Akibat Kurang Tidur, Kantung Mata Hingga Kulit Keriput, Ternyata Begini Prosesnya


Tidur berkualitas mungkin bukanlah segalanya dalam hidup ini. Akan tetapi, tanpa tidur yang berkualitas segalanya bisa kacau. Termasuk juga penampilan kulit Anda. Benar sekali, tidur berkualitas erat hubungannya dengan keremajaan kulit. 

Tidur merupakan waktu dimana tubuh kita melakukan istirahat secara total. Proses pembuangan racun dan zat-zat sisa metabolisme juga terjadi ketika kita tidur. Pada saat itu proses regenasi akan berjalan secara maksimal dengan syarat Anda mendapatkan tidur yang benar-benar berkualitas. 

Faktanya, mendapatkan tidur yang berkualitas bukanlah sesuatu yang begitu mudah untuk diraih. Tanpa disadari hal ini memiliki efek samping pada terjadinya penuaan. Beberapa orang dewasa muda merasa stress karena telah menemukan garis halus di sudut mata pada usia yang baru menginjak 20-an. Berbagai produk dan metode perawatanpun dicoba dan kebanyakan tidak memberikan hasil signifikan. 

Ada baiknya Anda mulai mencoba untuk menengok bagaimana kebiasaan tidur Anda. Apakah tidur Anda berkualitas? Apakah Anda sering kehilangan waktu istirahat Anda? Barangkali itulah akar masalahnya.

Terjadinya Penuaan Dini
Istilah penuaan dini dapat diartikan sebagai kondisi kulit yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan sebelum waktunya. Terjadinya penuaan dini tidak mungkin tanpa didasari sebab yang jelas. Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan terjadinya proses penuaan sebelum waktunya. Termasuk salah satu factor penyebab penuaan dini yaitu kurang tidur. Menurut ahli kecantikan, pola tidur seseorang memiliki pengaruh yang cukup besar pada  proses regenerasi sel tubuh. Jika proses regenerasi tidak terjadi sebagaimana mestinya, maka sel yang telah tua tidak akan digantikan oleh yang baru. Akibatnya terjadilah penuaan sebelum waktunya.

Di samping kurangnya waktu istirahat atau tidur, penuaan dini dapat terjadi karena banyak faktor, diantaranya:
1. Stress,
2. Sinar ultraviolet,
3. Produk perawatan kulit yang kurang tepat,
4. Pola tidur yang buruk.

Bukan tanpa alasan kalau kurang tidur termasuk dalam salah satu faktor penyebab penuaan dini, mengingat tidur adalah waktu untuk tubuh melakukan regenerasi. Jika hal itu sampai terganggu untuk kurun waktu yang lama, bukan tidak mungkin Anda akan dengan sukses mengalami penuaan dini dalam waktu dekat.

Apakah Kurang Tidur Menyebabkan Penuaan Dini
Ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lihat untuk membuktikan bahwa kurang tidur merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan dini. Misalnya saja dengan mengamati penampilan kulit sekitar area mata. Ketika seseorang mengalami kondisi kurang tidur dalam kurun waktu yang cukup lama, Anda akan melihat lingkaran hitam yang muncul di bawah mata. Orang biasa menyebutnya lingkaran panda atau mata panda. Tanpa disadari, jika hal seperti ini terjadi secara berketerusan maka jangan kaget jika dalam satu atau dua tahun ke depan penampilan Anda akan berubah menjadi 10 tahun lebih tua.

Untuk mencegah hal seperti itu terjadi, ada baiknya Anda mengetahui jam kerja tubuh Anda sendiri kemudian memberikan durasi yang tepat untuk tubuh beristirahat. Jangan mencoba untuk mengacaukan jam biologis tubuh atau Anda akan repot sendiri di belakang. Tidur berkualitas selama 6 sampai dengan 8 jam setiap malam akan sangat berarti bagi tubuh Anda.

Tambahan
Tidur dengan waktu yang cukup juga harus diimbangi kualitas. Percuma Anda tidur berjam-jam jika dilakukan di tengah kebisingan, misalnya jika sedang menginap di rumah teman yang posisinya ada di samping jalan raya.

Percayalah, tubuh Anda tidak akan mampu mengistirahatkan diri secara sempurna jika Anda tertidur dalam kondisi seperti itu. Maka, usahakan untuk menyiapkan beberapa hal berikut sebelum Anda pergi tidur:
1. Buatlah tempat tidur Anda menjadi senyaman mungkin,
2. Pastikan semuanya bersih,
3. Buatlah suasana menjadi tenang,
2. Jangan lupa untuk membersihkan diri sebelum tidur,
3. Berdoa dapat memberikan ketenangan batin yang akan meningkatkan kualitas tidur,
4. Jangan lupa mematikan lampu.

Kelihatannya sepele, namun secara ilmiah hal-hal tersebut di atas sangat penting untuk dilakukan demi mendapatkan tidur yang berkualitas. Buktikan!.

Oh iya untuk poin terakhir (keempat) itu bukan hanya kebiasaan turun temurun saja lho. Mematikan lampu sebelum tidur benar memiliki efek positif bagi tubuh. Ketika tubuh beristirahat di tengah suasana gelap, hormone yang bertugas melakukan proses regenerasi akan bekerja secara maksimal. Tahu sendiri kan apa kaitan antara regenerasi dengan proses penuaan ataupun proses menjaga kulit agar selalu awet muda? Yap! Regenerasi akan mengganti sel yang telah tua dan mati dengan sel baru. Jika regenerasi berjalan sempurna, maka Anda sendiri yang akan menikmati hasilnya.

Demikian artikel terkait tips-tips awet muda ala blog sehat, cantik, kalem. Sangat mudah untuk dipraktekkan bukan? Sudah tahu kurang tidur menyebabkan apa? Mulai sekarang selalu usahakan untuk mendapatkan tidur yang benar-benar berkualitas setiap malam ya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Nantikan tips-tips cantik lainnya hanya di blog ini. Terimakasih banyak untuk kunjungannya. Awas, kurang tidur menyebabkan cepat tua!. ^_^

(diens)

Posting Komentar untuk "Akibat Kurang Tidur, Kantung Mata Hingga Kulit Keriput, Ternyata Begini Prosesnya"