Masker DIY yang Cocok Untuk Kulit Berminyak

masker diy untuk kulit berminyak

Assalamu'alaikum, welcome back to my blog! Kali ini saya akan bahas soal skincare khusus bagi pemilik kulit berminyak. Ada yang kulitnya berminyak? Saya paham sekali penderitaan apa saja yang telah Anda alami selama ini. 


Congrats!!! Hari ini kebetulan saya mau membagikan resep masker DIY khusus untuk kulit berminyak yang terbukti hasilnya bagus banget. Nggak pakai bohong! Pada penasaran dong pastinya? Oke langsung kita bahas selengkapnya.

Ciri Kulit Berminyak

Secara umum kulit manusia terbagi menjadi 4 jenis yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan terakhir kulit kombinasi. Kulit berminyak bisa diketahui dengan melihat ciri-cirinya yaitu terlihat sangat berminyak di daerah T zone. Apa itu daerah T zone? 

Area T adalah sekitar dahi dan menurun hingga ke hidung. Kalau ditarik garis akan tampak seperti huruf T. Nah itulah mengapa area wajah ini dinamakan T zone. Area ini biasanya akan tampak sangat berminyak pada mereka yang memiliki tipe kulit berminyak. Apesnya lagi jerawat jadi betah juga di sana.

Mengatasi Problem Kulit Berminyak

Semua masalah pasti ada solusinya, termasuk masalah kulit berminyak dan berjerawat ini. Untuk menghabisi minyak berlebih di wajah, banyak orang menyarankan untuk mencuci wajah menggunakan sabun yang oil control

Saya pernah mengikuti saran ini ketika duduk di bangku SMA tingkat akhir dan hasilnya zonk! Setelah mencuci wajah malah kulit rasanya kaku dan selang 3o menit justru jadi semakin berminyak parah. Makin dicuci makin berminyak.

Sabun jenis ini akan membuat kulit ekstra kering karena minyak alami dibilas habis. Akibatnya kelenjar sebasea akan merespon kondisi tersebut sebagai kekeringan. Kelenjar minyak inipun memproduksi banyak minyak untuk memenuhi kebutuhan kulit. So, based on my experience, this isn't recommended!

Kulit Anda tetap membutuhkan minyak alami untuk membuatnya jadi lembab. In addition, sebum atau minyak alami kulit dalam jumlah normal memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari kuman dan bakteri. 

Faktanya, sebum tidak sejahat yang selama ini Anda pikirkan. Jadi bagaimana cara mengatasi kulit super berminyak? Pengen tahu banget kan? Cara terbaik adalah dengan memberikan perawatan sesuai dengan kebutuhan kulit berminyak. Itu saja. Salah satu caranya bisa dengan maskeran.

Masker DIY Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Sekarang saatnya meracik masker DIY untuk kulit berminyak. Masker yang akan kita racik ini sesuai dengan jenis kulit saya juga. FUN FACT. Kulit berminyak itu lebih awet muda dan tidak cepat keriput karena dia selalu lembab lho. 

So, jangan terlalu bersedih karena memiliki kulit berminyak karena di sisi lain ini merupakan anugerah awet muda secara langsung dari ALLAH. Lebih baik kita rawat saja supaya tetap sehat dan cantik maksimal. Hehe... Setuju?!

Bahan yang dibutuhkan:

1. Cuka
2. Madu
3. Gula pasir

Manfaat bahan:

Cuka di sini posisinya sebagai basic ingredients alias bahan dasar. Cuka memiliki pH yang rendah, bersifat asam, dan efektif untuk mengurangi minyak berlebih di wajah. Minusnya mungkin aromanya yang kecut banget. 

Sebagai bahan dasar, si cuka ini bisa dicampur dengan bahan lain apapun sesuai dengan tujuan perawatan kita. Hari ini kita akan menggunakan madu sebagai bahan skin carenya.

Madu murni termaktub dalam Al-Qur'an sebagai obat dari segala obat. Ratu Mesir juga menggunakan madu untuk merawat kecantikannya. Jadi kenapa tidak mengikuti dengan memanfaatkan madu untuk merawat kulit? 

