Ini Dia Perlengkapan Mandi Bayi yang Wajib Dimiliki, Sudah Tahu?

keperluan mandi bayi

Halo, apa kabar? Selamat datang di blog saya! Bagi Anda yang mengikuti blog ini pasti paham kalau belakangan ini postingan saya selalu tentang parenting. Alasannya adalah kehadiran buah cinta pertama saya & suami.

Tidak apa-apa kan? Hihi... Oke, hari ini saya akan bahas tentang perlengkapan mandi bayi. Meski terdengar mudah dan biasa, kegiatan memandikan bayi sebaiknya dilakukan dengan "tidak biasa" ya bunda. Kenapa?

Saat mandi adalah waktu yang sayang untuk dihabiskan begitu saja. Faktanya, Anda bisa menjadikan momen ini sebagai waktu untuk merekatkan bonding antara Anda dan bayi. Salah satu caranya ya dengan memanfaatkan waktu mandi ini dengan aktivitas yang efektif dan menyenangkan.

Agar kegiatan rutin ini menjadi jauh lebih mengasyikkan bagi bunda dan juga si kecil, ada baiknya untuk menggunakan perlengkapan mandi bayi yang bagus. Wah, yang seperti apa tuh? Hihi baca terus!

Kenapa Saat Mandi itu Penting?

Tahukah Anda? Waktu mandi merupakan momen relaksasi yang selalu ditunggu-tunggu oleh anak Anda lho. Namun sayang seribu sayang belum begitu banyak orangtua yang memahami fakta tersebut (termasuk saya).

Karena kurang tahunya para orangtua, alhasil saat mandi hanya diisi dengan kegiatan yang sangat "biasa". Tidak jarang pula peralatan yang digunakan kurang memenuhi standar. Sayang sekali bukan?

Nah, beruntunglah Anda sampai di artikel ini. Di sini akan saya bahas semua ilmu yang saya punya. Semoga akan bermanfaat untuk Anda.

Sebelum mandi, tubuh bayi Anda penuh dengan kotoran yang berasal dari keringat serta debu. Rasanya tentu saja sangat amat tidak nyaman. Oleh karena itu ini bisa menjadi saat yang tepat untuk memanjakannya dengan terapi spa.

Faktanya, tak harus pergi ke salon baby spa lho untuk melakukannya. Cukup bermodalkan video panduan yang dapat dilihat di youtube. Praktis kan?

Setelah mempelajari cara melakukan terapi baby spa rumahan maka kini tiba saatnya untuk mempraktekkannya. Percayalah ini tidak sesulit dan serumit yang Anda bayangkan. Bahkan sederhana sekali. Ikuti terus uraiannya!


Perlengkapan Mandi Bayi

Beberapa orang berprinsip jika mandi itu hanya membutuhkan 3 items yakni sabun mandi, shampoo, dan pasta gigi. Memang tidak sepenuhnya salah sih, tapi bagi bayi itu kurang tepat lho.

Kulit bayi yang masih begitu rentan membutuhkan berbagai produk yang bisa menjadi pelindung sekaligus memberikan perawatan. Maka dari itu tidak heran jika produk perawatan bayi terdiri dari cukup banyak macam.

Saya sendiri saat ini tengah menggunakan perlengkapan mandi bayi zwitsal. Asyiknya, ada bonus buku dan VCD panduan baby spa di dalam box. Yeay!

Isinya apa saja sih? Ini dia moms.
1. Baby Oil
Ini biasa saya gunakan untuk memijat bayi sebelum mandi. Kadang ada juga yang melakukan pemijatan setelah mandi menggunakan minyak telon. Tinggal disesuaikan saja dengan bayi Anda.

2. Hair & Bath Soap
Sabun dan shampoo sekaligus dalam satu wadah ini sangat praktis untuk digunakan. Saya lebih suka menggunakan produk 2 in 1 seperti ini daripada shampoo dan sabun secara terpisah.

3. Minyak Telon
Minyak yang penting untuk dibalurkan setelah mandi untuk menjaga tubuh bayi tetap hangat. Selain itu minyak ini juga bisa menangkal gigitan nyamuk.

4. Baby Cream
Krim yang lembut untuk bayi ini biasa saya oleskan di area lipatan serta selangkangan dan pantat bayi. Gunanya untuk mencegah terjadinya ruam.

5. Hair Lotion
Saya menggunakan hair lotion untuk menjaga kesehatan serta kesuburan rambut bayi. Produk ini juga bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut bayi Anda moms.

6. Baby Cologne
Parfum khusus bayi dengan aroma khas ini akan semakin meningkatkan daya tarik bayi Anda. Selain itu aroma yang sedap juga akan membuat mood menjadi bagus. Hasilnya, bayi cenderung lebih tenang dan tidak rewel.

7. Baby Powder
Bedak bayi tidak harus digunakan. Akan tetapi jika Anda ingin mendapatkan tekstur permukaan kulit yang lebih halus, usapkan tipis saja. Bedak juga bisa mencegah gesekan antara kulit bayi.

