Bunyi Bletak Dari Lemari Es Pertanda Apa?

kulkas mengeluarkan bunyi bletak

Assalamu'alaikum, selamat datang di azkiarafanada.blogspot.com. Hari ini saya akan bercerita tentang lemari es di rumah. 

Saya agak kesal dengan lemari es di rumah yang terkadang mengeluarkan bunyi "bletak" atau "glodak" yang cukup keras. 

Suaranya mirip sesuatu yang jatuh di plafon dan lumayan mengagetkan. Bunyi tok tok ini sering membuat jantungan, apalagi waktu sedang sendirian di rumah. 

Lemari es lain yang pernah saya temui tidak pernah mengeluarkan bunyi seperti itu. Maka dari itu, saya merasa sangat penasaran sekaligus khawatir. 

Iya, takut jika ada sesuatu yang kurang beres dan berpotensi menimbulkan kerugian di kemudian hari. Misalnya memicu konslet (hubungan arus pendek listrik) atau ledakan. Iya, kan?. Khawatir saya, tuh. Hiks

Di era modern seperti saat ini lemari es menjadi salah satu benda elektronik yang keberadaannya cukup penting di tengah rumah tangga, tidak terkecuali saya. 

Berbagai merek lemari es tersedia di pasaran dan siap untuk dibawa pulang. Desain lemari es juga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. 

Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan makanan, lemari es dengan desain yang cantik juga bisa membuat ruangan jadi tampak lebih berkelas. Benar, bukan?

Seperti kulkas di rumah ini yang begitu cantik dengan motif bunga dan warna magenta yang kalem. Membuat suasana dapur jadi lebih terkesan romantis. 

Hehehe... Akan tetapi itu dulu, sebelum bunyi "bletak" menyerang!

Bunyi Bletak Dari Lemari Es

FYI, pada umumnya, lemari es memang mengeluarkan bunyi-bunyian dimana bunyi yang dihasilkan oleh lemari es tersebut dapat terbagi menjadi beberapa macam.

Menurut pengamatan saya, terkadang lemari es mengeluarkan bunyi seperti nguinggg, di lain waktu bunyi jeglek, di kesempatan lain dia bunyi seperti zzz, terus besoknya bunyi bletak. Kira-kira kenapa, ya?

Nah, dari semua bunyi-bunyian yang dihasilkan oleh kulkas di atas, saya paling tidak mengerti dengan bunyi "bletak" itu. 

Suaranya seperti sesuatu yang retak, jatuh, njeglek atau patah. Kalau bunyi lainnya seperti nguingg dan zzz masih bisa saya pahami. 

Itu biasanya muncul dari adanya proses pendinginan pada lemari es. Bunyi senada bisa juga muncul ketika proses frosting atau pencairan bunga es tengah berlangsung. 

Saya tidak tinggal diam dan segera mencari penjelasan sebisa mungkin. Saya baca di berbagai sumber, tidak ada yang menjelaskan alasan di balik bunyi bletak itu secara pasti. 

Ini membuat hari-hari saya dihantui oleh rasa penasaran yang semakin parah saja! 

Apa saya harus menjadi anak elektro dulu biar bisa menemukan jawabannya?! Hmm... Sepertinya lebih baik bertanya ke tukang servis kulkas saja ya?

Fungsi Kulkas Normal

Meski setiap hari mengeluarkan suara seperti itu, lemari es ini masih berfungsi dengan sangat baik. Bahkan membekukan es hanya butuh waktu belasan menit saja. 

Sayur mayur juga tahan lebih lama kalau ditaruh di dalam lemari es. Untuk telur, kue, semuanya awet. Everything works very well.

Tidak ada yang berkurang dari segi funsi dan performa lemari es secara keseluruhan. Lalu dari mana suara itu berasal?

Update

Saat membaca beberapa blog, saya menemukan penjelasan singkat. Di sana penulis disebutkan supaya Anda mengecek arah datangnya suara tersebut.

  • Suara dari arah bawah

Suara berisik dari bawah diklaim pasti datang dari saluran pembuangan. Solusinya, lakukan pembersihan.
  • Suara dari arah belakang
Suara berisik dari belakang kulkas menandakan ada masalah pada timer defrost, kipas kondensor, atau kompressor.

Jika kompresor yang rusak maka harus diganti dan harganya bisa cukup menguras kantong.

Jika kondensor yang bermasalah, segera bersihkan kipas kondensor dari debu-debu yang menempel.

Jika masalah datang dari timer defrost, segera ganti part tersebut.

  • Suara dari dalam

Suara berisik dari dalam kulkas memungkinkan berasal dari kipas pembuangan air dari freezer. Untuk mengatasinya segera ganti kipas tersebut.

Apa Penyebab Bunyi Pada Kulkas Itu?

Pada akhirnya saya belum bisa menemukan jawaban pasti di balik suara bletak itu hingga saat ini. Apakah Anda juga punya pengalaman yang sama dengan saya?

Terpantau suara tersebut masih saja ada dan kulkas berfungsi dengan normal. 

Suaranya juga tidak seperti yang dijelaskan di blog-blog yang saya baca. Kebanyakan suaranya seputar berderak dan berdengung.

Sementara suara lemari es saya lebih mirip seperti hantaman benda yang jatuh mengenai plafon. Hmm

Kalau teman-teman ada pengalaman serupa, mohon berikan tanggapan Anda di kolom komentar, yaa. Siapa tahu solusi saya ada pada Anda. Iya, kan? Terima kasih. :)

Baik lah, sekian dulu corat-coret untuk hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tulisan berikutnya, insyaa Allah!

Saya masih menunggu pertanyaan, kritik, atau saran terkait uneg-uneg di atas, lho.

Semoga bisa menemukan jawaban terbaik. Silakan langsung corat-coret di kolom komentar tanpa ragu lagi. Komen, yuk?! Xoxo ^_^

Update Kamis, 25 Maret 2021. Sudah ada beberapa jawaban dari pembaca di kolom komentar. Silakan saling berdiskusi lebih jauh di kolom komentar. Terimakasih ^^

Update! Senin, 19 Desember 2022. Setelah membaca komentar Teman-teman semua, kesimpulan dari penyebab bunyi berisik pada kulkas adalah:
1. Tegangan listrik di rumah Anda tidak stabil
2. Suhu dingin (di freezer maupun chiller) berada di bawah suhu ideal
3. Bunyi berisik seperti ngung atau tok tok berasal dari elemen otomatis kulkas yang berfungsi untuk mencairkan bunga es (proses defrost)
4. Bawaan pabrik/masing-masing merek kulkas

Disclaimer! Artikel ini telah tayang pertama kali di blog azkiarafanada.blogspot.com per tanggal 23 November 2017 dengan judul "Bunyi Bletak dari Lemari Es Pertanda Apa?".


(diens)

185 komentar untuk "Bunyi Bletak Dari Lemari Es Pertanda Apa?"

