Cara Memperbaiki Kasur Angin yang Bocor

kekurangan kasur angin

Cara menambal kasur angin. Sekitar bulan Mei tahun 2015 kemarin saya membeli kasur angin merk Bestway secara online di Tokopedia. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, beberapa ratus ribu rupiah saja. Dalam waktu kurang dari tiga hari pengiriman, kasur angin sudah sampai di tangan saya. 

Berhubung saya ini anak kos dan fasilitas di kamar saya hanyalah single bed, kasur angin ini saya pakai sebagai cadangan jika ada keluarga atau teman yang datang menginap. Kasihan, kan, kalau suruh tidur di lantai? Hehe...

Kasur pesanan sudah di tangan. Saatnya eksekusi yuk?!

Isi Paket Kasur Bestway

Di dalam paket ada satu set kasur angin Bestway yang saya beli dibungkus rapi dengan kemasan kardus serta terbungkus bubble wrap untuk meminimalisir benturan yang dapat menyebabkan cacat barang yang diakibatkan oleh kecelakaan atau kelalaian kurir.


Kesan pertama cukup puas lah dengan pelayanan seller. Paketnya dikemas dengan aman.


Satu per satu saya cek isinya:
  1. satu buah kasur angin
  2. satu buah pompa angin 
  3. seperangkat alat repair/penambal kasur
  4. lem kasur. 

Lengkap dan sama seperti yang tercantum di iklannya. Dikasih alat tambal juga? Iya betul. Entah kenapa yang terbesit di pikiran saya ketika melihat perlengkapan reparasi itu adalah apakah ini pertanda bahwa kasur ini mudah bocor?

Saatnya Cek Kelengkapan

Material yang digunakan pada kasur adalah sejenis karet tebal  dilapisi semacam beludru di bagian atasnya. Mungkin tujuannya supaya kasur tidak terasa panas ketika digunakan untuk tidur tapi juga tetap kedap air. 


Cocok deh buat yang punya anak kecil dan baby yang pada umumnya masih sering mengompol.


Ketika dipegang bagian atas kasur cukup lembut meski tetap ada sensasi agak panas, sedikit. Jika Anda pernah melihat iklan kasur angin Bestway di televisi, ya seperti itulah penampakannya. Kurang lebih persis sama dengan apa yang digambarkan di televisi.


Excited dengan benda di depan mata saya itu, tak perlu menunggu waktu lama untuk mencobanya.

Merakit

  1. keluarkan kasur dari pembungkusnya. Sabar, ya, membuka pembungkus yang dobel-dobel itu harus sabar. 
  2. mulai merakit pompa angin yang disertakan di dalamnya. Finally, biar kasurnya bisa digunakan, pastinya harus diisi angin. 
  3. Mulai memompa sedikit demi sedikit. Lumayan lama juga sih waktu yang dibutuhkan untuk memompa ini kasur sampai terisi penuh dan siap digunakan untuk tidur. Agak bikin gempor. Kalau boleh kasih saran sih lebih baik dipompa pakai alat otomatis.

Tips

Jangan terlalu keras alias jangan terlalu banyak diisi angin ya, tapi juga jangan terlalu sedikit. Jadi ya yang sedang-sedang saja deh. 


Pasalnya, kalau terlalu banyak angin, kasurnya menjadi terlalu keras sehingga kurang nyaman untuk dipakai beristirahat. Sebaliknya, jika anginnya terlalu sedikit, maka kasur kurang mengembang. Hasilnya, akan terasa seperti tidur di atas karpet plastik atau bahkan terasa seperti tidur di atas lantai. Waduh!


Setelah memompa sampai cukup berkeringat, akhirnya kelar sudah. Huh capek!

Kasur Angin Kempes Mendadak

Lima hari pertama, semua dalam kondisi baik-baik saja. Kasur angin ini masih memberikan kenyamanan dalam tidur. Pada hari keenam, lha kok ada yang aneh, ya? Saya perhatikan kasur ini makin hari kok makin tipis dan anginnya berkurang. Wah mulai kecewa saya.

Karena tidak bisa mengatasinya sendiri, maka saya berkonsultasi pada seorang teman. Semua saya pasrahkan deh ke dia, yang penting ada solusi. Dan benar, pecah sudah inti permasalahannya oleh investigasi teman terbaik satu ini.

Bocor

Pemirsa! Ternyata kasurnya mengalami kebocoran sehingga ketika digunakan, semakin hari anginnya semakin berkurang hingga akhirnya habis. Kan nggak asyik banget ya? 

