Benda yang Dilarang Disimpan di Dalam Freezer, Awas Kulkas Meledak!!!

benda yang bahaya kalau masuk freezer

Assalamu'alaikum. Halo, Teman-teman. Selamat datang di azkiarafanada.blogspot.com! 


Hari ini saya mau membahas benda apa saja yang tidak boleh masuk ke dalam kulkas, terutama freezer.


Lemari es bisa dibilang sebagai sebuah barang multifungsi. Namun, kadang berbagai barang bisa masuk tanpa mempertimbangkan resikonya.

Lemari es biasanya terdiri dari beberapa bagian, salah satunya adalah freezer atau lemari pembeku. Tak banyak yang tahu jika tak sembarang benda bisa masuk ke sana. Salah-salah kulkas Anda malah meledak.

Yuk, ikuti saran berikut agar lemari es Anda aman dan barang belanjaan pun tidak terbuang sia-sia.

Benda yang Tidak Boleh Masuk Lemari Es dan Freezer

Tak semua benda bisa ditaruh di dalam freezer dengan aman. Jika dilihat dari fungsinya, kegunaan lemari pembeku adalah untuk membekukan sesuatu, misalnya membuat es batu.


Tidak semua benda aman saat mencapai titik beku. Beberapa benda berpotensi menimbulkan hubungan arus pendek jika ditaruh di lemari pembeku. 


Pertama saya akan menuliskan deretan makanan dan minuman yang tidak direkomendasikan untuk disimpan di dalam lemari es atau freezer. Apa saja itu?


Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Berada di Dalam Freezer

Lemari es memang tempat yang oke untuk menyimpan bahan makanan. Mulai dari sayur-mayur, buah-buahan, minuman, daging, sampai black forest cake. 

Dari banyaknya jenis bahan pangan, tahukah Anda jika ada beberapa makanan dan minuman yang tidak cocok untuk disimpan di dalam lemari es? Terutama di dalam freezer. 

Ini dia daftar bahan makanan yang tidak boleh masuk lemari es dan freezer beserta alasannya:

1. Sayuran Segar

Sayuran hijau memiliki berbagai kebaikan untuk tubuh ketika mereka berada dalam kondisi segar. Jika Anda menyimpan sayuran hijau di dalam freezer hingga membeku, maka daunnya akan lemas saat kembali ke suhu normal. 


Selain itu tekstur, kandungan gizi, dan rasanya juga akan mengalami penurunan. Baiknya, simpan sayur di bagian khusus sayur. 

2. Buah-buahan Segar

Sama halnya seperti sayur mayur, buah-buahan tidak semestinya disimpan di dalam freezer. Ketika membeku mungkin buah tersebut bertekstur keras dan renyah. 


Namun coba perhatikan saat buah mulai 'mencair' dan kembali pada suhu normal. Tekstur buah akan menjadi lemas, warnanya berubah, rasanya juga tak selezat saat masih segar. Solusinya, simpan buah di dalam wadah khusus buah.

3. Keju

Keju bentuk apapun tidak seharusnya disimpan di dalam freezer. Tekstur dan bentuk keju bisa berubah selepas dikeluarkan dari freezer dan kembali pada suhu ruang. 

Cukup simpan keju di tempat yang sejuk dan kering untuk membuatnya awet dan tidak mudah berjamur.

4. Yoghurt

Yoghurt memang lezat. Rasanya yang super gurih dan creamy membuat banyak orang jatuh cinta. Selain itu makanan berbahan dasar susu ini juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. 

Sayangnya, memasukkan yoghurt ke dalam freezer bukanlah pilihan bijak. Tekstur yoghurt kesukaan Anda akan berubah dan rasanya pun tak lagi nikmat.

5. Makanan Crispy

Makanan yang digoreng renyah seperti ayam goreng ala kentucky dan juga keripik sangat tidak disarankan untuk disimpan dalam freezer. 

Kenikmatan makanan ini ada di kerenyahannya. Alih-alih membuatnya lebih renyah, menyimpannya di freezer justru akan membuatnya melempem dan lembek ketika dikeluarkan dari freezer.

6. Makanan Berkadar Air Tinggi

Ketika Anda memasukkan makanan dengan kadar air tinggi ke dalam lemari pembeku, cairan yang terkandung di dalamnya akan ikut membeku. 

Kemudian saat makanan tersebut kembali pada suhu normal maka kristal es akan mencair. Akibatnya makanan akan menjadi lembek dan rasanya pun berkurang. Contohnya nanas, kentang, semangka, dll.

