Perawatan Wajah Anti Jerawat

wajah cantik tanpa jerawat

Perawatan Wajah Anti JerawatJerawat sudah sejak zaman nenek moyang menjadi momok menakutkan bagi umat manusia. Tidak berlebihan kiranya jika saya menyebutnya demikian. 

Pasalnya, jerawat yang oleh sebagian orang dianggap wajar dan bahkan tidak terlalu dihiraukan ternyata bisa jadi merupakan sebuah pertanda adanya kondisi medis serius di tubuh si pesakit. Wah bagaimana bisa begitu ya?

Banyak orang mengalami masalah kulit berjerawat dan sampai saat ini masih terus berkeliling mencari informasi paling akurat tentang apa gerangan masalah kulit yang tengah melandanya. 

Jangan-jangan Anda juga termasuk di dalamnya? Anda bingung mencari informasi dan galau mau percaya dengan yang mana. Wajar kok, seperti itulah efek ketika otak kita menerima terlalu banyak info yang justru membuat jadi semakin bingung. Betul ya?

Jerawat Itu Apa

Jerawat adalah peradangan pada kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Dunia keilmuan biasa menyebutnya bakteri jerawat. Hanya saja saya masih ragu apakah hanya jenis bakteri ini saja yang dapat memicu timbulnya semacam bisul kecil di wajah kita? Atau ada peran serta bakteri lain? Wallahua'lam.

Secara umum, jerawat disebabkan pertama-tama oleh adanya sel kulit mati yang menumpuk yang terinfeksi bakteri. Sel kulit mati ini pastinya ada di seluruh permukaan kulit kita ya kan? Nah hal ini lalu menjadi poin penting pertama yang saya garis bawahi.

Jujur nih ya, penulis juga punya keluhan wajah berjerawat yang cukup mengganggu. Tepatnya sejak mengkonsumsi obat-obatan dokter dalam jumlah banyak akibat kecelakaan lalu lintas parah beberapa tahun silam. 

Kebetulan pada saat itu saya juga mengalami insomsia parah. Bisa jadi kedua kondisi tersebut yang memperparah kondisi jerawat akibat ketidakstabilan hormon mengingat insomsia dapat memicu kondisi hormon yang tidak stabil.

Jerawat Hormon dan Jerawat Biasa

Ngomong-ngomong masalah hormon guys, pernah dengar kan orang mengatakan soal jerawat akibat hormon? Atau juga ada yang bilang jerawat hormonal? Nah ini juga unik banget untuk dibahas. Seru dan bisa memakan beribu-ribu kata. Hehehe... #obrolanjerawat

Jika jerawat normal (jerawat biasa yang terjadi secara umum) adalah yang disebabkan oleh bakteri dan sel kulit mati yang menumpuk, maka di sini masalahnya lain lagi. Jerawat hormonal adalah jerawat yang tidak umum alias jerawat khusus, yaitu jerawat yang disebabkan oleh adanya gejolak hormon yang fluktuatif.

Pada umumnya, jerawat hormonal muncul pada mereka yang sedang memasuki usia remaja dimana kondisi hormonal seseorang sedang sangat labil. Misalnya ketika seorang remaja mulai tertarik pada lawan jenis, tubuh pun secara lebih aktif memproduksi hormon wanita dan pria. 

Ketika hal ini terjadi, tubuh pun bereaksi dengan keluarnya jerawat. Kok bisa begitu ya? Hehe saya coba jelaskan secara kronologis ya bagaimana proses terjadinya jerawat pada remaja.

Mungkin kronologisnya seperti ini teman-teman, kondisi hormon yang labil mempengaruhi kelenjar minyak di permukaan kulit sehingga memproduksi lebih banyak sebum daripada biasanya. Kondisi tersebut kemudian diperparah dengan si remaja yang tidak rajin membersihkan wajah. 

Nah di sini akhirnya kotoran, sel kulit mati, minyak, dan bakteri bertemu. Bakteri ini senang banget nih dengan kondisi kulit yang sedemikian. Bakteri pun mulai menginfeksi area tersebut. Lalu terjadilah peradangan itu atau yang sering disebut sebagai jerawat cinta! Hayoo siapa di sini yang sering punya jerawat cintaa??? #jerawatcinta

Menurut saya, jerawat model ini adalah yang paling sulit untuk dikendalikan karena berhubungan dengan kondisi hormonal tubuh. Tapi jangan khawatir, masih banyak jalan kok menuju Roma. Saya kasih bocoran yaa cara merawat wajah berjerawat agar jerawat cepat kering. Jangan lupa dipraktekkan biar jerawat cepat hilang!

