Facial Essence, Menjawab Segala Rasa Penasaran yang Ada!

essence adalah
contoh treatment essence

Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Hari ini saya akan mengupas tentang skincare yang pertama kali saya kenal dari drama Korea. Dialah facial essence. Adakah yang sudah pernah menggunakan produk ini? Bagus nggak?

Dari berbagai info yang saya dengar, hampir semuanya memberikan ulasan positif. Mulai dari membuat kulit jadi glowing, membuat kulit awet muda, sampai membuat kulit terhidrasi sepanjang hari. Pengen, nggak? 

Tapi jujur saja saya masih bingung dengan kegunaan produk ini sebenarnya! Apa bedanya dengan toner, serum, ampoule? Karena kalau dilihat sekilas manfaatnya hampir sama kan? Hmm women's stuffs memang begini membingungkan.

Untuk memenuhi rasa penasaran itu, mari mencoba mengerti apa itu essence. Menurut Charlotte Cho sang co-founder dari Soko Glam, essence adalah produk kecantikan yang telah sukses membuat banyak orang salah paham.


Essence Skincare?

Essence adalah jenis produk perawatan kulit yang berguna untuk membantu produk kecantikan lain milik Anda meresap lebih sempurna ke dalam lapisan kulit. Artinya dia bisa memaksimalkan hasil akhir dari perawatan Anda. Singkatnya begitu.

Kenapa bisa memboost kinerja produk lain? Jawabannya karena essence diklaim sangat handal dalam mengunci kelembaban kulit. Kok bisa? Apa sih yang terdapat di dalam essence skincare sampai-sampai bisa jadi super pelembab? Jawabannya ada di poin berikutnya nanti. So, baca terus ya?! ^_^

Buat yang bertanya tentang skincare ini, saya coba jelaskan pakai bahasa sederhana saja ya. Soalnya yang kepo bukan cuma Anda, saya juga, makanya sampai nulis ini. Hehe.. Banyak yang mengira essence punya fungsi yang hampir sama dengan toner, tapi dia bukan toner lho. Beda guys. Kandungannya jauh lebih kaya dari sekedar penyegar.

And then meski tampilannya mirip dengan cleansing water tapi dia juga bukan pembersih wajah. Waktu terbaik untuk pemakaian essence justru setelah proses cleansing itu telah usai. Harus banget! 

Berhubung ini bukan pembersih, jangan pernah mencoba mengaplikasikannya dengan cara diusap seperti saat Anda menggunakan micellar water, ya?!. Lalu bagaimana cara memakai essence? Jawabannya ada di paragraf berikutnya!

Terakhir nih, si skincare essence ini juga bisa diandalkan untuk menetralkan pH alami kulit. Ini penting banget untuk kulit yang senantiasa sehat. Do you know?Produk perawatan kulit apapun hanya akan bekerja secara maksimal di kulit yang pH-nya seimbang alias balanced. Gimana? Semoga sudah ada sedikit pencerahan yaa... Oke lanjut!


Kandungan Essence

Beberapa produk essence memiliki kandungan yang berbeda satu sama lain. Namun demikian, jika saya amati secara sekilas semuanya tertuju pada goal akhir yang sama yaitu untuk memberikan kelembaban pada kulit. 

Dilansir dari situs my-best.id dijelaskan beberapa kandungan utama yang biasa ada pada produk Facial Essence. Penasaran? Ini dia;


1. Butylene Glycol

Kemampuan zat ini dalam mengunci kelembaban kulit lumayan tinggi ya dears. Teksturnya juga lebih ringan dan tidak selengket glycerin. Zat ini masuk dalam jenis alkohol polihidrat dan biasa dipakai di berbagai produk skincare.

Dari sebuah penelitian dilakukan dengan subjek hewan pada tahun 1985 menunjukkan bahwa paparan zat butylene glycol terbukti memicu terjadinya iritasi ringan pada kulit kelinci. Lalu apakah ini aman untuk digunakan?


butylene glycol aman untuk kulit
penelitian tentang zat glycol pada kosmetik

Sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut yang membahasnya. Namun berdasarkan penelitian di atas, butylene glycol telah terbukti dan tergolong aman untuk digunakan sebagai salah satu bahan kosmetik.


2. Glycerin

Ini juga masuk ke keluarga alkohol polihidrat. Zat ini diklaim paling unggul dalam mengunci kelembaban kulit lho. Makanya produk pengunci kelembaban seperti essence pasti butuh yang ini.

Menurut penelitian yang dilaksanakan pada tahun 2008 silam, zat ini sangat mumpuni dalam melembabkan serta meningkatkan fungsi skin barrier Anda. Selain itu juga bisa mempercepat penyembuhan luka.