Comment Author Avatar
Uda ketahuan blm gan masalh nya?saya jg ngalamin nih kulkas bunyi bletak.
Comment Author Avatar
Halo gan? Belum nih, sampai sekarang masih ada bunyi bletak. Tapi fungsi kulkas normal semuanya nggak ada masalah. Cuman suka ngagetin kalau pas bunyi. Hehe,, Sepertinya bawaan kulkasnya deh.
Comment Author Avatar
Punya saya juga gitu uda 2hr ini suka bikin kaget.. knpa yaa
Comment Author Avatar
Anonim 01.43.00
Apakah merk kulkas nya pengaruh y . Punya saya jg gitu, kalau malem kdg bikin kaget
Comment Author Avatar
Anonim 14.21.00
Kulkas nya merek apa ka?
Comment Author Avatar
Sama saya jg ngalamin di kulkas saya merk Aqua bunyi tiba-tiba bletak gitu padahal baru belum ada 3 bln beli
Comment Author Avatar
shelamaylatus 23.34.00
Sama kak pnyaku juga aqua baru beli sebulan yg lalu
Comment Author Avatar
Anonim 02.16.00
Sama kulkas sy juga Polytron 1pintu suaranya keras sekali seperti ada benda jatuh di dalam kulkas
Comment Author Avatar
Kulkas saya juga sama suka berbunyi bletak kenceng jadi suka ngeri kenapa2.
Duh kenapa ya itu?
Comment Author Avatar
Hallo Eka... Kalau fungsi kulkas masih normal semua saya kira itu hanya bawaan dari kulkasnya saja deh. Bunyi bletaknya kadang ada yang pelan, ada juga yang keras dan ngagetin. Beda2 gitu tiap kulkas. Hihi,,
Comment Author Avatar
Sama ka kulkas saya juga suka ngebeletak ...ga tau deh hrus dgmnain pdhal kulkas normal.merk sharp
Comment Author Avatar
Kita samaan....
Kemaren setelah pindahan ke kmpung,kulkas saya jadi berbunyi bletak,beltuk,...
Padahal sebelumnya engk...
Apa iya karna pengaruh daya listrik nya...
Comment Author Avatar
Anonim 04.49.00
Sama saya juga,emang sih kulkas saya tuh udah bertahun belinya seken lagi...tapi kok semalam pas mati listrik kira² 3 menitan kok tiba² bunyik kek gitu gemlotak gemlodak pas saya buka di freezer ada perubahan sedikit es nya kok agak mencair dikit kalo yg bawah masih normal dinginya..itu knapa juga ya bang?....
Comment Author Avatar
Anonim 06.06.00
Kulkas Saya juga gitu kk. Merk LG 1 pintu. Ttapi d dlm ny msih normal. Tkut ny saya meledak atau konslet gtu kk. Bletak ny kuat kk. Anak saya smpai tkut gtu kk. Udah ada yg tahu pnybb ny kk?? Skrg sudah saya matikan kulkas ny kk
Comment Author Avatar
saya mau nanya kenapa ta lemari es saya pas saya atur suhunya ke normal g berbunyi , tpi klo saya pindahin kemediun berbunyi , padahal g saya atur k stop tpi g berbunyi dan g dingin
Comment Author Avatar
Hallo Maung... Kalau kulkas baru dipindahin ke posisi suhu rendah (dingin) memang awalnya bunyi karena itu ibarat listrik baru ngangkat. Nah, trus kalau dari suhu dingin (misal dari high) diturunin ke normal biasanya anteng nggak dibarengi bunyi apapun. Insyaa Allah normal kok ^_^
Comment Author Avatar
Kulkas saya juga bunyi bletak bgitu kya ssuatu yg patah gitu apa bawaan kulkasnya ya ? Baru 4bulan pmakaian 1bulan pertama gak ada bunyi bgitu ttapi menginjak 2bulan ksana suka ada bunyi
Comment Author Avatar
Halo... Sepertinya memang bawaan dari kulkasnya deh kak. Soalnya fungsi kulkasnya tetap normal dan bagus.
Comment Author Avatar
Kulkas sy jugak gitu suara nya bletak, trkadang lg asik nonton tiba2 jd kaget, tp jd pikiran jugak sih takut nya knp knp. Kulkas sy merk sanyo 1 pintu
Comment Author Avatar
Anonim 09.45.00
Saya jg spt itu kadang kalo lagi sendiri dirumah suka kaget sendiri, kenapa ya . Merek kulkas saya sharp 1 pintu
Comment Author Avatar
Anonim 18.36.00
ini juga yg lagi trjadi sama kulkas saya.udah 2hari bunyi bletak2 kaya ad yg jatuh atau patah d dlm nya tp d cek kulkas nya gk ad apa2
Comment Author Avatar
Anonim 20.55.00
Saya juga sering terdengar bletak .apa penyebabnya
Comment Author Avatar
Anonim 20.34.00
Sama,kulkas ku baru 6 bulan,pemakayan pertama tidak ada bunyi pletok2,sesudah nyairin bungga es nya,tiba2 di normalin sudah mulai ada bunyi pletok2 sampai skarang
Comment Author Avatar
Sama saya jg ngalamin di kulkas saya merk Aqua bunyi tiba-tiba bletak gitu padahal baru belum ada 3 bln beli
Comment Author Avatar
Saya juga sering terdengar suar bletak.. sudah ada yang tau teman teman sekalian? Mohon infomya apabila sudah mendapatkan informasi. Terima kasih..
Comment Author Avatar
Kulkas saya juga samaaaa kadang bunyi jugaA bletakkk
Duhhh kok blm ada jawaban yg mencerahkan ya ??? Mungkin saya harus ke toko elektronik skrg tanya mas mas yg jualan kulkas aja lah ... fiuhh
Comment Author Avatar
Halo kak... Gimana kemaren hasil nanya ke mas toko elektronik? Apakah bener bawaan kulkas aja?
Comment Author Avatar
Seperti punya saya. Merk sanken 1 pintu.
Awal mula g ada bunyi bletak/dup stlah sya tinggal mudik. 2 minggu kulkas saya matikan dan stlah kmbali sya nyalakan lagi selang bbrp jam bunyi "dup" seperti itu trus sampe skrg bunyi jg kadang2 shari kdang sekali sampe 3 x an. Kdag jg g bunyi. Fungsi jg masih normal dingin..
Comment Author Avatar
Kulkas saya juga sama suka bunyi bletak padahal baru beli 1bln sampai sekarang saya masih penasaran knp yah bisa bunyi seperti itu agak ngerih takut konslet
Comment Author Avatar
Kulkas saya juga sama suka bunyi bletak padahal baru beli 1bln sampai sekarang saya masih penasaran knp yah bisa bunyi seperti itu agak ngerih takut konslet
Comment Author Avatar
Kulkas saya juga sama suka bunyi bletak padahal baru beli 1bln sampai sekarang saya masih penasaran knp yah bisa bunyi seperti itu agak ngerih takut konslet
Comment Author Avatar
Waduh masih belum ada pencerahan nih,bunyi bletak itu sepertinya horor bgt,kulkas saya jg bunyi bletak,seingat saya sih bunyi bletak itu mengeras setelah di tinggal pulkam dan saya matikan 1 minggu,dan sekarang jd horor penasaran krn suara "bletak" tersebut.
Takut kenapa2 juga,solae sering do jorogin keras juga sama anak saya....
Kalau masih belum ada jawaban juga,saya anggap ini bawaannya..
Soale kulkas baru 3bln dan baru pertama kali ngadepin kulkas ke gini....


Masih berharap ada yg beri pencerahan tentang masalah ini...
Berbagai sumber belum ada yg ngasih pencerahan,bikin galau nih kulkas hee....
Comment Author Avatar
Menurut info yang saya cari2..
Sumber bunyi bisa berasal dari tegangan listrik yang tidak stabil (pengalaman pribadi).
Atau juga bisa ada komponen yang sudah harus di ganti.

