Diet Untuk Penderita Jerawat Agar Cepat Sembuh, Ini Pantangannya!

jenis makanan penyebab jerawat yang harus dihindari

Assalamualaikum, welcome back to azkiarafanada.blogspot.com! I am so happy to see you again. Hari ini saya mau bertanya sedikit boleh ya? 

Apakah Anda sedang dilanda masalah jerawat membandel yang membuat galau? Kalau jawaban Anda iya, baca terus tulisan ini sampai habis.

Sebenarnya Apa Sih Penyebab Jerawat?

Jerawat memang masalah kulit yang sangat umum dan mungkin semua orang pernah mengalaminya, termasuk saya pastinya. 

Dulu saya pernah mengalami masalah jerawat yang cukup mengganggu dan tidak kunjung sembuh. Dan itu lama banget.

Tidak tanggung-tanggung saya bahkan pernah mengalami hampir semua jenis jerawat. Horror banget kan. Serius! :(

Ini nih daftar jerawat yang pernah mampir di hidup saya;
  1. Jerawat batu, 
  2. Komedo hitam, 
  3. Komedo putih, 
  4. Jerawat merah yang gatal bukan main, 
  5. Jerawat putih yang seperti nasi,
  6. Jerawat yang bantat dan gede lama hilangnya. 

Eh jadi curhat deh. Nggak apa-apa yaa? Hihi...

Seseorang pernah berkata pada saya melalui tulisannya jika jerawat adalah permasalahan mereka yang sedang menginjak masa remaja. Bahwa jerawat adalah suatu masalah ketidakstabilan hormon. 

Benarkah? Selama berhari-hari saya merenungkan kalimat ini dan melakukan riset kesana-kemari. Faktanya, ini tidak sepenuhnya benar! 

Ada begitu banyak faktor yang bisa menjadi pemicu terjadinya jerawat. Secara garis besar daftarnya ada di bawah ini:

  1. Asupan makanan & minuman,
  2. Hormon,
  3. Stress,
  4. Kebersihan kulit. 
Dalam hal kebersihan kulit, ini akan berkaitan erat dengan makhluk hidup bernama propionibacterium acne yang dikenal sebagai biang kerok timbulnya jerawat. Dia punya nama beken "bakteri jerawat". Kenal???

My Acne Story

Berbagai cara telah saya coba pada saat itu untuk mengusir jerawat di wajah saya yang entah kenapa sulit sekali hilang. 

Semakin saya mencoba krim atau suplemen yang katanya "AMPUH" justru semakin tidak karuan wajah saya. Stress mode: on.

Sayapun bergumam dalam hati, wah cuma jadi sasaran bisnis krim wajah nih saya! Kesal iya sudah jelas. Tapi usaha tetap jalan.

Sampai pada suatu hari riset dan renungan saya sampai pada titik temu. Huahhh akhirnyaaa!

At the end of the research, saya pun sampai pada sebuah kesimpulan. Ada yang salah dengan proses pengeluaran racun dan sisa metabolisme dalam tubuh ini sehingga lemak dan toksin terus menumpuk. 

Belum lagi masih ditambah kontaminasi aneka krim dengan berbagai bahan kimia apalah entah. Say no to krim racikan abal please!

Terakhir yang paling parah adalah kondisi saya yang stress melihat wajah penuh jerawat. Poin ini seperti lingkaran setan.

Semakin stress maka semakin kacau hormon, semakin aktif kelenjar sebasea, semakin subur jerawat. Ya sudah kapan mau sembuhnya? Ugh!

Akhirnya saya berkesimpulan untuk memulai diet sehat. Dalam artian mengubah asupan makanan menjadi lebih sehat dan menghindari berbagai jenis makanan yang bisa memicu jerawat

Seperti apa dietnya? Ikuti terus ceritanya. No skip skip.

Makanan di bawah ini adalah yang saya hindari selama jerawatan. Boleh dimakan tapi jangan pas lagi berjerawat yaa.

1. Seafood

Apa hubungan seafood denga jerawat? Seafood itu bukan cuma ikan tapi meliputi jenis cumi dan lain sebagainya. 

Secara umum, seafood hidup di ekosistem laut yang tidak dapat dijamin kebersihannya maupun kemurniannya. 

Seperti yang kita ketahui bersama, laut merupakan muara dari semua sungai di daratan. Betul yaa?

Sialnya, pada masa seperti sekarang ini banyak manusia tidak bertanggungjawab yang gemar membuang sampah sembarangan di sungai. 