3. Hyaluronic Acid

Ini tempatnya ada di lapisan dermis kulit dan saat dipadukan dengan glycerin maka kemampuan melembabkannya dijamin jadi tingkat dewa deh. Sangat tidak mengagetkan kalau namanya pun sering terpampang nyata di berbagai jenis produk perawatan kulit.


4. Kolagen

Ini sejenis protein penyusun tubuh manusia ya guys. Keberadaannya penting banget bukan hanya untuk kecantikan tapi juga untuk kesehatan tubuh secara umum. Sudah pernah saya bahas tentang kolagen di sini, tinggal baca yuk?!


5. Trehalose

Ini terbuat dari gula dan kerennya, dia bisa untuk menjaga kelembaban kulit. Gula apa yang disukai cewek? Mungkin gula ini salah satunya. Hihi

Harga

Saat saya mencoba mencari rekomendasi harga berbagai produk essence di mesin pencari, muncul banyak sekali hasil as always. Akhirnya saya mendarat di situs jual beli amazon dan menyortir harga terendah dan tertingginya saja.

Terpantau harga termurah ditawarkan senilai Rp 135.430,- dengan merk PURE Aloecare Organic Aloe Vera Vitality Hydrating Essence 40 ml. Lalu yang termahal di sana dibanderol dengan harga Rp 3.372.953,- dari merk kenamaan SK-II Facial Treatment Essence 230 ml.

Jauh yaa rentang perbedaan harganya. Kira-kira perbedaan hasil yang akan didapatkan juga sejauh itu nggak ya? SK-II memang sedang gencar-gencarnya melakukan promosi di berbagai media massa. Sudah nonton iklan televisinya?

Menurut Anda bagaimana, tidak bisa dikatakan murah, kan kan kan? Makanya banyak banget beauty influencer yang menyarankan untuk menggunakannya sesuai petunjuk. Alasannya ya apa lagi jika bukan biar nggak mubadzir bin terbuang sia-sia itu cairan essencenya. Sayang banget!

Kapan Harus Menggunakan Essence?

Essence akan mempersiapkan kulit Anda untuk menerima produk berikutnya. Paham kan ya K-Beauty regime itu selalu sarat dengan berlapis-lapis skincare? Karena digunakan pada stage persiapan, tekstur essence ini juga cenderung cair. Konsentrasi bahan aktifnya tidak seintens serum maupun ampoule.

But wait! Meski penampilannya secara kasat mata seperti air biasa begitu, produk ini akan bekerja dengan sangat baik untuk mempercantik kulit Anda lho. Bagaimana tidak? Skincare yang diaplikasikan berikutnya maupun sebelumnya bisa bekerja sekian kali lipat lebih baik ya berkat produk ini. Keren, ya?! 

Cara Pakai Essence

Untuk mengaplikasikan essence ke wajah, tidak perlu pakai kapas kecantikan. Cukup tuang cairan tersebut ke telapak tangan secukupnya saja. Setelah itu ratakan di telapak tangan dengan cara menggosokkan tangan satu sama lain hingga terasa hangat dan segera tepuk-tepuk ke wajah sampai meresap.

Dipakainya setelah membersihkan wajah yaa. Entah mau pakai metode double cleansing maupun metode membersihkan wajah apapun kesukaan Anda yang penting wajah sudah dalam kondisi bersih saat mengaplikasikan essence.

Saran saya, latihan dulu pakai air biasa. Soalnya benar-benar harus bisa gerak cepat supaya tidak ada cairan yang tercecer. Latihan ini bakal berguna banget lho buat berhemat. Psst...kan sudah lihat sendiri harganya di atas tadi. Serius deh, sayang kalau sampai ada yang tercecer begitu saja. Hihi

Setelah menggunakan essence, tutup rangkaian perawatan Anda dengan  serum dan pelembab wajah. Bisa juga pakai krim wajah dulu kemudian dilanjutkan dengan serum kesayangan Anda. Tinggal disesuaikan dengan jenis kulit.

Some Tips

Bagi Anda yang jenis kulitnya termasuk kategori sensitif terhadap bahan skincare yang keras, don't worry! Anda bisa mengandalkan essence untuk digunakan sebelum memakai serum dan pelembab guna membantu keluhan Anda.

Yups! Essence akan mempersiapkan kulit Anda sebaik mungkin sehingga reaksi iritasi  maupun kemungkinan munculnya efek jelek lainnya dapat berkurang. Atau bisa juga tidak muncul sama sekali meski kulit Anda tergolong sensitif?!