Inti nya ya harus di cek servic biar lebih jelasnya.
Thanks
Comment Author Avatar
Iya nih saya juga baru beli 3 harian bunyinya kok suka aneh perasaan dlu punya gak ada bunyi* aneh skrng bunyinya aneh trs sering lagi... knp ya suka takut.
Comment Author Avatar
Sama saya juga masih bertanya-tanya kenapa ada bunyi bletak
Comment Author Avatar
Hai all... Pas konsul ke tukang servis diagnosanya komponen kulkas ada yang rusak atau tegangan listrik tidak stabil. Persis kayak komentar kak Daniel Stefend di atas. Tapi kalau dilihat dari pengalaman temen2 yang umur kulkasnya baru hitungan hari, kayaknya bukan karena komponen rusak ya?

Terus soal tegangan listrik, di rumah saya alhamdulillah stabil. Nggak pernah mbleret atau cahaya lampu tiba2 meredup gitu. Anjlok juga nggak pernah. Wah, masih jadi misteri aja nih bunyi kulkas. Penasaran!
Comment Author Avatar
Sma kulkas sya jga dri awal beli suka bunyi skrng ud mau se thn ttp bunyi2 jga mna tukanh kulkasnya ga mau bertanggung jwb lg ... sya jga lg cri tau baca2 di sniii smogaaa gpp ya sya cuma tkut kebakaran sewaktu sya berkerja krna di rumah kosong
Comment Author Avatar
Iyah nih mas punya saya juga belum seminggu beli udh ada suara bletak gtuh , takut ajh sih masa baru beli udh rusak 😅
Comment Author Avatar
Sama...kulkas baru usia 1hari sdh bunyi bletak...takut masa iya baru beli sdh rusak
Comment Author Avatar
Anonim 07.09.00
Sama persis saya jg baru beli langsung bunyi besok nya
Comment Author Avatar
Anonim 22.39.00
Punyaku juga gitu. . Merk AQUA 2 pintu
Comment Author Avatar
Anonim 22.50.00
Sama kulkas punya q juga gitu , baru beli sudah ada bunyi bletak . Merk AQUA
Comment Author Avatar
Kulkas samsung baru sya juga begitu ada suara tembakan,, akhirnya sya komplain kepusat trs diganti dgn unit baru ,, begitu dtg unit baru sya coba pake ternyata mash ada suara tembakan ,,sdh srh teknisi samsung dtg lihat dan service bberapa kli,, sampe skrg blm ada jawabnya.. binggung sekalii,, kulkas baru suara tembakan keras buat kaget aja
Setiap hari suara tembakan selalu ada cma ada jeda nya,, samsung kulkas type RT53K6231BS ,, Ada yg bisa bantu kash jawabnya ato hrs gmn? Terimakasih
Comment Author Avatar
Sama persis dengan punya saya dan tetangga. Saya tanyakan ke tetangga juga sama, MUNGKIN memang bawaan tipe kulkasnya Mas.
Comment Author Avatar
Merk & tipe Sama dengan punya saya & tetangga. Kasus pun juga sama. MUNGKIN "karakter"nya yg tipe ini seperti itu mas. Mohon maaf kalau salah.. 🙏
Comment Author Avatar
Sama juga dgn type saya punya, baru pasang 2 hari dah bunyi pletak.. apakah bapak punya sampai sekarang normal2 saja?
Comment Author Avatar
Wah sy juga type yg sama dari beli seminggu yg lalu sdh bunyi pletak pletuk, duh bakal awet gak sih nih kulkas?
Comment Author Avatar
Kulkas sy dg tipe yg sama sejak beli seminghu yg lalu jg ngeluarin bunyi pletak2 suka bikin kaget...bakal awet gak sih nih kulkas?
Comment Author Avatar
huaaaaa akhirnya dapet jawaban disini , kulkasku rt46k6231bs adik kelas nya rt 53 baru beli 3 hari juga gt ternyata bletak pletok , aku nanya salesnya gimana ini , dia katanya mau kasi jawaban , brarti emang normal ya kayak gt , karena aku mau beli stabilizer dia bilang ga perlu karena kulkas yg harga selangit itu udah ada stabilizernya jadi klo di beliin bakalannya ga guna, tp kulkasnya dingin ,normal cuma kaget juga kan ya klo malem malem kayak ada maling gt bunyi , jarang si bunyi cuma ya gt dah kaget
Comment Author Avatar
Samsung RT43K6231UT/SE saya juga baru datang 28 agustus, bunyi pletak kencang jg. fungsi normal, cacad samsung
Comment Author Avatar
Punya sya sma gan type RT43K6231UT ad suara jedug, hri ini sya rencana mau komplaint ke toko mumpung garansi 14 hri tukar yg baru.. Agan ga cba komplaint ke toko?
Comment Author Avatar
Punya saya juga gtu suka ada suara pletak jdi kepikiran mohon pencerahannya,kulkasku merk Aqua blum setahun saya beli
Comment Author Avatar
Yah saya juga 2 hari ni ngalamin, bunyi kulkas bletak.. masih bingung kenapa..
Comment Author Avatar
Anonim 20.47.00
Kok samaan sih, kulkas aku juga suka bunyi pletok kayak benda jatuh di plafon, padahal baru 5 bulan pakai, pernah aku matiin sekalian bersihin salju es, sekitar 3 hari ngga bunyi, tapi seterusnya sampe sekarang bunyi pletak pletok lagi, kaget sendiri..
Comment Author Avatar
Sama saya jg ngalamin di kulkas saya merk Aqua bunyi tiba-tiba bletak gitu padahal baru belum ada 3 bln beli
Comment Author Avatar
