6 Tips Jitu Membuat Password yang Kuat, Aman, dan Mudah Diingat

cara membuat kata sandi yang aman

Password password passwordPassword ini, password itu, PIN ini, PIN itu, aaaaakk pusing pusing pusing...!

Hai hai hai… Morning - bonjour – ohayou - selamat pagi teman-teman. Gimana puasanya masih semangat? Harus dong, masih pagi begini juga. Apa malah masih pada ngapelin kasur? Bangun banguuunn...matahari sudah tinggi noh. Malu ah sama kucing. Biar kekinian, cepetan kumpulin nyawanya terus update sosmed dulu yuk. Tidak lupa passwordnya kan?

Hari gini pasti punya lebih dari satu akun sosial media kan? Belum ditambah dengan pin ATM dan juga gadget. Manusia era global pasti sudah sangat akrab dengan passwordBy the waybagaimana sih cara Anda mengingat semua password-password itu?

Emm…pernahkah Anda merasa bingung pas menentukan password untuk akunnya? Terus kelamaan mikir malah ujung-ujungnya batal bikin akun. Beuh capcaydeh...! Di postingan kali ini saya akan share tips jitu membuat password yang kuat dan aman. Dijamin susah bin sulit binti hard wal difficult buat dibajak deh. Apa saja tipsnya? Let's check it out!

1. Jangan Pakai Tanggal Lahir
Tanggal kelahiran biasanya paling ramai dijadikan password karena simple dan mudah diingat. Kalau bikin password pakai angka tanggal lahir itu kan terlalu mainstream ya. Lagipula tingkat keamanannya sangat rendah! In case, yang mengetahui tanggal lahir kita bukan hanya kita seorang melainkan banyak orang. 

Dilansir dari http://www.kompasiana.com, password atau PIN yang menggunakan angka kelahiran sangat tidak dianjurkan. Hal pertama yang paling sering dicoba hacker untuk membobol sebuah akun biasanya dengan memasukkan tanggal lahir si empunya. FYI, tanggal lahir Anda tersimpan di setiap akun sosial media Anda. Jadi, password tanggal lahir sangat NOT RECOMMENDED. Okay?
2. Jangan Pakai Tanggal Anniversary
Ini masih sekeluarga dengan password yang memakai tanggal lahir. Meski tanggal anniversary tidak tersebar seluas tanggal lahir, tetap saja tingkat keamanannya rendah. Kalau Anda ingin menjadikan tanggal anniversary sebagai password, lebih baik pertimbangkan lagi. 

Tidak mau akunnya sampai di-hack orang kan? Kalau begitu ikhlaskanlah sedikit waktu untuk mencari password lain yang lebih aman dari tanggal anniversary.

3. Berdoa
Lho kok berdoa? Memangnya mau shalat, pakai harus berdoa segala. Hehehe lha memangnya berdoa cuma pas shalat saja apa. Yaa memang sih tidak ada lafal doa niat membuat password tapi tidak ada jeleknya kalau kita berdoa dulu biar passwordnya lebih barokah! ^_^

4. Pakai Kata Unik
Berdoanya sudah? Sudah kepikiran mau buat password macam apa? Apa malah makin bingung? Jongkok dulu deh kalau bingung, sambil pegangan tiang juga boleh. Hehe...

Yah elah bingungnya sampai berubah jadi muka sedih gitu! Hehe… Kabar gembira, kebetulan saya ada ide. Yaaa belum terjamin bagus sih tapi insya Allah cukup membantu Anda yang sedang dirundung galau masalah password. Wohhooo...

Jadi begini, pastikan password itu cuma Anda yang tahu. Langsung saja ke contoh. Misal Anda ngefans berat sama Al Ghazali, boleh tuh dijadikan ide password dan tadaaa jadi deh password "ahmadalghazalikohlerpacarku". Atau buat cowok-cowok bisa juga pakai password "raisaselaludihatiku". Hemmm memang bernuansa alay sih tapi kan aman. Heu...

Atau yang lebih aman lagi, bertemakan keinginan terpendam. Jadi kira-kira nanti pas udah jadi passwordnya bakalan gini "akupresidenindonesia2045". Bisa kan? Hitung-hitung sekalian berdoa. Eh kali aja jadi kenyataan. Hahah.. Dijamin susah ditebak bin susah dihack!.

5. Jangan Simpan di Sembarang Tempat
Before the last but not least, don't dare to put your password in an unsafe places. Jangan berani-berani deh taruh password di sembarang tempat. Semacam dicatet di jidat. Gitu. Jangan yak?! Huehehe. 

Kalau memang akan menyimpan password karena takut lupa, pastikan tempatnya super duper aman. Anda bisa pilih sendiri tempat penyimpanan rahasia Anda yang sulit dijangkau orang.

6. Untuk Pemilik Banyak Akun
Untuk Anda yang punya akun super banyak, bisa deh password dan PIN disamakan saja. Tapi pastikan tidak mencatat password itu dimanapun. Gawat kan ya kalau sampai kebobol satu kan kebobol semua. However, pastikan jangan sampai lupa passwordnya. Sudah nggak dicatat, habis itu lupa, ya siap-siap tamat deh riwayat di dunia maya.

Nah, itu dia cara membuat password yang mudah diingat dan PIN yang kuat dan aman yang bisa saya sampaikan. Kece badai kan tipsnya? Mulai sekarang kalau membuat password tidak boleh asal-asalan lagi ya. 

Untuk yang merasa passwordnya masih kurang kuat hayuk buruan diganti sekarang biar aman! Semoga bermanfaat yaaa guys. Additional comment and information from you is very much welcome. Anda punya tips lain? Komen yuk?! Semangat pagiii..... ^_^v

Thanks for reading and see you again on the next post! ^_^

(diens)

Posting Komentar untuk "6 Tips Jitu Membuat Password yang Kuat, Aman, dan Mudah Diingat"