Manfaat Air Putih untuk Tubuh, Nomor 6 Paling Sering Diabaikan

manfaat minum air putih


Manfaat air putih bagi tubuh mutlak sangat besar. Air putih berpengaruh pada kesehatan kulit, mata, rambut, hingga membantu mendapatkan berat badan ideal. Maka dari itu memastikan tubuh Anda selalu terhidrasi dengan baik merupakan hal wajib untuk dilakukan. Bagaimana cara mengetahui kecukupan kebutuhan air putih dalam tubuh kita?


Keajaiban Air Putih untukTubuh Anda

Percayakah Anda bahwa air putih dapat memberikan keajaiban untuk tubuh Anda? Mari lihat penjelasan mengenai beberapa khasiat air putih yang begitu luar biasa berikut ini. 

#1 Mengurangi Berat Badan

Air merupakan alat terbaik untuk mengurangi berat badan berlebih dengan mudah. Mengapa? Karena air dapat dipakai untuk menggantikan berbagai minuman tinggi kalori seperti minuman ringan. Dengan minum air putih, yang tadinya ingin membeli soft drink akhirnya tidak jadi karena perut sudah terasa kenyang.

Lagipula air putih jelas lebih sehat karena tidak mengandung lemak, kalori, karbohidrat, dan pastinya gula. Air akan mampu menjalankan fungsi sebagai penahan nafsu makan dengan sangat baik. Dan seringkali ketika kita berpikir bahwa kita sedang lapar, sebetulnya kita hanya sedang merasa haus saja. Jadi jika Anda sedang ingin mengurangi berat badan, tambah saja porsi air minum Anda sesuai kebutuhan. Dengan begitu keinginan ngemil bisa dikendalikan.

#2 Energi

Dehidrasi dapat mengikis energi dan membuat tubuh merasa lelah, bahkan dehidrasi ringan sekalipun. Rasa haus merupakan signal dari tubuh untuk memberitahukan bahwa tubuh sedang kekurangan cairan. Jika tidak diatasi dengan segera kondisi ini dapat berujung pada keluhan lain seperti sakit kepala.

Sebaiknya Anda ikuti signal tubuh, jika terasa haus maka jangan tunda lagi untuk minum. Air putih berkualitas pastinya.

#3 Meredakan Sakit Kepala

Seperti disebutkan di atas, gejala dehidrasi dapat berujung pada sakit kepala. Pada beberapa kasus, seringkali ketika kita merasakan sakit kepala itu disebabkan oleh tubuh yang sedang kekurangan cairan. Meskipun banyak faktor penyebab yang lainnya, akan tetapi dehidrasi adalah penyebab munculnya sakit kepala yang paling umum.

#4 Kulit Sehat

Konsumsi air putih dapat membersihkan kulit Anda sekaligus membantu kulit agar tampak lebih segar dan berkilau. Cobalah untuk mulai mengkonsumsi air putih berkualitas dalam jumlah yang cukup selama seminggu dan lihat perbedaannya pada kulit Anda.

#5 Masalah Pencernaan

Sistem pencernaan kita membutuhkan jumlah air yang cukup untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Pada mereka yang mengalami masalah gangguan pencernaan seperti gastritis, mengkonsumsi air berkualitas dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama untuk meredakan masalah asam lambung yang naik.

Air putih berkualitas ditambah dengan serat dalam jumlah cukup juga dapat mengatasi masalah sulit buang air besar yang juga merupakan salah satu akibat dari kurangnya asupan air putih.

#6 Ginjal Bersih dan Sehat

Air digunakan oleh tubuh sebagai media untuk membantu proses pembuangan racun dan sisa metabolisme dari dalam tubuh. Semakin banyak jumlah air berkualitas yang Anda konsumsi, akan semakin sehat pula ginjal Anda. Jumlah air yang cukup akan sangat membantu kinerja ginjal sehingga menjadi lebih ringan. Hal ini akan meningkatkan kebersihan serta kesehatan ginjal Anda secara signifikan.

#7 Berolahraga

Kita semua tahu bahwa untuk menjalankan aktivitas dengan baik kita butuh untuk tetap terhidrasi, termasuk juga ketika berolahraga. Tahukah Anda? Berada dalam kondisi dehidrasi dapat menghambat latihan Anda. Selain itu dehidrasi juga akan membuat Anda jauh lebih lemah. Akibatnya, latihan yang Anda lakukan akan terasa lebih sulit.