kulkas aqua saya juga sering keluarin bletak kaya patah kaya ada benda yg jatoh kadang kenceng kadang pelan bunyi bletak nya.. bisa bahaya gak sih..
Comment Author Avatar
saya baru beli merk aqua juga gitu bletak bletak
Comment Author Avatar
Iya sama kulkas aqua aku jg suka ada suara pelatak kaya ada yg patah atau benda jatuh gtu. Bru 1 mingguan beli
Comment Author Avatar
Anonim 20.59.00
Kulkas saya juga begitu bunyi bletak aneh
Comment Author Avatar
Anonim 10.19.00
sama saya juga baru beli aqua 1 pintu, baru 3 harian bunyi bletak juga kayanya bawaan kulkas dan normal deh, kebanyakn keluhannya kaya gtu
Comment Author Avatar
kulkasku merek aqua juga bunyi "klotak" padahal baru 3bln beli. awal beli kayaknya g bunyi klotak tp slalu disuhu 3 keatas krn isi slalu penuh untuk keperluan warung. skg warung tutup g da banyak bahan yg masuk kulkas jd aku putar suhu 1. baru sejak itu kayaknya bunyi klotak2 terus.
Comment Author Avatar
Wah sama berarti mas,mas,mbak,mbak, punya saya juga baru 3 bulan dan keluat bunyi pletak,pletok, kulkas saya merk polytron. Dalemnya cuma diisi sedikit sih, apa ngaruh mungkin ya? ibu saya suka kaget kalo denger pletak pletok, apa mungkin rusak kata ibu saya tuh. tapi masa, masih baru bgt soalnya huhu
Comment Author Avatar
Aq malah baru beli..merk polytron yg gambar bunga2 itu...tgl 7 juni 2021 sore baru dinyalain...dr sononya diangka 3...g bunyi trus aq turunkan 2 krn trlalu dingin...e bunyi bletak2 ky benda jatuh dr atap..takut knp2...juga jd berisik dan tentunya kaget..
Comment Author Avatar
Ap mungkin di kecilkan suhunya yaa ,sya itu kemarin bersihkan sya kecilkan ,terus sya gedein lagi koq bunyi keras kayak ada hantaman ,tpi udah lama kulkas sya polytron pintu yg bunga ,udah 6 tahun jlb ini ,,
Comment Author Avatar
Kulkas di kost saya juga kaya gitu bafu beli 3 bln yg lalu gak pernah ada suara bletak gitu. Skrg malah ada. Saya khawatir kulkas rusak 😢 apakah itu hal wajar 😢
Comment Author Avatar
sama punya saya juga gtu baru 3bln , jadi misteri jadinya
suka ga nyaman kalo tidur kalo denger suara bgtu
Comment Author Avatar
Waduhh. Semua komentar dari pengguna dan belum ada solusinya dan kemungkinan penyebanya nih.
Para teknisi AC apa tidak ada membaca tulisan ini kah?
Saya punya kulkas merk SANKEN pintu 1.
Kalau yang saya alami, karena habis matikan kulkas untuk pelepasan bunga es di frezer. nah setelah itu mulai ada bunyi bletak sekitar +- 1kali/jam.
Hikz2 sedihhh..
Comment Author Avatar
Kok aku jg gt ya..ada solusi kahh
Comment Author Avatar
Anonim 22.24.00
Waduh ternyata bukan kulkas sanken aku aja ya yg ngeluarin bunyi bledak baru beberapa hari ini&bener kata yg lain membuat kita jadi horor klau malem2 takutnya mledak, tp memang fungsinya sih masih oke punya, apa bener bawaan /memang ada komponen yg harus diganti ya,,,tp memang sudah setahun lebih pemakain sih, ngeri2 sedao
Comment Author Avatar
Anonim 22.11.00
PunyA saya juga gt ko sama ya penyebabnya apa ya
Comment Author Avatar
Sama ni tiba2 pas tengah malem kulkas merk sh**p sy jg bunyi gitu. Tak kirain tikus lagi sembunyi dibalik kulkas. Ditungguin eh bunyi lg, kek kompressorny mau meleduk tp ga jd. Bletak, bletuk, bletak, bledug, bledug. Ngeri meletus jd tak lepas aja colokan e. Tunggu besok pagi d baru tak colok.
Jangan2 ini gegara mati lpu total yg kemaren. Kan tegangan PLN sempet drop ckup jauh. Jadi ngeri dah mau dicolok lg, takut bner2 meledug kompresor e.
Comment Author Avatar
Anonim 12.10.00
Bunya sya juga gitu suka bunyi bletuk ,pernah bunyi ngegerung 2 x tpi ilang lagi
Comment Author Avatar
Anonim 02.13.00
Sama punya saya juga bunyi bledak bleduk gitu gimana ya,dan kenapa gitu.
Comment Author Avatar
Sama aku juga gitu, baru 3 hari ini lo kulkasku, padahal naruhnya juga udh dikasih jarak smping kanan kiri dan juga tembok, tp kadang masih denger bunyi bletakk juga .. kenapa ya 😪😪
Comment Author Avatar
Sama aku juga gt.. masih 3 harian kulkasku juga bunyi gt, padahal posisi naruh juga udh dikasih jarak semua, ngga mepet tembok juga, tp masih ada suara bletukk nya, klo dengung sih wajar, soalnya yg dirumah juga gt, tp nanti ilang sendiri, nah suara bletak nya ini loh yg bikin kaget dan was" ..
Comment Author Avatar
Maaf tanya emang klo gak di kasih jarak ngaruh ya? Soalnya kulkas saya merk sanyo udh 7thn dan br bbrpa hari saya pindah posisi tanpa jarak sedikit pun dr lemari dan tembok akhirnya keluar bunyi kyk ada yg jatoh bledug. Dan skrg malah redup lampu nya.. Mohon pencerahan nya kak
Comment Author Avatar
Bunyi bletak itu seperti apa ya...

