Alasan di Balik Pentingnya Berjalan Tanpa Alas Kaki serta Bahayanya

bahaya berjalan telanjang kaki

Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Aktivitas berjalan kaki sudah semakin jarang ditemui saat ini. Untuk sekedar pergi membeli sabun mandi ke minimarket depan gang pun banyak yang naik motor. Padahal siapa sangka kalau ternyata berjalan kaki itu punya sejuta manfaat menakjubkan?!



Dilansir dari situs healthline.com, doktor Jonathan Kaplan menjelaskan: "Manfaat paling sederhana dari berjalan kaki secara teori adalah membuat Anda lebih dekat pada pola berjalan alami Anda, yang dikenal sebagai gaya berjalan."

Sayangnya dewasa ini semakin langka saja orang yang mau berjalan kaki, apalagi tanpa alas kaki. Misalkan ada yang berjalan kaki pasti pakai alas kaki. 

Bahkan di dalam rumah sekalipun masih banyak saya temui orang-orang yang menggunakan alas kaki khusus untuk di dalam rumah. Katanya sih supaya tidak masuk angin?. Zaman memang sudah berubah ya, guys?

Tahukah Anda efek samping berjalan memakai sepatu? Efek memakai sepatu atau alas kaki diantaranya dapat menghambat kemampuan tubuh Anda dalam menggunakan sekelompok otot yang terdapat di kaki. Padahal otot-otot tersebut sangat berperan penting dalam memperkuat tubuh.

Jadi, mulai sekarang yuk kenali lebih jauh apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan jika berjalan tanpa menggunakan sandal ataupun alas kaki lainnya?! Rugi banget kalau sampai tidak tahu. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat berjalan tanpa alas kaki yang sangat patut untuk diketahui;


1. Mengimprovisasi perkembangan kaki,
2. Kontrol tubuh lebih baik,
3. Lebih dekat dengan alam,
4. Melatih keseimbangan,
5. Berkurangnya resiko cidera,
6. Melatih kekuatan otot kaki,
7. Menstimulasi sistem syaraf,
8. Mengurangi resiko terkena serangan jantung,
9. Menstabilkan tekanan darah,
10. Membantu mencapai berat badan ideal,
11. Menyeimbangkan mood,
12. Mendapat perasaan bahagia.


Itu baru beberapa saja yang bisa saya rasakan dan saya bagi. Di luar daftar di atas saya yakin masih banyak lagi keuntungan lainnya. Kabar buruknya, ternyata berjalan tanpa alas kaki juga punya sisi bahaya. Apa sajakah itu?

Bahaya Berjalan Tanpa Alas Kaki

Di samping manfaat yang banyak, kebiasaan baik ini juga punya sisi negatif. Beberapa kemungkinan cidera bisa saja terjadi pada Anda. Apalagi jika sebelumnya Anda telah tebiasa selalu menggunakan alas kaki.

Bagi orang yang tidak terbiasa berjalan tanpa alas, hal pertama yang dirasakan sudah tentu aneh. Kaki Anda belum memiliki reflek yang baik. Akibatnya, ini akan meningkatkan kemungkinan cidera pada Anda.

Selain itu, ancaman kuman, jamur, serta bakteri yang banyak bermukim di permukaan tanah juga tak bisa diabaikan begitu saja. Pastikan untuk selalu mencuci kaki sampai bersih setiap setelah berjalan tanpa alas kaki. Psst...jangan pernah berjalan tanpa alas kaki ketika kaki Anda tengah terluka, ya?! Sangat rawan terkena infeksi.

Untuk menghindari berbagai kemungkinan buruk, ada baiknya untuk melakukan kebiasaan baik ini di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda. Lokasi ini secara umum tentu lebih aman daripada tempat-tempat baru di luaran sana.