Itulah beberapa contoh makanan yang tidak seharusnya disimpan di dalam freezer. Jika Anda memaksa untuk tetap menyimpannya di dalam lemari pembeku, itu artinya Anda sudah siap dengan resikonya. ;)

Selain benda-benda berupa makanan, ada juga benda lain yang sangat BERBAHAYA jika disimpan di dalam freezer. Bahkan salah satu diantara benda ini diklaim bisa bikin kulkas meledak. Waduh!

Benda yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Dalam Freezer

Freezer menjadi begitu populer di Indonesia, terutama di daerah saya sejak tahun 1990-an. Freezer sangat berguna untuk penduduk yang tinggal di negara tropis layaknya Indonesia raya.

Terkadang jiwa usil manusia saya membuat saya merasa tertantang untuk melakukan hal-hal aneh yang sebenarnya di luar batas kewajaran. 

Kadang saya suka memasukkan sendok ke dalam freezer untuk kemudian ditempelkan ke area bawah mata. Caranya begini:
  1. Ambil sendok bersih dan kering
  2. Taruh di dalam freezer sekitar dua menit
  3. Ambil
  4. Tempelkan pada mata
  5. Gosok perlahan dari dalam ke arah luar
  6. Lakukan sampai suhu sendok kembali normal
  7. Ulangi bila perlu
Cara ini cukup efektif untuk mengurangi kantong mata yang menghitam akibat terlalu banyak menatap layar. 

Tips dari saya, taruh sendok di freezer sebentar saja. Jika terlalu lama, sendok akan menempel kuat pada dasar freezer dan sulit untuk diambil. Anda perlu mencairkan es terlebih dahulu untuk mengambilnya.

Kembali ke topik, ya. Ini dia benda yang tidak boleh masuk freezer karena bisa memicu ledakan berbahaya.

Baterai

Sumber energi yang kuat seperti baterai tidak seharusnya ditaruh di dalam sebuah kotak yang terhubung pada energi listrik seperti freezer. 

Coba bayangkan jika sampai terjadi kontak antara air dengan listrik. Hal yang akan terjadi berikutnya mungkin ada di luar ekspektasi Anda.

Saya pernah membaca sebuah tips yang menyatakan bahwa sebuah baterai yang sudah mati total bisa normal lagi kalau baterai dimasukkan ke dalam freezer dalam lintas waktu tertentu. 

Saya baca di sini https://www.kaskus.co.id/thread/580f9f321cbfaa67628b4567/cara-kalibrasi-baterai-handphone-via-freezer/

Seefektif apa pun tips di atas sepertinya tidak sebanding dengan resiko yang dapat ditimbulkan. Ketika terjadi konslet maka hal terburuk yang bisa terjadi adalah lemari es Anda meledak. So, keputusan final tetap di tangan Anda.

Sprite/Coca Cola/Minuman Berkarbonasi
Merasa familiar dengan minuman berkarbonasi tersebut? Cola dingin di hari yang panas bisa jadi memang sempurna. 

Rasa unik minuman bersoda akan lebih keluar saat dalam kondisi dingin. Namun bukan berarti Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari pembeku.

Jika Anda ingin menikmati segelas cola dingin maka cukup masukkan ke dalam lemari es atau tambahkan es batu ke dalamnya. 

Memaksa memasukkan minuman berkarbonasi ke dalam freezer benar-benar pilihan yang menakutkan. 

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan minuman berkarbonasi? Minuman berkarbonasi adalah minuman yang mengandung gas karbondioksida di dalamnya. 

Kaleng soda yang tertutup rapat dan dimasukkan ke dalam freezer akan mengalami perubahan suhu drastis ketika pintu freezer dibuka. Perubahan drastis ini bisa  membuat kaleng soda meledak dan daarrr!

Barang Elektronik

Radiasi benda elektronik seperti smartphone bisa jadi bumerang saat bersinggungan dengan alat elektronik lainnya. 

Misalnya saja lemari pendingin. Sudah tahukah Anda jika sebuah ponsel akan memancarkan radiasi yang luar biasa tinggi saat sinyal di sekitarnya melemah?

Ini sudah lebih dari cukup untuk menjadi alasan kuat. Buanglah kebiasaan menaruh handphone di atas kulkas karena kabar buruknya, ledakan bisa terjadi kapan saja.

Jangan Gunakan Pisau untuk Mengambil Es Batu dari Freezer

Kadang ketika saya membuat es batu, balok es yang sudah jadi tersebut sulit untuk diambil. Jangan pernah mencoba mencongkel balok es dengan benda tajam seperti pisau. 

