Rekomendasi Skincare Selama Hamil & Menyusui, Terbukti Aman!!!

skincare untuk bumil dan busui

Halo, apa kabar? Selamat datang di blog saya! Hari ini saya mau membahas tentang skincare yang aman dipakai selama hamil dan menyusui. Cuss bumil & busui merapat untuk tahu skincare apa saja yang berguna untuk diaplikasikan saat hamil agar tetap sehat, cantik, dan tentunya bahagia? Simak terus!

Kehamilan merupakan masa bahagia dan penuh dengan kejutan manis di setiap jengkal perkembangan si jabang bayi. Di dalam perut Anda, dia membutuhkan sokongan penuh agar bisa berkembang optimal.

Sebagai seorang wanita, skincare dan kosmetik menjadi 2 hal yang tak bisa dipisahkan dari keseharian. Namun ketika Anda hamil, tiba-tiba polemik datang. Di satu sisi Anda ingin tetap bisa merawat diri agar selalu tampil cantik. Di sisi lain, ada bahan kimia tertentu pada skincare yang tidak baik bagi janin. Duh!

Balada Penggunaan Paraben untuk Ibu Hamil

Salah satu bahan kimia berbahaya bagi ibu hamil yang ada di hampir semua jenis produk skincare yaitu paraben. Apa itu paraben? Paraben adalah jenis pengawet sintetis yang sering dilabeli sebagai bahan kimia berbahaya.

Pada beberapa produk bahkan terdapat berbagai jenis paraben dan turunannya sekeluarga sekaligus. Mungkin mereka mau silaturahmi jadi bawa keluarganya juga. Hehe... Sering lihat produk yang seperti ini?

Jenis paraben yang paling umum digunakan biasanya methylparaben, propylparaben, ethylparaben, isobutylparaben, butylparaben, dan isopropylparaben. Familiar bukan dengan istilah di atas? Saya sih yes.

Kenapa paraben berbahaya untuk ibu hamil? Jawabannya karena zat tersebut bisa mengganggu pertumbuhan janin, terutama janin lelaki. Dilansir dari situs halodoc.com paraben diklaim bisa mengganggu pembentukan organ janin laki-laki.

Kalau sudah begini sepertinya Anda harus mengesampingkan ego terlebih dahulu. Apalah artinya kulit yang cantik jika didapatkan dengan mempertaruhkan kesehatan jabang bayi? Benar bukan?

Dikutip dari situs theasianparents.com disebutkan bahwa paraben dapat menyebabkan bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, serta tak ketinggalan juga ada resiko mengalami keguguran.

Lalu sebenarnya apa kegunaan paraben dalam produk skincare dan kosmetik? Kegunaan paraben itu sendiri adalah untuk menghentikan perkembangbiakan jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan kerusakan pada produk. 

Memang sudah sejak lama paraben dikenal sangat ampuh dalam hal ini. Maka dari itu tak heran jika mayoritas produk personal care pun menggunakannya.

Kalau tidak sedang hamil mungkin penggunaannya masih bisa ditolerir ya. Jikapun ada efek negatif yang harus ditanggung, setidaknya resiko tersebut tidak harus ditanggung oleh si kecil yang tidak bersalah.

Oh iya efek negatif yang harus ditanggung jika Anda terpapar paraben dalam jumlah tertentu adalah penurunan tingkat fertilitas. Bagaimana bisa terjadi?

Paraben merupakan disruptor endokrin yang disinyalir berperan besar dalam mempengaruhi kelenjar hormon manusia, termasuk estrogen pada wanita dan testosteron pada pria. Itulah kenapa paraben bisa menurunkan kesuburan Anda.

Hmm ngeri juga ya, terlebih lagi untuk yang belum menikah dan belum memiliki buah hati. Jadi berpikir dua kali kan untuk menggunakan produk berparaben?


Produk yang Aman untuk Ibu Hamil & Menyusui

Meski sedang hamil bukan berarti Anda tidak bisa lagi melakukan perawatan diri kok bunda. Mungkin beberapa produk memang harus Anda tinggalkan. Akan tetapi masih banyak produk alternatif lainnya yang bertebaran di luar sana. Don't worry!

Nah, di sini akan saya bocorkan deretan perawatan tubuh yang saya gunakan selama menjalani kehamilan. Alhamdulillah kehamilan saya lancar dan si bayi lahir dengan selamat tidak kurang suatu apapun. Mulus dan menggemaskan!

1. Pembersih Wajah
Wajah adalah bagian tubuh yang paling sering dilihat orang. Jadi ya harus dijaga kebersihannya secara tepat. Saat hamil hingga menyusui, saya menggunakan sabun herbal dari HPAI untuk membersihkan wajah.

Kadang saya menggunakan sabun propolis dan di lain waktu saya menggunakan sabun madu. Kenapa saya memilih HPAI? Jawabannya adalah karena bahan yang digunakan merupakan sari pati alam.

Nah, yang jauh lebih penting dari itu adalah produk ini tidak memiliki kandungan paraben sama sekali di dalamnya. Recommended!

2. Pasta Gigi
Menjaga kebersihan gigi dan mulut selama hamil adalah hal wajib karena kalau mulut kotor maka akan mempengaruhi makanan yang Anda konsumsi. Akibatnya, nutrisi ke janin juga ikut terpengaruh. Waduh!

Rekomendasi pasta gigi untuk ibu hamil dan menyusui dari saya adalah Pasta Gigi Herbal dari HPAI. Alasan saya memilih produk ini kurang lebih sama dengan sebelumnya. Hihi

Asyiknya nih, pasta gigi herbal ini tidak mengandung bahan kimia keras sama sekali. Bahkan untuk detergennya dia menggunakan sodium laureth sarcosinate yang notabene jauh lebih lembut daripada sodium laureth sulfate.

