Skin Care Routine Untuk Remaja

perawatan kulit untuk remaja

Cara merawat kulit remaja. Hari ini saya akan membahas tentang perawatan kulit yang cocok untuk remaja. Disadari atau tidak, kulit Anda selalu membutuhkan perawatan yang berbeda di setiap rentang usia. Termasuk saat remaja.

Remaja Usia Berapa?

Anda disebut sebagai remaja saat berada dalam kelompok usia antara 12-19 tahun. Menurut definisi yang saya baca di Kamus Besar Bahasa Indonesia kata remaja diartikan sebagai manusia yang mulai dewasa.

Secara umum remaja adalah anak usia sekolah. Lebih tepatnya sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Andakah itu?

Kondisi Kulit Remaja

Kulit manusia akan senantiasa bermetamorfosis seiring dengan pertambahan usianya. Perubahan tersebut juga dipengaruhi oleh banyak hal. Contohnya saja saat masih bayi biasanya kulit manusia masih sangat halus dan super lembut. Ini karena asupan cairan tubuh selalu tercukupi secara berlimpah di kala itu.

Faktanya dengan tercukupinya kebutuhan tubuh akan cairan maka kulit akan selalu tampak kenyal, halus, dan pastinya cerah. Memang terbukti seperti itulah penampilan kulit para bayi dan balita.

Jika Anda juga ingin memiliki kulit yang seperti itu maka tipsnya adalah dengan selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda.

Kulit para remaja masih dalam keadaan yang sangat bagus jika dilihat dari sisi kronologis. Tingkat kelembabannya masih begitu terjaga.

Tahukah Anda? Ini adalah anugerah dari Allah yang telah begitu pemurah. Allah menciptakan Anda dengan bekal enzim ajaib guna membuat tubuh senantiasa sehat. Berkat enzim ini pula penampilan kulit bisa sebagus itu.

Enzim bayi masih dalam kondisi penuh. Dan enzim tersebut akan berkurang terus menerus secara perlahan. Penurunan enzim akan berubah jadi drastis jika Anda menjalankan pola hidup yang tidak baik.

Saat usia remaja, mungkin jumlah enzim tubuh Anda telah terpakai sebagian. Akan tetapi jumlah enzim yang tersisa tergolong masih cukup banyak. Itulah mengapa kulit remaja masih sangat baik meski kadang berjerawat.

Masalah Kulit Remaja

Saya adalah satu di antara banyaknya orang yang mengagumi begitu sempurnanya kulit seorang bayi. Kabar baiknya para remaja masih bisa turut menikmati keelokan itu. Memiliki kulit yang sempurna!

Sayangnya, ini tidak serta merta membuat semua remaja bisa terbebas dari belenggu masalah kulit begitu saja.

Khusus untuk Anda yang memiliki segudang aktivitas di luar ruangan, biasanya kulit Anda akan menjadi lebih rawan dengan berbagai masalah.

Selain jerawat ternyata remaja juga mengalami masalah seputar kulit kering lho. Beberapa masalah kulit yang sering dialami oleh remaja diantaranya yaitu:

1. Kulit Berminyak

Minyak wajah sejatinya diproduksi oleh tubuh secara alami. Gunanya untuk melindungi kulit dari ancaman kekeringan serta untuk mempertahankan pH kulit.

Akan tetapi pada kondisi tertentu seperti saat masa pubertas, kelenjar sebasea memproduksi minyak secara berlebih. Akibatnya muncullah jerawat.

2. Kulit Berjerawat

Pada beberapa kasus, remaja mengalami problem jerawat yang cukup mengganggu. Biang kerok dari semua ini adalah masalah hormonal & kebersihan.

Hormon pada remaja sedang berkembang dengan sangat pesat. Gejolak hormon yang begitu fluktuatif seringkali menjadi penyebab munculnya jerawat.

Selain masalah hormon, persoalan kebersihan kulit juga adalah penyebab jerawat yang sangat umum. Kadang remaja tidak sempat memikirkan mencuci wajah dengan benar karena saking sibuknya.

Tanpa disadari, kebiasaan-kebiasaan ini akan mengikis kesehatan kulit Anda.

