuman segar. Contohnya saja dibuat menjadi jus tomat.

Ilmuwan dari Universitas Taiwan memutuskan untuk membuat suatu eksperimen dan menguak fakta di balik mengapa jus tomat begitu menyehatkan. Dan hasil dari penelitian tersebut kini telah terkuak manfaat tomat untuk kesehatan.

Penelitian tersebut melibatkan sejumlah besar wanita sebagai partisipan. Wanita dari berbagai rentang usia serta berat badan dan negara asal yang berbeda diminta untuk meminum segelas (250ml) jus tomat dalam kurun waktu dua bulan.

Selama masa percobaan mereka akan terus diberikan jus tomat dalam waktu yang sama setiap harinya. Tidak lupa juga peneliti mencatat kondisi kesehatan partisipan secara menyeluruh dan detail di awal penelitian. Tindakan ini bertujuan agar bisa didapatkan data perbandingan.

Setelah masa penelitian berhasil maka kini saatnya untuk melihat hasilnya. Berdasarkan data yang terkumpul, hasil yang paling terlihat adalah penurunan berat badan yang cukup banyak. Kemudian menurut para ahli ini bukan disebabkan oleh proses menghilangkan kelebihan air dalam tubuh melainkan mengurangi jumlah cadangan lemak dalam tubuh.

Wanita yang turut serta dalam ujian itu sama sekali tidak merubah kebiasaan makan maupun kebiasaan olahraganya. Semua masih tetap sama seperti sebelum diadakan penelitian. Akan tetapi meskipun mereka tidak mengubah kebiasaan, nyatanya perubahan signifikan sangat jelas terjadi pada para partisipan.

Sampel darah dari wanita yang turut serta dalam studi tersebut menunjukkan adanya penurunan tingkat kolesterol dan peningkatan lycopene, sebuah antioksidan yang terdapat pada buah tomat yang dikenal memiliki efek positif terhadap kesehatan.

Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi segelas jus tomat setiap hari akan memberikan sejumlah dampak positif seperti yang diuraikan di bawah ini:
1. Menaikkan sistem imun, 
2. Melindungi tubuh dari penyakit liver, 
3. Menurunkan resiko terjadinya kanker,
4. Melancarkan sistem pencernaan, 
5. Mendorong pengeluaran kelebihan air, 
6. Memelihara kesehatan,
7. Menghindari penyakit kencing batu, 
8. Mencegah penyakit pankreas, 
9. Mencegah penyakit paru-paru.

Hebatnya lagi ternyata jus tomat sangat bagus untuk kulit. Antioksidannya akan melawan berbagai radikal bebas serta mencegah terjadinya penuaan dini. Saat musim hujan tiba dan batuk melanda, konsumsi jus tomat juga bisa meredakan batuk.

Bonus berikutnya dari tanaman cantik ini adalah mampu mencegah anemia dan meningkatkan kualitas darah secara signifikan. Sementara itu untuk para orang lanjut usia yang sering mengalami reumatik, jus tomat bisa diandalkan untuk meringankan gejalanya.

Apakah Anda termasuk penggemar olahraga? Nyeri otot setelah olahraga berat juga bisa hilang setelah Anda mengkonsumsi jus tomat. Minuman ini adalah obat alami yang bagus untuk mengatasi kram otot karena kaya akan kandungan magnesium.

Selain itu tomat mengandung potasium, kalsium, protein sayuran, karbohidrat, dan vitamin C. Setiap manusia pasti membutuhkan kandungan tersebut untuk hidup sehat.

Tambahkan tomat ke dalam menu diet harian Anda dan rasakan manfaatnya secara langsung. Jika Anda membeli jus tomat olahan pabrik maka pastikan jika itu adalah tomat organik  dan bukan hanya perisa identik tomat semata sehingga efeknya akan lengkap. 

Meski tersedia jus tomat pabrikan tapi pilihan terbaik adalah membuat jus buatan sendiri dengan bahan alami berikut ini :
- 3 buah tomat organik segar
- 2 sendok makan gula
- 1 sendok teh garam
- air secukupnya

Bagaimana cara menyiapkannya?
Setelah membuang batangnya, cuci bersih tomat menggunakan air dingin. Kemudian  iris dan blender tomat sebentar saja. Dilanjutkan dengan menambahkan gula dan garam sambil diaduk hingga merata. Masak campuran tersebut dengan api sedang.

Aduk terus untuk menghindari kegosongan. Ketika campuran tomat mulai mendidih masaklah selama 5 menit sambil terus diaduk. Setelah 5 menit maka sekarang saatnya untuk mematikan api dan menuangkan jus ke dalam gelas favorit Anda.

Anda dapat menaruh jus buatan Anda tersebut ke dalam lemari pendingin atau langsung dikonsumsi saat itu juga. Mengkonsumsinya dalam keadaan dingin memang lebih nikmat namun mengkonsumsinya apa adanya lebih sehat.

Demikianlah artikel manfaat tomat untuk kesehatan yang bisa saya sampaikan kali ini. Semoga tulisan ini bermanfaat. ^_^

(diens)

Posting Komentar untuk "Minum Jus Tomat 2 Bulan Berturut-turut dan Lihat Efek Dahsyatnya"