Makanan yang Menyebabkan Kentut Anda Bau


"Namanya juga kentut ya pasti bau lah...!", ujar seorang teman.

Kentut adalah sebuah proses pelepasan gas yang terjebak ke dalam usus manusia. Proses ini terjadi secara alami. Setiap orang yang berada dalam keadaan sehat akan mengeluarkan kentut setidaknya 20 kali dalam sehari.

Apesnya, tidak setiap kentut yang keluar itu tidak berbau. Memang kentut identik dengan aroma tajam dan menusuk hidung. Bau yang sangat tidak sedap itu membuat orang membenci kentut. Padahal kalau tidak bisa kentut biaya berobatnya tidak sedikit kan.

Oh iya bicara soal kentut, tahukah Anda kalau tak selamanya kentut itu bau? Sebenarnya sih kentut yang berbau busuk memang wajar terjadi karena ini merupakan reaksi alami tubuh. Namun kentut yang bau busuk sering bikin malu. Apalagi kalau sedang berada di acara penting.  Iya bukan?

Tips Agar Kentut Tidak Terlalu Bau
Dengan melakukan beberapa cara agar kentut tidak bau yang akan saya bagikan di bawah ini, kentut Anda tidak akan berbau menyengat lagi. Secara otomatis Andapun menjadi lebih nyaman untuk mengeluarkannya. Hehe... 

Oh iya berbicara tentang mengeluarkan kentut, ada satu hal yang perlu saya sampaikan di sini. Penting untuk diperhatikan! Jangan memelihara kebiasaan menahan kentut karena kalau sampai tidak bisa kentut bisa mahal biayanya!

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American College of Gastroenterology, rata-rata manusia kentut sebanyak 10 hingga 20 kali dalam sehari. Jumlah tersebut masih bisa dikategorikan normal. Dalam frekuensi normal, kentut adalah hal yang sehat karena menandakan jika sistem pencernaan berada dalam kondisi prima.

So, jangan ragu untuk mengeluarkan kentut. Tapi kentutnya jangan bunyi dan jangan bau busuk. Untuk menghindari kentut bau busuk, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut agar kentut yang dikeluarkan tidak begitu bau :

1. Jangan Makan Makanan dan Minuman yang Berbau Tajam.
Aroma makanan yang masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi bau kentut yang dikeluarkan juga. Untuk itu, agar kentut yang dikeluarkan nantinya tidak berbau busuk maka kurangilah makan makanan dan minuman yang berbau tajam. Seperti: white coffee, durian, telur, ikan, daging, cuka, dan bawang.

Makanan di atas memang nikmat untuk disantap. Namun jika harus menimbulkan efek kentut jadi super bau, bagaimana? Jika Anda sedang ingin menyantap aneka makanan di atas sebaiknya makanlah saat sedang sendirian saja.

Sebaliknya, ketika sedang berkumpul bersama teman, keluarga, atau sedang menghadiri sebuah acara penting jangan memilih jenis makanan seperti itu. Sebagai gantinya Anda dapat melahap sup sayuran maupun buah-buahan segar.

2. Batasi Makan Makanan Yang Memicu Gas Di Perut.
Makan makanan pemicu gas di perut akan membuat Anda jadi lebih sering kentut dan berbau. Kacang-kacangan, umbi-umbian, sayuran seperti brokoli, kubis, kembang kol, dan kecambah adalah sebagian dari makanan pemicu terjadinya gas di perut. 

Selain itu, minuman bersoda juga bisa menjadi penyebab kentut bau. Untuk mencegah aroma kentut yang menusuk, pilihlah jenis makanan yang tidak memicu timbulnya gas. Jika Anda benar-benar ingin makan kacang atau umbi ketela, makan saat sedang sendiri.

Dengan mengakalinya seperti itu maka Anda tidak perlu khawatir jika kentut Anda akan bau. Kalaupun kentut Anda bau, kan Anda sedang sendirian. Jadi tidak perlu malu kan?

3. Perhatikan Produk Susu yang Anda Konsumsi
Jika setelah mengkonsumsi produk susu tertentu kemudian Anda terus-terusan kentut dan bau busuk, mungkin itu merupakan pertanda jika Anda tidak cocok dengan salah satu kandungan pada produk tersebut. 

Jadi kalau tidak ingin kentutnya terus-terusan dan berbau busuk, lebih baik hindari produk susu. Kalau kentutnya di rumah sendiri tidak mengapa. Namun jika Anda sedang berada di tempat umum sebaiknya hindari konsumsu minuman yang memicu kentut berbau.

4. Makan Makanan yang Halus dan Mudah Dicerna
Di samping tidak berbau tajam, makanan yang halus seperti bubur dan nasi tim tidak akan terlalu membebani usus untuk bekerja keras dalam mencernanya. Itulah mengapa setelah mengkonsumsi bubur/nasi tim biasanya kentut yang dikeluarkan tidak akan berbau busuk.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan saat mengkonsumsi bubur. Meski bubur dan nasi tim memiliki tekstur yang halus, bukan berarti Anda tidak perlu mengunyah. Tetaplah kunyah bubur dan nasi tim Anda untuk merangsang enzim lipase dan amilase. 

Kedua enzim pencernaan tersebut akan membantu mencerna makanan dengan baik. Ini juga berefek ke produksi kentut. Jika makanan dicerna dengan baik maka aroma tidak sedap dari kentut juga bisa berkurang.

5. Kunyah Makanan Sampai Halus Sebelum Ditelan
Ketika makanan yang masuk ke sistem pencernaan (usus) belum hancur sempurna, usus akan bekerja dengan lebih keras untuk mencernanya. Hal ini dapat memicu terbentuknya gas di perut dalam jumlah banyak. Begini guys,,,

Jika gas di perut banyak, otomatis akan membuat Anda jadi lebih sering kentut. Mengunyah makanan dengan gigitan besar juga menjadi salah satu faktor penumpukan gas di perut. Masih nyambung dengan poin di atas, kunyah makanan dengan baik sebelum ditelan.

6. Jangan Menahan Hasrat Ingin Kentut
Menahan hasrat ingin kentut tidak akan membuat gas di dalam perut menghilang melainkan hanya menundanya dengan cara disimpan untuk dikeluarkan di waktu lain. Hal ini menyebabkan penumpukan gas di perut. 

Alih-alih supaya tidak malu karena kentut di tempat umum, yang ada malah kentut semakin banyak dan juga semakin bau. So, daripada menahan kentut lebih baik Anda coba mempraktekkan tips mudah di atas agar tidak kentut terus.

Demikian artikel tentang cara agar kentut tidak bau yang bisa saya bagikan hari ini. Bagaimana sekarang sudah tahu kan cara agar kentut Anda tidak berbau lagi? Jadi tidak perlu khawatir kentutnya akan mengganggu orang deh. Bisa kentut dengan tenang dimanapun berada. Hehe...

Terimakasih sudah membaca dan semoga tulisan ini bermanfaat. ^_^

(diens)

Posting Komentar untuk "Makanan yang Menyebabkan Kentut Anda Bau"