Berbagai Manfaat Aloe Vera Gel, Nomor 17 Pasti Anda Mau!

apa saja manfaat aloe vera gel

Assalamualaikum, selamat datang di azkiarafanada.blogspot.com! Hari ini saya akan membahas tentang 'sejuta' kegunaan aloe vera gel. 

Gel lidah buaya murni dikenal ampuh untuk mengatasi berbagai keluhan yang berhubungan dengan masalah kulit. Sudah banyak orang membuktikan sendiri seperti apa kemujarabannya.

Natural extract aloe vera bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan tanaman lidah buaya segar. Biasanya tumbuhan ini banyak ditanam sebagai penghias taman bunga di rumah penduduk. 

Namun jika Anda ingin lebih praktis, Anda bisa mendapatkannya secara mudah dalam bentuk yang lebih modern.

Tidak usah bingung gel lidah buaya beli dimana karena produk ini sudah bisa didapatkan di berbagai department store maupun drugstore di Indonesia. 

Berapa harga aloe vera gel? Harga aloe vera gel bisa berbeda-beda tergantung merk dan konsistensinya. Pada umumnya aloe vera gel asli dipatok dengan harga berkisar antara 50.000 s/d 200.000 rupiah. Affordable?

Kandungan Aloe Vera

Di dalam gel aloe vera terdapat berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk manusia pada umumnya dan untuk kulit pada khususnya, yaitu;
  1. Vitamin C
  2. Vitamin E
  3. Vitamin A
  4. Vitamin B2
  5. Vitamin B6
  6. Asam Folat
  7. Zat Besi
  8. Protein
  9. Kalsium
  10. Karbohidrat
  11. Niasin
  12. Thiamin
  13. Riboflavon
  14. Mangan
  15. Tembaga
  16. Kalium
  17. Natrium
  18. Saponin
  19. Barbaloin
  20. Lignin
Banyak banget kan zat yang terkandung di dalam gel lidah buaya? Tidak heran kalau tanaman ini jadi sangat terkenal. 

Sejak ribuan tahun silam ratu Cleopatra di Mesir memakainya untuk merawat kecantikannya. Bahkan sebutannya adalah tanaman keabadian. Masyaa Allah!

Baca Juga :

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Entah sejak kapan tepatnya produk berbahan dasar aloe vera menjadi begitu hits di kalangan para beauty enthusiast. Hingga saat inipun skin care ini masih menjadi "hype" yang begitu sulit untuk dipadamkan.

Terlebih saat mendengar bahwa gel lidah buaya ini bagus untuk kecantikan. Wah, benar-benar jadi semakin penasaran dan ingin tahu lebih dalam kan?. 

Sekarang mari kita telisik terlebih dahulu kegunaannya untuk kecantikan.

Pada dasarnya di dalam tanaman lidah buaya terdapat sebuah zat yang bersifat menenangkan kulit. Itu menjadi sebuah keunggulan yang membuatnya laris manis dicari konsumen. 

Untuk memuaskan rasa keingintahuan Anda, berikut ini saya rangkum berbagai kegunaan aloe vera gel untuk kecantikan;

1. Manfaat Aloe Vera untuk Wajah

Dengan kandungan bahan alaminya yang begitu kaya, gel lidah buaya pada dasarnya cocok untuk digunakan pada berbagai jenis kulit. 

Namun ada satu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakannya yaitu kemungkinan alergi/reaksi hipersensitivitas. 

Untuk itu sebelum mencoba cara menggunakan aloe vera untuk wajah sebaiknya lakukan tes sederhana terlebih dahulu pada kulit untuk mendeteksi alergi. Informasinya dapat Anda temukan pada artikel di bawah ini;

Baca Juga:

2. Manfaat Lidah Buaya untuk Jerawat

Khasiat termasyur aloe vera gel untuk jerawat sudah menggaung dimana-mana. Jerawat timbul sebagai akibat kotoran yang terjebak di pori-pori kulit bersama sebum dan bakteri sehingga menimbulkan iritasi. 

Bagaimana cara menyembuhkan jerawat dengan aloe vera gel?

Aloe yang bersifat menenangkan peradangan akan mengurangi iritasi yang terjadi. Rasa sakit dan pembengkakan akibat peradangan yang terjadi akan berkurang. 

Jika ada perdarahan pada jerawat, kondisi tersebut akan terkendali. Pergerakan bakteri penyebab jerawat juga akan diblokir.

Untuk mengatasi jerawat dengan aloe vera gel caranya yaitu dengan mengoleskan gel pada kulit yang telah dibersihkan secara menyeluruh. 

Waktu terbaik untuk melakukan treatment ini adalah sesaat sebelum tidur malam. Dalam beberapa hari jerawat Anda akan membaik dan sembuh.

3. Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Rambut adalah mahkota bagi manusia. Agar mahkota Anda senantiasa berkilau, sudah sepantasnya Anda merawatnya dengan baik. Salah satunya dengan memberikan treatment menggunakan gel lidah buaya.

Sejumlah vitamin E, protein, zat besi, vitamin B2, dan juga B6 akan membantu memperkuat akar rambut sekaligus meningkatkan kesuburannya. 

Tidak ketinggalan juga warna rambut yang semakin pigmented serta kilau alami akan segera Anda dapatkan setelah beberapa kali perawatan.

Info menarik lainnya:

4. Lidah Buaya untuk Wajah Bopeng

Bopeng di wajah bisa terjadi akibat luka, cacar, jerawat, atau hal lainnya. Ini bisa membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Jika Anda mengalami masalah serupa, aloe vera gel dapat dicoba untuk mengatasinya.

Kandungan vitamin C dan vitamin E di dalam aloe vera akan mambantu mengurangi bekas luka yang sudah terlanjur terbentuk. 

Bersama dengan protein akan bergotong royong dalam memperbaiki sel kulit Anda yang rusak. Bopeng pun akan membaik secara perlahan.

5. Aloe Vera Gel untuk Menghilangkan Mata Panda

Masalah mata panda banyak dialami oleh generasi millenial akibat terlalu banyak menatap layar gadget. Selain itu kurangnya waktu untuk beristirahat juga semakin memperparah kondisi. 

Sialnya, mata panda ini akan membuat penampilan Anda tampak beberapa tahun lebih tua dari usai sebenarnya.

Bagaimana cara menghilangkan mata panda dengan aloe vera gel? Sangat mudah! Anda cukup memakainya seperti menggunakan masker dengan mengoleskannya pada kantong mata yang menghitam. 

Dengan cara ini kantong akan berangsur kempes dan mata Anda pun kembali hidup.

6. Menghilangkan Noda Hitam di Kulit

Wajah yang memiliki noda gelap akan tampak kusam dan kurang menarik. Bintik gelap ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. 

Namun Anda bisa bernafas lega karena masalah ini bisa diatasi dengan lidah buaya.

Caranya sama seperti memakai masker. Oleskan gel pada seluruh permukaan wajah yang telah dibersihkan, diamkan selama sekitar 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersuhu normal. Gunakan secara teratur seminggu sekali.

7. Aloe Vera untuk Mengatasi Masalah Rambut Rontok

Rambut manusia memang akan rontok setiap hari dalam jumlah tertentu. Akan tetapi Anda perlu khawatir saat kerontokan yang terjadi lain dari biasanya. 

Jika dibiarkan terus menerus maka lama-kelamaan Anda bisa mengalami kebotakan.

Lidah buaya mengandung vitamin B12 dan juga asam folat yang akan membantu mencegah kerontokan semakin parah. 

Dengan pemakaian teratur insyaa Allah rambut rontok tidak terjadi lagi.

8. Aloe Vera untuk Mencegah Iritasi

Tips yang satu ini akan sangat berguna bagi kaum adam. Sifat aloe vera mampu mendinginkan dan menenangkan kulit. Setelah cukuran, oleskan secukupnya gel dari tanaman lidah buaya. 

Kulit akan terasa dingin dan sekaligus mengurangi resiko terjadinya iritasi kulit akibat pisau cukur.

9. Aloe Vera Gel Sebagai Make Up Base

Pernahkah Anda mendengar tentang ini sebelumnya? Beberapa beauty vlogger telah mencobanya dan ternyata berhasil. 

Aplikasi gel lidah buaya akan membuat make up Anda menempel dengan lebih baik pada kulit. Hasilnya riasan wajah Anda bisa tahan lebih lama.

10. Melembabkan Kulit

Saat musim kemarau biasanya udara akan menjadi sangat dingin di malam hari. Suhu yang seperti ini akan membuat kulit mengalami dehidrasi sehingga permukaan kulit menjadi kering. 

Aloe vera gel dapat membantu memberikan kelembaban ekstra pada kulit sehingga kesehatan kulit tetap terjaga.

11. Bisa Merawat Kuku

Cara memakai aloe vera gel untuk merawat kuku juga sangat mudah. Oleskan gel pada permukaan kuku secukupnya. Ini akan membuatnya lembab sepanjang hari. 

Selain itu juga bisa dipakai untuk menghilangkan jamur kuku. Gunakan setiap hari secara teratur untuk kuku yang cantik & sehat.

12. Menghilangkan Ketombe

Berbagai zat di dalam aloe vera gel mampu membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe. Di saat bersamaan enzim pembersihnya juga akan bertindak menyapu sel kulit mati di permukaan kulit kepala Anda. 

Itulah beberapa alasan mengapa lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ketombe membandel.