Lebih dari itu pabrik-pabrik juga banyak yang membuang limbah industri mereka ke sungai. Iya kan?

Hal mengerikan dari rantai ini adalah semua sampah itu akan bermuara ke lautan luas. Dengan kata lain fauna laut akan terkontaminasi berbagai zat sampah buatan manusia. 

Jika Anda mengkonsumsi seafood yang tercemar, bukan hal mengejutkan kalau jerawat jadi bermunculan. Jika ingin mengkonsumsi ikan tapi takut jerawat, pilihlah ikan air tawar daripada seafood.

2. Gorengan

Apa hubungan gorengan dengan jerawat? Jerawat terjadi karena jumlah lemak di tubuh kita terlalu banyak. 

Mengkonsumsi gorengan dan segala sesuatu yang digoreng bukanlah pilihan bijak untuk Anda yang sedang dalam program recovery dari jerawat. 

So, hindari aneka gorengan untuk bisa sembuh dari jerawat lebih cepat. Cuma sementara waktu saja kok.

3. Makanan Mengandung MSG

Apa hubungan MSG dan jerawat? Untuk poin ketiga ini sebetulnya masih kontroversial karena lebih bersifat individual. 

Pada beberapa orang yang sensitif terhadap MSG, mereka akan mendapatkan efek samping kurang mengenakkan setelah konsumsi MSG dalam kadar tertentu. 

Beberapa efek samping yang muncul bisa jadi rasa tidak enak di mulut, mual, hidung gatal, dan juga munculnya jerawat di badan dan wajah.

4. Junkfood

Apa hubungan junkfood dan jerawat? Hindarilah konsumsi junkfood karena dapat memperlambat proses metabolisme tubuh Anda. 

Di dalam junkfood terdapat kandungan berbagai zat yang tidak sehat bagi tubuh, salah satunya lemak trans atau lemak jenuh. 

Hindarilah jenis makanan yang satu ini agar proses pengeluaran racun dan sisa metabolisme dari tubuh Anda berjalan mulus.

5. Mie Instan

Apa hubungan mie instan dengan jerawat? Ini dia makanan sejuta umat yang saya yakin semua tahu seperti apa bentuknya. Hihi... Iya bukan? 

Apesnya mie instan ternyata masuk dalam kategori makanan yang bisa memperparah jerawat. Duh! 

Kandungan MSG, pengawet, dan berbagai zat kimia lainnya bisa memperlambat metabolisme Anda. Makanya stop dulu makan mie instan sampai jerawat Anda benar-benar sembuh.

6. Mie Ayam dan Bakso

Apa hubungan mie ayam dan bakso dengan jerawat? 

Anda penggila mie ayam dan bakso? Sawi dan taugenya memang bagus untuk kesehatan kulit, tapi terigunya? MSGnya? 

Ah daripada jerawat tak kunjung padam lebih baik jangan makan ini dulu deh. Cuma sampai jerawatnya sembuh kok.

7. Permen Coklat

Apa hubungan permen coklat dan jerawat? Coklat mengandung banyak antioksidan dan baik untuk kulit, itu betul. 

Itu kan cokelat murni yaa. Apesnya jika sudah berubah menjadi permen coklat alias cokelat manis bakal lain lagi ceritanya. 

Permen coklat mengandung banyak gula dan juga tambahan susu di dalamnya. Berita buruknya, kedua bahan tambahan itu bisa membuat jerawat Anda kian subur.

8. Kue Manis

Apa hubungan cake dan jerawat? Kue dikatakan enak dan lezat karena dia manis. Coba saja kalau kue tidak manis pasti semua orang akan eneg memakannya. Coba deh! Hehe... 

Kandungan gula berlebih di dalam setiap gigitan cake manis akan dirubah menjadi lemak di dalam tubuh. 

Sudah tahu kan kalau kelebihan lemak dalam tubuh bisa menyebabkan jerawat? Jika jerawat sedang menggila, kurangi dulu yang manis-manis.

9. Karbohidrat Tinggi

Apa hubungan karbohidrat dan jerawat? Karbohidrat menyebabkan jerawat? Lebih tepatnya menyebabkan jerawat secara tidak langsung. 

Karbohidrat akan diubah menjadi glukosa di dalam darah kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Asupan karbohidrat dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Jadi konsumsilah karbo secukupnya saja. Jika bisa gantilah nasi putih dengan nasi merah. Boleh kok makan nasi, secukupnya. Iya kan?

