Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga? Begini Caranya!


Menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga. Berat badan berlebih memang menjadi momok bagi manusia. Selain akan membuat penampilan menjadi kurang enak dipandang, kondisi berat badan berlebih juga dapat memicu terjadinya penyakit berbahaya. Seringkali orang malas untuk melakukan diet ataupun berolahraga. Banyak dari mereka mencari cara menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga. Benarkah ada cara seperti itu? Jika ada, bagaimana caranya???

Berjalan kaki. Jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang hampir tidak memiliki resiko cedera sama sekali. Kegiatan ini juga sangat aman untuk dilakukan oleh berbagai usia. Hanya dengan berjalan kaki, Anda dapat memangkas berat badan seberat 20 pon atau setara dengan 10 kilogram hanya dalam waktu lima bulan tanpa harus pergi ke pusat kebugaran ataupun menjalani diet apapun.

Anda dapat mengencangkan otot dan meningkatkan kebugaran sembari memangkas kelebihan berat dari tubuh Anda. Anda akan menyukai latihan rutin yang saya sarankan ini setelah mengetahui betapa mudahnya menerapkan teknik ini untuk menurunkan berat badan secara signifikan.

BAGAIMANA CARA MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN BERJALAN KAKI?


Banyaknya jumlah kalori yang dapat dibakar ketika berjalan bergantung pada berat badan serta di tempat seperti apa Anda berjalan. Normalnya ketika Anda berjalan kaki dengan kecepatan 4 mil per jam atau sekitar 1,7 meter per detik (kecepatan berjalan rata-rata) maka Anda dapat membakar sekitar 400 kalori per jamnya.

Namun demikian Anda tidak diharuskan untuk berjalan sejauh 4 mil per hari secara paten. Jika mampu, Anda dapat berjalan 3 mil lebih jauh dan membakar 300 kalori ekstra dalam sehari. Sebaliknya, Anda juga boleh jika ingin berjalan dengan jarak yang lebih dekat. Cukup sesuaikan dengan jadwal harian Anda saja.

Untuk mempermudah dalam mengukur langkah dan menghitung perkiraan jumlah kalori yang telah dibakar, Anda dapat menggunakan alat yang bernama pedometer. Alat ini dapat menghitung jumlah langkah kali Anda setiap harinya dengan akurat. Ini akan sangat membantu dalam memantau pencapaian Anda.

PEDOMETER DAN PENURUNAN BERAT BADAN


Jika Anda sedang mencoba untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal melalui olahraga berjalan kaki, salah satu ide bagus yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang keberhasilan atas usaha yang sedang Anda lakukan adalah dengan mencatat setiap pencapaian harian Anda. Pergilah membeli pedometer berkualitas atau juga wrist band untuk membantu mengukur sejauh mana pencapaian Anda setiap harinya.

Pedometer adalah gadget olahraga yang bisa diletakkan di panggul Anda. Alat ini sangat ringan dan memiliki banyak fitur. Fitur paling penting yang dimiliki pedometer adalah mampu menghitung jumlah langkah Anda baik selama melakukan latihan maupun selama Anda beraktivitas seharian.

Jika Anda penasaran dan ingin tahu berapa mil lagi yang harus Anda lalui untuk menurunkan berat badan ekstra, Anda juga harus mengetahui sejauh apa yang telah Anda lalui sebelumnya. Misal biasanya Anda berjalan 300 meter untuk mengurangi berat badan seberat 1 ons, maka untuk menurunkan berat badan sebanyak 1 kilogram lagi Anda butuh berjalan sejauh 3.000 meter lebih jauh.

Jadi jika Anda masih belum mendapatkan berat badan ideal, tinggal hitung saja seberapa jauh lagi Anda harus berjalan hingga mencapai target berat badan ideal yang diinginkan.

BERAPA BANYAK LANGKAH YANG HARUS DIAMBIL?

Rata-rata orang membutuhkan sekitar 2.000 langkah untuk dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Dalam setiap 1 mil akan ada 100 kalori yang terbakar. Kabar baiknya, dengan pedometer maka setiap langkah yang telah Anda lewati akan tercatat. Bonusnya, Anda juga dapat menghitung berapa jumlah kalori yang telah terbakar serta sudah berapa mil Anda telah melangkah setiap harinya. Jika Anda tidak sempat melakukan latihan di pusat kebugaran, Anda hanya perlu menambah durasi berjalan kaki untuk menambah jumlah kalori yang terbakar dan pastinya mengurangi berat badan Anda.

Hitungannya seperti ini:
1 mil = 1600 meter = 2000 langkah = 100 kalori terbakar
1 pon berat badan = 0.5 kilogram berat badan = 3500 kalori
Mengurangi 1 pon berat badan dalam seminggu = membakar 500 kalori per hari
Maka Anda butuh berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah per hari untuk mengurangi 0.5 kilogram berat badan dalam seminggu.


Mungkin angka-angka tersebut terlihat seperti memenuhi mata Anda karena terkesan banyak. Tahukah Anda? Ketika kaki kita mulai melangkah, semua hitungan tersebut tidak akan terasa apa-apa.

