Cara Membuat Kulit Glowing Secara Alami? Inilah Rahasia Sesungguhnya!

glowing skin

Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Melalui blog ini saya akan selalu berusaha untuk menyajikan artikel berfaedah untuk Anda. Nah, tema yang akan kita bahas hari ini yaitu tentang rahasia wajah glowing


Setuju kan untuk bahas tema ini? Well, sebetulnya apa yang dimaksud glowing skin? Banyak yang suka menyebut kata ini tapi belum tentu tahu artinya. Mending kita bahas satu per satu yuk mulai dari pengertian sampai tips untuk bisa memilikinya. Langsung ke TKP!!!

Glowing Skin Itu Apa?

Sejak kapan istilah glowing skin atau kulit glowing menjadi begitu populer di kalangan orang Indonesia, terutama yang memiliki passion di dunia kecantikan? Meski tidak ada definisi khusus di kamus yang menjelaskan maksud dari istilah glowing skin, izinkan saya untuk mencoba menjelaskannya dari segi bahasa sesuai konteks yang dibahas.

Dalam bahasa Inggris glowing berasal dari kata dasar glow yang berarti bersinar. Dengan tambahan -ing di belakangnya, kata glow berubah menjadi kata sifat (adjectiva) yang memiliki pengertian berpijar atau yang menyala-nyala. 

Berdasarkan kamus yang saya baca dan disandingkan dengan konteks yang sedang kita bahas, akan saya ambil sebuah definisi sederhana untuk istilah glowing skin.

Glowing skin adalah sebuah frasa yang menerangkan kondisi kulit seseorang yang tampak berkilau dan bersinar. Sederhananya kulit glowing adalah kulit yang kinclong, berkilau, dan merona dari dalam. Itulah definisi glowing skin yang saya pahami. Selanjutnya bagaimana cara agar kulit kita jadi glowing?

Apa Rahasia Wajah Glowing?

Kulit merupakan pakaian yang akan terus kita kenakan seumur hidup. Kondisi kulit kita ini sebenarnya juga mencerminkan seperti apa kondisi kesehatan tubuh kita sesungguhnya lho. Nah untuk itu kulit harus selalu kita jaga seutuhnya baik itu dari dalam maupun dari luar agar menjadi glowing alias berbinar. Langsung saja yuk saya kasih tahu tips-tips membuat kulit glowing secara alami.

1. Masker DIY

Apakah Anda familiar dengan istilah DIY? Pastinya dong! Tahu DIY kepanjangan dari apa? Daerah Istimewa Yogyakarta? Nice answer, jawaban yang tidak salah, tapi juga belum tepat. Hehe... Well, maksud dari DIY di sini adalah Do It Yourself alias lakukan sendiri. 

Jadi, masker DIY maksudnya adalah masker yang Anda buat sendiri di rumah alias bukan beli di minimarket sebelah. Nangkep ya? Perawatan masker wajah seperti ini termasuk salah satu rahasia wajah glowing para selebritis lho.

Masker alami DIY ini memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan masker pabrikan pada umumnya ya guys. Menurut Anda, sebaiknya saya menuliskan kelebihan masker DIY dibanding masker pabrikan juga atau tidak? 

Oke khusus hanya untuk pembaca setia blog ini saja ya. Menurut saya masker DIY lebih unggul karena beberapa faktor diantaranya:

  • masker alami dan segar,
  • mengandung banyak vitamin alami,
  • tidak mengandung bahan kimia buatan,
  • minim atau bahkan tanpa efek samping,
  • aman untuk semua usia kecuali bayi,
  • tersedia melimpah di sekitar kita,
  • bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit,
  • dan lain sebagainya.

Wah banyak banget kan kelebihan masker DIY untuk kulit Anda? Saya sendiri sudah cukup lama menggunakan masker seperti ini karena memang hasilnya benar-benar terlihat. Selain itu saya juga tidak perlu was-was dengan adanya efek samping. Pokoknya suka banget lah dengan masker DIY. Kalau Anda bagaimana, suka jugakah?

Bagaimana Cara Membuat Masker DIY?

Segudang manfaat dari masker DIY ini bisa Anda dapatkan dengan syarat tertentu. Tetap ya ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Eh tapi tenang guys, syaratnya sangat mudah dan sama sekali jauh dari kata ribet. 

Menurut referensi yang saya baca dari berbagai ahli kulit atau dermatologist, pembuatan masker DIY ini tidak bisa sembarangan. Kalau Anda membuatnya secara asal-asalan takutnya bisa berimbas negatif ke kulit. Jadi begitu ya.