Paket Zwitsal ini menurut saya sudah sangat lengkap karena meliputi kebutuhan perawatan seluruh tubuh bayi. Jika ada produk yang ingin Anda tambahkan maka tinggal beli saja ke minimarket.

Oh iya harga perlengkapan mandi bayi zwitsal ini kalau tidak salah sekitar 100 ribu rupiah. Saya lupa harga pastinya. Hehe... Bungkusnya rapi dan cantik dalam kemasan box dengan warna kuning khas zwitsal.

Well, itu tadi adalah personal care untuk si bayi. Bagaimana dengan kebutuhan mandi yang lainnya? Ini dia yang sebaiknya bunda miliki.

1. Baby Bather
Apa itu baby bather? Ini semacam kursi yang dirancang khusus untuk bayi agar nyaman saat dimandikan. Anda bisa membelinya di toko perlengkapan bayi. Harganya berkisar ratusan ribu rupiah.

Jika Anda tidak menghendaki alat ini juga tak mengapa. Anda bisa memandikan bayi di atas perlak yang dialasi kain bedong sebelum selanjutnya membilas bayi ke dalam bak mandi.

2. Bak Mandi Bayi
Ini sangat penting ya untuk bayi. Beberapa orangtua masih menggunakan baskom besar. Ini tidak salah tapi alangkah baiknya bunda menggunakan bak mandi khusus bayi demi kenyamanan dan keamanan bunda dan juga bayi.

3. Alas Bak Mandi
Nah, ini sering terlupakan oleh para bunda. Alas mandi akan memudahkan Anda saat membilas badan si kecil. Benda ini berfungsi sebagai penahan bokong bayi agar tidak mudah selip. Apalagi kalau ananda belum bisa duduk.

4. Meja atau Kasur
Meja khusus maupun kasur dengan permukaan rata harus ada untuk dijadikan tempat ganti popok dan sebagainya. Jika Anda menggunakan meja, jangan lupa untuk mengalasinya dengan handuk agar empuk dan nyaman bagi bayi.

Alternatif lain adalah kasur alias tempat tidur. Alasi tempat tidur dengan perlak bayi lalu bentangkan handuk di atasnya. Taruh bayi yang baru selesai dimandikan di sana. Lalu lanjutkan dengan ritual setelah mandi.

5. Handuk
Seperti yang sudah tersebut di poin sebelumnya, handuk adalah benda wajib yang harus siap usai mandi. Pilih yang dibuat dengan bahan yang lembut moms.

6. Wash Lap
Untuk membersihkan badan bayi sebaiknya gunakan kain wash lap dengan bahan lembut. Permukaan kain akan membantu membersihkan kotoran secara efektif daripada hanya menggunakan tangan Anda.

7. Sisir Bayi
Rambut bayi biasanya masih sangat lembut dan juga tipis. Kulit kepalanya juga masih rawan terluka. Gunakan sisir lembut khusus untuk bayi. Jika tidak ada, Anda bisa gunakan sikat gigi dengan bulu halus sebagai alternatif.

Akhirnya sampailah di sini, hampir di akhir tulisan. Mandi yang seringkali terdengar remeh temeh ternyata menyimpan sekelumit keunikan saat dikaitkan dengan bayi. Anda sudah lihat sendiri bukan?

Semua itu merupakan peralatan standar yang dibutuhkan bayi pada umumnya. Panduan ini cocok untuk bayi baru lahir hingga baduta. Saat bayi beranjak tumbuh semakin besar, semua kebutuhannya bisa disesuaikan lagi.


Takeaways

Bagaimana bunda? Sudah punya semua atau belum? Kalau belum sebaiknya mulai dipersiapkan satu per satu dari sekarang yuk moms. 

Kenyamanan yang didapatkan bayi saat ritual mandi akan mendukung perkembangannya juga lho. Semakin menyenangkan saat mandinya maka akan semakin baik pula baginya. Selain itu ikatan antara bayi & bunda juga jadi lebih kuat.

So, tunggu apa lagi? Manfaatkan ritual mandi sehari-hari sebagai momen seru yang nantinya takkan pernah Anda lupakan. Selalu tersimpan di hati sebagai kenangan manis bersama si buah hati kesayangan.

Bunda dan juga ayah bisa segera menyempatkan sedikit waktu untuk membeli set perlengkapan mandi bayi. Jangan sampai ada penyesalan di belakang karena masa bayi itu sangat cepat berlalu.

Oke, sekian dulu untuk hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel berikutnya, insyaa Allah. 

Jika mempunyai pertanyaan, kritik atau saran terkait artikel di atas, silakan tinggalkan pesan Anda di kolom komentar. Komen yuk?! ^_^

(diens)

Posting Komentar untuk "Ini Dia Perlengkapan Mandi Bayi yang Wajib Dimiliki, Sudah Tahu?"