Antiseptik alami di dalam madu yang sangat berlimpah akan bekerja membunuh bakteri di permukaan kulit. Dengan demikian kulit Anda yang berminyak dan rawan berjerawat pun bisa dikondisikan dengan baik.

Gula pasir jadi bahan terakhir yang sifatnya opsional. Untuk pemilik kulit sensitif, Anda bisa melewatkan bahan terakhir ini. Gula pasir untuk apa? Gula pasir akan bertindak sebagai agen eksfoliator. Apa itu eskalator??? Bukan eskalator gaes tapi eksfoliator. Hehehe...

Maksud dari istilah eksfoliator adalah agen pengelupas sel kulit mati. Sel kulit mati yang menumpuk itu tidak baik untuk kesehatan kulit, terlebih untuk di kulit berminyak. It's a big NO! Gula pasirnya jangan lupa ya agak dihancurin dulu biar ukurannya tidak besar dan kasar nanti bisa sakit di kulit dan memicu iritasi.

Takaran

Sudah siap semua bahan di atas? Mudah banget dicari kan bahannya untuk kulit berminyak. Selalu ada di rumah, apalagi gula pasir kan pasti ada. Silakan ambil masing-masing bahan sebanyak 1 sendok makan kecuali cuka cukup beberapa tetes ya karena dia strong banget, takutnya bikin kulit jadi kering.

Masukkan ketiga bahan tersebut ke dalam mangkok kecil (bahan keramik atau kaca lebih baik daripada plastik atau melamin). Pastikan mangkok yang Anda pakai ini higienis dan bebas dari kotoran apalagi minyak. Aduk rata ya sampai menjadi adonan pasta gigi kental.

Cara Pakai

Aplikasikan masker ini ke seluruh permukaan wajah tetangga Anda menggunakan kuas khusus. Lakukan secara merata, jadi kalau bisa ketebalannya sama agar keringnya juga bareng. 

Jangan terlalu tebal karena percuma masker yang tidak mengenai kulit nutrisinya hanya akan menguap ke udara. Jika racikannya masih tersisa bisa disimpan di wadah tertutup lalu taruh di kulkas untuk dipakai 2 hari mendatang.

Tunggu masker meresap selama 15 menit kemudian gosok-gosok secara lembut untuk mengelupas sel kulit mati di wajah Anda. Hindari bagian yang sedang berjerawat matang. Jika sudah, bersihkan sisa masker menggunakan kertas tissue dan biarkan berjatuhan. 

Sebaiknya jangan langsung basuh wajah menggunakan air ya. Saya biasanya akan membiarkan masker ini stay di kulit selama beberapa menit (sekitar 10 menit) sebelum akhirnya saya bilas dengan air hingga bersih.

Bagaimana rasanya setelah memakai masker DIY ini? Pokoknya saya selalu suka hasil perawatan DIY ini. Efeknya kulit yang tadinya 'meling' berkilau penuh minyak akan berubah jadi lebih terkontrol plus jadi lebih cerah juga. Kalau dipakai secara teratur jerawat di wajah akan berkurang. 

Bisa dipakai sesering mungkin sih karena dia menggunakan bahan alami cuma ya agak ribet juga kalau setiap hari. So, untuk Anda yang sibuk, masker ini cukup dipakai seminggu dua kali saja untuk hasil yang diharapkan.

Setelah rajin menggunakan masker ini kulit saya yang tadinya sering ditongkrongi jerawat jadi jauh lebih mulus. Jerawat benar-benar jarang muncul lagi. Kalau pas menstruasi ada jerawat yang muncul juga cepat kering. Bekas jerawatnya akan memudar tidak sampai berbulan-bulan lamanya meski cukup parah nodanya. So recommended to try!

Itu tadi resep masker DIY untuk kulit berminyak dan berjerawat ala Diens. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda dan sampai jumpa lagi di tulisan-tulisan saya berikutnya, inshaa Allah. Stay tune!

Punya pertanyaan? Atau mau request artikel? Bisa banget yuk cuss langsung saja tinggalkan pesan Anda di kolom komentar. Xo ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Masker DIY yang Cocok Untuk Kulit Berminyak"