Bila bunyi yg muncul seperti palu yg dihantam di benda logam atau beton dan durasi bunyi sekitar 1-2 detik dari arah kompressor kemungkinan karena mounting karet pada kompresssor sudah aus/keras sehingga tidak mampu meredam getaran kompressor yg mengakibatkan mekanisme didalam kompressor membentur body kompressor...

Apabila suara seperti benda patah muncul sekali dalam durasi beberapa jam dari dalam kukas, kemungkinan itu terjadi dikarenakan pemuaian/penyusutan logam karena perubahan temperatur...suara juga dapat muncul karena lepasnya lapisan es/bunga es pada dinding kulkas dikarenakan proses pemuaian/penyusutan logam itu dan atau karena proses defrozz(pencairan bunga es)
Comment Author Avatar
Ooow gtu..makasi banyak penjelasannya...akhirnya saya tau klo bunyi kulkas saya berasal dr besi frezer yg memuai hehehe
Comment Author Avatar
Sepertinya bunyi dua duanya kak. Kulkasku merk aqua 1 pintu bunyinya sama seperti yg kaka jelaskan. Apa harus hubungi service center ya?
Comment Author Avatar
Saya baru beli Kulkas Mrk Polytron,,,sehari pertama ,aman2 aja suaranya ngak ngagetin,tapi malam kedua,suaranya suka ngagetin,,,apa lg pas tngah malam,,,sndiri,,,satu jam bisa bunyi 5 sampai 10 x .bunyi Dug nya..saya pikir karna listrik ngak stabil,tapi,,,tapi smua proses pembekuan normal,Rasa es batunya pun segar kayak ada sensasi kelapa muda....cuma selalu bertanya2 tntang suara misterius dari blakang kulkas...��
Comment Author Avatar
Kok sama masalahnya sama saya?..merk polytron juga baru sehari, beli hr minggu tgl 13 oktober 2019
Comment Author Avatar
Aq masuk beranda ini dgn hal yg sama baru 2 bulan merk polytron dn udh 1bulan ini suara bletak ny bikin kaget...padahal punya kulkas yg lama 2 unit tdk seperti ini !!!😕😣😠
Comment Author Avatar
Aq masuk beranda ini dgn hal yg sama baru 2 bulan merk polytron dn udh 1bulan ini suara bletak ny bikin kaget...padahal punya kulkas yg lama 2 unit tdk seperti ini !!!😕😣😠
Comment Author Avatar
Anonim 11.44.00
Gaes, apakah perlu menghubungi customer service dari merek kulkas yang bersangkutan? Ada yang udah pernah telepon ke CS nggak?
Comment Author Avatar
gan mau tanya nih kulkas samsung 2 pintu yg jdi masalah kalau hahis di tutup pintunya bunyi gludak gluduk seperti udara terperangkap dan untuk buka pintu terasa berat,klw proses buka tutup pintu saya ganjal tusuk gigi suara hilang pintupun ringan di buka, prediksi saya saat menutup pintu ada udara yg terperangkap karna klw karet pintu saya ganjal normal mohon solusi gan trim....
Comment Author Avatar
Anonim 19.10.00
Ternyata banyak kawannya... kulkasku juga sering bunyi bletak bletak, awalnya ku kira tembok rumahku yang retak😅 atau suara kucing maenan seng. Tapi masa iya kucing maenam seng trs😑. Akhirnya ku temukan sumbernya dimalam hari. Ku duduk depan kulkas pas bunyi langsung cek apa yg jatuh, ternyata gak ada apa2😩. Belum ada yg bisa bantu jawabkah itu knp bisa terjadi?
Comment Author Avatar
kulkas panasonic saya juga baru"ini suka bunyi bletak gitu
padahal ini kulkas uda 12 tahun
suka ngeri sendiri klo bunyi begitu
kenapa ya bisa bunyi begitu
Comment Author Avatar
Endah PH 05.12.00
Saya baru beli kulkas samsung RT 5 hari yg lalu.Pada hari k 3 kulkas berbunyi Bletak dan sedikit berisik serta body samping agak panas. Saya penasaran karena suaranya berisik sekali dan membuat kaget. Lalu saya baca buku Panduan Pengguna. Ternyata disarankan untuk suhu lbh baik menggunakan suhu Optimal atau ** ( tingkat 3 ). Lalu saya coba sesuai suhu yg dianjurkan karena sebelumnya setelan dr Tokonya suhu ke tingkat 4. Dan Alhamdulillah suara Bletaknya Hilang. Bahkan body samping tdk panas lagi serta suara kompresor nya senyaring sebelumnya. Coba teman2..kulkasnya di stel suhu normal saja. Bunyi bletak kali berasal dari dinding Frezer yg terlalu dingin sehingga seperti es batu tipis yg patah. Semoga bermanfaat
Comment Author Avatar
Suhu normal itu maksudnya medium?
Soalnya saya set rendah sih emang ini kulkasnya,, dan bagian luat kulkas yg pinggir juga kadang panas banget, padahal kulkas baru, dan baru pemakaian 3 bulan
Comment Author Avatar
Kulkas saya Toshiba Glacio 2 pintu juga bunyi bletak, setelah saya baca komentar-komentar yang ada, saya baru tau, ada pengaturan "Air Flow Control" , angka 1,2,3,N,5,6,7 dengan keterangan angka 1= Freezer Minimum, N = Freezer Normal, 7=Freezer Maximum. Sebelumnya ada di angka 2, sekarang saya setel di N
Comment Author Avatar
Kulkas saya juga baru beli masih 3 bulan an, awalnya normal2 aja, tp akhir2 ini sering bunyi pletok2 tiap beberapa jam, dan suaranya keras jd ngagngagetin, tp kulkasnya normal dan karena baru juga, saya mikirnya gpp tp kok gak nyaman juga ya, apa ini Krn gak pake stabilizer ya?
Comment Author Avatar
Kulkas aku pakek stabilizer, pembelian sudah 1th, bunyi pletek2 baru 3 hari ini.. Sering kaget n panik juga dimalam hari.. 😔
Comment Author Avatar
Saya jg pekepeker stabilizer apa ngaruh nya ya pake atau engga kulkas saya jg beletrak beletbel blm ada 1 bulan merk sharp
Comment Author Avatar
Saya juga ngalamin hal yg sama,tp alhamdulillah sekarang udah ga bunyi bletak2 lagi kulkasnya. Saya beli kulkas merk sharp belum ada sebulan. Karena ga banyak isinya saya atur volume nya yg paling rendah. Dari situ mulai ada bunyi bletak lumayan keras. Kemarin saya coba naikin lagi ke posisi normal, dan ternyata bunyi bletak2 nya hilang.semoga pengalaman saya ini bisa membantu temen2 yg punya permasalahan yg sama.
Comment Author Avatar
Makasih kak... Bakal dicoba tipsnya :)
Comment Author Avatar
Anonim 01.14.00
iya,,ini benar.. saya juga pke sharp 1 pintu,seri shine baru 3 hari,kalau pengatur suhu di setting ke posisi min/ dibawah normal,memang sering muncul suara bletak bletok,solusinya atur aja ke posisi normal,pasti hilang kog suara bletoknya.
Comment Author Avatar
Kalau posisi normal itu strip berapakah?
Comment Author Avatar
Kalau posisi normal itu strip berapakah?
Comment Author Avatar
Di strip 4-5 atau normal
Comment Author Avatar
Kak kalo punya saya merk Aqua sudah diposisi medium sesuai settingan toko, apa karena isi dikost ku sedikit ya
Comment Author Avatar
Lah, sama kulsas sy sampe hari ini masih bunyi "bletak bletuk" ae sampe kaget.
Comment Author Avatar
Sya juga baru beli kulkas polytron bulan feb ini,tp ko ada suara "bletak" gtu trus kalo misalkan udah bunyi suka geter gtu,itu knpa ya? Mhon pencerahan nya
Comment Author Avatar
Punya saya juga gitu bledek bledek kaya sesuatu yg patah, tapi suhu nya normal ga ada masalah, ya tapi takut juga takut meledak. Memang mengganggu sangat
Comment Author Avatar
Halo kak, saya juga mengalami hal yang sama. Baru pakai 2 minggu sudah ada bunyi bletak dan munculnya setiap beberapa jam sekali. Sebelum bunyi bletak muncul saya melakukan defrost dengan mengikuti prosedur yang ada pada buku petunjuk. Karena ngga cair2 juga, akhirnya saya off kan suhunya dan saya matikan listriknya. Lalu setelah itu jadi ada bunyi bletak gitu kak. Kira2 kenapa ya 😭 Oya kulkas saya merk Midea tipe HS-196H. Mohon pencerahannya
Comment Author Avatar
Anonim 18.46.00
Sama kak
Kulkas aku juga gtu merk midea juga
Comment Author Avatar
Anonim 05.19.00
kulkas saya sanken bunyi bletak juga.. kadang ngagetin.. pas ditanya ke CS nya, memang bawaan kulkas nya begitu..

