Cara Meracik Cream Peeling Wajah DIY dan Cara Pemakaiannya

peeling wajah racikan

Hello teman-teman semua?! Hari ini saya akan membahas tentang peeling. Peeling secara harfiah dapat diartikan sebagai proses pengelupasan. Dalam konteks perawatan kecantikan kulit, peeling memiliki pengertian sebagai sebuah proses pengelupasan sel-sel kulit mati. Treatment ini bertujuan untuk membuat kulit Anda jadi lebih sehat dan tentunya cantik. Sudahkah Anda melakukan perawatan ini secara teratur?

Saat ini perawatan peeling bisa dilakukan dalam beberapa macam pilihan. Secara garis besar saya membedakannya menjadi 3 jenis, yaitu:
1. Peeling Kimia
     Peeling jenis pertama ini pada umumnya bisa dilakukan di klinik-klinik kecantikan yang banyak tersebar di Indonesia. Tentunya harus di bawah pengawasan dokter kulit yang kompeten di bidangnya. Pasalnya jika dilakukan sembarangan maka dikhawatirkan akan ada dampak buruk pada kulit Anda.

Peeling kimia memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya hasil yang Anda harapkan akan bisa terlihat sejak perawatan pertama. Pada beberapa pasien bahkan perubahan yang terjadi bisa cukup signifikan. Hal ini adalah efek konsentrasi bahan kimia yang cenderung lebih kuat.

On the other hand, peeling kimia tidak terlalu bersahabat dengan kulit. Setelah melakukan peeling jenis ini biasanya terapist akan memberikan krim anti iritasi. Kulit pasien biasanya akan memerah dan tidak akan diizinkan untuk terpapar sinar matahari secara intensif hingga beberapa hari lamanya.

2. Peeling Semi Kimia
     Beralih ke peeling semi kimia, Anda akan mendapati bahwa peeling jenis ini tidak memiliki konsentrasi bahan kimia sebesar peeling kimia. Jika peeling kimia terdiri dari 100% bahan kimia, peeling semi kimia ini masih memiliki kandungan bahan alami di dalamnya.

Peeling jenis ini memberikan efek yang tidak terlalu keras pada permukaan kulit kecuali bagi Anda yang memang memiliki jenis kulit sensitif. Peeling semi kimia bisa didapatkan dalam berbagai merk di berbagai supermarket maupun minimarket di sekitar Anda.

Anda tidak memerlukan krim anti iritasi setelah menggunakan peeling jenis ini. Hanya saja sebaiknya gunakan serum atau krim wajah yang memiliki kandungan nutrisi/vitamin di dalamnya setelah melakukan peeling. Tujuannya untuk memberi 'makan' kulit..

Dengan demikian kulit Anda akan segera pulih dan beregenerasi. Sel-sel kulit baru diharapkan dapat tumbuh lebih cepat dengan pemberian serum tersebut.

3. Peeling Alami Buatan Sendiri
Terakhir ada yang namanya peeling alami. Di sini bahan yang digunakan 100% didapatkan dari alam tanpa penggunaan bahan kimia. Kelebihan dari peeling ini tentunya aman untuk Anda yang memiliki kulit sensitif sekalipun.

Kekurangannya peeling ini yaitu tidak akan membuat kulit Anda mengalami perubahan yang dramatis. Akan tetapi dengan perawatan yang dilakukan secara teratur, hasilnya tak akan kalah dengan jenis-jenis peeling sebelumnya.

Kabar baiknya, Anda bisa membuat peeling ini sendiri di rumah. Wahh...mengasyikkan bukan? Week end ceria dihabiskan untuk merawat kulit agar week days nanti bisa kembali ke rutinitas dengan kulit yang lebih sehat, segar, dan cerah. Mau???

Cara Membuat Peeling Sendiri

Cara membuat peeling wajah tradisional juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Hal yang perlu diperhatikan saat meracik peeling wajah yaitu pastikan cara pembuatannya higienis serta benar. Tanpa langkah yang tepat maka hasil yang didapatkan akan jauh dari maksimal. 

Terlebih dalam perawatan kecantikan kulit wajah. Tentunya Anda tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan pada wajah Anda bukan? Langsung saja yuk menuju ke langkah pembuatan krim peeling sendiri di rumah.

Bahan yang dibutuhkan:
1. Minyak zaitun
2. Gula pasir
3. Susu bubuk

Perbandingan bahannya bisa disesuaikan sendiri sesuai kebutuhan Anda. Saya biasanya meraciknya dengan perbandingan bahan minyak zaitun:gula pasir:susu bubuk sebanyak 1:2:1. Itu sudah pas untuk saya. Namun apabila Anda ingin menambah lagi jumlah susu bubuknya juga tidak jadi masalah. ^_^

Cara pembuatan:
1. Siapkan mangkok kaca yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan.
2. Masukkan ketiga bahan yang telah disiapkan.
3. Aduk rata menggunakan sendok maupun tangan (harus bersih ya).
4. Peeling DIY Anda sudah siap digunakan.

Cara Memakai Peeling Sendiri di Rumah
Sekarang krim untuk peeling sudah jadi. Langkah selanjutnya adalah melakukan treatment peeling wajah sendiri. Ada yang sudah tahu bagaimana caranya? Sebenarnya sih tinggal digosokkan ke wajah saja juga judulnya sudah peeling. Tapi kan Anda butuh hasil yang lebih maksimal bukan??? Mari ikuti cara saya.

