Rekomendasi Facial Wash untuk Kulit Kering


Assalamu'alaikum, selamat datang di azkiarafanada.blogspot.com! Hari ini ngobrolin tentang sabun yaa, especially sabun cuci muka. Pada pakai sabun kan buat bersihin wajah sehari-hari? Nah, memilih produk yang cocok dengan jenis kulit adalah aturan pertama yang mesti dipatuhi. Termasuk buat kulit kering.

Kira-kira kulit kering cocoknya pakai produk apa ya?. Memang agak gampang-gampang susah memilih produk perawatan untuk jenis kulit ini. First of all Anda wajib tahu dulu karakteristik kulit kering itu seperti apa.

Kulit kering pada umumnya sering dialami oleh generasi lanjut usia. Sebabnya adalah berkurangnya produksi sebum yang berfungsi sebagai pelembab alami. Meski jarang, kadang anak muda juga bisa mengalaminya lho.

Muka kering secara umum bisa dilihat dari tanda-tanda di bawah ini;
  1. Permukaan kulit terasa kasar,
  2. Kulit terasa kencang dan kaku,
  3. Muncul warna kemerahan,
  4. Mengelupas,
  5. Terasa gatal,
  6. Muncul garis-garis halus,
  7. Tampak bersisik,
Lalu apa saja penyebab kulit kering? Penting untuk diketahui agar nantinya Anda bisa memilih produk perawatan yang tepat guna. Menghindari menghamburkan uang untuk pos yang tak tepat. Here they are;
  1. Iritasi
  2. Usia semakin tua
  3. Over exfoliate
  4. Perubahan cuaca
  5. Tidak cocok dengan sabun
  6. Sauna atau mandi uap
  7. Kondisi medis tertentu
  8. Stress
  9. Gaya hidup kurang sehat
  10. Skincare regimen kurang tepat
Bagaimana ya cara mengatasi kulit kering agar halus lagi? Tips di bawah ini bisa dicoba deh;
  1. Tidak terlalu sering mandi
  2. Tidak terlalu lama saat mandi
  3. Gunakan sabun yang mengandung pelembab
  4. Aplikasikan pelembab setelah mandi
  5. Gunakan handuk halus agar kulit tidak tergerus
  6. Lakukan eksfoliasi seperlunya
  7. Hindari paparan sinar matahari secara langsung
  8. Cukupi asupan cairan tubuh

Karakteristik Pencuci Muka Ideal untuk Kulit Kering

Seperti inilah karakteristik facial wash yang bagus digunakan oleh Anda si pemilik kulit kering. Disimak yaa, jangan di-skip!

1. Daya bersih ringan

Kandungan detergen dalam jumlah yang banyak memang bisa membuat kulit sangat bersih. Namun perlu diingat bahwa efek sampingnya kulit akan kehilangan banyak sebum. Nanti bisa-bisa kulit Anda jadi kering.

Anda boleh memilih produk pembersih yang mencantumkan bahan berupa potassium cocoyl glycinate dan sodium lauroyl methylaminopropionate. Ini lebih ramah pada kulit yang berjenis kering dan kusam.

2. Mengandung pelembab

Jika kulit Anda sudah terlanjur kering maka gunakanlah pembersih wajah yang memiliki kandungan pelembab di dalamnya. Salah satu pelembab yang sangat saya rekomendasikan adalah squalaneStrukturnya sangat mirip dengan sebum alami kulit manusia. 

Maka dari itu daya lembab squalane juga tak diragukan lagi. Aktivitas mencuci wajah akan mengikis sebum di permukaan kulit. Maka dari itu keberadaan pelembab pada facial wash akan sangat membantu.

3. Fatty alcohol

Biasanya kandungan alkohol di dalam skincare memiliki efek kering pada kulit. Namun tidak demikian halnya dengan alkohol yang berbasis minyak (fatty alcohol). Alkohol ini punya molekul yang berbeda dengan golongan ethanol.

Fatty alcohol umumnya ditulis dengan nama arachidyl alcohol, behenyl alcohol, ceteary alcohol, cetyl alcohol, myristyl alcohol, stearyl alcohol. Sah-sah saja kok asalkan alkoholnya dari jenis yang ini.