kulkas sekarang aneh2, suka buat atraksi marching band sendiri... hhhhh
Comment Author Avatar
Anonim 01.52.00
Setelah baca bermacam2 komentar, nampaknya memang belum ada yg beri jawaban pasti 😀
Kulkas saya udh sktr 4 bulan ini bunyi gitu, cm sering nya malem.. Jd serasa ada kesan mistisnya. Awalnya kirain kucing..lama2 diperhatiin kok tiap malem.. Cm memang interval nya gak sering, sktr 2-3 jam.
Comment Author Avatar
Yani 09.49.00
Wah.wah kok ternyata banyak temennya, kirain punya sy sendiri, padahal baru beli baru blm ada seminggu. Setelah membaca dr ujung atas sampe bawah ternyata blm ada pncerahan, sy jd berfikir mgkin ini bawaan kulkas zaman now, beda dg kulkas2 jaman dulu dr segi kualitas dan keawetannya. Sy doakan semua yg punya madalah yg sama yg sdh nulis disini kulkasnya tetep awet biarpun kdang suka muncul suara2 yg ngagetin dan bikin was was.
Comment Author Avatar
Baru kemarinkbeli kulkas blm ada 1 bulan awal nya bunyi grok grok trus langsung "beletrak" kenceng bgt kaget tkt kulkas knp knp dr kmren cari cari dd mbah google blm ada pencerahan
Comment Author Avatar
Sama kulkas saya pun demikian bunyi bltak bletuk, kadang berdengung, namun muncul suara bletak bletuk sehari paling 1-3 kali kadang tidak ada, namun suara berdengung sering ada.
Comment Author Avatar
Kulkas sy sering bngt bunyi bletak bletuk,pa krn freon'a dh mau hbs kali yaaa
Comment Author Avatar
masa kulkas baru beli freonnya habis? ya g mungkinlah
Comment Author Avatar
Iya kulkas saya jg suka bunyi pletok keras banget..bikin kaget mana saya baru beli 3 harian....mikir nya takut rusak.mana baru pula..merk polytron beleza
Comment Author Avatar
Anonim 12.02.00
Kulkas sy sharp br 3mggu, semingguan ini bunyi pletak2 tiap jam, tp kondisi dingin stabil. Wkt itu prnh off buat cairin saljunya. Dan kembali sy set kondisi dibawah normal krn trlalu dingin dan tiap kompresor hidup mulai bunyi pletak berkali2. Cr2 info blm ada jawaban. Kmrin liat ada komen disini ttg setting dingin. Sy keinget kurir kulkasnya pas anter blg jgn diganti2 dinginya, kmrin sy coba putar diatas normal. Sy pantau smpe skrg kulkasnya ga ngeluarin bunyi pletak2 lg.
Comment Author Avatar
Anonim 12.04.00
Kulkas sy sharp br 3mggu, semingguan ini bunyi pletak2 tiap jam, tp kondisi dingin stabil. Wkt itu prnh off buat cairin saljunya. Dan kembali sy set kondisi dibawah normal krn trlalu dingin dan tiap kompresor hidup mulai bunyi pletak berkali2. Cr2 info blm ada jawaban. Kmrin liat ada komen disini ttg setting dingin. Sy keinget kurir kulkasnya pas anter blg jgn diganti2 dinginya, kmrin sy coba putar diatas normal. Sy pantau smpe skrg kulkasnya ga ngeluarin bunyi pletak2 lg.
Comment Author Avatar
Hallo berbagi pengalaman...saya bru pnya kulkas tpi dindingnya pke jm gtu ...biasa bunyi blatek n greek jga...kdang Lampung terang kdang redup...lw pun lampunya hidup kulkas y gx dingin..
Kta suami saye tegangan listrik y kurang kuat...tpi yg sebelah kulkas y dingin pke kilometer satu...punya tetangga dingin pnya kmi gx...
Apa y pnyebabnya😢?
Comment Author Avatar
Anonim 15.54.00
Kok sama ya kyak kulkasku merk toshiba juga suka ada bunyi pletak kyak suara petasan/ada yg patah dan biasanya bunyinya pas tengah malem ,haduh bikin horor,,tapi kalau baca komenan diatas hampir semua merek punya masalah begitu ,mungkin suara terjadi dari perubahan suhu didalam kulkas kyaknya jadi meledak kyak petir gitu..
Comment Author Avatar
Kulkasku belum ada satu bulan merek toshiba selalu terdengar bunyi bletak bletuk ketika mesin kompresor sudah berhenti bekerja (proses pendinginan) dan itu selalu seperti itu. Suara berasal dari body kulkas bukan dari mesin. Suaranya seperti ada yg nimpukin batu gitu. Durasi suaranya sekitar 10 menitan. Setelah itu normal kembali tidak ada suara bletak bletuk. Untuk suhu kedinginan normal, bisa membekukan air. Hmm kenapa ya ? Ada yg mengalami hal sama ? Mohon pencerahannya.
Comment Author Avatar
Anonim 12.40.00
Coba di set putaran dinginnya diatas normal sedikit
Comment Author Avatar
Kulkasku jg ky gt ada bunyi pletuk2.tp jarang.padahal tadinya pas pemakaian -+sebulan g ada suara pletuk2 gt.tp kesini kok sering ada suara pletuk2 gt.ngagetin y bun.
Comment Author Avatar
iyaa bun, bikin deg-degan aja bunyinya. Pas udah malem kan kedengeran jelas banget itu bunyi gludaknya...
Comment Author Avatar
Kulkas ku politron 1 pintu sejak pertama beli ada suara bletak bletak keras banget....saya menduga itu berasal dari thermostat yang ada di dalam mesin...soalnya berbunyi pas mesin hiéup
Comment Author Avatar
Kulkas sy merek national.sering2 glutak..gimn cara mengatasix..
Comment Author Avatar
Akhirnyaaa, setelah baca semua komentar dari atas sampai bawah kayaknya kesimpulan saya:
bunyi glodak ini bawaan kulkas zaman now yaa? Soalnya banyak yang mengalami hal yang sama, dan fungsi kulkasnya tetap normal. Cuma ya tetep ngagetin ya kan? Hihi

Gapapa deh asal kulkasnya baik-baik saja ^_^
Comment Author Avatar
kayakx kulkas inverter pasti ada bunyi bletaknya deh,wallahua'lambissawab
Comment Author Avatar
Sama kulkas saya juga akhir akhir ini bunyi beletak bletak .. kaya ada yg injek Botol plastik kosong gtu .. saya .juga heran ..
Comment Author Avatar
Saya coba pencarian suara hentakan dikulkas, dapat sedikit ilmu dari sini. Tapi keluhan saya juga sama mba, bikin kaget terus tiap bunyi "TAK". Dikira anak2 yg main lempar2an batu atau apapun. Merk kulkas saya LG sudah kira2 usia 7thn. Sudah 2x diangkut pindah rumah. Selama 1 thn ini sering saya pindah2 posisi letaknya. Dan suara hentakan baru 1 minggu ini yang 1 minggu sebelumnya sisi kanan kiri kulkas jika disentuh kita rasa kesetrum aliran listrik.
Comment Author Avatar
Teryata bunyi gtlak itu bawaan kulkas ny aja kali ya... Soalnya punya saya juga kaya gtu baru 7 bln langsung ada suara itu.. Tapi pendigin dll alhamdulillah aman" Aja... Tapi agak risi dgn bunyi ny😩😩😩
Comment Author Avatar
Kalo saran. Coba kulkasnya jgn ditaro mepet ke tembok, usahain agak berjarak, biar hawa panas dr mesin belakang kulkas bisa jd netral...
Semoga membantu...
Comment Author Avatar
Sm kulkas sy jg bunyi sperti itu .sharp 1pintu .tampulan ny bagus .cm syka vnyi bletak jg tuh .
Comment Author Avatar
Anonim 23.18.00
sudah 2 tahun lebih... soal suara bletak pada kulkas belum terpecahkan...nyari jawaban dimana ya??
Comment Author Avatar
Ini suatu misteri, saran dr temen temen saya baca, ini mungkin benar kulkas zaman now is bletak bletuk. 🤭 nyampe 2021 gak ada jawaban juga. Penantian hhh
Comment Author Avatar
Pengguna panasonic ga ada yaa. Ak baru beli kemarin ini ada bunyi kayak air mendidih gt terus2an bikin ga nyaman sama bbrp kali bunyi bletak jg
Comment Author Avatar
Anonim 22.05.00
Kalau bunyi suara air tuh kulkas panasonic saya sesekali kedengaran, dan bunyi kyk suara kipas trus tiba2 brenti bunyi tektek tp gak keras... Sy udah jalan 3 taon makenya, kedua bunyi diatas msh tergolong wajar selama pemakaian saya ini. Cmn yg sekrng nih sy bunyi pleteknua agak ngagetin lbh keras pas lg tdur kyk bunyi botol plastik yg d injak gitu(kulkasnya dlm kmr).
Comment Author Avatar
Sy jg msh penasaran dgn suara bltak bltuk gtu,,sy punya tosiba, usianya jg udah 20an tahun..
Comment Author Avatar
Iya saya hari ini baru beli kulkas merk Sanken, tapi knp suaranya pas mau ngangkat mesin gitu ,zzzzzzz bletuk dak , begitu kadang kaget suaranya dak lagi trus bluduk.. semoga GK knp*😥 mengganggu aja dan was* GK tenang,pas MLM*,,, kn jadi kebangun GK bisa tidur
Comment Author Avatar
Assalamu'alaikum..
Beberapa hari yang lalu kulkas saya merk pollytron setiap berdengung pasti tiba² muncul suara pletak.. kemudian kulkas saya bersihkan, bunga es saya cairkan.. dan saya menemukan bunga es yang lumayan tebal dibawah frezer alhamdulillah bunga es nya bisa copot.. setelah semua bersih, alhamdulillah sampai saat ini sudah tidak ada suara pletak lagi..
Comment Author Avatar
Setelah melakukan googling sana sini, biasanya yang mengeluarkan suara semacam ledakan / letupan / bletak yg keras ada 2 benda:
1. defroster pada evaporator freezer.
2. kompresor

1. Defroster menggunakan panas, panas menyebabkan pemuaian, dan ini yg menyebabkan suara keras tsb.
Freezer modern bersifat 'frost-free' artinya ada elemen pemanas yang melelehkan es. Nah sistem ini ada pengatur waktunya, sekali atau dua kali sehari. Jika waktunya tidak tepat, ya bisa tgh malam ada suara duuarr..

