Cara Efektif Menumbuhkan Rambut dengan Lidah Buaya, Begini Lho!

masker lidah buaya untuk rambut

Hello, selamat datang! Hari ini saya akan membahas tentang manfaat tanaman lidah buaya secara khusus yaitu mengenai khasiatnya yang dikenal bagus untuk kesehatan rambut Anda. Apa saja sih manfaat lidah buaya untuk rambut? Ikuti terus ulasan lugas dari saya di bawah ini. Baca terus!

Lidah Buaya untuk Menyuburkan Rambut

Rambut yang subur, tebal, halus, dan juga berkilau pasti akan tampak luar biasa mengesankan. Betul? Ada juga yang mengatakan bahwa kilau dan ketebalan rambut seseorang merupakan cermin dari tingkat kecerdasan orang tersebut lho. Pernah dengan soal ini belum? Unik banget ya kalau benar seperti itu.

Berbagai cara bisa ditempuh untuk mencapai cita-cita memiliki rambut subur dan lebat. Dan kabar baiknya, hari ini saya akan merekomendasikan sebuah cara alami yang telah digunakan di Indonesia sejak masih di zaman kerajaan. Penasaran bagaimana cara menyuburkan rambut dengan lidah buaya? Yuk manfaatkan tumbuhan lidah buaya untuk kesehatan rambut Anda?! Sebelumnya baca dulu FAQ about aloe vera berikut ini;

Q : Apakah masalah rambut rontok bisa diatasi dengan lidah buaya? 
A : Kerontokan rambut memang bisa dialami oleh siapa saja tanpa peduli jenis kelamin dan usia. Kondisi tubuh tertentu seperti sedang menderita sakit keras bisa memperparah rontoknya rambut. Untuk itu Anda perlu segera mengatasinya. Salah satu cara yang dikenal ampuh yaitu dengan memanfaatkan tanaman lidah buaya.

Q : Apa saja kandungan zat di dalam lidah buaya yang bisa menumbuhkan rambut?
A : Gel lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E yang berkontribusi dalam proses pergantian sel (tentunya termasuk sel rambut). Vitamin ini akan mendorong pertumbuhan sel yang sehat dan rambut yang berkilau. Vitamin inilah yang bisa mendorong pertumbuhan rambut Anda.

Q : Bagaimana cara menggunakan lidah buaya untuk rambut? 
A : Saat ini tanaman gurun pasir tersebut sudah banyak diproduksi menjadi skin care modern dengan kemasan praktis yang lebih menarik. Anda bisa memilih untuk menggunakan aloe vera asli maupun yang tersedia di supermarket dalam bentuk gel. Caranya yaitu langsung mengoleskan gel pada seluruh batang rambut hingga kulit kepala, biarkan beberapa saat, kemudian bilas.

Q : Bagaimana cara menebalkan rambut dengan lidah buaya? 
A : Bagi Anda yang memiliki rambut tipis dan juga rapuh, aloe vera sangat baik untuk dicoba sebagai solusi praktis dan alami. Gel ini mengandung zat yang mampu memperbaiki jaringan folikel rambut sekaligus melebatkannya. Gunakanlah secara teratur 2-3 kali seminggu.

Q : Apakah aloe vera gel bisa dipakai oleh orang yang jenis rambut dan kulit kepalanya kering? 
A : Sebenarnya bisa dan boleh saja. Namun faktanya gel lidah buaya ini memiliki sedikit efek membuat kulit jadi kering. Memang hanya sedikit tapi tetap saja bisa memperburuk kondisi bagi yang kulit kepalanya sudah kering. Maka dari itu jika Anda memiliki jenis kulit kepala yang kering, sebaiknya tambahkan pelembab alami seperti olive oil atau juga madu murni pada aloe vera gel sebelum mengaplikasin pada rambut.

Q : Apakah aloe vera bisa memperbaiki kerontokan rambut?
A : Ya. Kandungan vitamin B-12 dan asam folat dalam gel lidah buaya mampu mencegah terjadinya kerontokan rambut.

Q : Bagaimana cara kerja lidah buaya pada rambut?
A : Gel lidah buaya dapat mempercepat aliran darah pada area yang terdampak. Jadi, saat Anda mengoleskan gel pada kulit kepala maka aliran darah di sana pun akan semakin lancar. Hal inilah yang memberikan banyak keuntungan bagi peningkatan kesehatan dan keindahan rambut Anda.