4. Non exfoliating

Pilihlah sabun wajah yang tidak memiliki kandungan bahan aktif yang punya fungsi sebagai eksfoliator. Contoh bahan eksfoliator meliputi deretan asam seperti AHA, BHA, dan SA. Familiar kan sama nama-nama ini?

Kandungan tersebut wajib dihindari oleh pemilik kulit kering. Mengapa? Eksfoliasi akan mengikis permukaan kulit Anda sehingga bisa memicu terjadinya kerusakan pada jenis kulit kering.

5. Non SLS, parfum, salicylic acid, glycolic acid

Sodium Lauryl Sulfate akan memberikan busa yang melimpah. Hasil akhirnya adalah kulit yang kesat dan ya, kering. Bahan pewangi juga punya efek yang mirip. Salycilic dan glycolic acid pun sama saja efeknya. Jadi, lebih cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak.

Teknik Mencuci Wajah Kering

  1. Gunakan air hangat bersuhu kurang dari 40 derajat celcius.
  2. Jangan terlalu lama mencuci wajah.
  3. Akhiri proses mencuci wajah dengan membasuh air dingin.
  4. Keringkan dengan cara menepuk-nepuk dengan handuk lembut.
  5. Gunakan pelembab setelahnya.

Top 10 Pembersih Wajah untuk Kulit Kering

Ini dia sabun muka paling bagus untuk jenis kulit kering menurut pilihan saya. Semoga salah satunya cocok untuk Anda ya. 

1. Aveenoo Ultra-Calming Hydrating Gel Cleanser
Sumber gambar

Meski agak sulit ditemukan di Indonesia tapi pembersih wajah ini recommended banget. Mengandung calming fevervew, oat, serta tidak mengandung fragrance. Plus juga non-comedogenic.

Nilai lebihnya adalah hypoallergenic, non-comedogenic, non-irritating, non-drying, serta fragrance-free. Polymeric Cleansing Systemnya akan membersihkan sekaligus menyehatkan kulit keringmu.

2. Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Sumber gambar

Kemampuannya sangat mumpuni karena bisa membersihkan sekaligus melembabkan dan melembutkan kulit. Formulanya yang creamy akan sangat memanjakan Anda. Kulit tidak akan terasa kencang & ketarik kok kalau pakai ini.

Minyak alami di kulit tetap terjaga dan pH kulit juga tidak berubah. Selain itu juga nggak akan menyumbat pori. Makanya produk Cetaphil direkomendasikan oleh para dermatologist.

3. Kiehl's Ultra Facial Cleanser
Sumber gambar

Apa yang bagus dari Kiehl's ini? Jadi, selain dia bebas parfum, dia juga busanya banyak pas dipakai. Kerennya lagi, kandungan emollientsnya buanyak! Mulai dari apricot kernel oil, avocado oil, sampai squalane.


Selain kandungan tadi yang bagus banget buat mengembalikan kelembaban kulit, ada juga vitamin E. Tahu kan kalau vitamin ini oke punya untuk mempercepat proses penyembuhan dari jerawat, breakout, dan bekas jerawat.

Tapi sayangnya ada kandungan alkoholnya yang mungkin bisa mengiritasi kulit. Kulit sensitif perlu tes dulu biar jelas aman.

4. Hada Labo Tokyo Gentle Hidrating Cleanser
Sumber gambar

Ini terkenal banget di Jepang sana. Nggak heran juga sih karena dia juga paraben, fragrance, and alcohol free. Aduh jadi pengen cobain kan! Alasan lain kenapa produk ini cocok untuk kulit kering yaitu kandungan hyaluronic acidnya.


Hyaluronic acid ini fungsinya untuk mengunci kelembaban kulit. Selain itu juga ada derivat minyak kelapa untuk kelembaban ekstra. Tahu nggak sih? Penggunaannya hemat banget karena Anda hanya butuh seukuran kacang untuk membersihkan wajah dengan maksimal.

Pada beberapa orang, penggunaan produk dengan kandungan minyak kelapa bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Jadi jika Anda pernah mengalami hal serupa, mungkin Hada Labo ini kurang pas untuk Anda.

5. Cerave Hydrating Cleanser
Sumber gambar

Salah satu keistimewaan CeraVe yaitu klaim bahwa produknya dirancang oleh para dermatologis. Seri ini juga sudah dapat approval dari National Eczema Association. Kandungan utamanya adalah hyaluronic acid yang akan membantu mempertahankan kelembaban alami kulit.