Jadi, waktu terbaik untuk konsumsi air putih selama berolahraga adalah 2 jam sebelum latihan dimulai, selama latihan jika perlu, plus setelah latihan selesai. Dengan demikian tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik dan latihan pun jadi lebih maksimal.


JAM BERAPA WAKTU YANG TEPAT UNTUK MINUM AIR

Beberapa ahli menyatakan bahwa konsumsi air putih tidak perlu dijadwal. Hal itu sama sekali tidak salah karena kebutuhan tubuh akan air memang dapat bervariasi tergantung dari seberapa berat aktivitas harian kita. Ketika kita memiliki lebih banyak kegiatan, mungkin kebutuhan tubuh akan air akan lebih banyak dari biasanya. Begitu pula sebaliknya.

Namun demikian, jumlah rata-rata kebutuhan harian tubuh akan air menurut para ahli adalah 8 gelas per hari atau sekitar 1,5 liter. Untuk dapat mencapai jumlah tersebut dengan mudah, Anda dapat mengikuti pola mudah di bawah ini agar aktivitas minum air pun dapat menjadi lebih menyenangkan.

Jam 8.00 di Pagi Hari

Minum 2 gelas air dalam kondisi perut kosong memiliki peran yang baik dalam menghidrasi tubuh. Ini juga berfungsi untuk 'membangunkan' tubuh Anda sepenuhnya serta membuatnya siap untuk menerima sarapan. Nutrisi akan terserap lebih sempurna jika Anda minum air terlebih dahulu sebelum makan.

Jangan sampai melewatkan kegiatan minum dan makan di pagi hari. Kedua hal ini sangat vital untuk mensuplai energi dan vitalitas Anda.

Jam 11.00 Ketika Break

Minum 1 gelas air di sela waktu ngemil Anda. Ini akan memperbesar kemungkinan Anda dapat mencapai target konsumsi 1,5 liter air per hari. Kegiatan ini juga bisa menahan keinginan untuk makan banyak ketika perut Anda mulai keroncongan sementara jam makan siang belum juga tiba. Jadi, minum saja!

Jam 13.00 Ketika Makan Siang

Minum 1 hingga 2 gelas air tidak akan membuat Anda kekenyangan hingga melewatkan makan siang kok. Minumlah 1 atau 2 gelas air bersama makan siang Anda.

Jam 16.00 Sebelum Waktu Makan Malam

Rentang waktu yang cukup lama antara makan siang dan makan malam membuat tenggorokan terasa kering dan perut juga sudah keroncongan. Dengarkan tanda yang ditunjukkan oleh tubuh ini. Untuk menenangkan perut Anda pada jam ini, minumlah air. Bawalah selalu botol minuman kemanapun pergi agar mudah mendapatkan air minum tanpa harus meninggalkan tempat kerja.

Tips ini sangat bagus untuk menjaga berat badan agar tetap ideal karena air akan menghidrasi tubuh dengan baik sekaligus memberikan rasa kenyang tanpa menambah sedikitpun kalori. Stay in shape!

Jam 20.00 Ketika Makan Malam

Akhirnya tibalah saatnya makan malam. Inilah waktu ketika Anda mencapai gelas ke 8 Anda hari ini. Sebagai variasi agar tidak bosan, Anda dapat meminum segelas air putih hangat yang telah diberi beberapa irisan lemon sebelum menyantap makan malam. Jika menginginkan sedikit rasa manis, Anda dapat menambahkan 2 sendok makan madu murni.

Rasanya yang segar sekaligus mengenyangkan akan membantu menahan nafsu makan Anda agar tetap terkontrol. Belum lagi irisan lemon akan mampu menyerap kelebihan lemak yang mungkin terdapat pada makan malam Anda. Kombinasi yang sempurna!

Demikian tulisan tentang 7 keajaiban air putih bagi tubuh dan juga tips minum air putih dalam sehari agar mencapai jumlah 8 gelas tanpa rasa malas dari saya. Bagaimana? Menakjubkan bukan manfaat air putih bagi tubuh kita? Setelah mengetahui artikel ini, jangan malas lagi ya untuk minum air putih. Hihi...

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan semoga sehat selalu! ^_^

(diens)

Posting Komentar untuk "Manfaat Air Putih untuk Tubuh, Nomor 6 Paling Sering Diabaikan"