13. Dijadikan Sunblock

Gel lidah buaya dikenal bisa mengatasi radiasi sinar UV hingga 20%. Meski prosentasenya kecil, tak dapat dipungkiri kalau manfaat ini bisa membantu mengurangi efek terbakar matahari pada kulit Anda. 

Namun demikian untuk mendapatkan perlindungan lebih menyeluruh Anda bisa mendapatkannya dari produk aloe vera yang mengandung sunblock, salah satunya Alba Botanica Very Emollient After Sun 85% Aloe Vera Lotion.

14. Sebagai Masker Wajah & Mencegah Penuaan Dini

Jika Anda menggunakan aloe vera untuk dijadikan sebagai masker, ini sama saja dengan mengeruk banyak manfaat dalam sekali perawatan. 

Gunakan saja gel tersebut seperti saat menggunakan masker pada umumnya. Sebagai bonusnya, tanda-tanda penuaan dini juga akan dihambat kemunculannya.

15. Sebagai Kondisioner Rambut

Ini adalah manfaat lain dari gel lidah buaya. Rambut bisa menjadi semakin subur, halus, dan juga kuat kalau rutin dirawat menggunakan aloe vera gel. 

Menurut pengalaman pribadi saya, gel dari tanaman segar bekerja lebih baik dibandingkan dengan produk pabrikan. So, pilihan di tangan Anda! :)

16. Lidah Buaya untuk Mengobati Luka Tersengat Serangga

Terkadang ada serangga suka datang ke dalam rumah tanpa diundang. Contohnya saja tawon. 

Saat tidak sengaja tersengat oleh saudara dari lebah ini, segera cari tanaman lidah buaya dan oleskan lendirnya pada tempat yang mengalami sengatan. 

Ini akan mencegah infeksi serta mempercepat penyembuhan. Tanam lidah buaya di rumah, yuk?!

17. Mengecilkan Pori-pori

Selain membuat kulit tampak lebih cantik dan mulus, pori yang kecil juga sangat baik untuk mencegah munculnya jerawat. 

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mulai dari melakukan perawatan menggunakan aloe vera sebagai masker. Lakukan secara teratur dan lihatlah sendiri hasilnya! ^_^

PERHATIAN!!!

Di samping kehebatannya, beberapa orang mengeluhkan efek gel lidah buaya saat dijadikan sebagai make up base. Mereka berkata kalau wajahnya jadi seperti pakai topeng dan warna make up tampak kurang menyatu dengan kulit. 

Jadi, tips ini sepertinya kurang cocok jika Anda sedang menginginkan tampilan wajah no make up make up look.

Kemudian untuk bisa merasakan manfaat aloe vera secara maksimal sebaiknya Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar tidak terjadi dehidrasi. 

Tanpa disadari, tingkat hidrasi kulit juga turut berpengaruh terhadap kinerja gel pada kulit.

Kondisi dehidrasi akan berakibat pada ketidakseimbangan cairan tubuh. Akibatnya, aliran darah menjadi tidak lancar dan pasokan oksigen dalam sel pun ikut terganggu. 

Pada akhirnya penyerapan nutrisi penting dari aloe vera untuk kulit jadi ikut tersendat. Hiks!

Produk Aloe Vera Gel

Saat ini sudah banyak produsen produk personal care yang meluncurkan varian gel lidah buaya untuk kecantikan. 

Mulai dari Korea, sekarang Indonesia pun sudah punya produknya sendiri. Yaitu Wardah, produsen produk kecantikan yang pertama kali memperkenalkan brand aloe vera gel lokal.

Macam-macam produk aloe vera gel yang bisa Anda coba diantaranya;

1. Nature Republic

Berasal dari negeri ginseng Korea Selatan, produk ini bisa dibilang sebagai pelopor boomingnya aloe vera gel. Dengan harga sekitar 100.000-150.000 rupiah, Anda sudah bisa mencoba merasakan manfaatnya. 

Kegunaan nature republic aloe vera secara umum sama dengan produk sejenis. Beli nature republic dimana? 

Anda sudah bisa membeli macam-macam produk nature republic di drugstore maupun online shop terpercaya. 

Agar lebih awet, Anda bisa menyimpan nature republic di kulkas lho. Tapi ingat, di kulkasnya bukan di freezernya ya. Hihi... Sudah siap untuk merasakan manfaat nature republic?

2. Wardah Hidrating Aloe Vera Gel

Aloe Vera Gel Wardah adalah produk keluaran produsen dalam negeri, asli buatan Indonesia. Mengusung tema halal product, produk ini bisa Anda bawa pulang dengan harga 30-50K saja. Ekonomis bukan?

3. Holika holika Aloe 99% Soothing Gel

Ingin mencoba gel lidah buaya dari pulau Jeju Korea? Tidak perlu jauh-jauh terbang ke sana, karena sudah ada produk ini yang bisa Anda beli secara online. 

