Dipenuhi Lemak, Benarkah Alpukat Baik Bagi Anda??? Di Sini Jawabannya

buah alpukat untuk diet

Manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan. Ini ditulis dari hati untuk semua pecinta avocado. Alpukat adalah buah pendatang dari wilayah Amerika Tengah, lebih tepatnya kota Mexico. Yups! Pada awalnya buah ini tidaklah tumbuh secara alami di Indonesia melainkan didatangkan dari Mexico nun jauh di sana. Ada yang sudah pernah ke Mexico belum?

Avocado atau alpukat alias apokat dengan nama latin Persea Americana ini sering dikatakan punya manfaat begitu banyak. Sebetulnya bukan hanya katanya lagi karena khasiat buah alpukat memang sudah banyak terbukti. Termasuk oleh saya sendiri.

Saya tahu dan ingin Anda juga mengetahui kegunaan alpukat yang begitu banyak untuk tubuh. Anda pilih mau mengambil khasiat alpukat untuk kesehatan atau untuk kecantikan. Barangkali Anda ingin merasakan manfaat masker alpukat untuk kulit wajah. Sudah pernah perawatan wajah pakai alpukat sebelumnya?

Dipenuhi dengan lemak tak jenuh tunggal yang melimpah ruah membuat rasa buah alpukat begitu lembut dan gurih. Fakta di lapangan juga membuktikan bahwa buah alpukat merupakan jenis buah paling berlemak dibandingkan dengan kelapa. Setuju bukan?

Keunikan alpukat bukan hanya pada tekstur dan rasanya saja. Profil nutrisi alpukat juga sangat unik. Di dalam alpukat terkandung vitamin, serat yang banyak, dan beberapa jenis mineral. Vitamin yang paling banyak yaitu vitamin B, vitamin K, vitamin E, dan vitamin C. Langsung fokus ke dua vitamin terakhir yang pasti cocok untuk kulit. Gonna love it!

Buah ini bisa dikonsumsi dalam kondisi segar. Akan tetapi tidak jarang juga orang-orang yang mengolah alpukat menjadi jenis panganan baru yang nikmat. Konsumsi alpukat dikenal bagus untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti sakit jantung. Selain itu buah ini juga cocok untuk dikonsumsi oleh para diabetesi sebagai sumber nutrisi. Mantap deh!

Keluarga saya sudah membuktikan beberapa khasiat buah alpukat untuk kesehatan. It is really worth the price guys. Biasanya orang akan membuat alpukat jadi jus segar. Manfaat minum jus alpukat yang paling keren menurut saya adalah membantu membakar lemak perut plus membuat kenyang lebih lama. 

Itu baru satu dari sekian manfaat buah alpukat untuk kesehatan (membuat perut jadi langsing). Saya suka banget deh ngemil buah ini pas menjelang sore. So nyummy!

Sekarang ngobrol soal penampakan fisik buahnya ya?! Buah alpukat ini memiliki bentuk yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri biasanya paling banyak ditemukan alpukat dengan bentuk seperti pear dan juga bentuk bulat. Ukurannya pun berbeda-beda. Dari yang kecil hingga besar semuanya ada tergantung varietasnya.

Warna daging buah alpukat juga sama. Dia punya sedikit perbedaan shade antara satu dengan lainnya. Kadang ada alpukat yang warnanya putih pucat. Ada juga alpukat madu yang warnanya lebih cerah kekuningan. Ini jenis kesukaan penulis. Hehe...

Kandungan Gizi Alpukat

Jika dilihat dari profil nutrisinya sih alpukat bisa dibilang sangat bergizi dan baik untuk dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari. Dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, alpukat mengandung sangat sedikit gula di dalamnya. Jumlah karbohidrat dalam setiap 100 gram buah alpukat hanya 1,8 gram. Aman banget untuk yang sedang diet!

Rendahnya kadar glukosa pada alpukat membuatnya jadi buah yang sehat. Konsumsi alpukat tidak akan menimbulkan peningkatan kadar gula darah, apalagi penumpukan lemak.

Alpukat juga mengandung serat dalam jumlah tak kalah banyak. Sudah tahu kan jika serat pangan itu sangat penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh berkat asupan serat yang cukup. 

Selain mengenyangkan, serat tersebut juga akan menyehatkan bakteri baik dalam usus. Kok bisa? Iya kawan, serat adalah makanan bagi para bakteri baik. Ingin jumlah bakteri baik meningkat? It is as simple as eat more fresh fruit and vegetables. Perbanyak buah dan sayur.