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi berat badan dengan berjalan kaki di sela hari-hari sibuk Anda. Mulailah secara perlahan dan rasakan perubahan positifnya dari hari ke hari. Anda dapat memulainya dengan tips berikut:

Turunlah Lebih Jauh

Jika biasanya Anda turun dari bus tepat di depan kantor, kali ini mulailah lakukan perubahan. Cobalah untuk turun beberapa ratus meter lebih jauh dari kantor dan lakukan sisa perjalanan dengan berjalan kaki.

Parkirlah Agak Jauh

Hal ini dapat dilakukan jika situasi dan kondisi di tempat tersebut benar-benar aman. Parkirlah kendaraan Anda sedikit lebih jauh dari rumah kawan Anda dan berjalan kakilah untuk sampai ke sana.

No Lift

Pergi ke mall untuk belanja tidak ada salahnya. Ketika hendak berpindah dari satu  lantai ke lantai yang lain, jangan gunakan lift melainkan naiklah lewat tangga.

Jalan Kaki Ke Sekolah

Naik mobil mungkin lebih nyaman, tapi jika jarak sekolah anak Anda tidak terlalu jauh, mengantarnya dengan berjalan kaki bersama menuju ke sekolah sambil menikmati pemandangan alam pasti lebih seru daripada naik mobil. 

Dengan begitu latihan ini tidak akan terasa melelahkan.


Berbicara mengenai pedometer, Anda bisa selalu menghitung berapa kalori yang telah terbakar dan berapa langkah yang telah dilalui bergantung pada jenis pedometer yang Anda miliki. Data tersebut akan membantu Anda untuk tetap mengetahui kemajuan Anda dan memberi gambaran yang jelas tentang apa yang telah Anda capai secara fisik. Maka pastikan untuk membeli alat yang berkualitas.

Karena alat ini dapat merekam hal penting dari latihan serta mengontrol pencapaian Anda maka Anda akan mulai berpikir untuk membeli pedometer bagus seperti ini untuk memastikan semuanya tercatat dengan baik. Benar?

Seperti pernyataan dari Asosiasi Medis Amerika, "memakai pedometer sangatlah penting untuk pengendalian berat badan jangka panjang dan juga program penurunan berat badan yang efektif".

BAGAIMANA AGAR LATIHAN ANDA TETAP MENYENANGKAN


Agar latihan Anda tidak membosankan, cobalah tips berikut:

Rute Baru

Cobalah untuk mencari rute baru secara berkala karena terus melalui rute yang sama pasti membosankan.

Musik

Berjalanlah di taman sambil mendengarkan musik favorit untuk memberikan energi positif sehingga Anda tetap semangat untuk menyelesaikan latihan.

Treadmill

Jika musim sedang tidak bersahabat, Anda dapat tetap melakukan latihan di atas treadmill.

Lakukan Bersama

Ajaklah teman atau anggota keluarga Anda untuk melakukan olahraga berjalan kaki bersama sehingga suasana akan lebih menyenangkan.

GAYA BERJALAN

Kita semua tahu bagaimana caranya berjalan dan telah melakukannya bahkan sejak kita masih kana-kanak. Sialnya, selama tahun demi tahun yang terlewati mungkin ada banyak kebiasaan dan sikap buruk yang akhirnya membuat Anda memiliki cara berjalan yang kurang baik.

Ketika Anda berjalan untuk tujuan olahraga maka Anda akan melakukannya berbeda dengan berjalan di hari biasanya. Secara tidak sadar Anda memfokuskan pandangan Anda sejauh 100 meter ke depan, dengan dagu terangkat dan postur tubuh ideal dengan membusungkan dada serta mengencangkan bagian abdomen.

Gaya berjalan seperti ini akan membantu Anda mencapai hasil terbaik dari latihan yang dilakukan. Pertahankanlah!

SEBERAPA SERING ANDA HARUS BERJALAN

Sebelum mulai melakukan aktivitas rutin harian ini, Anda perlu untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan kondisi tubuh Anda cukup sehat untuk melakukannya. Ketika Anda telah mendapatkan persetujuan dokter, pertama-tama berjalan kakilah sebanyak 3 kali seminggu selama 15-20 menit. Frekuensi tersebut akan terus ditingkatkan hingga mencapai 30-60 menit per hari, 7 hari seminggu.

Anda akan bersyukur karena mengetahui bahwa latihan ini adalah cara terbaik untuk memangkas berat badan berlebih dengan santai. Dengan cara ini Anda dapat memangkas sebanyak 88 pon (setara 44 kilogram) sepanjang tahun tanpa terasa. Menakjubkan! Jadi, tunggu apa lagi? Jika Anda ingin menurunkan berat badan tanpa diet yang menyiksa, cara ini bisa dijadikan referensi yang bagus.

Demikian artikel untuk hari ini tentang cara menurunkan berat badan tanpa diet. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan pada khususnya dan untuk teman-teman netizen pada umumnya.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

SUMBER : the healthy archive

(diens)

Posting Komentar untuk "Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga? Begini Caranya!"