10. Nasi Goreng

Apa hubungan nasi goreng dengan jerawat? Nasi sudah mengandung karbohidrat, masih digoreng? Artinya kombinasi karbohidrat dan juga lemak. Belum lagi kalau Anda masih menambahkan MSG ke dalamnya. 

Pada kondisi tertentu, tubuh tidak mampu mengolah karbohidrat dengan baik, apalagi jika dibarengi dengan minyak. 

Jadi kalau Anda merasa jerawat Anda bertambah setiap makan nasi goreng, sebaiknya hentikan dulu kebiasaan ini. Mohon bersabar sebentar.

11. Susu Full Cream

Apa hubungan susu full cream dengan jerawat? Susu full cream mengandung lemak dalam jumlah yang cukup besar. 

Kelebihan asupan lemak akan berefek pada timbulnya jerawat di permukaan kulit. Untuk Anda yang sedang berjuang melawan jerawat, susu full cream bukanlah kawan yang baik.

12. Es Krim

Apa hubungan es krim dengan jerawat? Es krim pastinya mengandung gula dan susu yang jumlahnya tidak bisa dibilang sedikit kan? Demi kesembuhan yang lebih cepat, katakan tidak pada es krim.

13. Santan Kental

Apa hubungan santan dengan jerawat? Kenapa santan kental masuk dalam daftar? Jawabannya adalah karena kandungan lemak di dalamnya. 

Tahukah Anda bahwa di dalam santan kental terdapat lemak nabati yang cukup besar? Lebih bijak untuk menghindari aneka makanan dengan bahan santan kental selama masa penyembuhan dari jerawat.

14. Makanan Berlemak

Apa hubungan makanan berlemak dengan jerawat? Sekali lagi saya katakan, lemak hanya baik bagi tubuh dalam batas wajar. 

Lagipula lemak terbagi menjadi dua yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Nah, untuk Anda yang sedang dalam masalah jerawat, makanan berlemak adalah musuh besar yang harus dijauhi.

15. Sambal Goreng atau Balado

Apa hubungan makanan pedas dengan jerawat? Makanan pedas akan memicu kelenjar sebasea untuk memproduksi minyak lebih banyak. 

Ketika mengkonsumsi makanan pedas, suhu tubuh akan meningkat dan tubuh akan meresponnya dengan berusaha menurunkan suhu tubuh. 

Pori-pori kulit akan terbuka lebar untuk mengeluarkan berkeringat. 

Pada saat seperti ini debu akan masuk dengan mudahnya bersama gerombolan bakteri jerawat. Dalam waktu yang sama sebum sedang melimpah. Keesokan harinya jerawatpun tumbuh subur. Uh!

16. Garam

Apa hubungan garam dengan jerawat? Mengapa garam bisa menyebabkan jerawat? Apa hubungan antara jerawat dan garam? 

Biar saya jelaskan sedikit menurut yang saya ketahui. 

Saat tubuh mengkonsumsi terlalu banyak garam, ini akan menimbulkan fenomena kulit kering. Dalam kondisi ini tubuh akan bereaksi dengan memproduksi lebih banyak minyak. 

Dengan demikian pori akan terbuka lebar dan mengizinkan debu & bakteri masuk. Selanjutnya jerawat akan bermunculan. Begitu.

Makanan Penghilang Jerawat

Pas cari di Google dengan keyword makanan penghilang jerawat atau makanan yang bisa menghilangkan jerawat kok kebanyakan hasil pencarian yang muncul kurang relevan. 

Karena pada dasarnya tidak ada yang namanya makanan penghilang jerawat. Hmm betul juga sih.

Konsep yang betul adalah makanan sehat yang membuat tubuh sehat. 

Ketika kondisi tubuh normal otomatis jerawat pada minggir karena berbagai zat sampah serta toksin alias racun bisa dibuang sempurna. 

Iya dibuang, bukannya ditabung terus-menerus. Hehe... Ini sudah saya buktikan sendiri karena saya ini salah satu alumnus universitas JERAWATAN #ehh. Hehe

Selama saya jerawatan parah bertahun-tahun dan muter pakai krim ini dan itu, aneka sabun antah berantah (apasih) akhirnya saya bertemu pintu hidayah. 

Kuncinya ada di;
  1. Sayuran,
  2. Buah-buahan,
  3. Aktivitas fisik yang cukup, 
  4. Berbahagia. 
SURE! 

Tambahan nih;
  1. Jaga kebersihan kulit pakai sabun herbal,
  2. Jaga kelembaban kulit dengan produk herbal juga. 
  3. Ingat, bukan herbal abal-abal yang belum jelas!