Tips Memulai Kebiasaan Berjalan Tanpa Alas Kaki

1. Mulai Pelan-pelan

Jika Anda sudah tidak pernah berjalan telanjang kaki dalam kurun waktu yang cukup panjang maka dibutuhkan waktu untuk adaptasi terlebih dahulu. Lakukan pemanasan kecil sedikit demi sedikit untuk memulai kebiasaan baru ini.

2. Beri Jeda Jika Merasakan Sakit

Akibat telah lama tidak berjalan kaki, biasanya akan timbul rasa sakit yang lumayan mengganggu. Jika hal ini muncul maka jangan pernah memaksakan diri. Anda bisa mengambil jeda waktu untuk beristirahat guna memulihkan kondisi kaki seperti semula sebelum memulai latihan kembali.

3. Mulai Dari Dalam Ruangan

Berjalan kaki di dalam rumah serta halaman adalah ide yang brilian untuk dipraktekkan. Selain lebih santai, Anda juga bisa sembari melakukan aktivitas lain. Misalnya saja sambil menyirami tanaman di taman bunga?

4. Berlatih di Tempat Aman

Nah ini yang sangat penting! Pastikan area berlatih Anda telah steril dari aneka benda berbahaya yang berkemungkinan melukai Anda. Jangan lupa untuk sesekali melihat ke arah bawah, barangkali ada rintangan kan?

5. Jangan Langsung Nyeker

Untuk Anda yang sudah terlalu lama sendiri tidak berjalan telanjang kaki, saya sarankan untuk tidak langsung melakukannya tanpa alas kaki. Anda bisa memulainya dengan sandal yang tipis kemudian perlahan-lahan mencoba berjalan tanpa sandal sama sekali. Pasti menyenangkan dan menyehatkan!

Takeaways

Berjalan tanpa alas kaki memang sebuah fitrah bagi manusia. Namun seiring dengan tren alas kaki yang sudah semakin mendarah daging, berjalan tanpa alas kaki pun kini dianggap sebagai kebiasaan yang aneh.

Agar tidak menimbulkan perubahan yang terlalu mencolok, mulailah dengan perlahan. Tak ada salahnya juga untuk mengajak serta pasangan atau orangtua Anda untuk memulai kebiasaan yang sudah kian sepi peminat ini.

Perhatikan kondisi kesehatan Anda secara teliti sebelum melakukan olahraga ringan ini ya? Pastikan kaki Anda sedang tidak dalam kondisi cidera maupun dalam kondisi yang membahayakan jika digunakan untuk berjalan.

Satu lagi pesan dari saya. PENTING!!! Meski berjalan tanpa alas kaki ini baik, perlu ditekankan di sini bahwa Anda tidak dapat pergi tanpa alas kaki ke segala medan. Intinya, aktivitas ini hanya bisa dilakukan di tempat yang aman. Oke?!

Well, sepertinya sekian dulu catatan saya untuk hari ini. Semoga coretan ini bermanfaat bagi Anda dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah! Mempunyai pertanyaan, kritik, atau saran terkait tulisan saya? Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. Atau mau request artikel juga boleh banget. Komen yuk?! Xo ^_^


(diens)

2 komentar untuk "Alasan di Balik Pentingnya Berjalan Tanpa Alas Kaki serta Bahayanya"

Comment Author Avatar
Anonim 18.39.00
Ι’m not that much of a ⲟnline reɑder to be honest but your sites really nice,
keeр it up! I'ⅼl ggo ahead and bookmark your
site to come back later. Cheers
Comment Author Avatar
Hello there! Thank you so much for ur feedback. I'll do my best!

Silakan tulis komentar Anda di sini. Semua komentar akan ditampilkan kecuali yang mengandung unsur SARA, pornografi, spam, dan perjudian. Have a good discussion!

Klik kotak Notify Me (Beri tahu saya) untuk mendapatkan pemberitahuan saat saya membalas komentar Anda. Dan please jangan tinggalkan link aktif. Terimakasih ^_^

Regard,
-diens-