Cara Mudah Cegah Keriput dan Penuaan Dini Paling Terpercaya

penuaan dini adalah

Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Hari ini bahas tentang cara mencegah timbulnya penuaan dini ya?! Ayok sama-sama berjuang supaya penuaan datang pada waktunya, nggak usah cepat-cepat! Hihi...


Penelitian membuktikan bahwa sel kulit manusia beregenerasi setiap malam hari ketika tubuh ini beristirahat. Proses regenerasi merupakan faktor penting yang menentukan usia kulit seseorang. Jika regenerasi berjalan dengan lancar, maka kulit akan senantiasa berada pada penampilan terbaiknya sepanjang waktu. 

Akan tetapi sial besar bagi Anda jika selama ini tidak begitu peduli pada proses biologis ini. Tahukah Anda? Proses regenerasi sel yang terhambat akan membuat kulit Anda tampak jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Maukah? Saya yakin tidak.

Selain kurang sedap dipandang, penampilan kulit yang jauh lebih tua dari usia sebenarnya  juga akan menurunkan rasa percaya diri Anda. Sebenarnya apa saja sih hal yang menyebabkan penuaan dini? Siap-siap ya membahas hal ini akan panjang dan lebar.

Faktanya, era milenial sangat dekat dengan yang namanya polusi udara. Apesnya, polusi sebagai faktor terjadinya penuaan dini merupakan sebuah kenyataan yang tidak dapat dielakkan lagi. Parahnya lagi ternyata masih banyak faktor pemicu lain yang harus diperhatikan jika tidak ingin kulit keriput sebelum waktunya.

Berdasarkan literatur kesehatan yang banyak saya baca selama ini, salah satu penyebab penuaan dini terjadi adalah karena aksi pembiaran yang berketerusan. Belum banyak orang yang mau tahu dan telaten merawat dirinya sebelum mimpi buruk itu terjadi. 

Sebaliknya, kebanyakan orang baru mulai merasa panik dan mencari berbagai rahasia melawan penuaan ketika semua itu mulai terlambat. Maka dari itu ada baiknya Anda melakukan beberapa saran di bawah ini agar tidak mengalami hal yang serupa.

Apa saja yang dapat kita lakukan untuk menunda keriput di usia muda? Ada banyak cara yang direkomendasikan oleh para ahli kecantikan namun dari semua itu saya memilih untuk menyarankan tips versi saya di bawah ini. 

Mari cegah keriput sebelum terlambat dengan mempraktekkan tips alami ini. Oh iya untuk yang sudah terlanjur mengalami keriput, tidak ada salahnya untuk mencoba tips menghilangkan keriput secara alami berikut.

1. Tidur Terlentang

Secara umum orang memang tidur dalam posisi terlentang. Akan tetapi tidak sedikit juga orang yang merasa nyaman tidur dengan berbagai posisi unik seperti miring, meringkuk, atau bahkan tengkurap. Waahhh padahal ini kebiasaan buruk sekali lho! 

Sudah tahukah Anda? Kebiasaan tidur dalam posisi tersebut dapat merangsang terbentuknya jaringan keriput di wajah dengan lebih cepat. Bagaimana prosesnya? 


Sederhananya, saat tidur dengan posisi wajah meringkuk maka kulit akan bersentuhan dengan bantal. Pagi harinya akan didapati pola garis di wajah. Jika hal ini berlangsung terus-menerus maka keriput yang sesungguhnya akan benar-benar terjadi.

Sebaliknya, menurut pengalaman saya, tidur terlentang bisa membuat Anda awet muda. Posisi tidur ini akan membuat wajah berada pada posisi proporsional. Selain itu posisi tidur terlentang akan menghindarkan Anda dari garis di wajah bekas bantal.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari di Jam Tertentu

Sinar matahari juga merupakan faktor penyebab penuaan dini lainnya di samping radikal bebas. Jika sinar UV A lebih bertanggungjawab pada terbakarnya kulit yang terpapar, sinar UV B lah yang bertanggungjawab pada terjadinya mutasi pada sel kulit, kanker, dan juga termasuk di dalamnya penuaan dini.

Jika Anda menginginkan kulit yang terbebas dari masalah penuaan dini, saya menyarankan untuk menghindari paparan sinar matahari di jam tertentu. Jika Anda terpaksa harus berinteraksi dengan sinar matahari langsung maka pakailah tabir surya yang mencukupi.

Baca juga: Fakta Tentang Sunscreen yang Penting untuk Diketahui

3. Gunakan Tabir Surya

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya bahwa sinar ultraviolet memiliki dampak buruk untuk kulit. Di sini tabir surya akan berperan sebagai tameng pelindung yang mampu menangkal penetrasi sinar UV berlebih pada kulit. 

Jangan lupa untuk membeli tabir surya dengan kualitas yang baik, telah lolos uji BPOM dan MUI untuk menghindari adanya efek samping yang tidak diinginkan.


Baca juga: Apa Perbedaan Sunblock dan Sunscreen?

4. Tidak Merokok

Jika ada pertanyaan yang harus saya lontarkan terkait rokok, mungkin itu adalah "Adakah manfaat rokok untuk kebaikan tubuh Anda meski cuma satu?". Ya, karena sepengetahuan saya rokok hanya sebatang 'racun' yang dijual secara legal. 

Di dalam rokok terdapat berbagai zat berbahaya yang tidak hanya dapat mengganggu kesehatan tubuh, akan tetapi lebih dari itu. Efek samping rokok salah satunya adalah menyebabkan wajah tampak bertahun-tahun lebih tua dari usia sebenarnya.

