Kulit Putih, Mata Cantik Hanya dengan Ampas Teh


Manfaat ampas teh untuk kecantikan kulit wajah. Wajah adalah salah satu aset penting yang tak kalah berharga dibanding anggota tubuh lainnya. Terlebih lagi muka merupakan bagian tubuh yang pertama kali dipandang saat berjumpa dengan orang lain.


Tubuh Anda mungkin cukup dibersihkan dengan sabun kemudian ditambah sapuan losion tubuh tipis. Sebaliknya, wajah membutuhkan rangkaian perawatan yang lebih mendetail. Uniknya, teh bisa diandalkan untuk menjadi salah satu bahan alami yang baik bagi kecantikan kulit Anda.

Teh memang tanaman yang multi manfaat. Selain terkenal sebagai minuman nikmat dan menyehatkan, tanaman yang dapat tumbuh dengan sangat baik di dataran tinggi ini juga adalah sahabat baik untuk kulit Anda.

Di dunia kuliner, secangkir teh panas dan sepiring kue serabi Solo sangat cocok  untuk dijadikan teman menghabiskan sore yang cerah. Minuman kaya antioksidan polifenol ini memang telah begitu mendarah daging di hati masyarakat Indonesia.

Setelah minuman kaya polifenol tersebut tandas sebaiknya jangan Anda buang ampasnya. Sisa daun teh yang sudah diseduh masih menyimpan sejumlah zat penting yang bagus untuk kulit. Tidak ada ruginya deh untuk mencoba perawatan pakai ampas teh.

Seperti informasi yang saya dapatkan dari berbagai pojok lifestyle, manfaat ampas teh untuk kecantikan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membuat Wajah Lebih Cerah
Kulit wajah yang cerah memang sedap dipandang. Kabar baiknya, ampas teh juga punya manfaat mencerahkan kulit lho. Semua itu berkat kemampuannya untuk menghilangkan noda hitam dan kotoran akibat debu dan polusi yang menempel di wajah Anda. 

Kabar baik lainnya, ampas teh juga dapat membantu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah Anda. Terlebih ampas teh celup.
  
Caranya yaitu cukup balurkan ampas teh ke seluruh permukaan wajah Anda dan pijat dengan lembut kemudian diamkan selama kurang lebih 5 menit sebelum dibilas pakai air hingga bersih. Terakhir tinggal dilanjutkan dengan bilasan air es. Lakukan secara teratur tiap hari.

Waktu terbaik untuk melakukan perawatan ini adalah di malam hari sebelum tidur atau pagi hari sebelum mandi. Ini betul-betul membuat kulit jadi terasa sangat segar!

2. Mengatasi Masalah Jerawat
Untuk mengatasi masalah jerawat, Anda hanya perlu mengambil ampas teh dan campurkan dengan air secukupnya hingga berbentuk seperti masker. Ampas teh celup akan lebih mudah untuk diaplikasikan daripada ampas teh tubruk. Jadi Anda bisa memilih ampas teh celup saja untuk dijadikan masker anti jerawat.

Oleskan campuran ampas teh dan air tersebut pada kulit wajah Anda yang berjerawat dan diamkan selama 5 menit hingga mengering. Terakhir lalu bilas dengan air hangat hingga bersih lalu dilanjutkan bilas dengan air dingin. 

Lakukan setiap hari hingga jerawat hilang. Antioksidan dalam teh sangat baik untuk membantu proses penyembuhan jerawat. Jika jerawat Anda sedang ada yang matang, lakukan dengan hati-hati agar jerawat tidak pecah.

3. Mengencangkan Kulit
Salah satu ciri-ciri kulit remaja adalah memiliki tingkat kekenyalan yang baik. Agar penampilan Anda senantiasa awet muda bak remaja belia maka Anda harus menjaga kekencangan kulit wajah sejak dini. 

Nah, ampas teh bisa menjadi salah satu solusi alternatif yang praktis. Caranya sangat mudah. Balurkan ampas teh secara merata pada wajah anda ketika anda akan tidur dan biarkan semalaman hingga keesokan paginya.

Namun Anda bisa membilasnya malam itu juga jika Anda takut serpihan ampas teh akan mengotori tempat tidur. So, tidak perlu sampai dibiarkan semalaman.

4. Menghilangkan Kantung Mata
Aktivitas di depan komputer ataupun gadget terlalu lama bisa menyebabkan mata lelah dan berkantung. Penampakan wajah dengan mata berkantung tentu sangat mengganggu. Penampilan kita jadi terlihat kusam dan tak menarik lagi. O’ow!!!

Jika kantung hitam terlanjur menggantung di bawah kedua mata Anda, don’t be panic! Ampas teh bisa diandalkan di sini. Caranya, ambil teh celup bekas yang telah anda seduh sebelumnya (pastikan celup bekasnya telah dingin ya! hehehe) lalu masukkan ke dalam kain beserta potongan es batu kemudian kompreskan pada masing-masing mata. 

Dengan cara ini maka kantung hitam yang menggembung di kedua di mata Anda akan berangsur-angsur hilang secara alami.

5. Mencegah Rambut Rontok
Rambut adalah mahkota yang mesti dijaga kesuburan dan keindahannya. Sudah tahukah Anda? Rambut hitam lebat dan berkilau ternyata mencerminkan seperti apa kesehatan dan kecerdasan sang pemilik lho. 

Anda bisa memanfaatkan ampas teh untuk memelihara kesehatan rambut. Untuk mencegah rambut rontok, caranya adalah dengan mencampurkan air dan ampas teh secukupnya untuk membilas rambut Anda sehabis keramas setiap pagi.

Dengan pemakaian yang rutin setiap kali keramas maka rambut Anda akan berangsur jadi lebih berkilau dan akar-akar rambutpun menjadi kuat sehingga rambut tidak akan rontok lagi.

6. Menghilangkan Ketombe
Baru tahu kan kalau ampas teh bisa juga jadi pengusir ketombe? Caranya hampir sama yakni pertama-tama campurkan ampas teh dengan air bersih secukupnya.

Pada rambut rontok, gunakan untuk membilas rambut Anda setelah keramas, sedangkan untuk rambut berketombe siramkan air campuran ampas teh tersebut ke kulit kepala sebelum keramas. 

Pijatlah dengan lembut hingga menyerap dan diamkan selama kurang lebih 10 menit dan lanjutkan dengan keramas menggunakan shampoo seperti biasa. Anda bisa melakukannya 3 kali seminggu untuk hasil optimal.

Memanfaatkan kebaikan alam adalah pilihan bijak bagi Anda yang mendambakan kulit cantik sehat tanpa resiko. Mari maksimalkan azas kebermanfaatan atas apa yang ada di sekitar kita, contohnya menggunakan ampas teh bekas seduh untuk kecantikan kulit. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya! See you on the next post. ^_^

(diens)

Posting Komentar untuk "Kulit Putih, Mata Cantik Hanya dengan Ampas Teh"