Langkah pertama membuat masker DIY ialah menyiapkan bahan dasar. Bahan dasar ini bisa disesuaikan dengan jenis kulit kita masing-masing. Misalnya kalau Anda memiliki jenis kulit kering maka gunakan bahan dasar minyak zaitun. 

Misalnya Anda memiliki jenis kulit normal, bisa menggunakan buah pisang. Dan misalnya jenis kulit Anda berminyak maka tomat bisa dijadikan sebagai bahan dasar masker DIY yang cocok untuk Anda. Nangkep ya tentang bahan dasar?

Setelah menyiapkan bahan dasarnya, sekarang kita menuju ke langkah kedua yaitu menyiapkan bahan pelengkap. Kalau Anda bingung dengan bahan pelengkap ini, coba pikirkan saja tentang apa tujuan perawatan kulit Anda ini. Misalnya Anda ingin mencerahkan kulit, melembabkan, mengangkat sel kulit mati, dan sebagainya.

Untuk mencerahkan warna kulit, Anda bisa menggunakan buah pepaya. Sementara jika tujuan perawatan ini adalah untuk mengangkat sel kulit mati maka Anda bisa menggunakan serbuk kayu manis alias cinnamon

Nah, jadi seperti itu ya langkah pembuatan masker DIY yang baik dan benar versi saya. Kalau mengikuti prosedur ini insyaa Allah hasilnya lebih memuaskan. Ingat selalu dua langkah dasar untuk rahasia muka glowing mulus dengan masker wajah DIY;


  1. Menyiapkan bahan dasar sesuai jenis kulit,
  2. Menyiapkan bahan pelengkap sesuai tujuan perawatan Anda.


Itu tadi tips pertama untuk membuat kulit jadi glowing secara alami. Mudah apa sangat mudah? Kalau begitu sekarang langsung saja kita lanjut ke tips kedua. 

2. Tidur Cukup dan Berkualitas

Bermimpi untuk memiliki kulit glowing dan flawless hanya dengan krim sepertinya bagaikan mimpi di siang bolong guys. Serius! Inti dasar dari kulit glowing adalah tubuh yang sehat. Dari sini juga sudah jelas banget, poin yang harus ditekankan dalam proyek mendapatkan kulit glowing adalah meningkatkan kesehatan tubuh. 

Salah satu caranya yaitu berusaha mendapatkan durasi tidur yang cukup dan juga berkualitas setiap malam. Kira-kira ini sulit apa mudah? Ini relatif sih.

Waktu tidur adalah waktunya sel-sel beregenerasi sepanjang malam. Jika Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas maka proses regenerasi akan terhambat. Bukan itu saja, oksigenasi atau lalu lintas oksigen ke kulit juga ikut terhambat. 

Hasilnya? Lebih sulit untuk mendapatkan glowing skin pastinya. Justru yang terjadi keesokan harinya ketika Anda tidak mendapatkan durasi tidur yang cukup dan berkualitas adalah kulit yang tampak kusam dan layu. Ini betulan terjadi setiap saya habis begadang.

3. Olahraga

Mengapa olahraga itu penting untuk mendapatkan kulit yang glowing dan bersinar dari dalam? Begini guys, ketika kita berolahraga maka jantung akan berdenyut lebih cepat. Aliran darah juga menjadi lebih cepat dan lancar pada waktu yang bersamaan. 

Pada saat ini proses oksigenasi atau distribusi oksigen ke seluruh sel kulit juga berjalan beberapa kali lebih cepat. Selain itu aliran darah dan metabolisme tubuh pun semakin lancar. Dengan begitu distribusi nutrisi ke seluruh sel tubuh (dan termasuk sel kulit) serta pembuangan sampah tubuh juga akan berjalan sempurna. Excellent!

Oh iya berdasarkan literatur yang saya baca, olahraga juga bisa menghilangkan stress lho. Wah kok bisa sih, gimana ceritanya tuh olahraga hilangin stress? Well, caranya yaitu dengan menekan produksi hormon kortisol dalam tubuh. 

FYI, hormon kortisol ini juga dikenal sebagai hormon stress. Jadi kalau hormon ini terlalu banyak di dalam tubuh maka Anda bisa merasakan yang namanya stress berat. Stress berat juga merupakan faktor pendukung penuaan dini. 


Kalau begitu olahraga bisa membuat tubuh dan kulit menjadi jauh lebih sehat juga dong ya? Tepat sekali. Terus selain itu juga jadi lebih awet muda dong ya? Brilliant! Hehe... Kalau Anda merasa hidup ini berat, lebih baik dibawa olahraga say!