Bayangkan! Pas malam harinya kita tidur di atas kasur angin empuk nyaman ehhh bangun tidur tahu-tahu sudah kempes aja tuh kasur. Jadi paginya cuma semacam terkapar di atas tikar plastik. Sedih.

Solusi

Jika terjadi kebocoran, solusinya cuma ada dua. Pertama, cari di mana titik bocornya kemudian tambal kebocoran itu. Kedua, yang lebih praktis, beli kasur angin baru. Heheheu... Saya sih pilih solusi pertama dulu. Maklum anak kos harus menghemat biaya hidup biar bisa napas sampai akhir bulan.

Ribet banget dah yang namanya nyari titik kebocoran nih kasur angin. Dengan kesabaran dan ketelatenan, akhirnya ketemu deh. Cuzzz...ambil repair kit dari kantong ajaib. Tunggu beberapa saat biar lemnya kering and tadaaa...kasur angin bisa dipakai lagi tanpa bocor. Senangnya... Thanks a bunch hey kamu... :)

Dan Terjadi Lagi

Alhamdulillah saya sudah happy banget kasurnya beres ehh tahu enggak? Pas bangun tidur besok paginya, dia kempes lagi. Aduhhh kecewa part 2 lah saya! Bocor berulang.

Penambalan kebocoran kasur angin yang dilakukan tempo hari memang membantu, tapi sepertinya tidak menutup sempurna lubang bocor. Yaa kira-kira masih ada lubang mikroskopis yang memungkinkan udara menerobos pergi.

Bocor Terus Berulang

Proses menambal kasur angin berlangsung berulang-ulang-ulang dan ulang. Ternyata kasur angin itu bocor lagi dan lagi. Lubang kebocorannya pun berpindah tidak hanya satu. 

Memang sih masih bisa dipakai, tapi ya itu. Pas setiap mau dipakai tidur harus dipompa dulu sampai tingkat keempukan yang diinginkan, namun jangan terlalu keras. Nanti malah bikin lubang bocornya nambah lagi.


Tingkat kekempesan pas pagi harinya itu, angin belum habis 100%. Masih ada tersisa di bagian dalam kasur angin tapi jumlahnya yang tidak memadai membuat badan kita tidak berasa tidur di atas kasur melainkan di atas karpet.

Incurable

Setelah dicoba ditambal sebanyak beberapa kali, ternyata kondisi si kasur angin ini masih tetap sama. Selalu mengempes di pagi harinya. Akhirnya sampai sekarang kasur angin itu hanya disimpan saja di almari.

Saran

Buat teman-teman yang punya rencana ingin membeli kasur angin, mungkin pengalaman saya ini bisa dijadikan bahan pertimbangan. Ada yang pernah punya pengalaman serupa enggak? Ngobrol di kolom komentar, yuk? ^_^

Sekian pengalaman saya menggunakan kasur angin Bestway. 
Semoga bermanfaat! Terima kasih sudah mampir.



(diens)

19 komentar untuk "Cara Memperbaiki Kasur Angin yang Bocor"

Comment Author Avatar
jadi ngak ada solusi nih.

saya mau nambal bestway saya jadi mikir lagi, saya beli di acehardware sekali pakai camping (padahal bawahnya sdh dipastikan steril dr benda2 tajam) langsung bocor, produk gagal rupanya...
Comment Author Avatar
@Tatang Kusdiman sepertinya nggak ada karena punya saya dah ditambal bolak balik pakai repair kit bawaan kasurnya tetep bocor lagi dan kempes terus. Tapi nggak ada salahnya kalo mau dicoba ditambal... Hehe