2. Kompresor
Pada saat kulkas digunakan terkadang mengeluarkan bunyi "letupan" saat kompresor berputar, atau hidup dan mati dengan cepat. Di dalam kompresor ada motor penggerak yg diposisikan pada beberapa pegas/balance spring. Kemungkinan ada salah 1 pegas yg rusak. Untungnya hal ini tidak mempengaruhi operasi pendinginan. Alhasil anda akan mendengar suara keras tersebut setiap kali kompresor mati. Yah jika dapat menahan suara brisik ini sih gpp, kulkas akan bekerja dengan baik2 saja. Sayangnya satu-satunya cara perbaikan adalah dengan mengganti kompresor baru (mahal gan)

Beberapa tips perawatan kulkas:
Pastikan ada banyak ruang di sekitar lemari es, sehingga bisa "bernapas". Jika di bagian bawah belakang kulkas ada fan/ kipasnya pastikan untuk membersihkan kipas secara teratur agar aliran udara tetap maksimal.
Selain itu, coba tes karet pintu kulkas Anda dengan kertas, jika kertas mudah lepas, ganti karet pintu kulkasnya.
Pastikan juga tidak ada air defrost yg membasahi part2 listrik kompresor.
Comment Author Avatar
sama ya kulkas saya juga merek ikeda mesin kompresornya panasonic pemakean jalan 4 taun, semenjak pindah ke kampung hampir tiap hari bunyi tak tak tak tak tak tak tak keras bngt d bagian kompresor...suka saya matiin colokannya abis gak mau brenti bunyinya ..feeling saya sih tegangan listrik naik turun soalnya saya d rumah pake mesin cuci, las ,gerinda,bor,sanyo,kompresor angin pokonya yg beban arus gde,,sedangkan listrik 450 wat...sampe sekarang kulkas saya cabut karena kompresor panas dan dengung...jd kaya bikin cerpen heeee
Comment Author Avatar
Anonim 01.21.00
kesimpulan saya,dari beberapa komentar dan dari apa yang saya alami,bunyi bletak bletok dikarenakan setingan pengaturan suhu ada di posisi dibawah normal,bagi yang mengalami seperti itu,coba setting pengatur suhu di posisi normal atau sedikit diatas posisi normal.
Comment Author Avatar
kulkas saya merk panasonic sudah 7 tahun baru heri ini bunyi dok dok dok.glodak glodak.setelah baca diskusi diatas ternyata banyak teman senasib.semoga semua yg diskusi di sini kulkasnya awet semua.soalnya swpertinya belum ada solusinya
Comment Author Avatar
.saya beru beli merk politron satu pintu rak 2 . . Sama punya saya juga bunyi bletak semacam gitu kan kaget saya .. Tapi kulkas normal dingin . . Cuman bunyinya itu lohh yg ngagetin ..
Comment Author Avatar
Anonim 23.40.00
wwah, aku nyasar ke siniii .. pas bgt ternyata bnyk yg keluhin hal yg sama, btw kulkas aku juga baru beli 3 bulan yang lalu merek gea yg mini bar .. akhir2 ini selalu ada suara pletak gt dari mesinnya .. kalau suara bagian freezernya udh wajar aja . tp yg bunyi ini kira2 knp gt .. tp sejauh ini Alhamdullilah kulkas normal..
Comment Author Avatar
Anonim 09.34.00
Halo ka, kira2 sudah dapat informasi kenapa kulkasnya seperti itu? Saya juga beli kulkas merk Gea, baru 2 bulan dan kemarin saat kompresornya menyala bunyi "pletak,pletuk" kencang sekali yang sebelumnya tidak ada.
Comment Author Avatar
Iya sama. Kulkas saya merk sharp 2 pintu sering bangat bunyi bletak. Kadang kencang bunyinya. Saya mau telp dan cari jawaban dulu langsung dari Sharp.
Comment Author Avatar
Bletak2 itu apakah sama kyk bunyi bergendang-gendang gitu yaa??
Tadi kulkas sy juga bunyi kayak bergendang2 gitu, saya pun terkejut dan takut krna sblmnya tidak pernah bunyi sprti itu, kulkas saya merk Sharp, tolong dijawab ya
Comment Author Avatar
Baca koment mpe 3 tahun ga nemu jawaban... 😞
#nitip ya..
Comment Author Avatar
Sama kulkas merk Toshiba warna bunga magenta masih baru jg tapi bletak2 agak takut si huhuhu
Comment Author Avatar
Anonim 07.21.00
Kulkas saya polytron yang 1 pintu motif bunga,,kulkas lama,,udah kurang lebih 2 tahunan bunyi bletak dari awal,,awalnya ngeri tapi tapi cek kulkas normal.dan ga ada jawaban sampe saat ini.mungkin bawaan dari lahir huuu
Comment Author Avatar
Anonim 07.24.00
Kulkas saya polytron satu pintu motif bunga,kurang lebih 2tahunan dari awal bunyi bletak,,awalnya takut tapi cek kulkas normal.dan sampe hari ini belum nemu jawaban.mungkin bawaan dari lahir huu
Comment Author Avatar
saya juga ini skg malah kayak bledos sih . dos gt bunyi nya. merk saya hitachi ada kah yang sama
Comment Author Avatar
Emal 16.33.00
Toshiba juga gitu, selama bletak cuma sekali sehari ya biarin aja, paling kalo bletak pas tengah malem yg bikin kaget, itu kayanya suara body kulkasnya yg memuai/nyusut
Comment Author Avatar
Nyasar kesini gara2 suara horor dari kulkas
Saya baru beli 1 bulanan merek aqua jg gitu bunyi bletak beberapa kali dalam sehari. Setelah baca komenan ternyata memang hampir semua merek kulkas keluaran baru kaya gitu.
Comment Author Avatar
Anonim 19.07.00
Saya jg sama nih, merek Changhong side by side.. emang jarang sih, tapi lmyn ngagetin bunyi bletaknya.. pdhl kulkas baru, dan no frosting. Kira2 kenapa ya? Terimakasih
Comment Author Avatar
Kulkas sy toshiba 1 pintu 2009 br bbrp hr ini bunyi glotak kyk benda jatuh...tp msh dingin normal..apa krna sdh umur yaa..biasa ny sih bunyi brisik nging gtu tp sdh ngga berganti glotak..nanti bisa konslet ga yaa..?
Comment Author Avatar
ikut share pengalaman tentang kulkas yg bunyi bletak ya kak...punya sy kulkas merk Sanken 1 pintu.akhr akhr ini juga gitu bunyi glodak sampai nampak mesin kompresornya goyang2,apa mungkin itu terjadi krn sering di geser geser ya....krn kami sedang renovasi rumah...ini juga br aja bunyi,tp langsung sy cabut krn kebetulan bunga es nya udah tebal,ini mau q bersihkan...jadi belum tahu pasti apa penyebab suara itu...
Comment Author Avatar
Gimana jadinya? Kulkas saya juga bunyi cletek2 kek benda jatuh. dalam sehari cukup sering berbunyi, tp kulkas tetap berfungsi
Comment Author Avatar
