Suka Konsumsi Infused Water? Kenali Lebih Jauh Yuk!

cara membuat infused water

Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Ada yang setuju nggak kalau hari ini saya bahas soal minuman untuk detoks? Orang sering menyebutnya dengan nama yang kebarat-baratan "infused water". Sudah pernah dengar? Atau malah sudah pernah mencoba?

Infused Water

Bagi saya (dan mungkin juga Anda) saat mendengar kata infused entah kenapa langsung kepikiran rumah sakit. Gambaran selang infus tiba-tiba melintas di awang-awang. Lantas apakah infused water ada hubungannya dengan infus di rumah sakit? Kalau dilihat dari namanya sih mirip, tapi...

Saya coba jabarkan dengan bahasa ala saya ya. Kalau infus yang di rumah sakit itu adalah cairan yang diberi tambahan beraneka zat. Salah satu yang paling sering digunakan adalah ringer laktat yang terdiri dari air dengan tambahan sodium klorida, sodium laktat, potassium klorida. Sementara itu, infused water yang saya bahas di sini adalah air mineral yang dicampur dengan aneka buah atau sayur.

Oh iya, cara mencampurnya bukan asal aduk rata seperti bikin bakwan ya. Dengan teknik yang tepat, rasa dan aroma yang ringan namun segar ala infused water akan membuat air minum Anda berubah jadi lebih menyegarkan. 

Cara pembuatannya yang tanpa gula juga semakin menjadikan banyak orang mendapatkan kesan pertama yang positif. Alhasil minuman kesehatan ini digadang-gadang bisa menjadi minuman andalan bagi para pelaku diet.

Siapa yang penasaran dengan manfaat infused water untuk menurunkan berat badan? Minuman ini katanya bisa mendukung program diet juga. Psst...di luar sana juga sudah banyak yang menjadikannya sebagai peluang bisnis lho!

Coba saja Anda cari info dengan kata kunci jual infused water bottle. Pasti hasilnya melimpah ruah. Bisnis seperti ini bermunculan karena minat masyarakat yang kian tinggi terhadap infused water. Dikenal menyehatkan dan tersedia dalam berbagai rasa yang menyegarkan menjadi satu keunggulannya!

Beberapa varian yang sering saya dengar diantaranya adalah;
1. Infused water lemon,
2. Infused water strawberry,
3. Infused water kiwi.

Ini baru sebagian kecil saja sih. Nah, menurut hasil pencarian, banyak sekali orang yang menggali info mengenai manfaat infused water lemon untuk diet. Padahal sejatinya banyak banget buah yang bisa dibikin infused water. Tapi kenapa ya orang masih menaruh perhatian lebih ke buah berwarna kuning ini?

Konon, saat buah lemon diiris dan direndam di dalam air mineral selama minimal 24 jam lamanya maka air tersebut akan berubah. Katanya sih airnya akan bisa menetralkan pH tubuh dan mem-boost metabolisme. Dengan begitu maka jadilah minuman ini diklaim baik untuk program diet. Really???

Harus saya sampaikan bahwa bisa jadi manfaatnya memang benar namun benarkah semua itu karena efek dari lemon?. Yups, belum ada penelitian yang membahas lebih lanjut tentang kebaikan infused water lemon untuk diet.

Perihal pH tubuh, ini secara ilmiah tidak mungkin bisa diutak-atik melalui makanan/minuman yang Anda konsumsi. Mengkonsumsi asupan ber-pH basa hanya akan berpengaruh pada pH urine Anda tapi tidak pada pH darah.

Kemudian soal  meningkatkan proses metabolisme dan membakar lebih banyak kalori, ini juga belum dibuktikan secara ilmiah. Setahu saya jalan untuk meningkatkan metabolisme yang jelas ya dengan cara berolahraga. 

Singkatnya, mengkonsumsi infused water memang baik tapi menurut saya bukan karena tambahan buah atau sayurnya, melainkan karena cairannya. Kalau dengan menambahkan rasa bisa membuat Anda minum cukup air, lakukanlah! But it is still a big question, is the good effect because of the benefit of the fruit or the water itself? 

Tapi ini alhamdulillah saya berhasil nemu sebuah riset yang meneliti tentang pemakaian buah lemon untuk menurunkan berat badan pada seorang wanita obesitas. Riset ini dilakukan di negeri ginseng, Korea.

Di dalam penelitian tersebut si wanita diberikan minuman berupa sirup maple dan air perasan lemon dalam porsi tertentu selama 7 hari lamanya. Hasilnya, terjadi penurunan berat yang cukup signifikan di akhir periode penelitian.

Namun sayangnya, efek menyenangkan ini hanya didapatkan saat responden sedang dalam masa terapi saja. Setelah itu berat badannya bisa saja kembali naik dengan mudah jika tidak dikelola dengan baik. Dengan kata lain hasilnya tidaklah permanen. Indeed!

