Cara Menjadi Blogger di Indonesia

bagaimana cara jadi blogger di indonesia

Bagaimana cara menjadi blogger? Era milenial telah tiba di depan mata. Ada begitu banyak hal yang berubah di zaman yang orang bilang modern ini. Jika satu dekade silam Anda masih dengan setia berlangganan majalah G4UL, saat ini Anda akan melihat pemandangan yang jauh berbeda. Sebuah fakta yang agak membuat sedih, media cetak tidak seramai dahulu lagi. Salah satu penyebabnya karena banyak orang yang telah beralih ke media berbasis blog.

Ada banyak sekali portal blog yang bisa Anda manfaatkan. Terlebih untuk yang memiliki passion menulis. Mulai dari wordpress, tumblr, dan pastinya blogspot siap menampung pemikiran-pemikiran brilian dari Anda untuk diteruskan pada netizen. Ingin memiliki situs berbayar atau gratis semuanya bagus dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Seperti halnya blog yang sedang Anda kunjungi ini. Di luar sana juga ada begitu banyak blog yang bertebaran dengan beraneka keunikan tema yang berbeda. Di luar dampak negatifnya pada media cetak konvensional, keberadaan situs tersebut tentunya sangat baik untuk memperkaya khazanah pengetahuan Anda. Setuju bukan?

Bagaimana tidak? Seiring dengan semakin banyaknya orang yang aktif di dunia penulisan konten online, Anda pun tak perlu pusing lagi dalam mencari informasi. Semua majalah bahkan ada di dalam smartphone Anda. Jika Anda melihat fenomena ini dari sisi yang positif, niscaya Anda akan melihatnya begitu indah. Tsahhh...!

Menjadi Blogger

Saat pertama kali mengenal dunia blogging beberapa tahun silam, blog hanyalah bagian dari kegiatan perkuliahan untuk memenuhi tugas dari dosen saja. Isi blog pun penuh dengan tugas kuliah semata. Meski demikian tetap ada beberapa kesan dari perkenalan itu yang tidak dapat terlupa hingga saat ini. Atau juga sampai kapanpun itu.

Bagaimana bisa tugas dari dosen itu terlupakan? Melalui tugas kuliah itu, perkenalan dengan dunia bloghospere dimulai. 

Pertama kali membuat blog, ada sedikit rasa bingung yang terlintas. Lebih bingung lagi jika Anda sama sekali tidak memiliki background apapun di dunia menulis online. Bisa diperkirakan perasaan yang ada di hati Anda adalah bertanya-tanya. Harus mulai dari mana?

Tulisan ini memang bukanlah sebuah tutorial lengkap yang akan menjelaskan langkah-langkah menjadi seorang blogger dari A sampai Z. Jangan mencari semua itu di sini. Inti dari coretan sederhana ini hanyalah untuk berbagi pengalaman blogging semata. Betul, pengalaman menulis secara online alias blogging.

Sekali lagi, ini bukanlah sebuah tutorial. Namun semoga setelah membaca ulasan ini Anda jadi punya sedikit gambaran bagaimana untuk memulai sebuah blog. Seperti apa cara membangun sebuah tempat untuk menuliskan pemikiran Anda yang pada akhirnya menjadi jalan untuk membantu banyak orang.

Langkah di Dunia Blogging

Pernahkah Anda mempunyai sebuah pertanyaan dalam hati tentang sulitkah menjadi seorang blogger? Pertanyaan ini luar biasa menghantui pikiran. Memulai sesuatu yang baru seperti menjadi blogger bukan hal sederhana bagi sebagian orang.

Mungkin ada juga sedikit perasaan ragu di benak Anda. Percayalah, tak peduli apapun latar belakang Anda sebelumnya, niat dan keinginan yang kuat dari lubuk hati yang terdalam merupakan modal utama untuk menjadi seorang blogger.


Seperti sebuah nasihat klise dan mainstream, ya? Dulu juga saya sempat berpendapat demikian. Hingga setelah benar-benar terjun di dunia content writer, saya menyadari sepenuhnya nasehat itu benar adanya. Tanpa niat semua akan tamat!

Awal karir sebagai blogger tidak selalu mulus. Bahkan kebanyakan dari para blogger sukses harus bekerja keras untuk membangun website mereka di awal. Dengan dedikasi yang tinggilah blog Anda akan berjalan dengan baik di masa depan nanti. Intinya semangat!

Teknis Menjadi Blogger

Tulisan ini dibuat oleh seorang blogger pemula yang merasa masih jauh dari kata mumpuni. Namun dia ingin membagikan sedikit pemikiran dan pengalamannya. Barangkali coretan ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk mulai menulis setelah membacanya. Semoga!

Sudahkah Anda mantap ingin melangkah di dunia blogging? Hal pertama yang harus Anda miliki sudah tertulis di awal tadi yaitu niat & kemauan keras. Apakah Anda memilikinya? Untuk lebih praktisnya saya akan menuliskan cara menjadi blogger dalam sebuah daftar ringkas seperti di bawah ini.

1. Niat

Miliki niat dari dalam hati untuk menjadi seorang blogger. Menjadi penulis itu bukan sesuatu yang sulit. Betul! Namun meski tidak sulit, ini juga tidak bisa dikatakan mudah. Jaga semangat yang menggebu di awal ini agar tetap membara. Tekad bulat harus ada dan tidak boleh luntur.