Wah.. sama ya kulkas saya merk Samsung sering banget mengeluarkan suara pletaakk...seperti tembakan keras gitu... yg selalu membuat jadi kaget... kondisi dingin dan lainnya normal semua, ini bnar benar suara misterius... semoga segera ada solusi untuk ngilangin suara tersebut...
Comment Author Avatar
Anonim 18.09.00
Wah.. Sepanjang ini komennya semua dari pasien dengan penderitaan yg sama 😂
Kulkas ku jg sama, Samsung digital inverter twin cooling plus, suka bunyi pletak pletok kaya orang maen gundu nembak ke kayu, alias mirip suara seperti ada yg retak di bagian dalam kulkas, penasaran karena kadang berpikir horor langsung cek google dan hasilnya..... Tidak ada penjelasan.
Comment Author Avatar
Anonim 00.45.00
Kesini karna makin hari makin parah bletak bletoknya, tiap buka kulkas ga ada orang pdahal🤔
Comment Author Avatar
von 16.44.00
wahhh nemu inih setelah sekian lama bertahan sama kulkas yg suka bunyi pletak pletok sendiri....dari awal beli ampe skrg masih suka bunyi...berdengung lah, pletak pletok... Klo memang termasuk kegiatan normal kulkas yah apa boleh buat..Tapi kulkas mama saya gak ada bunyi sama sekali malahan anteng merk LG...apa karena kulkasnya udah tua? wkwkwkwk punya saya Sharp 2 pintu...
Comment Author Avatar
Anonim 20.37.00
Stlh bca dr atas smpai bwah,kok kasus nya sama ya. Sya kira cm pny sya aja yg suka bunyi bletak kya gtu... kwatir sih klo mlm2 bunyi ngagetin kdang suka kbngun
Comment Author Avatar
Anonim 12.45.00
Kulkas saya bunyi bletak setelah dibersihkan bunga es nya. saya cabut kabelnya lalu 8 jam kemudian baru dicolokan lagi dan nunggu 2 jam untuk dimsukkan makanan. setelah itu bunyi bletak2 terus sampe sekarng deh. dab sekarang saya membersigmemb bunga es nya dikecilkan saja suhunya menjadi 0 tapi setelah bersih dan dinaikkan lagi suhunya bunyi bletak itu masih ada. bingung padahal baru 2 bulan
Comment Author Avatar
Anonim 21.22.00
Kulkas saya Sharp 1 pintu baru 8 bulan juga sama bunyi bletak,tlong kasih tau apa penyebabnya mkasi
Comment Author Avatar
Anonim 12.45.00
Kulkas saya juga bunyi bletak, pertama kirain hantu / tikus nabrak. Tapi beberapa hari masih bunyi, durasinya bisa sehari 3-4× dan kulkas saya normal gak ada rusak, akhirnya pas baca komentar2 diatas, saya coba naikin suhu dari awal 3 saya naikin jadi 4, alhamdulillah sudah tidak bletak lagi. Kulkas merk aqua, semoga membantu..
Comment Author Avatar
Anonim 22.51.00
Kalo yng 1 pintu kebanyakan ya begitu produk baru seperti polytron srhap sanken dll ada hentakan tpi masih aman2 saja sudah bertahun2 ttep normal
Comment Author Avatar
Anonim 19.30.00
Punya saya juga sama sekarang bunyi bletak² terus. abis d cabut colokannya trus di colokin lagi e h bunyi kaya gitu . Kenapa ya bun tolong infonya
Comment Author Avatar
Anonim 23.41.00
setelah saya analisa n dari semua keluhan manteman dapat kesimpulanya adalah=
1.tegangan listrik yg tidak stabil
2.suhu dingin kulkas baik frezer/ciler dibawah level normal
3.bunyi dari elemen otomatis kulkas untuk mencairkan bunga es
4.bawaan dari kulkasnya itu sendiri
Comment Author Avatar
Anonim 20.58.00
Itu suara mesin kompresornya ,,karna tekanan freon kuat,,jadi kaya pompa dalm mesin kompresornya..😁apalagi kalo mau berhenti otomatis dalm mesinnya berbenturan dengan body mesinnya..jadi ada bunyinya...😁 (kata bapak sya yg sering servis)
Comment Author Avatar
Anonim 23.28.00
Jadi, mesin kompressornya artinya rusak apa itu normal mbak?
Comment Author Avatar
Anonim 01.50.00
sama kulkas saya baru 2 minggu belinya hee sllu bunyi kaya ada yg jatuh ..
Comment Author Avatar
Anonim 14.04.00
biar ga bletak bletek kulkas isi yg penuh trs putar kenop dalam kulkas ke angka 5 atau diatasnya 6 atau 7
Comment Author Avatar
Anonim 14.01.00
Polytron 1 pintu kulkas aku juga kaya gitu, kalo kompresor lagi diem suka bunyi bletak gtuh, di tambah kulkas ku tuh berdengung nya kenceng bgt, padahal udah di pake stabilizer, tapi berfungsi dengan normal kira² kenapa yaa suka kepikiran takut cepet rusak gtuh
Comment Author Avatar
Anonim 04.20.00
Kulkas saya tengah malam bunyi gluduk2 langsung saya matiin karena takut meledak nanya tukang servis suruh di colokin lg setelah dicolokin normal lagi tapi suhu kulkas jadi tidak begitu dingin itu kenapa ya
Comment Author Avatar
Trim ksih informasinya, kulkas saya jg demikian sering bunyi.
Comment Author Avatar
Anonim 23.50.00
Kulkas punya saya juga gitu sama kadang bunyi bletak2 keras padahal baru beli 4 bulanna kadang suka takut ada komponen yang rusak a tau konslet
Comment Author Avatar
Anonim 21.59.00
Saya juga mengalami dengan inverter kulkas samsung sebelum terjadi mati kompressor inverternya bgitu kemudia claim ke samsung digantikan compressornya setelah beberapa bulan tepatnya 3 bulan mulai lagi jadi menurut teman yg menjual compressor kekurangan freon tetapi setiap diadukan ke bagian CS mereka menyakan masih dingikah saya jawab normal hanya sja bletak yg kadang mengagetkan ternyata semua
Brand seprti ini entah apa yg terjadi di mesin atau evaporatornya yg jelas masih berfungsi normal semoga dari pihak maker peduli untuk menjawab apa yg terjadi
Comment Author Avatar
Anonim 01.04.00
Banyak temannya ternyata. Semua merek sama keluhannya, "BLETHAK!!!" semua. Dan gak ada yang dapat solusi. Tukang servis juga gak bisa ngatasi.
Mari kita pasrah saja kalau begitu. Terima kenyataan suara bletak bletak di kulkas kita. 🤣🙃

Silakan tulis komentar Anda di sini. Semua komentar akan ditampilkan kecuali yang mengandung unsur SARA, pornografi, spam, dan perjudian. Have a good discussion!

Klik kotak Notify Me (Beri tahu saya) untuk mendapatkan pemberitahuan saat saya membalas komentar Anda. Dan please jangan tinggalkan link aktif. Terimakasih ^_^

Regard,
-diens-