Variannya juga ada banyak. Saya suka ganti-ganti pakai yang original & sensitif. Kadang juga mencoba pasta gigi anak yang rasa buah-buahan. Haha...

3. Body Lotion
Hari gini sepertinya semua orang pakai losion tubuh atau yang sering disebut handbody. Apalagi yang sehari-hari berada di ruangan ber-AC. Selama hamil, saya mengganti body lotion dengan extra virgin olive oil dari HPAI.

Memang sih aromanya tidak wangi karena ini merupakan minyak murni tanpa tambahan parfum. Namun yang jelas ini aman untuk bumil dan janin. Nanti kalau sudah melahirkan bisa kok pakai lotion yang wangi lagi.

Baca juga: Review Happy Skin Nourishing Body Milk

4. Pelembab Wajah
Untuk tetap menjaga kelambaban wajah, saya juga menggunakan extra virgin olive oil alias minyak zaitun murni. Yups, saya memakai EVOO untuk merawat kelembaban dan kelembutan kulit seluruh tubuh termasuk wajah.

5. Bedak
Siapa di sini yang tidak bisa tanpa bedak? Saya sih iya. Karena kalau tanpa bedak pasti kulit jadi super berminyak dan nantinya debu-debu pada nempel. Jadi jerawat kan akhirnya. That's why bedak wajib ada.

Bedaknya saya ganti jadi baby powder alias bedak bayi. Efeknya di wajah seperti tidak pakai bedak. Cuma kelihatan lebih fresh dan sedap dipandang mata. Di bedak bayi tidak ada kandungan paraben, jadi lebih aman.

Rekomendasi produknya apa? Dari saya Cussons Baby Powder Mild & Gentle Milk & Chamomile. Kandungannya alami dan minim bahan kimia.

6. Deodorant
Untuk mengurangi timbulnya bau badan saya menjaganya dengan menyemprotkan deo YASMIN. Kandungan di dalamnya lebih ramah terhadap ibu hamil karena dibuat dari bahan herbal.

Karena herbal, daya tahan produk ini juga tidak lama. Kalau sudah dibuka harus segera dihabiskan. Kalau disimpan berbulan-bulan bisa dipastikan akan ditumbuhi jamur (pengalaman pribadi).

Deo ini ada beberapa varian. Ada yang menggunakan parfum dan ada juga yang tanpa parfum. Tinggal pilih mau yang mana.

7. Sabun Mandi
Sabun mandi saya ganti dengan produk HPAI. Kadang pakai sabun propolis, kadang juga pakai sabun madu. Pernah juga mencoba sabun kolagen tapi kurang cocok. Padahal suka banget sama khasiatnya. Hiks

Keunggulan produk ini salah satunya adalah bisa digunakan sebagai sabun badan sekaligus sabun wajah. So simple!

8. Detergen
Tahukah Anda bahwa ada beberapa detergen yang bisa menimbulkan efek kurang baik pada kulit? Termasuk jika kulit Anda bersentuhan dengan pakaian yang dicuci menggunakan deterjen tersebut.

Alternatif dari saya adalah deterjen Green Wash dari HPAI. Dia ramah lingkungan, bisa mencuci dengan bersih meski minim busa. Andalannya yaitu kekuatan enzim, jadi, limbahnya tidak akan merusak alam.

Tidak akan ada reaksi iritasi di kulit baik saat mencuci maupun saat baju kering dan dikenakan. Sabun cuci ini juga cocok untuk digunakan saat bayi Anda telah lahir ke dunia. Ada softenernya juga lho!


Testimoni

Selama menjalani kehamilan dari awal sampai kini bayi saya sudah menginjak usia 3 bulan, semua berjalan baik. Keluhan saya hanya satu yaitu kondisi plasenta previa yang sempat membuat hati deg-degan.

Semua ini semata-mata karena Allah mengabulkan doa saya. Perawatan yang seperti di atas hanya sebagai media saja. Senang sih, sedang hamil tapi masih tetap bisa merawat tubuh dengan produk-produk yang aman buat bumil.


Giveaway

At the end saya ada pesan untuk semua wanita dan juga pria yang belum memiliki keturunan. Jangan pernah anggap sepele meski faktor paraben mungkin hanya bagian kecil yang menjadi penyebab penurunan kesuburan.

Bukankah Anda tidak pernah tahu seberapa fatal akibat dari penggunaannya? Saya sendiri sempat menunggu kehadiran buah hati hingga 4 bulan. Meski bisa dikatakan waktu yang singkat tapi penantian itu benar-benar mendebarkan.

Jika masih ada produk alternatif lain yang tersedia kenapa harus tetap menggunakan yang beresiko. Benar? Kecuali jika Anda sudah berniat untuk tidak lagi menambah keturunan. Misal karena sudah memiliki banyak anak. Itu lain lagi ceritanya.

Akhir kata, untuk netizen sekalian, Anda bisa menggunakan daftar skincare yang saya gunakan ini sebagai salah satu referensi kumpulan merek kosmetik yang aman bagi ibu hamil dan menyusui.

Nah, sekian dulu untuk hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tulisan berikutnya, insyaa Allah! 

Mempunyai pertanyaan, kritik, atau saran terkait tulisan di atas? Silakan tinggalkan pesan untuk saya di kolom komentar. Komen yuk? ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Skincare Selama Hamil & Menyusui, Terbukti Aman!!!"