Takeaways

Well, itu dia diet untuk menghilangkan jerawat ala saya. Sebelum memutuskan untuk membeli produk ini dan itu sebaiknya Anda pahami dulu apa akar dari masalah jerawat Anda. 

Apakah itu bermula dari penggunaan kosmetik tertentu atau konsumsi makanan tertentu? Atau jerawat Anda bermula dari stress berkepanjangan? 

Setiap jerawat memiliki penyebab yang berbeda. Untuk itu cara mengatasinya pun berbeda pula.

Jika Anda kemarin bertanya-tanya makanan penyebab jerawat apa saja, semoga daftar di atas dapat menjawab pertanyaan Anda dengan baik. 

Sekian dulu artikel tentang makanan penyebab jerawat yang bisa saya sampaikan untuk Anda. 

Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel edisi berikutnya, inshaa Allah

Punya pertanyaan? Langsung cusss corat-coret di kolom komentar. Request artikel juga boleh lho. Stay tune! ^_^


(diens)

13 komentar untuk "Diet Untuk Penderita Jerawat Agar Cepat Sembuh, Ini Pantangannya!"

Comment Author Avatar
Terus harus makan apa dong ? Yang jadi pantangan kayalnya itu yang dimakan tiap hari 😭
Comment Author Avatar
Hallo Siti... Tentunya harus beralih ke makanan yang sehat yaa. Untuk karbohidrat bisa move on ke jenis karbo yang lebih sehat seperti beras merah, beras hitam, dan umbi-umbian. Selebihnya silakan perbanyak sayur dan buah-buahan.
Comment Author Avatar
Kak.. sabun herbalnya apa? Boleh minta alamat ig nya gak? Buat sharing2 aja hehe sekalian nmbah follower
Comment Author Avatar
Hallo kak @unknown... Untuk sabun herbalnya kebetulan saya pakai sabun propolis dari HPAI. IG saya pakai nama saya seperti di akun Google+ yaa... @dinierianggara tapi memang saya jarang posting di IG ^_^
Comment Author Avatar
Anonim 12.47.00
kak untuk yang susu, hanya full cream aja yang tidak boleh dikonsumsi ? atau semua jenis susu tidak boleh dikonsumsi selama berjerawat ?
Comment Author Avatar
Hai kak... Untuk susu, terutama yang harus dihindari adalah susu full cream, kental manis, dan susu kemasan yang mengandung banyak gula. Untuk susu murni atau susu UHT rendah gula masih bisa dikonsumsi selama dalam batas wajar dan tidak berlebihan. ^_^
Comment Author Avatar
KK diet begini selama berapa bulan ? Terus kk puasa make up jg gak sih ?
Comment Author Avatar
Hai ka... Saya atur pola makan sampai jerawat sembuh, lupa berapa lama kayaknya sebulanan udah keliatan hasilnya. Makanan emang ngaruh banget, terutama gula/yg manis2.

Iya kak make up juga stop. Saya cuma pake pelembab wajah oil free (berbasis lotion) tipis2 sama bedak baby. Trus saya semprot beauty water & strong acid juga ^_^
Comment Author Avatar
Kak kira2 diet begini apa lebih bagusnya di barengi dengan puasa make up jg ya ?
Comment Author Avatar
kak diet ky gni tp kl msh suka pake make up dll gmn ka krna ak gapede kl g make up muka ku prah skli)):
Comment Author Avatar
Halo! Diet seperti ini akan sangat membantu penyembuhan jerawat dari dalam. Kalau pakai make up boleh aja kak, asalkan rajin bersihin wajah dengan benar ya. Soalnya kalau kebersihan wajah kurang terjaga nanti jerawat jadi lama sembuhnya... Oh iya kalau bisa make upnya diusahakan jangan yg terlalu heboh. Selamat mencoba ^_^
Comment Author Avatar
Anonim 12.49.00
Kak kakak ini masih pake krim ini itu apa cuma pake sabun herbal doang?
Comment Author Avatar
Saya pribadi tidak pakai krim wajah apapun kak, cuma sabun, toner, dan sebagai pelembabnya pakai minyak zaitun murni.

Silakan tulis komentar Anda di sini. Semua komentar akan ditampilkan kecuali yang mengandung unsur SARA, pornografi, spam, dan perjudian. Have a good discussion!

Klik kotak Notify Me (Beri tahu saya) untuk mendapatkan pemberitahuan saat saya membalas komentar Anda. Dan please jangan tinggalkan link aktif. Terimakasih ^_^

Regard,
-diens-