Penyebab kulit sensitif diantaranya bisa didapatkan sejak lahir dan bisa juga dari kebiasaan menggunakan kosmetik berbahan keras yang bisa merusak barrier kulit. Hasilnya? Kulit akan sangat sensitif terhadap berbagai zat asing serta sinar UV. Itu tadi 2 penyebab kulit sensitif paling umum yang saya tahu.

Kabar baiknya, dengan adanya essence ini pemilik kulit sensitif tidak perlu galau lagi kalau mau pakai skincare. Kan sekarang sudah ada essence yang bakal jadi malaikat penolong Anda? Hihi... Ada yang tanya juga, kalau essence untuk kulit berminyak cocok nggak? Well, baca baik-baik jawaban saya yaa.

Untuk pemilik kulit berminyak, berjerawat, atau lainnya yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih, mohon untuk tidak terlalu berharap banyak pada produk ini. Faktanya, kemungkinan besar pemakaian essence justru akan membuat produksi minyak di wajah semakin meningkat.

Sst...jangan terlalu bersedih hati. Ini kan baru awal launching produk. Perjalanannya masih jauh. Tunggu saja esok hari semoga saja akan ada produk yang diciptakan khusus untuk pemilik kulit berminyak seperti Anda. Aamiin...

Hmm jadi pengen beli produknya deh! Apa harus beli produk dari Korea sana? Produk essence Indonesia ada nggak?

Sekalian ya mumpung lagi bahas tentang ini. Saya pernah tahu sih salah satu brand kosmetik Indonesia yang punya produk ini. Dia adalah NAMEERA HYDRATING GLOW Essence Water. Ini termasuk produk baru.

Klaimnya produk ini dapat menyegarkan dan juga mengoptimalkan kelembaban kulit Anda. Dibuat dengan teknologi HydRadiance yang merupakan perpaduan dari purified water pro derma system dan ekstrak lotus. Di samping itu juga ada moisture filmnya lho. Kebayang kan gimana lembabnya nanti setelah pakai ini?

Essence Indonesia dari brand NAMEERA ini sudah lolos uji BPOM dan juga sudah mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia. Harganya? Relatif lebih terjangkau! Bisa didapatkan dengan merogoh kocek Rp 81.700,- untuk 110 ml. Tertarik?! Beli deh sekalian mendukung produk dalam negeri, ya kan? 

Oya sepertinya harga tersebut adalah harga promo karena produknya masih baru. Di akun official Nameera Indonesia harga tersebut adalah harga coret. Aslinya Rp 140.000,- Jadi kalau mau beli sekarang saja mumpung diskon. Hehe

Takeaways

Alhamdulillah dapat pengetahuan baru tentang skincare. Habis baca ini masih bingung atau semakin bingung? Hehe... Nggak lah. Sudah tahu dong ya apa bedanya essence dengan serum dan kawan-kawannya? Beda kandungan bahan aktif. Itu salah satunya.

Last saya mau kasih soal cerita nih. Misal Anda punya serum dan essence di rumah, harus pakai yang mana hayoo? Serum saja? Essence saja? Atau keduanya? Kalau keduanya, serum atau essence duluan yang harus diaplikasikan? Jawabannya adalaaah tergantung pada jenis kulit Anda.

Untuk jenis sensitif maka gunakan essence dulu baru dilayer dengan serum. Sebaliknya untuk jenis kulit normal gunakan serum lebih dulu baru kemudian essence biar bisa dapat hasil yang glowing. Then say goodbye to kulit kusam dan kasar dan selamat datang kulit bersih bersinar! Hehe

Aturan umumnya sih gampang. Aplikasikan skincare dengan kandungan paling ringan terlebih dahulu. Kemudian disusul skincare yang lebih rich. Begitu seterusnya. Yang beda itu kalau Anda punya masalah kulit yang butuh perhatian khusus. Misal terlalu sensitif, kusam, kasar, dan sebagainya.

Untuk kategori kulit normal silakan ikuti petunjuk penggunaan seperti yang tertera pada kemasannya. Sementara bagi Anda yang memiliki beberapa keluhan tentang kulit yang cukup serius, silakan langsung berkonsultasi pada dokter spesialis kulit terlebih dahulu. Ke dokter ya, jangan ke selebgram! Hehe

Nah sekian dulu coretan untuk hari ini? Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah! Memiliki pertanyaan, kritik, atau saran? Langsung saja tinggalkan pesan di kolom komentar. Request artikel juga boleh banget. Yakin nggak mau komen? Komen yuk?! Xo ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Facial Essence, Menjawab Segala Rasa Penasaran yang Ada!"