Bayi Anda Cegukan? Hilangkan dengan Cara Alami Ini, Dijamin Ampuh!

mengatasi bayi cegukan

Assalamualaikum teman, selamat datang di azkiarafanada.blogspot.com! Hari ini saya akan sharing pengalaman pribadi waktu mengatasi cegukan pada bayi. 

Bayi Anda sedang cegukan? Sudah dicoba diatasi dengan cara apa saja?

Sedikit turn back time ya. Saya ingat sekali dulu waktu masih kecil biasanya tiap cegukan disuruh minum air yang banyaaak oleh ibu. 

Anehnya, nenek saya juga menganjurkan hal yang sama. Hmm baiklah, fix, ini adalah resep turun temurun dari nenek moyang.

Pernah saya sampai kembung gara-gara cegukan nggak sembuh-sembuh. Ya bagaimana tidak, minum terus tiada henti :'( jangan ditiru ya ini nggak baik.

Tapi itu masih mending sih, cuma disuruh minum doang. Kadang tips mengatasi cegukan yang dikasih ke saya juga aneh-aneh deh. Contohnya saja diminta untuk menahan nafas & dikagetin orang. Hiks!

Nah gimana ceritanya kalau yang cegukan itu masih bayi? Nggak mungkin kan Anda minta dia menahan nafas. Apalagi sampai pakai cara kedua, dikagetin.

Jadi, anak saya masih bayi dan cukup sering mengalami cegukan. Apa ya solusi untuk bayi cegukan? Sebelumnya yuk kita bahas penyebabnya dulu. Setuju? ^_^

Penyebab Cegukan Pada Bayi

Sebagai ibu baru pastinya saya penasaran apakah cegukan pada bayi baru lahir itu hal yang normal? Ternyata iya, bayi cegukan tergolong kondisi yang normal.

Dilansir dari situs alodokter, cegukan terjadi ketika otot yang memisahkan perut dan dada (diafragma) berkontraksi tanpa disengaja. Saat terjadi cegukan maka otot diafragma kontraksi dengan tiba-tiba.

Akibatnya, udara masuk terlalu cepat ke dalam paru-paru, sehingga katup saluran pernafasan menutup dan menimbulkan suara "hik".

Cegukan yang bersifat sementara bisa ditimbulkan akibat hal berikut;
  1. Makanan pedas,
  2. Minuman bersoda,
  3. Minuman beralkohol,
  4. Mengunyah atau menghisap permen,
  5. Menghisap rokok,
  6. Makan terlalu banyak,
  7. Makan terlalu cepat,
  8. Perubahan suhu,
  9. Stress,
  10. Terlalu bersemangat.
Dari penjelasan di atas saya menarik kesimpulan kalau bayi saya cegukan akibat gerakan menghisap yang terlalu cepat. Itu alasan yang paling masuk akal daripada poin lainnya. Benar kan? Lalu apa yang saya lakukan?

Solusi Praktis Mengatasi Bayi Cegukan

Biasanya saya akan langsung menyusui dia. Then amazing thing happened! Tanpa butuh waktu lama cegukannya sudah berhenti. Gampang banget kan? Serius caranya cuma begitu? Jawabannya IYA gitu doang moms.

Ini solusi kalau cegukannya terjadi bukan saat menyusui. Nah, kalau cara mengatasi bayi cegukan setelah menyusui bagaimana dong? Caranya;
  1. Melakukan tindakan pencegahan dengan cara menyusui dalam posisi yang tepat,
  2. Sendawakan bayi segera setelah menyusu,
  3. Jika terlanjur cegukan, coba untuk susui kembali.

Nah itu dia tips mengatasi cegukan pada bayi ala Diens. Alhamdulillah selama ini nggak pernah gagal sekalipun kala memakai cara ini. Senangnyaaa...

Udah deh moms langsung susuin tuh anaknya. Kasihan kan sesek dadanya kalau cegukannya kelamaan. Hehe #peluk online buat mommy and dede bayi

Oke segini dulu ya buat hari ini. Semoga bermanfaat & sampai ketemu lagi di tulisan berikutnya, inshaa Allah! Xoxo ^_^



(diens)


Posting Komentar untuk "Bayi Anda Cegukan? Hilangkan dengan Cara Alami Ini, Dijamin Ampuh!"