Cara Membuat Infused Water

Ada banyak orang yang tanya bagaimana cara membuat infuse water. Sekalian saja saya tuliskan di sini biar lengkap ya. Pembuatan minuman ini sama sekali tidak merepotkan. Saking gampangnya sampai-sampai anak kecilpun bisa.

Anda bisa membuatnya dengan buah maupun sayur. Tak jarang orang-orang juga menambahkan herbal lainnya seperti daun mint. Pokoknya resep infused water itu bahan tambahannya bebas, suka-suka Anda saja.

Saat mau meracik, mungkin Anda punya tujuan khusus? Misalnya Anda ingin membuat infused water untuk darah tinggi. Selain itu untuk yang mau kecilin perut biasanya bakal cari buah infused water untuk menurunkan berat badan.

Apa iya harus meracik macam-macam jenis seperti itu? Untungnya, infused water ini multi purpose. Jadi, dia bisa digunakan untuk menyehatkan badan secara umum. Jenis buah untuk infused water bisa apa saja. Tapi akan saya rangkum buah-buahan yang paling sering digunakan oleh khalayak ramai.

1. Lemon
2. Blueberry
3. Strawberry
4. Mentimun
5. Kiwi
6. Nanas
7. Raspberry
8. Apel
9. Belimbing
10. Daun mint

Intinya buah apapun bisa dijadikan infused water ya guys asal dia cukup keras. Jangan pilih yang lembek, takutnya gampang hancur. Contoh: pisang.

Pertama siapkan air mineral biasa sebanyak setengah dari wadah yang akan Anda gunakan. Misalnya mau pakai botol berarti kasih air setengah botol ya?. Selanjutnya cuci dan potong buah & sayur yang akan digunakan. Masukkan ke dalam botol, diamkan 1-3 hari lalu air siap untuk diminum. Buahnya silakan dibuang saja.

Buah dan sayurnya bebas ya guys. Spesial banget untuk yang ngidam banget pengen tahu cara membuat infused water lemon, caranya sama seperti di atas yaa. Cuss beli lemon dan bikin deh!

Cara Diet dengan Infused Water

Ini dia yang ditunggu banget. Kalau sudah jadi minumannya lalu cara penggunaannya seperti apa? Adakah dosis khusus dan aturan konsumsi? Misalnya saja harus diminum setelah makan nasi, dan wajib berdoa dulu sebelum minum? Hehe

Saya di sini lagi-lagi menekankan bahwa sesungguhnya tidak ada hal istimewa di dalam infused water. What??? Maksudnya begini lho, penambahan aneka buah dan sayur sejatinya hanya untuk menambahkan rasa. Dengan demikian Anda jadi semangat minumnya daripada hanya air mineral yang hambar, kan?

Maka dari itu konsumsilah minuman ini secukupnya saja. Ini bisa digunakan sebagai pengganti air minum Anda yang selama ini plain. Ya begitu sih yang saya tahu. Jujur nih seharian ngubek-ubek internet cari jurnal yang mendukung teori infused water buat diet hasilnya masih nihil.

Barangkali Anda berminat untuk mengadakan penelitian? Akan ada banyak sekali netizen yang berterimakasih pastinya. Dan yang paling penting pahala jariyah akan mengalir terus dan terus tanpa henti. Maasyaa Allah!

Jadi begitu ya, cara dietnya yaitu dengan mengkonsumsi infused water sebagai alternatif air mineral. Sehatnya dapat, segarnya juga dapat! Kayak peribahasa zaman SD "Sekali dayung 2-3 pulau terlampaui". Hehe


Takeaways

Badan yang sehat pasti punya bobot ideal. Jika sampai kekurangan atau kelebihan berat badan maka bisa dicurigai adanya ketidakberesan dalam tubuh Anda. Cara pertama untuk mengatasinya ya kembali ke jalan yang benar.

Maksudnya? Jalani pola hidup sehat. Jauhi segala bentuk polutan adalah wajib meski polusi udara sudah begitu membabi buta. Usaha terus untuk melindungi diri dari racun-racun itu ya kakak. Pasti bisaaa...!!!

Mengkonsumsi infused water hanyalah salah satu jalan yang bisa Anda tempuh demi kesehatan tubuh. Pesan saya, jangan hanya terbawa euforia ya. Imbangi diet Anda dengan melakukan gaya hidup sehat, minim polusi dan stress.

Well, I think it is enough for today. Terimakasih banyak sudah mampir. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di celotehan saya berikutnya, insyaa Allah! Punya pertanyaan? Langsung cuss tinggalkan pesan Anda di kolom komentar. Yakin, nggak mau komen?! Xo ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Suka Konsumsi Infused Water? Kenali Lebih Jauh Yuk!"