Selain itu produknya juga dirancang bebas kandungan parfum serta non comedogenic, non-drying, non-irritating. Nggak perlu khawatir pori tersumbat!

6. Hada Labo Gokujyun Facial Wash

Sumber gambar
Diperkaya dengan hyaluronic acid, pembersih ini bisa mengangkat kotoran di wajah Anda tanpa membuatnya terasa ketarik. Selain itu juga bebas dari kandungan bahan pewangi, pewarna, sampai mineral oil.

7. Wardah Perfect Bright Creamy Foam

Dengan kandungan pro vitamin B5 serta ekstrak rumput laut, pembersih dari brand Wardah ini akan membersihkan kulit plus mempertahankan kelembabannya. Eh iya selain itu juga bisa membantu mencerahkan warna kulit secara optimal.


8. L'Oreal Paris Hydra Fresh Mild Foam

Klaimnya menyebutkan bahwa produk ini bisa menyembuhkan kondisi kulit kering hingga level kronis. Selain itu, kulit kering akibat penggunaan produk khusus jerawat pun bisa diatasinya. Bahkan ada yang kulitnya sudah sampai mengelupas bisa sembuh cepat setelah pakai pembersih wajah L'oreal. Wanna try?

9. Dove Beauty Moisture Facial Wash with Nutrium Moisture

Kandungan nutrium moisture beauty serum di dalam produk ini adalah dewa penyelamat. Kulit bersih dan tetap lembab setiap habis mencuci muka berkat pembersih wajah keluaran Dove satu ini.

10. Innisfree Olive Real Cleansing Foam

Diperkaya dengan oilve oil organik, pembersih wajah ini tidak hanya mengusir kotoran. Dia juga sekaligus melembabkan, menutrisi, serta mempercantik kulit dengan kekayaan bahan pelembab serta vitamin di dalamnya.

Nah itu dia 10 rekomendasi sabun pencuci muka ala blog azkiarafanada.blogspot.com untuk Anda. 

Harus Pilih yang Mana?

Sebagai pegangan, coba untuk menentukan pilihan dengan cara berikut ini.
  1. Tentukan prioritas
  2. Masalah apa yang menjadi perhatian utama Anda?
  3. Buat daftar produk yang masuk kriteria Anda.
Kalau sudah terjawab semua pertanyaan di atas, baru deh pergi ke drugstore atau minimarket terdekat buat beli produknya. Saran saya, selalu pikirkan matang-matang sebelum memilih skincare. Oke?!

Panduan Keselamatan

1. Kalau Anda pakai produk anti jerawat sebaiknya tidak usah menggunakan cleanser khusus jerawat karena bisa-bisa efeknya menjadi berlebihan. Salah-salah justru membuat kulit jadi tidak sehat.

Efek paling umum dari penggunaan produk pembasmi jerawat berlebihan adalah kulit menjadi ekstra kering. Lama-lama bisa rusak lho. 

2. Kalau Anda sedang pakai pembersih yang mengandung retinol (vitamin A) maka itu artinya Anda harus ekstra hati-hati saat mengaplikasikan sunscreen. Retinol bisa membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

3. Sebaiknya produk pembersih memang tidak mengandung alkohol. Namun tak bisa dipungkiri masih banyak produk yang menggunakannya. Parahnya, kadang produk yang bertuliskan "untuk kulit kering" pun ada alkoholnya.

Untuk itu bacalah label ingredients dengan teliti. Cari alkohol dan bahan iritatif lainnya. Jika ada, sebaiknya cari produk yang lain saja.

Takeaways

Menemukan produk pembersih yang tepat mungkin akan butuh waktu yang cukup panjang dan juga melelahkan. Tapi percayalah apapun jenis kulit Anda pasti ada produk yang cocok di luar sana.

Tal peduli apakah kulit Anda kering kerontang, kusam, sensitif, berjerawat, atau juga breakouts. Bersabarlah untuk menemukannya.

Well, sekian dulu ya untuk hari ini. Semoga curhatan saya ini ada manfaatnya. Sampai ketemu lagi di blog kesayangan Anda azkiarafanada.blogspot.com! Xo ^_^

(diens)


Catatan kaki:
https://www.alodokter.com/ada-delapan-penyebab-kulit-kering

-kulit-kering

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Facial Wash untuk Kulit Kering"