3. Kulit Kering

Kasus kulit kering pada remaja terbilang jarang ditemukan. Namun jika Anda mengalaminya, silakan koreksi terlebih dahulu pola kebersihan Anda belakangan ini. Cobalah mengingat produk perawatan kulit yang terakhir Anda gunakan.

Banyak remaja yang memilih sabun pencuci muka yang fungsinya untuk menghilangkan kelebihan minyak di wajah.

Saya paham bahwa remaja itu sedang aktif-aktifnya berkegiatan. Segudang aktivitas selalu menanti untuk dikerjakan setiap hari. Kadang di dalam ruangan, tak jarang pula di luar ruangan.

Kegiatan tersebut membuat kulit sering terasa lengket, kotor, dan tidak nyaman. Apesnya, solusi yang banyak dipilih oleh remaja adalah facial foam untuk kulit oily.

Saya sendiri termasuk satu dari sekian banyak remaja yang pernah melakukannya. Akibatnya kulit kehilangan minyak alaminya dan jadi kering.

Kulit yang kering akan terasa tidak nyaman saat berada di bawah terik matahari. Rasanya jadi agak gatal dan perih. Belum lagi masih harus mengalami masalah kulit mengelupas.

Perawatan Wajah Alami untuk Remaja

Berbagai kondisi kulit pada remaja dipengaruhi juga oleh seberapa tinggi aktivitas mereka. Di samping itu kepedulian terhadap kebersihan juga tidak kalah penting.

Dari sisi biologis, gejolak hormonal di dalam tubuh juga turut ambil bagian. Untuk itu dibutuhkan perawatan berbeda baik untuk masalah hormonal maupun kebersihan.

Penjelasan ringkasnya adalah seperti di bawah ini:

1. Perawatan Kulit Berminyak

Beberapa remaja memiliki kulit yang berminyak. Meski berminyak, belum tentu kulit Anda juga akan berjerawat. Maka dari itu saya perlu membedakan antara kulit berminyak dan kulit berjerawat.

Untuk merawat kulit berminyak Anda sebaiknya mencuci wajah secara teratur. Rekomendasi dari saya cucilah wajah sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Anda bisa membaginya menurut waktu yang telah disesuaikan dengan pola aktivitas harian. Contohnya:
- Pagi hari ketika bangun tidur, 
- Siang hari menjelang sore saat pulang sekolah,
- Malam hari sebelum tidur.

NOTE!
Apakah tidak perlu krim wajah? Well, kulit remaja sebenarnya belum begitu membutuhkan sentuhan krim wajah. Terlebih krim yang memiliki kandungan bahan kimia dosis tinggi. Jika Anda ingin menggunakan krim, pilihlah yang sesuai untuk kulit remaja.

Kemudian perhatikan juga kandungan yang ada di dalam krim tersebut. Pastikan sesuai untuk kulit remaja agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Krim dengan kandungan bahan alami adalah yang paling baik untuk remaja.

2. Perawatan Kulit Berjerawat

Jerawat pada remaja  merupakan kejadian yang sangat umum. Saya pun pernah mengalaminya sepanjang masa puber. Jerawat pada remaja biasanya disebabkan masalah hormon dan kebersihan.

- Terkait dengan Faktor Kebersihan
Di sini yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan kebersihan diri. Jika biasanya Anda selalu bermalas-malasan saat membersihkan wajah, kini saatnya untuk membuang kebiasaan itu.

Rajin-rajinlah membersihkan wajah dengan facial foam yang sesuai untuk kulit remaja. Pembersih wajah yang baik bukanlah yang membuat kulit terasa kaku. Melainkan yang mampu membersihkan dengan lembut.

- Jerawat karena Masalah Hormon
Anda dapat mengontrolnya dengan mengkonsumsi makanan sehat berimbang, konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, serta tidur cukup dan teratur. 

Hentikan kebiasaan begadang jika tidak ada kepentingan mendesak. Begadang akan semakin mengacaukan hormon dan tentu memperparah jerawat.

Jika ingin mengobati jerawat pada remaja lebih baik gunakan obat jerawat topikal. Alias obat jerawat yang ditotol. Tips menggunakan obat oles jerawat yaitu oleskan tipis saja pada jerawat setelah membersihkan wajah.

