Scrub Kopi DIY Ampuh Membuat Kulit Lebih Halus dan Cerah Selamanya

cara memutihkan kulit dengan kopi

Assalamualaikum, selamat datang di azkiarafanada.blogspot.com. Hari ini saya akan bahas soal tips perawatan kulit rumahan.

Kulit sehat, halus, dan cerah adalah impian saya sejak mulai memasuki usia pubertas. Apakah ada yang memiliki impian yang sama? 

Alhamdulillah cara yang saya tempuh untuk mewujudkan mimpi ini  pada umumnya adalah teknik DIY menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar. 

Selain mudah didapatkan, cara ini juga jauh lebih aman untuk kulit. Dengan syarat dilakukan menurut panduan yang benar ya.

Perlu diketahui, kulit Anda mengalami proses regenerasi setiap hari. Lebih tepatnya lagi di setiap malam hari ketika Anda tengah tidur. 

Apesnya, proses regenerasi kulit akan menyisakan residu bernama sel kulit mati. Jika dibiarkan, sel ini akan menumpuk dan menyebabkan berbagai masalah kulit.

Masalah paling sederhana yang mungkin muncul adalah kulit Anda akan berubah jadi lebih kusam. Adakah yang pernah mengalaminya?

Nah, di sini proses scrubbing menjadi sangat penting. Apakah yang dimaksud dengan scrubbing?  Mengapa scrubbing penting untuk kulit? 

Apa hubungannya antara sel kulit mati yang menumpuk dengan scrubbingMulai banyak pertanyaan berseliweran. Yuk coba cari jawabannya.

Scrub secara bahasa mempunyai arti "menggosok". Dalam konteks perawatan kulit bisa dipahami sebagai proses menggosok permukaan kulit menggunakan media tertentu. 

Perawatan ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Kulit akan tetap halus dan awet muda serta terhindar dari jerawat.

Bahan Dasar Scrub Kopi DIY

Hal pertama kali yang harus Anda persiapkan sebelum meracik media perawatan kulit DIY adalah bahan dasar alias basic ingredients

Kali ini bahan dasar yang akan kita pakai yaitu extra virgin olive oil atau minyak zaitun grade A alias minyak zaitun murni perasan pertama. 

Saya gunakan dari merk HPAI, selain halal merk ini juga menawarkan kualitas premium dengan harga terjangkau. Saya selalu pakai merek ini.

Saya sangat menyarankan untuk menggunakan EVOO (Extra Virgin Olive Oil) dibanding minyak lainnya. Jika sulit mendapatkan minyak zaitun grade A maka boleh pakai minyak zaitun merk apa saja yang mudah ditemukan.

Minyak zaitun sangat cocok untuk digunakan sebagai basic ingredients dalam scrub, baik itu lulur wajah maupun lulur badan. 

Kandungan pelembab alami di dalamnya akan menenangkan kulit dan membuatnya lebih siap untuk menerima perawatan berikutnya. 

Selain itu zaitun juga bisa mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi di kulit Anda lho dengan sifatnya yang menenangkan. 

So, ini akan lebih aman dan ramah untuk kulit. Oke next, kita siapkan bahan utamanya yaitu kopi murni.

Kenapa Pakai Kopi?

Kopi lebih banyak dikenal luas sebagai salah satu bahan minuman dengan jumlah penggemar fanatik yang bisa dibilang lebih dari berlimpah. Termasuk saya.

Alih-alih ingin tetap memanfaatkan si biji hitam ini, saya berinisiatif untuk meraciknya menjadi scrub kopi DIY.

Tahukah Anda? Kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat melancarkan peredaran darah pada pembuluh darah di bawah kulit. 

Tentu ini bagus dong untuk mengurangi kemunculan lemak tak diharapkan di sana seperti selulit. Hayoo jujur, pernah kesel sama selulit kan? Hehe

Siapa yang juga kurang suka terhadap guratan lemak putih di bawah kulit ini? Saya harap bukan hanya saya seorang yang sebal sama selulit.

Kopi akan membantu agar selulit di bawah kulit kita "meleleh" dan kemudian hilang. Seperti itulah manfaat kopi untuk menghilangkan selulit. Asyik kan?

Selain melancarkan peredaran darah, kafein juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki sel kulit yang meradang. Peradangan ini bisa terjadi karena jerawat ataupun juga terbakar sinar matahari. 

Oh iya kulit yang terlalu kering juga bisa mengalami peradangan. Kabar baiknya, scrub DIY kita ini bisa membantu meringankan kondisi tersebut. 

Tahukah Anda bahwa di dalam biji kopi juga terdapat kandungan vitamin E? Vitamin ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat sebagai sebuah vitamin yang mampu mempertahankan kekenyalan kulit. Membuat kulit selalu awet muda. 