2. Mendaftar

Untuk bisa memiliki sebuah blog maka yang harus Anda miliki setelah niat adalah alamat email aktif dan juga nomor handphone. Setelah itu buatlah sebuah akun blogger dengan cara mendaftar di portal blog yang Anda sukai. 

Di sini Anda dapat dengan bebas memilih akan 'berkarir' di 'kantor' yang mana. Apakah Anda lebih suka nge-blog di situs blogger ataukah wordpress? Atau bisa juga di web hosting milik Anda sendiri. Semua itu Anda yang memilih.

3. Menulis

Kini akun blogger Anda sudah aktif. Inilah saatnya untuk mulai menjadi seorang blogger. Mulailah menulis dan memposting secara rutin dari sekarang.

4. Selesai.

Sampai di sini ada yang ditanyakan? Sekarang blog Anda sudah jadi dan sudah mulai terisi dengan tulisan-tulisan mengesankan dari Anda. Selanjutnya Anda hanya perlu mengolah blog tersebut agar terus ramai pengunjung.

Tampak mudah bukan untuk menjadi seorang penulis alias blogger? Jika dibaca memang sepertinya begitu mudah. Akan tetapi jangan menganggap enteng terlebih dahulu sebelum Anda mencobanya sendiri. Aktivitas blogging ini cukup menantang lho.

Tantangan Sebagai Seorang Blogger

Seiring dengan semakin derasnya laju globalisasi, kemajuan teknologi juga luar biasa berkembang dari waktu ke waktu. Hal tersebut juga memberikan dampak bagi para blogger. Jumlah orang yang turut terjun meramaikan kancah menulis tulisan secara online jadi kian ramai. Ini artinya persaingan yang terjadi juga semakin ketat.

Saat membaca berbagai kisah sukses seorang blogger biasanya Anda akan terpacu untuk mengikuti jejak mereka seketika itu juga. Kabar buruknya, jalan yang harus Anda lalui nantinya tidak akan selamanya mulus bak jalan tol. Sekarang saya tanya, siapkah Anda dengan itu?

Anda harus berlomba dengan begitu banyak orang berbakat di dunia maya sana. Asyiknya nih, Anda tetap bisa bersaing secara sehat untuk mendapatkan perhatian para pembaca. Satu-satunya jurus paling ampuh yang masih bekerja dengan sangat baik hingga saat ini untuk dapat menaklukkan pembaca yakni dengan menghadirkan konten bermutu.

Biasakan diri Anda untuk terus melatih keterampilan menulis setiap hari secara konsisten. Di dunia blogosphere ini Anda harus tetap menulis dengan rajin meski kadang semangat naik turun tak menentu. Bagaimanapun caranya Anda harus bisa mengatur mood agar tetap baik. Ingat, jauh di luar sana para pembaca blog Anda senantiasa menanti postingan terbaru dari Anda.

Bagi mereka yang tidak sabar ingin melihat hasil yang spektakuler biasanya akan berhenti di tengah jalan. Blogger kategori ini pada umumnya kurang sabar dan telaten. Ekspektasi yang Anda patok mungkin terlalu tinggi sehingga ketika ketika harus menghadapi kenyataan blog Anda belum berkembang sebagaimana yang direncanakan, Anda jadi patah arang. Jangan!

Mengatasi Gejolak Mood

Membuat standar yang tinggi tidak salah. Anda boleh dan sah saja menargetkan sesuatu yang betul-betul cetar membahana untuk web Anda. Ini juga bisa menjadi sebuah pecut agar Anda selalu bersemangat untuk menulis konten bermutu untuk para pembaca.

Hanya saja saya butuh untuk menegaskan satu hal di sini. Target Anda yang menggelegar itu harus diimbangi dengan mental yang kuat. Iya, kuat untuk menghadapi kenyataan bahwa dunia blogging memiliki tingkat persaingan cukup ketat. Belum lagi jalan yang terjal itu terpampang nyata di hadapan Anda.

Dengan memiliki modal mental yang kuat maka dinamika seperti apapun yang akan Anda hadapi selama berkecimpung menjadi seorang blogger tidak akan mampu mematahkan semangat Anda. Berbagai tulisan berkualitas tetap akan tersaji apik tak peduli gejolak mood Anda sedang seberapa pelik. Eeaaa...

Saat ide mulai terasa buntu, cobalah untuk melakukan hal yang Anda sukai. Apa saja asalkan bisa membuat Anda merasa bersemangat asalkan itu bukan hal yang dilarang oleh hukum dan agama, lakukanlah. Ide yang segar sangat vital bagi seorang blogger. Maka dari itu selalu cari jalan agar ide tersebut jangan sampai buntu.

Inti dari menjadi seorang blogger yang sukses adalah selalu mencintai apa yang Anda kerjakan. Cobalah untuk menulis semuanya dari hati dan pikiran Anda. Dengan demikian tulisan Anda juga akan menjadi jauh lebih personal dan menyentuh. Pada umumnya manusia suka diperhatikan, maka curahkan seluruh perhatian Anda pada para pembaca blog Anda.

Sajikan segalanya secara spesial dari dalam diri Anda untuk dunia.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel berikutnya, insyaa Allah! ^_^

With love,
(diens)

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Blogger di Indonesia"