Urutan Mandi yang Baik dan Benar


Tata cara mandi yang benar. Mandi adalah sebuah kegiatan membersihkan tubuh dari kotoran dan keringat menggunakan air dan juga sabun. Aktivitas harian ini memang sudah terdengar biasa di telinga. Namun tahukah teman-teman jika urutan mandi yang dilakukan oleh sebagian dari teman-teman selama ini ternyata masih SALAH?.

Waduh kenapa bisa salah. Kira-kira kenapa ya? Well, pada umumnya orang mandi tidak memakai urutan. Kadang semua langkah-langkah mandi dilakukan secara acak sesuai keinginan saja. Kadang keramas dulu, kadang juga gosok gigi dulu.

Apakah Anda juga melakukan hal yang sama yaitu jarang atau bahkan tidak pernah memperhatikan urutan mandi? 

Salah Mandi
Saya yakin sebagian besar dari teman-teman mandi dengan 'seenaknya' sendiri kan? Hehehe… Maaf bukannya saya asal menuduh. Maksud ‘seenaknya’ sendiri di sini adalah menggunakan cara alias aturan ala teman-teman sendiri gitu. 

Yaa wajar sih karena dulu saya juga begitu. Baru beberapa tahun belakangan ini mulai menerapkan urutan mandi yang dianjurkan oleh para ahli. Memang agak terlambat sih dapat informasinya. Tapi tak apalah selama pepatah “better late than never” masih berlaku. Hehe...

Saat kecil baik di rumah maupun di sekolah dari bangku SD sampai SMA tidak pernah ada guru yang mengajarkan tentang urutan mandi yang sehat. Jadinya ya mandi sebatas pakai sabun, pakai shampoo, gosok gigi, cuci wajah. Selesai.

Kalau ditanya urutan mandi ya jawabannya tidak ada urutan pasti. Usut punya usut nih TERNYATA urutan mandi yang benar adalah sebagai berikut :

1. Menyiram dari ujung kaki kanan dan kiri sampai dada,
2. Menyiram ujung jari tangan kanan dan kiri sampai pundak,
3. Menyiram kepala,
4. Menggosok gigi,
5. Mencuci rambut/keramas,
6. Membersihkan tubuh pakai sabun,
7. Mencuci muka.

Ada 7 poin yang telah disampaikan di atas, betul?. Coba Anda cek urutannya satu demi satu dan renungkan. Apakah urutan mandi yang selama ini Anda lakukan sudah mengikuti tata cara mandi seperti yang diuraikan di atas? Jawab dalam hati saja.

Sensasi Mandi dengan Urutan yang Benar
Ketika kita menyiramkan air dari ujung jari kaki hingga bagian dada maka tubuh akan merasakan sensasi merinding. Kemudian sehabis menyiram hingga kepala, biasanya akan terasa sensasi sedikit pusing di kepala. 

Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan oleh terjadinya proses pelepasan panas tubuh melalui pori-pori kulit kepala. Itulah sebabnya proses menyiram tubuh dengan air dingin ketika mandi perlu dilakukan secara perlahan dalam urutan yang benar agar tubuh tidak kaget. 

Urutan tersebut bertujuan agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kabar buruknya, jika Anda langsung menyiramkan air ke kepala maka ada kemungkinan terjadinya perubahan suhu yang terlalu drastis. 

Perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba tidak hanya akan membuat orang merasakan pusing. Lebih dari itu Anda juga bisa pingsan, bahkan ada yang lebih parah lagi. Menyiram kepala di pagi hari dengan air dingin (terlebih jika malam harinya Anda kurang tidur) bisa menyebabkan Anda mengalami kematian mendadak! Naudzubillah.

Beberapa masyarakat yang malas ribet pasti menolak untuk belajar membiasakan urutan mandi seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Padahal berdasarkan penelitian para ahli, urutan tersebut dianjurkan untuk membuat tubuh memiliki waktu untuk bersiap-siap. 

Ketika Anda bersikeras memaksa tubuh untuk secara tiba-tiba disiram dengan air dingin langsung dari kepala, kemungkinan terburuk yang dapat terjadi adalah kematian mendadak. Apa masih tetap mau melakukannya juga?!!.

Menambahkan keterangan di atas, menyiram tubuh mulai dari bagian tubuh terbawah hingga teratas bertujuan agar panas tubuh berpindah secara perlahan dari ujung kaki hingga ke pori-pori kulit kepala. Dari kepala panas itu akan dilepaskan ke luar tubuh.

Ketika panas tubuh telah keluar berarti tubuh telah siap untuk menerima perbedaan suhu (air) yang digunakan untuk mandi. Anda pun bisa masuk ke urutan mandi berikutnya tanpa rasa was-was dengan ancaman kematian mendadak akibat tubuh yang tidak siap dengan perubahan suhu drastis saat mandi.

Manfaat Mandi dengan Urutan yang Benar
Setelah mengaplikasikan tata cara mandi dengan urutan yang benar di atas secara teratur, tubuh Anda akan terasa lebih ringan dan segar. Semakin hari tubuh Anda akan semakin terasa fit dan bugar. Apalagi jika diimbangi dengan istirahat cukup, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, serta cukup berolahraga.

Topik tentang tata cara mandi memang terdengar sepele di telinga. Namun tahukah Anda bahwa kebaikan besar bisa dimulai dari hal yang terdengar kecil seperti melakukan mandi dengan urutan sesuai anjuran para ahli. Misalnya ya dari artikel urutan mandi yang benar ini.

Sekian dulu postingan tentang cara mandi yang benar kali ini. Semoga postingan ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Silakan share ke media sosial Anda dengan mengeklik tombol di bawah ini untuk menyimpan artikel.

Sumber : mikrobiologi dan imunologi Langone Medical Center, pengalaman pribadi.


(diens)

Posting Komentar untuk "Urutan Mandi yang Baik dan Benar"