Rahasia Produk Pencerah Kulit yang Penting Untuk Diketahui


Kandungan bahan aktif di dalam produk pencerah kulit. Hari ini saya akan mengulas tentang serba serbi produk pencerah kulit. Adakah yang pernah atau sedang menggunakan produk pencerah kulit? Kalau boleh menebak, saya tebak sebagian besar sudah pernah menggunakannya. Minimal body lotion. Betul?

Skin care dengan kandungan bahan pencerah adalah salah satu item yang banyak diburu oleh masyarakat. Tak hanya beauty enthusiast yang sangat care dengan kulitnya, bahkan ibu rumah tangga pun memiliki produk semacam ini di rumahnya. Percaya?

Pasalnya, berapapun usia dan apapun warna kulit Anda, hiperpigmentasi tetap dapat terjadi. Jika ini terjadi tentu warna kulit Anda akan berubah menjadi lebih gelap. Beberapa orang bahkan bisa merasa sangat risau ketika harus mengalaminya. 

Kabar baiknya, saat ini sudah banyak produk pencerah kulit yang tersedia di pasaran untuk mengatasi masalah warna kulit tidak merata. Masalahnya, tahukah Anda seperti apa kandungan & cara kerja produk ini pada kulit?

Bagaimana Cara Kerja Produk Pencerah Kulit?

Bicara tentang pencerah kulit, apakah Anda telah familiar dengan brightening cream? Ini adalah krim pencerah kulit yang dirancang untuk mengurangi perubahan warna kulit menjadi lebih gelap akibat paparan sinar ultraviolet, faktor usia, penyakit, maupun bekas jerawat.

Luka bekas jerawat biasanya berwarna hitam dan sulit dihilangkan, betul? Perubahan warna kulit akibat jerawat tersebut disebabkan oleh penyebaran melanin pada kulit. 

Melanin dihasilkan oleh sel-sel kulit khusus yang dinamakan melanosis. Kabar buruknya, semakin banyak jumlah melanin yang diproduksi oleh tubuh maka semakin gelap pula warna kulit Anda. Oops!

Inilah cara kerja produk pencerah kulit Anda;
1. Mengurangi produksi melanin pada melanosis,
2. Memperbaiki warna kulit jadi seperti semula,
3. Memudarkan bintik hitam.

Cara kerja dari produk pencerah terfokus pada bagian kulit yang terlihat lebih gelap di mana melanin tampak jelas serta mencegah titik-titik gelap tersebut untuk menyebar ke area lainnya. 

Produk ini menyasar pada ketidakmerataan warna kulit di mana melanin berkumpul. Tujuannya tentu untuk memudarkan warna gelap sekaligus mencegahnya terbentuk kembali di masa depan.

Siapa yang Sebaiknya Menggunakan Produk Pencerah Kulit?

Secara umum produk pencerah dapat digunakan oleh siapa saja yang menderita hiperpigmentasi (red: perubahan warna kulit menjadi lebih gelap). Semua orang bisa saja mengalaminya di segala rentang usia. 

Namun masalah ini biasanya akan tampak semakin jelas seiring dengan pertambahan usia Anda. Produk pencerah kulit dan anti penuaan penting bagi Anda yang ingin memiliki warna kulit tetap cerah dan juga merata.
Produk pencerah warna kulit akan memperbaiki warna kulit, fokus pada area-area kulit yang warnanya tidak merata dan mencegah timbulnya bintik hitam.

Apa Perbedaan Produk Pencerah dan Pemutih Kulit?

Di dunia skin care terdapat dua macam produk yang memiliki manfaat hampir sama. Keduanya sering membuat orang bingung. Mereka adalah pemutih kulit dan pencerah kulit. Sebagian orang akan menganggap bahwa fungsi keduanya adalah sama. 

Padahal meski hasil akhirnya sama yaitu membuat warna kulit lebih terang, jelas perbedaan mencerahkan dan memutihkan kulit itu ada. Kandungan bahan aktif di dalamnya menjadi pembeda antara keduanya.

Produk pencerah kulit bekerja mengembalikan warna kulit Anda ke warna dasarnya. Warna asli kulit Anda adalah seperti saat Anda belum banyak terpapar efek buruk sinar UV. Warna tersebut bisa dilihat saat Anda masih bayi hingga balita. Penggunaan produk pencerah akan mengembalikan warna kulit Anda yang gelap akibat terbakar matahari ke tone asli. 

Di sisi lain, produk pemutih kulit bekerja memanipulasi pigmen kulit. Di dalam produk pemutih kulit biasanya terkandung bahan aktif yang berbahaya seperti bahan pemutih/bleaching. 

Tak jarang penggunaan produk skin whitening justru membuat kulit tampak pucat. Karena konsentrasi bahan berbahaya di dalamnya bahkan beberapa bahan aktif pemutih dilarang untuk digunakan di Uni Eropa sebab efeknya yang keras pada kulit.

Apakah Boleh Menggabungkan Produk Pencerah dengan Produk Lain untuk Memaksimalkan Keefektifan Produk?

Ingin segera dapat melihat hasil saat melakukan sebuah perawatan adalah hal yang wajar. Namun pada saat memilih produk, saya sarankan Anda untuk memperhatikan apa masalah kulit yang sedang Anda alami terlebih dahulu. 

Jika masalahnya adalah hiperpigmentasi dan warna kulit yang tidak merata akibat sinar matahari, Anda dapat memilih produk pencerah kulit (brightening skin) untuk mengatasinya.

Jika Anda mempunyai masalah kulit yang lain yang ingin diperbaiki juga sebenarnya bisa saja menggabungkan produk lain untuk mengatasinya sekaligus. Misalnya saja produk untuk mencegah munculnya kerutan. TIPS TERBAIK dari saya untuk mencegah perubahan warna kulit menjadi lebih gelap adalah dengan mencegah kulit terkena paparan sinar matahari langsung.

BACA JUGA:

Apa Produk Pencerah Kulit Favorit Anda?

Nah, ternyata begitulah rahasia yang tersimpan di balik produk pencerah kulit. Setelah mengetahui penjelasan di atas sekarang waktunya Anda untuk menentukan apa produk pencerah kulit pilihan Anda. Jika boleh tahu, mengapa Anda menyukai produk tersebut? Share ya di kolom komentar?! ;)

Jangan lupa untuk memastikan bahwa produk tersebut memiliki standar kualitas terbaik serta memiliki khasiat yang nyata untuk kulit Anda. Cek nomor registrasi BPOM dan MUI jangan lupa juga. Oke?!! Hal ini penting untuk dilakukan oleh konsumen agar tidak menjadi korban penipuan kosmetik berbahaya.

Oke, sekian dulu ulasan dari saya untuk hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel berikutnya, insyaa Allah! XOXO ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Rahasia Produk Pencerah Kulit yang Penting Untuk Diketahui"