3. Perawatan Kulit Kering

Beberapa remaja juga mengalami fase kulit kering dan mengelupas. Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang memiliki aktivitas luar ruangan yang begitu padat.

Untuk mengatasi masalah ini, gunakanlah pembersih wajah yang tidak membilas minyak alami wajah. Setelah itu tepuk-tepuk wajah menggunakan toner alami. Misalnya dari merk Viva.

Setelah itu Anda boleh mengaplikasikan pelembab wajah khusus remaja yang ditujukan untuk merawat kulit kering.

Jadi seperti itulah perawatan kulit dasar untuk remaja. Produk skincare untuk remaja itu simple. Anda belum membutuhkan rangkaian skin care routine yang seabrek itu. Apalagi sampai 10 langkah. 

Justru kasihan kulitnya nanti menderita. Hiks. Perawatan wajah yang wajib dilakukan remaja adalah membersihkan, menyegarkan, dan boleh ditambah pelembab tipis-tipis. Itu saja dears.

Kalau riasan wajah untuk remaja bagaimana? Oke saya akan bahas sekalian ya.

Kosmetik Remaja???

Bicara soal kosmetika atau riasan wajah untuk remaja sebenarnya saya bingung. Guys, kulit Anda itu masih sangat bagus banget saat usia belasan tahun. Penampilan masih oke banget meski tanpa kosmetik.

So, untuk usia 20 tahun ke bawah belum perlu sama kosmetik. Apalagi segala jenis lipstik, bronzer, BB cream. Aduh nanti imutnya malah jadi luntur.

Jika Anda memang merasa wajah tampak kusam, rawatlah dengan apa yang sudah saya tuliskan di atas. Facial wash, toner, pelembab sudah cukup. Untuk pelembab wajah sebaiknya gunakan yang telah dilengkapi SPF minimal 15.

Cuma itu saja? Bolehkah remaja pakai bedak dan lipstik?

- Bedak

Jika memerlukan bedak maka gunakanlah bedak bayi daripada bedak padat. Baby powder bersifat netral sekaligus bisa melindungi kulit dari debu. Bedak ini masih cocok digunakan oleh remaja.

- Lipstik

Remaja belum memerlukan lipstik. Remaja yang menggunakan lipstik maka kesannya akan tampak lebih dewasa. Kesan imut dan polosnya jadi pudar gitu.

Jika ingin membuat bibir lebih cerah, gunakanlah pelembab bibir yang memiliki warna samar-samar. Contohnya merk Lip Ice yang warnanya pink alami.

- Masker

Para remaja sejatinya belum begitu membutuhkan aneka masker wajah. Namun jika ingin merawat wajah dengan masker maka lebih baik gunakan masker alami dari buah dan sayuran. Misalnya saja masker pisang yang bisa menyembuhkan jerawat sekaligus melembutkan kulit.

Kulit remaja yang masih bagus-bagusnya akan jadi lebih bagus jika mendapatkan perawatan yang tepat. Jangan mudah tergiur dengan penawaran-penawaran yang berseliweran di mana-mana.

Lebih baik rawat aset Anda dengan melakukan perawatan secukupnya memakai bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar Anda. 

Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat mempraktekkan tips dari saya! Ada pertanyaan? Langsung saja tinggalkan pesan di kolom komentar. Yuk komen?! ^_^


(diens)

2 komentar untuk "Skin Care Routine Untuk Remaja"

Comment Author Avatar
Anonim 08.44.00
Hello! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that would be okay.

I'm definitely enjoying your blog and look forward to new posts.
Comment Author Avatar
Hello there! Yes I do. You can follow me through this link https://twitter.com/DinieRianggara
Anyway, thank you so much for your appreciation toward my work. I do feel glad about that! Xo

Silakan tulis komentar Anda di sini. Semua komentar akan ditampilkan kecuali yang mengandung unsur SARA, pornografi, spam, dan perjudian. Have a good discussion!

Klik kotak Notify Me (Beri tahu saya) untuk mendapatkan pemberitahuan saat saya membalas komentar Anda. Dan please jangan tinggalkan link aktif. Terimakasih ^_^

Regard,
-diens-