Anda masih bertanya-tanya apakah merokok dapat menyebabkan penuaan dini? Tidak percaya kalau rokok menyebabkan penuaan dini? Silakan perhatikan kawan Anda yang notabene merupakan perokok aktif. Bagaimana penampilan kulit mereka? 

Yap, silakan dijawab dalam hati masing-masing. Fakta di lapangan tersebut akan menjawab pertanyaan Anda. Intinya, jika Anda benar-benar ingin mendapatkan penampilan kulit yang awet muda sebaiknya jauhi rokok sekarang juga.

5. Tidur Cukup

Tidur cukup membuat awet muda? Iya benar. Tubuh manusia akan mengalami puncak proses regenerasi pada saat mereka istirahat di malam hari. Maka bukan tanpa alasan jika saya menyebutkan tidur cukup sebagai cara menunda keriput. 

Proses regenerasi sel-sel tubuh yang berjalan dengan optimal akan mendukung program awet muda Anda sepenuhnya. Saya harap Anda tahu jika ini bukanlah sekedar isapan jempol belaka.


Baca juga: Akibat Kurang Tidur, Mulai Kantung Mata Hingga Keriput

6. Konsumsi Ikan

Mengkonsumsi bahan pangan yang kaya akan kandungan omega 3 juga akan membantu mempertahankan kekenyalan kulit Anda lebih lama. Dengan kulit yang senantiasa kenyal, otomatis keriput tidak bisa menampakkan dirinya di wajah Anda. 

Salah satu ikan yang dikenal mengandung omega 3 dalam jumlah besar adalah salmon. Maka tidak ada salahnya untuk memasukkan menu salmon ke dalam makanan sehari-hari Anda mulai sekarang. Sekalian belajar memasak, iya kan?

7. Makan Kedelai

Kedelai sangat kaya akan kandungan protein nabati, semua orang tahu itu. Akan tetapi selain protein nabatinya yang bisa menyehatkan tubuh, di dalam kedelai juga terdapat sebuah zat yang merupakan sahabat bagi kecantikan. Yes, dia adalah isoflavon. 

Kedelai rebus merupakan sumber isoflavon terbaik di dunia. Anda bisa mendapatkannya di daerah pedesaan. Biasanya penjual jajanan di pasar tradisional banyak menjual kedelai rebus dan juga susu kedelai hangat di pagi hari. Cusss beli kuyyy?!.

8. Kakao

Apa itu kakao? Apakah maksudnya adalah coklat? Iyes Anda tidak keliru sama sekali. Kakao yang saya maksudkan di sini adalah coklat. Coklat memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat dalam menangkal terbentuknya radikal bebas penyebab penuaan dini. 

Konsumsilah coklat murni tanpa tambahan pemanis ataupun susu. Jika Anda ingin mendapatkan sedikit rasa manis, Anda bisa menambahkan madu murni ke dalam minuman coklat Anda. Atau jika tidak suka madu, gula jagung rendah kalori juga bisa dipilih.

9. Sayur dan Buah

Kandungan vitamin, mineral, dan juga enzim aktif di dalam buah dan sayur merupakan senjata terampuh untuk mencegah penuaan dini dan keriput. Bukan hanya menundanya untuk sementara waktu, dengan konsumsi buah dan sayur secara teratur setiap hari bukan tidak mungkin Anda mendapatkan penampilan bak ABG bahkan di usia 40-an. 

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat buah dan sayur adalah dengan mengkonsumsinya begitu saja dalam keadaan mentah. Jika harus memasaknya maka jangan terlalu lama agar enzim di dalamnya tidak hancur.

10. Gunakan Pelembab

Menjaga kelembaban kulit juga tidak kalah pentingnya jika Anda sedang dalam program menunda keriput. Kulit kering akan lebih mudah mengalami keriput. Gunakanlah pelembab sesuai jenis kulit Anda setiap hari. Memilih pelembab kulit (termasuk pelembab wajah dan tubuh) berbasis alami merupakan pilihan bijak.

Baca juga: Cara Merawat Kulit Sebelum Tidur Malam

11. Suplemen Kulit

Poin terakhir ini mungkin tidak terlalu diharuskan untuk dilakukan. Akan tetapi jika Anda memiliki alokasi dana untuk suplemen, maka tidak ada salahnya juga untuk melakukannya. 

Konsumsilah suplemen kecantikan kulit berbasis herbal dengan kandungan zat yang mampu merangsang pembentukan kolagen dari dalam. Ini akan bekerja menunda munculnya keriput di kulit Anda sekaligus merawatnya agar tetap kenyal. 

TIPS TAMBAHAN

Selain berbagai tips yang sudah dijabarkan dengan panjang lebar di atas, ada dua tips tambahan yang tidak kalah penting untuk dilakukan. Jika Anda benar-benar ingin memiliki kulit yang jauh dari penuaan dini, milikilah jiwa yang tenang serta pikiran yang damai.

Untuk itu saya menyarankan Anda untuk melakukan relaksasi atau yoga serta olahraga secukupnya secara teratur setiap hari. Mudah atau sangat mudah? Sangat mudah!


Baca juga: Cara Menjadi Awet Muda, Nomor 3 Sering Diabaikan 

Nah, seperti itulah tips mencegah penuaan dini secara alami yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Saya harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba tips saya dan semoga berhasil yaa?! Sampai jumpa kembali di tulisan menarik berikutnya. 

Memiliki pertanyaan, saran, maupun kritik terkait tulisan ini? Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. Yakin, nggak comment?! ^_^



(diens)

Kata kunci terkait:
mencegah keriput sejak dini
tips mencegah keriput secara alami
bagaimana cara mencegah keriput
mencegah wajah keriput secara alami
cara mencegah terjadinya keriput
cara mencegah timbulnya keriput

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Cegah Keriput dan Penuaan Dini Paling Terpercaya"