4. Hidrasi

Tubuh Anda 70%-nya terdiri dari cairan. Jumlah ini banyak atau sedikit? Banyak sekali kan? Ini artinya apa? Artinya jika ingin memiliki kulit sehat dan glowing maka kita harus sadar untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. 

Cara untuk memenuhi asupan cairan ini bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi air putih berkualitas dalam jumlah yang cukup. Artinya setiap kali merasa haus maka Anda wajib minum. Kalau bisa malah jangan sampai haus sudah minum duluan.

Menjaga asupan cairan tubuh dapat membuat kulit menjadi kenyal dan tetap memancarkan sinarnya dari dalam. Pokoknya jadi jauh dari kusam deh! 

Mengapa cairan bisa berefek ke kulit? Jadi selain menghidrasi atau melembabkan kulit dari dalam, air putih berkualitas juga akan membantu membuang racun melalui keringat dan urin, iya kan? Itulah kenapa air putih sangat penting untuk kecantikan kulit Anda.


Baca juga: Keajaiban Air Putih untuk Tubuh

5. Skin Care

Selain perawatan dari dalam dan juga masker DIY yang saya sebutkan di awal tadi, kulit Anda juga membutuhkan yang namanya skin care agar bisa tampil lebih maksimal lagi. 

Ada banyak sekali jenis skin care yang tersedia di pasaran dan Anda bisa memilih sendiri sesuai dengan jenis kulit Anda. Saya pribadi sih suka banget memakai skin care berbasis herbal alami karena menurut saya hasilnya lebih bagus.

Untuk bisa melihat hasil dari perawatan menggunakan aneka jenis skin care ini tipsnya hanya satu, yaitu melakukannya secara teratur. Jadi Anda harus konsisten dan rajin melakukannya setiap hari karena kalau rajinnya hanya di awal atau kadang-kadang maka semua akan percuma. Jadi begitu ya guys, pakai skin care secara teratur!

6. Tabir Surya

Last but not least. Tabir surya. Tabir surya atau sunblock atau sunscreen ini sangat vital untuk melindungi kulit dari berbagai pengaruh buruk sinar matahari kecuali kalau seumur hidup Anda tidak pernah keluar rumah sama sekali. Impossible dong! Masa ada orang yang di rumah terus selama 24 jam sepanjang tahun. 

Eh anyway meski Anda berada di dalam ruangan, sinar UV memiliki kemampuan untuk menerobos masuk ruangan lho dengan menembus kaca. Makanya jangan pernah abaikan yang namanya tabir surya guys! Gunakan tabir surya dengan SPF30 sudah cukup kok, terutama selama jam 10 pagi hingga 4 sore.


Baca juga: Apa Perbedaan Sunblock dan Sunscreen? Simak Jawabannya di Sini 

Well, demam kulit glowing membuat banyak orang berlomba untuk mendapatkannya. Sialnya, ada saja yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan dengan jualan krim berbahaya. Banyak dari krim ini yang bukannya membuat kulit jadi glowing bercahaya malah jadi putih pucat seperti mayat. 

Seram kan??? Untuk itu cobalah untuk mencari informasi yang relevan sebelum memutuskan tindakan tertentu. Terlebih keputusan itu berhubungan dengan kulit Anda.


Sekian artikel tentang cara membuat kulit jadi glowing secara alami dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa kembali di tulisan berikutnya yang insyaa Allah tidak kalah berfaedah. 


Selamat mencoba tips dari saya dan semoga berhasil! Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran silakan tinggalkan pesan di kolom komentar ya. Komen yuk?! ^_^



(diens)

2 komentar untuk "Cara Membuat Kulit Glowing Secara Alami? Inilah Rahasia Sesungguhnya!"

Comment Author Avatar
Anonim 20.55.00
I'm truly enjoying the design and layout of your blog.
It's a very easy on the eyes which makes it much more pleasant for me to come here and
visit more often. Did you hire out a designer to create your
theme? Superb work!
Comment Author Avatar
Hello there! Thank you for your appreciation. Yeah I hire out a designer to create the theme because I can't create it myself. Hehe

Silakan tulis komentar Anda di sini. Semua komentar akan ditampilkan kecuali yang mengandung unsur SARA, pornografi, spam, dan perjudian. Have a good discussion!

Klik kotak Notify Me (Beri tahu saya) untuk mendapatkan pemberitahuan saat saya membalas komentar Anda. Dan please jangan tinggalkan link aktif. Terimakasih ^_^

Regard,
-diens-