Memutihkan Kulit Dengan Masker Bengkoang DIY


diy masker pemutih bengkoang

Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Hari ini saya mau membahas soal tips kecantikan kulit. Merawat kulit adalah hal yang wajib untuk dilakukan karena treatment tersebut sudah menjadi hak dari kulit yang telah melindungi tubuh ini setiap saat tanpa jeda. Setuju? Salah satu cara terbaik dalam merawat kecantikan dan kesehatan kulit yaitu dengan menggunakan bahan alami.


Bengkoang

Bengkoang telah sejak lama dikenal mampu meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit dengan berbagai kandungan di dalamnya. Sebagai salah satu hasil bumi yang cukup potensial di Indonesia, sudah semestinya Anda ikut mempelajari kegunaan umbi bengkoang. Dengan mengerti manfaat serta daya gunanya Anda sudah andil dalam memberdayakan sumber daya alam ini.

Adakah di sini yang belum pernah makan bengkoang? Buah ini biasanya dijadikan campuran rujak, asinan, maupun dimakan dalam kondisi segar. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi bengkoang. 


Jangan sampai Anda ikut melahap bagian ujung atas dan bawahnya. Mengapa? Perlu untuk diketahui bahwa kedua bagian ini mengandung bahan beracun. Meski dalam jumlah sedikit, akan tetapi bisa berakibat fatal jika Anda makan dalam jumlah cukup banyak.

Jika Anda khawatir akan bahaya racun bengkoang, saya juga punya cara lain dalam memanfaatkan bengkoang tanpa takut akan efek racun di dalamnya. Anda buat saja bengkoangnya menjadi masker. Setuju? 


Tahukah Anda? Masker bengkoang sangat baik manfaatnya untuk mendinginkan, menenangkan, dan memutihkan kulit. Cara membuat masker ini juga sangat mudah kok. Anda dijamin suka deh dengan masker ini karena dia mengandung banyak zat yang bisa mempercantik kulit!

Kandungan Bengkoang

Penasaran kan dengan kandungan buah yang tumbuhnya di bawah tanah ini? Kandungan pertama yaitu vitamin C yang memiliki manfaat sebagai antioksidan alami. Selain itu vitamin C juga dikenal sebagai agen bleaching atau pemutih kulit alami yang ampuh.

Bengkoang ini memiliki cita rasa manis yang ringan dan segar. Lebih dari itu, kandungan kalorinya juga tergolong rendah. Hal istimewa lainnya dari bengkoang, meskipun rasanya manis akan tetapi manisnya tidak akan dimetabolisme oleh tubuh Anda sehingga aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes sekalipun.

Oh iya bengkoang juga kaya serat pangan larut air lho. Kekayaan ini juga termasuk keunggulan umbi bengkoang lainnya. Dengan serat larut di dalamnya bengkoang menjadi buah yang baik untuk memperbaiki fungsi pencernaan. Salah satu khasiat serat larut air adalah membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan meningkatkan pergerakan usus besar. 

Manfaat Bengkoang Untuk Memutihkan Kulit

Bengkoang telah banyak dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit. Salah satunya yaitu untuk memutihkan warna kulit. Cara memutihkan kulit dengan bengkoang jauh lebih aman untuk dilakukan jika dibandingkan dengan cara menggunakan bahan kimia. 

Pengalaman pertama saya menggunakan bengkoang untuk mencerahkan warna kulit bermula dari pemberian bengkoang oleh saudara. Saking banyaknya itu bengkoang sampai beberapa hari belum juga habis. Akhirnya saya iseng membuat masker bengkoang DIY. Seperti apa caranya? Simak di bawah ini.


Membuat Masker Bengkoang DIY

Untuk mendapatkan manfaat bengkoang untuk membuat kulit Anda menjadi lebih putih bersih, Anda membutuhkan bengkoang yang masih dalam kondisi segar. Mengapa Anda membutuhkan bengkoang yang segar? Jawabannya ada pada kandungan vitamin di dalamnya. 