Walau menurut pengalaman saya dg kasur yg saya beli tiap kali ditambal selalu muncul bocor lagi di titik berbeda.
Comment Author Avatar
Saya telah coba mencari artikel yang pengalaman memakai kasur angin merk intex, tapi yang banyak ditulis orang orang para pemakai kasur merk bestway semua problemnya sama. Apakah kasur intex nggak ada yang bermasalah ya ? Karena saya ada rencana beli kasur angin lho. Maksudny kita mau cari mana yang lebih baik.
Comment Author Avatar
@unknown: Wah kalau untuk kasur angin merk intex kebetulan belum pernah beli saya kak. Kurang tahu juga yaa dengan kualitasnya,, tapi nggak ada salahnya untuk dicoba dulu? Hehe
Comment Author Avatar
@unknown: Wah kalau untuk kasur angin merk intex kebetulan belum pernah beli saya kak. Kurang tahu juga yaa dengan kualitasnya,, tapi nggak ada salahnya untuk dicoba dulu? Hehe
Comment Author Avatar
Anonim 20.50.00
Sama punya saya jg Intex, masalahnya sama aja bocor dan ud saya tambal berkali-kali tp sll berpindah tempat bocornya,, sampai2 aq siram keseluruhan kasur tp masih aja GK nemuin dimana itu titik kebocorannya
Comment Author Avatar
bestway pernah punya. , intex pun juga dijadikan pembelianku kedua. hasilnya sama saja spt yg anda tulis.
Comment Author Avatar
Iya, Kak. Kalau dari pengalaman teman-teman gitu. Ternyata banyak merek yang juga bermasalah bocor.
Comment Author Avatar
Kasur angin Bestway. Aku beli baru pakai 1 bulan yang lalu. Minggu pertama sdh mulai kurang angin. Terus ku tambah tanpa berpikir kalau ada yang bocor. Minggu kedua pun sama. Tapi tadi pagi bangun tidur sdh kempes dan duduk sdh tembus ke lantai. Ku pompa lagi langsung ketahuan bocornya. Dan langsung ku tambal pakai repair kit yg dibawain. Tapi sungguh kecewa sore dipompa koq nglontok tambalannya. Kecewa berat deh. Buat yg punya rencana beli pikirkanlah dulu resikonya.
Comment Author Avatar
Wah, kita senasib, Kak. Ternyata sama persis, ya.
Comment Author Avatar
Saya pakai sekitar 1 bulan tapi permasalahannya sama mungkin ini kasur gagal produk ya... Sdh coba di perbaiki. Tapi malah gak mau nempel repair bawaanya,...
Comment Author Avatar
Persis sama, Kak. Gagal tambal terus.
Comment Author Avatar
Saya punya kasur Intex yg tebal 42 cm, klo bocor sebaiknya d tembel pake lem apa ya... Trmksh.
Comment Author Avatar
Hai, Kak. Bisa gunakan lem dari repair kit bawaannya ya. Hanya saja dari pengalaman saya performa lem bawaannya kurang bagus.
Comment Author Avatar
Aku beli goldentec dr lejel, dicoba yang besar bocor ternyata bs diganti baru, ini ternyata ok dan tidak bocor, sayangnya setelah 1 bulan flocked atau penahanan yg di dalam kasur lepas satu persatu, saya kaget karena tahu² remot tv di depan aku di atas kasur melompat, alhasil jd seperti hamil kasur angin nya, dan merembet ke flocked yang lain mulai lepas,yg jelas ini gak bisa di perbaiki, pasrah dah, karena di dalam kasur gak mungkin di tambal🙄
Comment Author Avatar
Hai, Kak Ali. Wah, ini agak beda ya problem kasurnya. Mungkin kasur angin cuma bisa menaham beban sampai batas berapa kilogram gitu kali ya. Cuma bisa yang enteng-enteng. Padahal saya juga cuma 50 kg. Hmm... BTW, thanks sudah sharing di sini, ya, Kak.
Comment Author Avatar
Aku beli goldentec dr lejel, dicoba yang besar bocor ternyata bs diganti baru, ini ternyata ok dan tidak bocor, sayangnya setelah 1 bulan flocked atau penahanan yg di dalam kasur lepas satu persatu, saya kaget karena tahu² remot tv di depan aku di atas kasur melompat, alhasil jd seperti hamil kasur angin nya, dan merembet ke flocked yang lain mulai lepas,yg jelas ini gak bisa di perbaiki, pasrah dah, karena di dalam kasur gak mungkin di tambal🙄
Comment Author Avatar
Anonim 16.49.00
ternyata problematik kasur angin bocor ini memang terjadi di semua merk ya
Comment Author Avatar
Hai, Kak anonim. Iya dari situ jadi bisa menyimpulkan kalau besar prosentase kasur angin akan berakhir dengan masalah serupa.

Silakan tulis komentar Anda di sini. Semua komentar akan ditampilkan kecuali yang mengandung unsur SARA, pornografi, spam, dan perjudian. Have a good discussion!

Klik kotak Notify Me (Beri tahu saya) untuk mendapatkan pemberitahuan saat saya membalas komentar Anda. Dan please jangan tinggalkan link aktif. Terimakasih ^_^

Regard,
-diens-