Masker DIY Untuk Kulit Kering

masker alami untuk kulit kering

Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Hari ini kita seru-seruan bareng yuk?! Mau apa coba tebaaak...?! Hari ini saya akan meracik masker DIY untuk merawat kulit yang kering. Siapa yang tipe kulitnya kering cobaa? Ada?? 


Good news for you guys, hari ini kebetulan saya sedang ingin membahas tentang perawatan kulit yang cocok untuk kulit kering. Terutama untuk kulit wajah. Tongkrongin terus di sini ya, siapkan cemilan buat teman baca. Hihi

Kadang orang sering salah membedakan antara kulit kering, kulit normal, atau kombinasi. Termasuk saya juga pernah ada di masa di mana I do not really understand about this. Please kenapa harus ada begitu banyak jenis kulit. 

Hmm tapi setelah direnungkah (halah!) kalau saya tidak mau belajar maka saya tidak akan pernah mendapatkan ilmunya. Artinya? Saya akan stuck di sana dengan kondisi kulit yang bisa dikatakan jauh dari bagus. 

Baiklah... Jadiii keputusan paling tepat adalah selalu mau belajar ilmu yang bermanfaat dan tidak pernah merasa pintar. Yuk ah lanjut belajar pengetahuan tentang perawatan kulit kering secara alami, biar makin kece. Hihi

Kulit kering memiliki ciri khas kusam dan bersisik atau retak-retak. Pada kondisi kekeringan yang sudah sangat parah bahkan kulit akan sampai mengelupas. Seseorang bisa saja memiliki kulit kering bawaan sejak lahir. 

Akan tetapi Anda yang saat ini memiliki tipe kulit cenderung berminyak juga bisa mengalami fase kering seiring berjalannya waktu. Seriusan! Biasanya kulit berminyak akan berubah menjadi kering ketika menginjak usia paruh baya (tua).

Masalah yang biasa menimpa kulit kering meliputi kulit yang terkelupas, rasa sakit dan perih pada kulit, kulit terasa kaku seperti ditarik, dan lain sebagainya. Wah asli sedih banget deh kalau pas kulitnya kayak gitu. Tapi tenanggg guys, ada banyak jalan yang bisa dipakai untuk mengatasi semua itu. 

Anda bisa memilih cara mana yang paling Anda sukai dan jangan lupa pastikan harus sesuai dengan kebutuhan kulit ya. Untuk kulit wajah, Anda bisa menggunakan masker DIY yang terbuat dari bahan alami ala saya. 

Masker alami untuk kulit kering ini menggunakan bahan segar dari alam yang mampu memberikan kelembabkan ekstra pada kulit kering Anda. Speaking of which, adakah yang tahu mengapa kulit seseorang bisa begitu kering?

Penyebab Kulit Kering

Ini beberapa biang kerok yang saya ingat ya. Maafkeun kalau salah. Ehemm,, paparan udara panas yang terjadi setiap hari, atau juga suhu udara yang terlalu dingin, faktor usia, juga bahan kimia tertentu bisa memicu kulit menjadi kering. 

Selain beberapa faktor penyebab yang telah disebutkan di atas, kekeringan di kulit juga bisa menjadi pertanda awal akan adanya penyakit tertentu. Nama penyakit untuk kondisi kulit yang sangat kering adalah dermatitis.

Jadi, perlu diagnosa yang tepat sebelum memilih treatment. Khusus teristimewa untuk Anda yang kulit keringnya sudah parah level dungpret, langsung cusss ke dokter spesialis kulit deh. Biar dapat perawatan yang cocok. Nah, kalau keringnya masih biasa, bisa pakai perawatan ala Diens ini. Hehe

Perawatan Untuk Kulit Kering

Hal utama untuk mengatasi masalah kulit kering adalah memperhatikan supply cairan tubuh agar tetap terjaga dan juga penggunaan pelembab yang tepat. Dengan selalu mengkonsumsi cairan dalam jumlah cukup (terutama air putih berkualitas) serta mengaplikasikan pelembab sesuai kebutuhan kulit maka kondisi kulit kering akan terbantu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik pada kulit wajah Anda bisa melakukan masker wajah seminggu dua kali.

Masker DIY Untuk Kulit Kering

Masker DIY adalah salah satu masker favorit saya. Setiap kali memiliki banyak waktu luang pasti saya akan meracik sendiri masker untuk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit saya. Sekarang saya mau membagikan sedikit resep masker DIY untuk kulit kering.

1. Virgin Coconut Oil

Seperti biasa kita harus menyiapkan bahan dasarnya dulu. Bahan basic untuk si kulit kering kita punya minyak kelapa atau virgin coconut oilKenapa minyak kelapa cocok untuk si kulit kering? Minyak kelapa bersifat bersifat emollient. Artinya dia punya kemampuan untuk menahan kelembaban di kulit dengan baik. 

