Mengatasi Konstipasi Secara Alami

tips mengobati konstipasi

Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Hari ini saya akan membahas tentang sebuah tips menjaga kesehatan pencernaan secara alami. Cara ini sudah saya pakai sejak masih usia remaja dulu dan terbukti sangat ampuh melenyapkan keluhan saya. Penasaran dengan rahasia yang akan saya beberkan untuk Anda hari ini? Baca terus!

Konstipasi

Apakah yang dimaksud dengan konstipasi? Dalam istilah sehari-hari konstipasi dapat diartikan dengan suatu kondisi kesehatan dimana seseorang mengalami susah buang air besar. Ada yang pernah punya pengalaman kesulitan untuk buang air besar ataupun buang air besar secara tidak teratur? Anda tidak sendirian kok.

Pada kondisi normal, manusia akan buang air besar setidaknya satu hingga dua kali dalam sehari. Idealnya proses defekasi (pengeluaran kotoran) dari sisa-sisa metabolisme ini terjadi di pagi hari sesaat setelah terjaga dari istirahat malam. Sialnya, ketika frekuensi buang air besar seseorang telah berubah dari idealnya artinya kondisi yang bersangkutan tidak begitu baik.

Konstipasi terjadi ketika seseorang mengalami penurunan asupan serat dari menu makanan sehari-harinya. Seperti yang kita ketahui bersama, serat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan pencernaan kita. Salah satu manfaat serat adalah untuk menaikkan motilitas (daya gerak) usus besar sehingga proses buang air besar pun jadi lancar dan mudah.

Kurangnya asupan serat bisa membuat seseorang mengalami masalah. Bisa jadi dia akan mengalami konstipasi atau justru diare? Keduanya tidak baik bagi kesehatan dan yang pasti akan membuat kita menderita. 

Konstipasi adalah sebuah kondisi dimana tinja mengeras dan sulit dikeluarkan. Jika dipaksakan justru bisa melukai anus/dubur dan bahkan memicu timbulnya hemoroid (ambeien). Lalu tindakan apa yang sebaiknya dilakukan ketika mengalami konstipasi? Bagaimana untuk menyembuhkan konstipasi?

Pepaya

Mengapa saya membahas pepaya di tengah peliknya masalah konstipasi ini? Begini dears, di dalam buah pepaya terdapat sebuah zat yang sangat membantu para penderita konstipasi atau yang dalam bahasa Jawa biasa dibilang dengan istilah bebelen. Akan tetapi bukan sembarang pepaya bisa digunakan untuk menolong pasien sembelit.

Buah pepaya pada dasarnya mengandung serat yang tidak cukup banyak. Akan tetapi kandungan enzim papain di dalamnya dapat membantu melunakkan tinja. Inilah yang membuat buah pepaya sangat termasyhur manfaatnya. 

Cara Menggunakan Buah Pepaya untuk Mengatasi Sembelit

Benarkah pepaya dapat mengobati sulit buang air besar? Jawabannya adalah mampu. Jika Anda ingin membeli pepaya dengan tujuan pengobatan pada sembelit maka Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting di bawah ini.

Pertama, carilah buah pepaya yang masih segar. Jika memungkinkan, carilah buah pepaya yang matang pohon dan baru saja dipetik. Ciri buah pepaya segar bisa dilihat dari kulitnya yang masih keras serta tidak ada kebusukan. 

Kedua, pastikan Anda menggunakan buah pepaya yang benar-benar telah masak pohon. Buah pepaya yang masih dalam kondisi setengah matang apalagi mentah tidak akan bisa banyak membantu. 

Ketiga, konsumsi pepaya dengan cara yang baik yakni dimulai dengan membaca doa kemudian dikunyah hingga halus sebelum ditelan.

Usahakan untuk tidak mengkonsumsi air putih atau cairan apapun setelah makan pepaya. Mengapa? Air yang Anda minum tersebut akan mengencerkan enzim pencernaan di dalam tubuh Anda. Hasilnya efektivitas kandungan buah pepaya dalam mengatasi sembelit juga akan berkurang secara signifikan.

Tips

Konstipasi memang sangat mengganggu. Bukan hanya membuat kita tersiksa ketika pergi ke belakang, jika terjadi secara berulang sembelit ini juga bisa merembet ke masalah yang lebih serius. 

Pastinya tidak ada seorangpun yang mau mengalami hal semacam itu. Jika terjadi masalah pada proses defekasi feses, segera konsumsi buah pepaya matang saat itu juga. Semakin cepat Anda mengatasinya maka semakin cepat pula keluhan tersebut menghilang. 

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik sebaiknya Anda menggunakan buah pepaya yang matang di pohon serta masih dalam kondisi segar. Kupas buah pepaya dan makanlah sekitar 3 jam sebelum tidur malam. 

Keesokan harinya biasanya efek positif sudah bisa dirasakan. Lanjutkan dengan minum air putih kemudian sarapan dengan beberapa potong pepaya sebelum makan nasi dan lauk pauk lainnya. 

Satu hal lagi yang harus saya infokan dan wajib untuk Anda ketahui, jangan pernah melupakan pentingnya air putih berkualitas! Okay?

Demikian tips mengatasi sembelit dengan buah pepaya yang dapat saya sampaikan. Keluhan sulit BAB memang sangat mengganggu. Bagaimana tidak? Feses yang merupakan sampah tubuh tidak bisa dikeluarkan. Ngeri banget!

Akan tetapi tidak usah terlalu cemas lagi karena alam ini telah menyediakan berbagai kekayaannya yang bisa kita petik manfaatnya. Tidak terkecuali buah pepaya matang yang berkhasiat untuk mengatasi konstipasi. Setuju?

Well, semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda dan tidak lupa saya ucapkan sampai berjumpa kembali di artikel berikutnya! ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Mengatasi Konstipasi Secara Alami"