Cerita tentang buah alpukat berikutnya yaitu mengenai kandungan lemak di dalamnya. Lemak memang identik dengan kolesterol, obesitas, dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Dengan adanya kandungan lemak tak jenuh tunggal di dalamnya, tidak heran jika alpukat dinobatkan sebagai buah yang sangat unik.

Unik karena buah ini berlemak dan lemaknya sangat baik. Jumlah lemak terbanyak di alpukat yaitu asam oleat yang juga bisa ditemukan pada minyak zaitun. Pokoknya alpukat adalah sumber lemak sehat yang sangat direkomendasikan. Lemak ini bisa melindungi tubuh dari inflamasi, sakit jantung, dan juga diabetes. Keren ya? ^_^

Vitamin Alpukat

Inilah daftar kandungan vitamin dan mineral di dalam buah alpukat:
1. Vitamin B9 alias folat (baik untuk ibu hamil dan menyusui)
2. Vitamin K1 (baik untuk ibu menyusui)
3. Potasium
4. Copper
5. Vitamin E
6. Vitamin B6
7. Vitamin C

Sebagai bonus alpukat juga punya kandungan karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Semua bisa mendapatkan manfaat zat ini mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia. Karotenoid di dalam alpukat akan diserap dengan baik oleh tubuh berkat kandungan lemak sehat dalam buah tersebut. 

Yups! Lemak memang berfungsi membantu proses penyerapan vitamin A dalam tubuh. Untuk bisa diserap secara sempurna, vitamin A membutuhkan lemak. So, alpukat adalah buah yang sempurna untuk Anda yang butuh asupan vitamin A dalam jumlah lebih.

Belum habis bonusnya! Ada juga kandungan antioksidan khusus yang bisa mencegah penyakit kanker sekaligus meredakan inflamasi alias peradangan. Perlu untuk diketahui nama antioksidan tersebut adalah persenones A dan B. 

Terakhir nih, alpukat akan memberikan kandungan D-Mannoheptulose untuk Anda sebagai sumber energi. Ini merupakan jenis gula buah yang aman untuk diabetesi sekalipun. Gula pada alpukat tersebut bahkan diklaim mampu membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Alergi

Terjadinya kasus alergi terhadap komponen buah alpukat masih sangat jarang ditemukan atau bahkan hampir tidak ada. Namun demikian kemunculan reaksi alergi tetap harus diwaspadai. Terutama bagi mereka yang sama sekali belum pernah mengkonsumsi alpukat.

Cara Mengolah Alpukat

Di beberapa daerah buah alpukat banyak diolah menjadi aneka panganan. Anda dapat menjadikan buah ini sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan pudding atau yang lainnya. Dijamin akan menambahkan kelezatan hakiki di dalamnya.

Akan tetapi saya punya sedikit pengalaman unik ketika memasak alpukat. Buah alpukat yang dikeruk kemudian dipanaskan akan berubah menjadi pahit. Alpukat menjadi pahit saat diolah karena teknik pengolahan yang kurang tepat. Atau kemungkinan kedua, bisa jadi buahnya belum benar-benar matang. Coba Anda teliti buah alpukat milik Anda sudah matang belum?

Tapi waktu itu alpukat yang saya pakai sudah matang sempurna. Jadi masalahnya bukan pada buahnya. So, berikutnya saya mengupas kulit alpukat kemudian memblender daging buahnya hingga halus. Setelah itu baru diolah. Alpukat yang sudah matang sempurna akan mudah dipisahkan dari kulitnya. Alhasil kali ini kuenya tidak pahit lagi. Alhamdulillah...

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Begitu pepatah berkata. Meski termasuk ke dalam jenis buah yang sangat bernutrisi dan luar biasa menyehatkan, akan tetapi konsumsi alpukat tetap harus diperhatikan jumlahnya.

Jangan pernah Anda menjadikan alpukat sebagai pengganti makanan pokok. Tetaplah jalankan pola makan sehat dan seimbang untuk memiliki kesehatan yang prima.

Semoga tulisan ini bermanfaat! ^_^

Silakan klik tombol berbagi ke sosial media Anda di bawah ini untuk menyimpan artikel. Ada pertanyaan terkait coretan ini? Silakan langsung saja tinggalkan pesan Anda di kolom komentar. Komen yuk?! Xo ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Dipenuhi Lemak, Benarkah Alpukat Baik Bagi Anda??? Di Sini Jawabannya"