1. Bersihkan Wajah
     Jika Anda menggunakan make up maupun habis beraktivitas yang cukup membuat wajah kotor dan berkeringat, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Lap dulu wajah Anda menggunakan tissue. Kemudian bersihkan menggunakan make up remover (jika mengenakan make up) atau menggunakan pembersih 2 in 1 (jika tidak pakai make up).

2. Facial Steam
     Jika wajah Anda sudah bersih, sekarang tiba waktunya untuk steaming. Steaming adalah proses menguapi wajah menggunakan uap air. Proses ini bertujuan untuk membuka pori-pori. Dengan ini diharapkan sel kulit mai, kotoran, dan minyak berlebih dapat terangkat sempurna saat peeling dilakukan.

3. Peeling
     Sesaat setelah menguapi wajah adalah waktu yang paling tepat untuk melakukan peeling. Saat ini pori-pori wajah Anda telah terbuka. Selain itu sel kulit mati juga akan lebih mudah terangkat. Sekarang ambil krim peeling yang telah Anda buat sebelumnya.

Oleskan krim peeling secukupnya ke seluruh permukaan wajah Anda dan juga leher. Jumlahnya tidak perlu terlalu banyak namun juga jangan terlalu sedikit. Kemudian biarkan krim tersebut selama beberapa saat hingga agak mengering.

Gosok-gosok kulit wajah Anda secara perlahan dengan gerakan memutar menggunakan 3 jari. Lakukan pada seluruh permukaan wajah hingga krim peeling berjatuhan seluruhnya. Jika kulit terasa agak pedih, kurangi tekanan agar tidak terlalu kuat.

4. Basuh
     Jika sudah selesai menggosok maka sekarang saatnya untuk membasuh wajah Anda menggunakan air dengan suhu normal. Basuh wajah Anda sambil dibersihkan secara lembut hingga tidak ada lagi peeling yang tersisa.

Jika wajah dirasa masih terlalu berminyak maka Anda dapat mencuci wajah menggunakan facial foam. Pilihlah merk yang memiliki bahan yang lembut dan tidak membuat kulit kering. Contohnya dari brand Aveeno dan Cetaphil.

Tadaaa!!! Tahap peeling DIY ala Diens sudah selesai. Masyaa Allah habis peeling itu rasanya jadi super segar. Sensasi lega langsung terasa seakan-akan kulit baru saja lepas dari seribu penat.

TIPS
Mudah bukan cara melakukan peeling sendiri di rumah? Dijamin lebih nyaman, santai, dan pastinya hemat. Bonusnya, Anda bisa menyeleksi sendiri bahan yang akan digunakan. Tentu sangat menguntungkan karena bisa disesuaikan dengan jenis kulit serta tujuan perawatan.

Masih ada lagi nih tips dari saya saat melakukan peeling di rumah. Simak terus!

1. Ketahui jenis kulit Anda terlebih dahulu.
2. Hancurkan butiran gula pasir terlebih dahulu agar menjadi lebih halus.
3. Pastikan kualitas bahan yang digunakan masih baik.
4. Jaga higienitas bahan dan alat yang digunakan.
5. Jangan gosok wajah Anda terlalu keras. 
6. Jangan gosok wajah Anda terlalu lama. 
7. Proses steaming dilakukan secukupnya saja yaitu sekitar 5 menit. 
8. Lakukan peeling sesuai kebutuhan kulit (umumnya seminggu sekali).
9. Hentikan peeling jika kulit luka, berjerawat, atau terbakar matahari.
10. Lakukan secara teratur.

Bagaimana teman-teman? Sangat mudah dan praktis kan cara melakukan peeling sendiri di rumah ala Diens? Bahan yang digunakan di sini berupa gula pasir, olive oil, dan susu cocok digunakan untuk tipe kulit kering, normal, hingga agak berminyak.

Tunggu apa lagi, cobain deh tips membuat peeling alami buatan sendiri ala Diens. Kalau Anda ragu terhadap krim peeling wajah yang dijual di pasaran karena takut dengan kandungan bahan kimianya, tidak ada salahnya mencoba membuat peeling wajah alami. 

Peeling alami buatan sendiri ini juga bisa disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Cek di bawah ini:
1. Kulit Berminyak
     Untuk tipe kulit sangat berminyak, Anda bisa membuat peeling dengan bahan dasar tepung beras dicampur garam dapur dan air. Garam dapur dan tepung beras akan membantu untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah sekaligus mengeksfoliasi dan mencerahkannya.

2. Kulit Kering
    Untuk Anda yang memiliki kulit sangat kering tetap bisa menggunakan peeling dengan bahan yang sama yaitu minyak zaitun, gula pasir, dan susu murni. Jika kulit Anda alergi terhadap susu maka Anda bisa menggantinya dengan air biasa.

Nah, itu dia tips bila ingin peeling di rumah. Kombinasi bahan alami yang berkualitas seperti di atas juga bisa menjadi peeling wajah yang bagus. Selain membuat kulit jadi lebih cantik, Anda juga patut bangga karena kecantikan itu Anda dapatkan dengan kreativitas sendiri. Great!

Sekian dulu untuk hari ini, semoga tulisan ini bermanfaat. Sampai berjumpa kembali di artikel berikutnya, insyaa Allah! Ada yang masih punya pertanyaan terkait peeling wajah dan efeknya? Langsung tinggalkan komentar di bawah ya. Xoxo ^_^

(diens)

Posting Komentar untuk "Cara Meracik Cream Peeling Wajah DIY dan Cara Pemakaiannya"