Kulkas zaman sekarang sudah banyak yang menggunakan gas isobutana sebagai pengganti freon. 

Jika tanpa sengaja pisau yang Anda gunakan tersebut membuat terjadinya kebocoran gas di dalam kulkas, maka sedikit saja percikan api bisa meledakkan lemari es seketika.

Freezer Bisa Membuat Celana Jeans Awet?

Semua item yang terbuat dari bahan kain jeans sebenarnya membutuhkan perawatan khusus. Uniknya, saya menemukan sebuah tips merawat kain jeans yang berbeda dari perawatan pada umumnya. 

Kabar yang cukup mengejutkan yaitu meski secara kasat mata kain jeans tampak jauh lebih kuat daripada kain katun ataupun jersey, ternyata dia bisa mudah rusak juga.

Kain jeans yang asli biasanya dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi di pasaran. Pada zaman dahulu kain jeans secara umum diidentikkan dengan para cowboy (koboi; red). 

Tekstur kain yang memiliki serat kuat membuat kain ini cocok dikenakan oleh koboi yang notabene memiliki intensitas kegiatan di alam liar yang cukup tinggi.

Seiring berjalannya waktu, bahan jeans tidak lagi hanya dikenakan oleh para lelaki yang identik dengan kuda dan topi lebar itu. 

Jeans sudah banyak dibuat menjadi jaket, rok, dan juga celana. Modelnya juga ada bermacam-macam sesuai tren fashion yang sedang berjalan.

Kabar buruknya, kain jeans bisa cepat rusak kalau tidak diurus dengan benar. Mulai dari seratnya yang akan lebih cepat lapuk hingga warnanya yang memudar bisa saja lebih cepat terjadi. 

Tentu saja Anda tidak mau kan kalau jeans favorit Anda cepat luntur dan menjadi kusam? Untuk itu Anda harus tahu cara menjaga jeans kesayangan agar tidak cepat rusak.

Memasukkan Jeans ke Dalam Freezer

Pernahkah Anda mendengar atau membaca artikel yang membahas tentang sebuah tips agar celana jeans tetap awet? 

Uniknya, saya pernah membaca ada yang mengklaim bahwa memasukkan jeans ke dalam freezer bisa membuatnya lebih awet. Wah, apa tidak bau, ya?

Mencuci celana atau jaket jeans terlalu sering disebut-sebut dapat memudarkan warna aslinya lebih cepat. Dengan alasan tersebut, beberapa orang sangat jarang mencuci celana jeans kesayangannya. 

Untuk menghilangkan bau tak sedap pada celana setelah dipakai, mereka memilih untuk menggunakan cara lain. Bukan dengan mencucinya!

Bau menyengat yang muncul pada kain jeans setelah dipakai disebabkan oleh sel kulit mati Anda yang bercampur keringat dan bakteri. 

Semua itu menempel di kain jeans yang Anda kenakan. Akibatnya terjadi pembusukan yang berakhir pada aroma tidak enak. 

Untuk mengatasinya, Anda dapat memasukkan celana jeans ke dalam freezer selama beberapa jam. 

Cara ini dipercaya mampu membunuh berbagai kuman dan bakteri penyebab aroma tak sedap pada jeans Anda. 

Dengan demikian pakaian jeans Anda akan terbebas dari bau. Bonusnya, kain jeans pun menjadi lebih awet. Apakah Anda ingin mencoba cara ini juga?

Caranya cukup dengan memasukkan pakaian Anda yang berbahan jeans ke dalam freezer selama beberapa jam. Semakin lama durasi maka semakin banyak bakteri yang mati. 

Suhu di dalam freezer yang sangat dingin akan membuat berbagai organisme yang menempel di kain jeans tidak mampu bertahan hidup.

Takeaway

Teknologi memang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia di dunia. 


Akan tetapi sebagai makhluk yang dikaruniai akal dan pikiran maka sudah semestinya manusia memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan secara bijak. 


Semoga pengetahuan sederhana ini dapat membuat Anda dan saya jadi lebih berhati-hati saat ingin mencoba sesuatu yang baru. Jangan sampai tindakan tersebut bisa menjadi petaka bagi Anda.


Sekian dulu untuk hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel berikutnya, inshaa Allah! 


Punya pertanyaan terkait tulisan ini? Ngobrol di kolom komentar, yuk? Terima kasih sudah mampir. ^_^



(diens)

Posting Komentar untuk "Benda yang Dilarang Disimpan di Dalam Freezer, Awas Kulkas Meledak!!!"