Tahu lah ya produk vitamin E yang iklannya sering muncul di televisi itu? Lalu scrub kopi juga ampuh mengurangi bau badan kurang sedap. Wah!

Exfoliator

Eksfoliator adalah bahan untuk mengelupas sel kulit mati secara lebih efektif. 

Saya biasa menggunakan gula pasir yang ditumbuk ulang agar menjadi lebih halus sebagai salah satu bahan peeling DIY. Kenapa harus ditumbuk ulang?

Baca juga:

Cara Membuat Krim Peeling Wajah DIY

Butiran gula pasir yang dijual di pasaran pada umumnya berukuran cukup besar dan memiliki efek yang terlalu keras untuk kulit. 

Gula pasir ini tidak cocok ya untuk jenis kulit sensitif atau super sensitif. Kopi saja sudah cukup kok untuk mengeksfoliasi kulit Anda yang sensitif itu. Hihi...

Baca juga:

Facial Wajah Sesuai Jenis Kulit, Jangan Salah Pilih!

Gunakan semua bahan murni ya teman-teman, termasuk minyak zaitun pilihlah yang EVOO. Kopinya juga. Gunakan kopi MURNI tanpa bahan campuran.

Zaman sekarang kopi bermerek juga tidak jaminan murni 100% lho ya. Tetaplah waspada dan pandailah memilih produk! Hehe

Cara Membuat Scrub Kopi dan Tips Menggunakannya

Bagaimana cara membuat scrub kopi sendiri? Begini caranya; 
  1. Siapkan mangkuk kaca bersih dan kering,
  2. Masukkan kurang lebih 2 sendok makan minyak zaitun, 
  3. Tambahkan 2 sendok makan kopi murni, 
  4. Tambahkan 1 sendok makan gula pasir,
  5. Aduk rata hingga semua bahan tercampur menjadi adonan pasta kental. 
Jika adonan dirasa terlalu pekat sesudah diaduk maka Anda bisa menambahkan minyak zaitun secukupnya. 

Sebaliknya, jika adonan dirasa terlalu encer maka Anda bisa tambahkan lagi bubuk kopi. Sekarang scrub kopi home made siap untuk digunakan! Simak caranya.

Cara Memutihkankan Kulit dengan Kopi

Bagaimana cara menggunakan scrub kopi untuk badan dan wajah? 

Meski scrub ini buatan sendiri, cara menggunakannya tidak ada bedanya kok dengan cara pakai scrub pabrikan yang ada di pasaran. 

  1. Basahi kulit tubuh yang akan di-scrub dengan air suhu ruang. 
  2. Lap dengan handuk agar kulit tidak terlalu basah. 
  3. Dalam kondisi kulit masih lembab, sapukan scrub kopi DIY secara merata.
  4. Tunggu hingga setengah kering.
  5. Gosok-gosok scrub dengan gerakan memutar dan lembut.
  6. Basuh badan menggunakan air bersuhu normal. 
  7. Tepuk-tepuk permukaan kulit menggunakan handuk lembut hingga kering.
  8. Gunakan pelembab favorit Anda saat kondisi kulit masih lembab.
Baca juga:
Kapan Waktu Terbaik untuk Luluran?

Review Scrub Kopi

Voila! Perawatan kulit rumahan ala Diens sudah selesai. Hasilnya adalah;
  1. Kulit terasa jauh lebih halus,
  2. Dua kali lipat lebih cerah dari sebelumnya,
  3. Tampak berkilau,
  4. Tidak perih berkat campuran extra virgin olive oil,
  5. Ada sensasi enteng dan ringan di kulit.
Jika perawatan ini dilakukan secara teratur maka bukan hal yang mustahil jika kulit Anda akan menjadi lebih mulus dan cerah selamanya. 

Siapa yang mau??? Tips terbaik dari saya untuk mendapatkan manfaat maksimal adalah lakukan secara teratur dua hari sekali atau seminggu dua kali.

Banyak orang ingin mendapatkan hasil bagus dalam waktu cepat. Berhati-hatilah!

Obsesi yang terlalu menggebu seperti ini tidak jarang justru akan membuat Anda terjerumus dalam penawaran-penawaran produk yang tidak masuk akal.

Padahal secara keilmuan (bahkan ilmu kedokteran sekalipun) mengakui bahwa cara alami akan memberikan hasil akhir yang terbaik dibanding cara instan.

Dengan konsistensi yang terjaga maka Anda akan melihat perubahan yang signifikan pada kulit Anda dalam waktu yang relatif singkat. 

Saya sendiri bahkan mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan sejak pemakaian pertama. So, let's try it and be amazed! 

Sekian yang bisa saya bagikan hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah! 

Jika Anda memiliki pertanyaan, kritik atau saran terkait coretan ini silakan corat-coret di kolom komentar. Komen yuk?! Xoxo ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Scrub Kopi DIY Ampuh Membuat Kulit Lebih Halus dan Cerah Selamanya"