Menumbuhkan Rambut Bayi

Sekali lagi saya sampaikan bahwa bahan alami tidak selalu cocok untuk semua individu. Mendengar khasiatnya yang baik untuk melebatkan rambut, mungkin Anda mulai berpikir untuk mencobanya pada bayi Anda agar rambutnya segera tumbuh subur. Tunggu dulu!


Saran saya jangan pernah gunakan aloe vera gel untuk rambut bayi. Terlebih bayi yang masih merah. Mengapa gel lidah buaya tidak boleh digunakan oleh bayi? Nah, tahukah Anda bahwa kulit kepala bayi masih sangat sensitif. Kulit kepala bayi akan sangat reaktif terhadap zat yang terkandung di dalam gel dan tidak menutup kemungkinan reaksi yang terjadi adalah reaksi negatif.

Maka daripada Anda mencoba-coba dan mempertaruhkan kebaikan bayi Anda, lebih baik gunakan cara lain yang lebih aman. Anda bisa mulai menggunakan tanaman lidah buaya dicampur olive oil saat bayi Anda telah mencapai usia balita. Pertumbuhan rambut serta masalah kulit kepala lainnya seperti kulit kepala kering bisa terbantu.


Kontra Indikasi

Sebenarnya ada banyak sekali pertanyaan yang muncul terkait topik ini tapi sengaja saya kerucutkan agar pembahasannya lebih detail. Dari sekian banyak manfaat yang bisa dipetik, ada beberapa poin penting yang mesti diperhatikan guna menghindari efek negatif yang mungkin terjadi.

Aloe vera adalah tanaman yang memiliki banyak sekali kandungan zat di dalamnya. Selama ini diketahui bahwa tanaman ini tidak banyak dan hampir tidak menimbulkan efek samping pada responden yang mencobanya. Akan tetapi tidak tertutup kemungkinan munculnya reaksi negatif.

Dari berbagai jenis zat tersebut bukan tidak mungkin kalau salah satunya kurang cocok dengan Anda. Untuk itu ada baiknya untuk melakukan tes terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memanfaatkan gel bening tersebut. Caranya? Simak dalam uraian di bawah ini.


Bagaimana Cara Mengetes Alergi Lidah Buaya pada Kulit?

Sebelum memutuskan untuk mengoleskannya pada bagian tubuh, pastikan Anda tidak memiliki alergi. Cara mengetahuinya cukup mudah. Anda bisa mengoleskan sedikit gel aloe vera pada kulit pergelangan tangan bagian dalam (pada titik nadi) atau di daerah belakang telinga.

Tunggu selama beberapa saat dan amati jika muncul reaksi yang tidak diinginkan seperti kulit menjadi gatal, perih, merah, bahkan bengkak hingga mengelupas. Jika muncul reaksi tersebut maka artinya Anda tidak cocok dengan komponen yang terkandung di dalam aloe vera dan lebih baik untuk tidak menggunakannya lagi.

Menarik untuk Dibaca:
Kenapa Kulit Gatal Setelah Diolesi Gel Aloe Vera?

Cara Membuat Masker Lidah Buaya Anti Gatal

Wajib Diperhatikan!

Saat memutuskan untuk mengambil manfaat tanaman berwarna hijau dengan bentuk daun yang unik ini, perhatikan hal-hal berikut;
1. Jangan gunakan gel segar dari tanaman hidup sebagai leave in conditioner karena kalau kena baju nodanya akan sangat sulit hilang.
2. Aloe gel bisa dipakai hingga kapanpun Anda mau tapi jika muncul reaksi negatif segera hentikan pemakaian.
3. Kalau kesulitan membersihkan aloe pada rambut hanya menggunakan air maka Anda bisa pakai shampoo tapi usahakan yang bebas kandungan sulfat.
4. Perhatikan penggunaan aloe vera bersama kortison topikal karena gel lidah buaya bisa meningkatkan jumlah kortison yang diserap kulit saat keduanya digunakan secara bersamaan.

Baca Juga: Aloe Vera Gel Product and Use

Kesimpulan

Efektivitas manfaat aloe vera untuk rambut memang belum dibuktikan melalui riset khusus. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba metode ini untuk memperbaiki kerusakan rambut yang sedang Anda alami. Meski keamanannya memang belum terjamin 100% tapi setidaknya resiko yang mungkin ditimbulkan relatif kecil.

Sekian dulu untuk hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel berikutnya, insyaa Allah! Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, dan kritik terkait tulisan ini silakan tinggalkan pesan untuk saya di kolom komentar di bawah sana. Komen yuk?! XOXO ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Cara Efektif Menumbuhkan Rambut dengan Lidah Buaya, Begini Lho!"