Selain alcohol free, produk ini juga tidak mengandung paraben dan sulfat. Anda bisa mendapatkannya dengan harga 100-120K.

Selain itu desain kemasannya juga sangat unik dengan bentuk menyerupai daun lidah buaya. Kehigienisan produk pun tetap terjaga dalam kemasan yang artistik.

4. Bioaqua Aloe Vera

Bioaqua adalah salah satu produsen produk personal care yang sudah cukup diperhitungkan. Dari bioaqua, Anda bisa mencoba dua jenis produk sekaligus yaitu soothing gel dan juga aloe vera mask

Dengan kemasan 220 gram, aloe vera gel bioaqua bisa tahan sampai satu bulan atau bahkan lebih. Hemat kan? Harganya sekitar 150.000-200.000 rupiah. 

Selain itu Anda juga bisa mencoba sheet masknya sekalian. Psst...harga sheet masknya lebih ekonomis loh!

5. The Saem Jeju Fresh Aloe Soothing Gel

Aloe vera gel the saem mengandung 99% aloe dan morus alba root extractThe saem aloe vera juga berasal dari Korea Selatan. Kemasannya mirip dengan nature republic. 

Kelebihannya adalah lebih mudah meresap, belum banyak dipalsukan, tidak mengandung alkohol, paraben, dan juga sulfat. Produk ini bisa Anda dapatkan dengan harga 100-120 ribuan.

6. Banana Boat Aloe Vera Gel

Dari namanya dia sudah lucu dan saya pikir kemasannya akan berbentuk buah pisang. Tapi ternyata botol biasa seperti lotion dengan kemasan flip top pada umumnya. Hihi... 

Produk ini diklaim mampu meredakan jerawat serta membuat kulit jadi lebih halus dan glowing. Sayangnya, masih ada kandungan alkohol yang cukup kuat di dalamnya.

7. Innisfree Aloe Revital Soothing Gel

Innisfree Aloe Vera adalah produk favorit para selebgram dan beauty vlogger sebagai salah satu produk aloe yang bebas alkohol & artificial fragrance

Kelebihan ini menjadikannya stand out diantara produk-produk sejenis. Untuk mendapatkan produk dengan kemasan tube ini Anda perlu merogoh kocek sekitar 100-150 ribuan. Mau?

8. Skin Food Aloe Vera Soothing Gel 93%

Kemasannya tergolong berukuran cukup besar sehingga tidak akan cepat habis. Skin Food mengandung aloe vera sebesar 93% dan siap untuk menenangkan kulit Anda setelah seharian beraktivitas di luar rumah. 

Harga produk buatan Korea ini sangat ekonomis yaitu sekitar 75 ribuan saja. Pengen kan?!

9. Benton Aloe Propolis Soothing Gel

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, Anda bisa merasa tenang karena produk ini bebas kandungan fragrance yang bisa memicu iritasi kulit. 

Dengan kandungan aloe vera 80% dan diperkaya propolis 10%, produk ini bisa diandalkan untuk mengatasi iritasi kulit sekaligus menghalau bakteri dan virus.

10. Etude House 99% Aloe Soothing Gel

Produk ini memiliki klaim mampu menenangkan kulit yang baru saja mengalami high frequency exfoliation alias eksfoliasi dosis tinggi. 

Selain itu produk tersebut juga dapat membantu mengatasi tanda-tanda penuaan seperti kulit kering dan munculnya garis halus dengan kandungan ceramide & hyaluronic acidnya. 

Cocok sekali untuk yang tengah beranjak ke usia 30-an dan seterusnya!

11. Missha Aloe Soothing Gel 95%

Dengan komposisi 95% aloe, produk ini mengklaim bahwa ia mampu memberikan efek menenangkan serta melembabkan kulit secara instan. Cocok untuk Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan.

Missha Aloe ini juga pas digunakan untuk segala tipe kulit, lho! Untuk mendapatkan sensasi dingin yang lebih nendang, Anda bisa menyimpan aloe vera gel di dalam lemari es terlebih dahulu. Nyess!

Catatan Kaki

Bagaimana, apakah sekarang Anda sudah yakin mau mulai mencoba merawat kulit dengan produk aloe? Sudah tahu akan pakai yang mana? 

Tenang saja dan tidak perlu terburu-buru untuk memutuskan. Masih ada banyak waktu dan stock kok! Lebih baik pertimbangkan dulu sampai keputusan final.

Well, sekian dulu coretan saya tentang Aloe Vera Gel yang lagi hype itu. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah! 

Oh iya saya akan dengan senang hati menerima pertanyaan, saran, dan kritik dari Anda. Cusss corat-coret di kolom komentar di bawah sana. Komen yuk?! ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Berbagai Manfaat Aloe Vera Gel, Nomor 17 Pasti Anda Mau!"