Buah bengkoang segar masih mengandung vitamin dalam jumlah utuh. Jika Anda mengambil bengkoang segar sebagai bahan utama dari masker yang akan Anda buat, tidak diragukan lagi khasiatnya pada kulit. Semakin segar maka semakin baik. Ciri-ciri bengkoang segar adalah masih keras di umbinya, tidak ada lecet maupun lebam di bagian kulitnya.

Sudah ada bahannya bukan? Sekarang waktunya Anda membuat masker pemutih rumahan ini yuk. Siap ya guys...

Pertama, ambil 3 buah bengkoang segar dan cuci sampai bersih. Anda bisa menyikat bagian permukaan kulit bengkoang hingga benar-benar bersih dari tanah. Mengingat bengkoang merupakan buah yang mengalami perkembangan di dalam tanah, tidak jarang buahnya belepotan dengan tanah. 

Itulah mengapa Anda perlu membersihkannya menggunakan sikat. Setelah disikat bersih, barulah Anda kupas kulit bengkoang tersebut. Kalau langsung dikupas pasti tanahnya bakal belepotan kemana-mana deh.

Kedua, haluskan buah bengkoang. Untuk menghancurkannya dengan baik Anda bisa menggunakan blender maupun memarutnya secara manual. Masukkan buah bengkoang yang telah dihancurkan tersebut ke dalam wadah yang bersih. Akan lebih baik untuk menggunakan wadah berbahan aluminium.

Ketiga, saring bengkoang tersebut menggunakan kain bersih. Sisihkan bagian ampas bengkoangnya. Bagian sari bengkoanglah yang akan Anda proses menjadi masker. Diamkan sari bengkoang selama beberapa jam hingga terbentuk endapan.

Keempat, buang air bengkoang yang berwarna bening di bagian atas. Tuang airnya secara perlahan supaya bagian yang sudah mengendap tidak tercampur lagi. Sekarang tinggal tersisa endapannya saja, betul? Jemur di bawah sinar matahari hingga pati bengkoang ini mengering sempurna.

Tadaaa!!! Sekarang masker pemutih DIY dari bengkoang sudah jadi. Simpan bubuk masker ini di dalam wadah kedap udara agar bisa tahan dalam jangka waktu lebih lama. Masker bisa bertahan sampai seminggu dengan penyimpanan yang baik.

Cara Memakai Masker Pemutih DIY

Cara pemakaian masker pemutih buatan sendiri yang sudah Anda buat di atas, juga sangat mudah. Ambil masker sesuai kebutuhan, kemudian tambahkan air secukupnya dan aduk hingga terbentuk adonan pasta kental. 

Aplikasikan campuran tersebut secara merata ke seluruh permukaan wajah yang telah dibersihkan. Oya agar bersih sempurna coba membersihkan wajah pakai cara yang ada di blog ini. Hindari area sensitif seperti sudut mata.

Biarkan masker mengering secara alami. Anda tidak perlu menggunakan bantuan kipas angin untuk membuat masker mengering lebih cepat. Jika masker telah mengering maka Anda tinggal membasuhnya dengan air hingga benar-benar bersih. Selesai.

Tips

Anda bisa mengaplikasikan masker bengkoang ini dengan repetisi sebanyak 2 kali seminggu. Efek yang dapat dirasakan langsung adalah kulit yang terasa sejuk seketika. Untuk mendapatkan hasil maksimal, buatlah masker dengan menggunakan bahan yang benar-benar segar dan gunakan masker secara teratur. Wajah yang lebih cerah akan menjadi milik Anda.

Itu dia tips membuat masker pemutih alami buatan sendiri yang dapat saya bagikan kali ini. Ternyata sangat mudah bukan untuk membuat masker pemutih racikan? Tentu sangat mudah!

Sekian dulu tips dari saya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel berikutnya. Stay tune! Punya pertanyaan? Silakan langsung tinggalkan pesan di kolom komentar. Xo ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Memutihkan Kulit Dengan Masker Bengkoang DIY"