Perawatan Wajah Berjerawat

Karena kakak cantik dan kakak ganteng sudah tahu akar masalah penyebab jerawat secara global itu apa saja, sekarang tinggal kita bahas cara merawat wajah berjerawat agar si acnes ini jauh-jauh dari hidup kita. Apa saja rahasia perawatan wajah anti jerawat versi Diens?

ilustrasi terjadinya jerawat


Bersih Itu Penting

Aktivitas yang padat seharian membuat berbagai kotoran yang beterbangan di udara pun singgah di kulit wajah kita. Dari sekian banyak partikel kecil di udara, debu adalah yang biasanya paling banyak berperan dalam pembentukan jerawat selain bakteri tentunya. 

Kondisi demikian mewajibkan kita yang ingin memiliki wajah bebas jerawat untuk rajin membersihkan kulit. Sebetulnya bukan hanya kulit wajah saja, namun mengingat area tersebut yang paling sering terpapar udara kotor, maka Anda dapat lebih berkonsentrasi di sana.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan wajah sesering mungkin setiap hari menggunakan air bersih. Dua kali diantaranya menggunakan sabun pencuci wajah. 

INGAT! Jangan lebih dari dua kali menggunakan sabun pencuci wajah karena bisa membuat kulit menjadi kering dan akibatnya jadi lebih berminyak. Oh iya menurut pengalaman pribadi saya, waktu terbaik untuk membersihkan wajah menggunakan sabun adalah pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Rajin

Maksud dari kata rajin di sini adalah Anda mampu berkomitmen untuk melakukan hal tersebut di atas dengan konsisten. Lakukan secara teratur dan berketerusan. Membersihkan wajah bukanlah hal berat untuk dilakukan toh? 

Apesnya nih, kalau Anda hanya satu dua hari saja melakukannya, atau melakukannya berselang seling alias tidak setiap hari maka tidak akan ada hasil signifikan yang didapat. Jadi, rajin-rajinlah membersihkan kulit, okay?

Makanan

Hmm tenang...diet ketat tidak dibutuhkan kok di sini. Cukup dengan memilah-milih makanan yang akan Anda konsumsi saja kulit menawan bisa didapatkan. Asyiik! Hobi kuliner boleh tetap dilakukan tapi kalau Anda menginginkan kulit sehat bebas jerawat, sebaiknya prioritas Anda diubah jadi kuliner makanan sehat saja ya. Berburu makanan sehat dan lezat itu seru loh.

Opsi lain untuk dapat mengkonsumsi makanan sehat berkualitas setiap hari adalah dengan meraciknya sendiri. Carilah resep masakan sehat dan siapkan santapan lezat Anda sendiri. Kulit makin cantik, bonusnya juga jadi pintar masak. Mauuu!

Olahraga

Konsumsi makanan sehat memang dapat menaikkan performa kulit menjadi lebih prima. Namun hal tersebut tidak akan maksimal jika tidak diimbangi dengan olahraga. Tidak usah khawatir akan kelelahan karena Anda hanya perlu melakukan olahraga secukupnya saja. 

Melakukan gerakan-gerakan yoga ringan saja pun tidak masalah selama dilakukan secara rutin. Lagi-lagi harus rutin. Semangat!

Produk Berkualitas

Jika dibutuhkan, gunakan produk-produk kosmetik yang berkualitas dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Poin ini tentunya tidak bisa diabaikan begitu saja ya dears? Apalagi jika Anda adalah kaum hawa yang notabene lebih peduli terhadap penampilan. 

Mulai sekarang, jangan pernah sekalipun sembarangan membeli produk perawatan kulit ya. Apalagi merk-merk yang belum jelas asal-usulnya. BIG NO!!!

Konsisten

The last but nor least. Lagi dan lagi jangan bosan dengarnya yaa dears, kesinambungan itu absolutely needed. Lakukan poin demi poin di atas dengan penuh komitmen. Ingat tujuan awal Anda melakukan semua ini dan bayangkan kulit yang cantik telah Anda miliki. Hal tersebut akan menjadikan Anda lebih semangat melakukannya.

Wah ternyata tanpa terasa sudah panjang banget ya tulisan saya tentang perawatan untuk wajah berjerawat agar cepat sembuh dan tidak kambuh lagi.

Sekian dulu yaa artikel tentang Perawatan Wajah Anti Jerawat kali ini. Semoga artikel yang masih jauh dari baik ini ada manfaatnya untuk teman-teman. Terimakasih sudah mampir di blog saya. Sampai jumpa di postingan berikutnya yang lebih seru lagi, insyaa Allah. 

Memiliki pertanyaan, saran, atau kritik terkait tulisan di atas? Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah sana. Komen yuk?! XOXO


Salam,
(diens)

Posting Komentar untuk "Perawatan Wajah Anti Jerawat"