10 Tanda Orang Jenius, Kamu yang Mana Saja???

ciri-ciri orang jenius


Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Hari ini saya ingin membahas tentang sesuatu yang fun dan tidak terlalu serius namun tetap menarik untuk dikulik. Apakah itu? Yap, saya akan mencoba mengupas 10 tanda orang jenius. 

Menarik? Kejeniusan dan kecerdasan otak seseorang memang tidak bisa dinilai dari penampilan luarnya saja, akan tetapi adakah tanda-tanda yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui kejeniusan seseorang?

Jika penampilan seseorang tidak bisa dijadikan acuan untuk menilai kejeniusan seseorang secara langsung, itu mungkin benar. Akan tetapi jika diperhatikan secara seksama sebenarnya ada tanda yang mencerminkan bahwa seseorang itu memiliki kejeniusan di atas rata-rata. Seperti apa?.

1. Selalu Ingin Tahu
Rasa ingin tahu yang sangat besar biasanya dimiliki oleh para balitas dan anak-anak yang memang sedang berada dalam usia eksplorasi. Lalu bagaimana jika rasa ingin tahu yang besar ini dimiliki oleh orang dewasa? 

Ya, jika Anda menyadari bahwa diri Anda selalu merasa haus akan ilmu pengetahuan baru setiap waktu maka bisa jadi ini merupakan pertanda bahwa Anda adalah kelompok manusia jenius. Keingintahuan ini biasanya ditunjukkan dengan sering bertanya atau membaca buku. 

Sering bertanya bukan menandakan kalau kita bodoh. Justru sebaliknya dengan bertanya kita akan mendapatkan banyak informasi yang membuat otak kita semakin pintar. Orang jenius biasanya akan sering bertanya. 

Jika orang jenius mendapatkan jawaban, mereka juga tidak langsung merasa puas dengan jawaban tersebut. Mereka akan mencari di berbagai sumber atau juga bertanya pada oranglain lagi sampai rasa keingintahuaannya itu terpenuhi. Jika Anda memiliki tanda ini, bisa jadi Anda adalah orang jenius.

2. Memiliki Emotional Quotiens yang Baik
Perlu Anda ketahui bahwa EQ sangatlah berbeda dengan IQ. Pengertian dari EQ adalah kecerdasan emosi dan IQ adalah kecerdasan intelektual. Orang jenius berbeda dengan orang pintar. Orang yang jenius memiliki kecerdasan intelektual yang diimbangi dengan kecerdasan emosi yang baik. 

Orang jenius akan mampu mengendalikan emosinya dengan lebih baik agar tidak meledak-ledak. Sementara itu orang pintar tidak selalu memiliki kecerdasan emosi yang baik. Tidak seperti orang jenius, meskipun sangat cerdas, orang pintar saja biasanya tidak pandai mengontrol emosinya.

3. Mau Mengakui Kesalahan
Siapapun pasti pernah berbuat kesalahan dalam hidupnya meski hanya sekali. Secara umum meminta maaf dan mengakui kesalahan adalah sebuah tindakan yang tidak mudah untuk dilakukan bagi kebanyakan orang terkait dengan gengsi atau ego yang tinggi. 

Istimewanya orang yang memiliki otak jenius, mereka akan mengakui kesalahannya dan berani meminta maaf secara ksatria ketika melakukan sebuah kesalahan tanpa beban. Jika Anda berani melakukan hal yang sama, Anda memiliki pertanda orang jenius itu.

4. Selalu Memperbaiki Kesalahan
Rasa penasaran dan keingintahuan yang tinggi membuat orang jenius selalu ingin mencoba hal baru dalam hidupnya. Namanya hal baru biasanya tidak mudah untuk dilakukan. Butuh latihan sampai beberapa kali untuk dapat melakukannya tanpa kesalahan. 

Nah, uniknya orang jenius, mereka akan selalu mau untuk memperbaiki setiap kesalahan yang pernah diperbuat. Jika Anda sering gagal namun tidak mau menyerah dan selalu mencari cara dengan belajar dari kesalahan, bisa jadi Andalah orang jenius itu.

5. Skeptis
Mengapa orang jenius itu cenderung skeptis? Well, ini disebabkan karena Si jenius cenderung sulit percaya. Dalam artian, mereka tidak mudah mempercayai suatu hal sebelum mereka mendapatkan jawaban yang masuk akal dan dapat diterima dengan logika. 

Hal ini akan menjadikan si jenius menjadi pribadi yang tidak mudah percaya pada perkataan seseorang sebelum mendapatkan bukti logis. Jadinya mereka akan cenderung skeptis pada pernyataan seseorang, apalagi yang sok pintar.

6. Menyukai Hal Berbau Seni
Orang jenius juga cenderung menyukai berbagai karya seni. Karya seni yang disukai oleh si jenius bisa meliputi musik, lukisan, prakarya, atau juga pertunjukan. Meski si jenius mungkin tidak berpenampilan seperti para seniman, akan tetapi di dalam jiwa mereka sebenarnya mengalir jiwa seni yang kuat. Jika Anda menyukai berbagai hasil karya kesenian, Anda patut berbangga karena bisa jadi Andalah si jenius itu!

7. Berpikir Sebelum Berindak
Seorang jenius cenderung berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Mereka selalu merencanakan dan memikirkan dengan matang tentang apa yang akan mereka perbuat. Hal ini kadang membuat orang di sekitarnya menganggap si jenius sebagai orang yang lola karena ketika ditanya, dia akan lama menjawab karena berpikir dulu. Seorang jenius juga perencana yang handal lho!

8. Mudah Penasaran
Rasa penasaran yang tinggi bukanlah sebuah kesalahan ataupun tindakan kriminal. Rasa penasaran yang tinggi dimiliki oleh mereka yang peka dan peduli terhadap situasi di sekitarnya. Orang yang jenius juga seperti itu, mereka selalu memiliki rasa penasaran yang tinggi. Mereka ingin mengetahui semuanya termasuk hal yang oleh sebagian besar orang dianggap sepele.

9. Suka Begadang
Apakah Anda termasuk ke dalam golongan orang yangs uka hidup di malam hari alias begadang? Jika iya, Anda patut berbanga. Orang jenius biasanya merupakan makhluk nocturnal atau hidup di malam hari. 

Mereka bisa memaksimalkan kemampuan dirinya justru ketika malam hari. Orang jenius akan menghabiskan waktu untuk nongkrong dengan teman atau sekedar membaca buku di kamarnya. Itulah salah satu ciri orang jenius lainnya.

10. Tidak Merasa Pintar
Orang jenius biasanya juga tidak mengakui kalau dirinya pintar atau jenius. Sebaliknya, orang jenius justru merasa kalau dirinya tidak mengetahui apa-apa sehingga selalu ingin tahu dan berkeinginan kuat untuk selalu menambah wawasannya setiap saat.

Nah, itulah kesepuluh tanda yang menunjukkan kalau seseorang itu jenius. Apakah Anda memiliki beberapa tanda tersebut? Atau Anda memiliki kesepuluh tanda orang jenius yang telah saya sebutkan di atas? Wah...keren banget!!! Saya ikut berbangga karena memiliki seorang pembaca setia yang jenius yang berkenan membaca coretan saya.

Demikianlah artikel tentang tanda-tanda orang jenius yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Saya harap artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada orang-orang di sekitar Anda ya. 

Jika Anda memiliki komentar terkait tema ini, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel berikutnya, inshaa Allah! ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "10 Tanda Orang Jenius, Kamu yang Mana Saja???"