Hanya saja minyak kelapa memiliki sifat comedogenic maka dari itu tidak cocok bagi mereka yang memiliki tipe kulit berminyak. Minyak kelapa juga punya campuran asam lemak yang akan digunakan oleh kulit untuk memperbaiki permukaannya agar jadi lebih baik. That's about virgin coconut oil.

2. Susu Murni

Bahan selanjutnya untuk masker kita hari ini adalah susu murni. Susu punya kandungan kalsium yang akan memperbaiki kerusakan di kulit kering. Selain itu kandungan asam laktat di susu juga akan membantu membuang sel kulit mati di kulit kita. Pakai susu murni tanpa gula ya untuk mendapatkan hasil maksimal. Mau pakai susu yang cair atau susu bubuk bisa semua.


3. Pisang

Last but not least! Kita butuh yang namanya buah pisang. Pisang bisa melembabkan kulit dengan baik lho dears. Gunakan pisang yang sudah benar-benar masak di pohon untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. 

Di dalam buah pisang terdapat vitamin E yang akan beraksi sebagai antioksidan yang menggempur radikal bebas. Sementara itu kandungan vitamin A di dalam pisang akan menyamarkan noda hitam.

Cara Pemakaian

Pertama, siapkan mangkok yang kering dan bersih untuk menampung masker kita. Kedua, hancurkan pisang dengan garpu atau sendok atau bisa juga pakai blender. Jangan sampai terlalu hancur banget ya nge-blend-nya karena bisa merusak enzim di dalamnya. 

Nah sekarang campurkan pisang lumat, susu murni, dan minyak kelapa. Takarannya bisa disesuaikan ya kira-kira adonannya berbentuk pasta kental gitu. Aplikasikan pakai kuas dan biarkan di wajah selama 10 menit jangan dikipasi atau apapun. 

Kalau sudah 10 menit berlalu sekarang bersihkan masker di wajah pakai tissue dulu. Habis itu biarkan dan rasakan sensasi yang kalian rasakan usai melakukan perawatan DIY ini. Jangan langsung dibilas pakai air ya dears, tunggu sekitar 10 menit lagi sampai nutrisi masker ini benar-benar meresap ke dalam kulit kita.

Efek Masker Alami untuk Kulit Kusam karena Kering

Rasanya setelah melakukan perawatan dengan masker untuk kulit kering mengelupas ini kulit yang sebelumnya kering kerontang dan mengelupas dan pecah-pecah di sana-sini akan berubah menjadi lebih halus dan lembut! 

Kulit yang kering-kering di wajah itu akan terkelupas dengan sendirinya secara lembut tanpa rasa pedih sedikitpun. Poin penting dari perawatan mandiri dengan bahan alami adalah tidak akan menimbulkan efek samping yang merugikan kita. Sehat banget plus hemat! Hihi...

Saran Perawatan

Bahan seperti pisang bisa diganti dengan bahan lain ya guys. Silakan disesuaikan dengan tujuan perawatan kulit yang Anda mau. Kalau di artikel ini kan tujuannya supaya kulit lebih lembab, lebih lembut, plus mengurangi flek gelap di kulit. Misalnya kalau Anda sedang ingin mencerahkan kulit wajah maka pisang bisa diganti dengan pepaya. 

Perawatan wajah ini bisa diulangi sebanyak dua kali dalam seminggu. Lakukan sesuai dengan saran yang diuraikan di sini ya untuk hasil yang maksimal. Anda punya pengalaman terkait masker DIY untuk kulit kering? Atau punya pertanyaan? Boleh yuk tulis di kolom komentar?!

Semoga tulisan ini bermanfaat. Nantikan terus artikel menarik berikutnya hanya di blog SEHAT-CANTIK-BAHAGIA. Selamat mencoba tips ala saya & good luck for you all guys! Xo ^_^


(diens)

2 komentar untuk "Masker DIY Untuk Kulit Kering"

Comment Author Avatar
Anonim 00.17.00
Undeniably believe that which you stated. Youur favorite justification appeared too be on the net
the easiesst factor to remember of. I say to you, I
definitely get annoyed even as other folks think about concerns that they just do not recognise about.
You managed too hit the nail upon the top and also outlined out the entire thing with no need side-effects , other people
can take a signal. Will probanly bbe back to get more.
Thank you
Comment Author Avatar
Hello there! Thank you for your comment. I am so glad to hear that positive feedback from you. I think I just found a spirit to share more about what I know by read your comment. Haha.

Silakan tulis komentar Anda di sini. Semua komentar akan ditampilkan kecuali yang mengandung unsur SARA, pornografi, spam, dan perjudian. Have a good discussion!

Klik kotak Notify Me (Beri tahu saya) untuk mendapatkan pemberitahuan saat saya membalas komentar Anda. Dan please jangan tinggalkan link aktif. Terimakasih ^_^

Regard,
-diens-