Tips Mudah Agar Kentut Tidak Bau Busuk

bagaimana cara agar kentut tidak bau busuk

Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Hari ini kita akan seru-seruan membahas tentang kentut. Iya Anda tidak salah dengar kok! Hehe... Saya akan mengupas tips agar kentut tidak bau dan juga tidak banyak. 

Hayooo siapa di sini yang merasa sering banget kentut dengan repetisi tinggi? Tidak masalah! Tips ini akan segera mengakhiri kebiasaan tersebut. Baca tulisan ini dengan seksama dan jangan lewatkan satu informasipun. Here you are!

Kentut

Kentut adalah istilah untuk gas yang diproduksi di dalam saluran pencernaan. Gas ini bisa berasal dari reaksi kimia yang terjadi dari makanan yang memicu timbulnya gas, atau bisa juga dari udara yang ikut tertelan ketika Anda mengunyah makanan.

Gas yang terabsorbsi di dalam usus ini bisa menjadi penyebab perut kembung dan kentut terus menerus. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, kentut akan terakumulasi lebih banyak ketika Anda tidak mengunyah makanan dengan baik. Ketika Anda tidak mengunyah makanan dengan baik maka makanan akan tiba di usus dalam bentuk potongan-potongan yang masih besar.

Padahal lambung manusia hanya dapat mencerna makanan dengan ukuran yang kecil. Maka ketika Anda tidak mengunyah makanan tersebut hingga lumat, makanan akan menuju usus besar dalam bentuk awalnya. 

Di dalam usus makanan tersebut kemudian mengalami pembusukan yang disertai dengan terbentuknya gas. Hal ini kemudian memicu terbentuknya gas yang berbau busuk dalam jumlah lebih banyak. Hasil akhir dari proses panjang tersebut adalah kentut yang banyak dan bau busuk. Waduh!

Sering Kentut Gejala Apa?

Ada banyak orang yang bertanya-tanya tentang dirinya yang sering sekali buang gas alias kentut. Dia merasa frekuensi kentutnya berada di atas ambang kenormalan. Kentut yang terlalu sering memang sangat mengganggu dan bisa jadi merupakan pertanda dari adanya suatu penyakit. 

Untuk itu Anda perlu menelaah lebih lanjut kebiasaan tersebut dan mencari tahu apa yang memicu adanya gas berlebihan dalam usus tersebut.

Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu gas berlebih di usus. Diantaranya:
1. Makan sambil berbicara,
2. Makan makanan yang sulit dicerna,
3. Makan dan minum minuman berkarbonasi, dan lain sebagainya. 

Jika Anda sering kentut, belum tentu itu merupakan gejala suatu penyakit berbahaya. Bisa jadi sering kentut yang Anda alami itu adalah akibat dari beberapa kebiasaan yang baru saja saya sebutkan.

Coba sekarang Anda cek kembali kebiasaan makan dan minum yang sebelumnya sering Anda lakukan. Apakah Anda tidak pernah makan sambil berbicara? Apakah Anda telah mengunyah makanan dengan baik? 

Jika kebiasaan makan dan minum Anda sudah baik tapi masih saja kentut secara berlebihan, bisa jadi kondisi kesehatan Anda terganggu. Akan tetapi jika Anda memang masih suka melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas, wajar saja kalau Anda jadi suka kentut secara berlebihan dan berbau menyengat. 

Bagaimana Cara Agar Kentut Tidak Bau?

Apakah Anda ingin tahu caranya agar kentut tidak berbau busuk? Cocok sekali. Saya kebetulan punya beberapa tips mudah yang bisa Anda coba untuk mengurangi frekuensi kentut sekaligus membuatnya tidak berbau busuk. Penasaran bukan? Langsung saja ya Anda uraikan satu demi satu sekaligus detail penjelasannya.

Kunyah

Semua orang tahu jika makanan harus dikunyah sebelum ditelan. Selain dapat melukai lambung, makanan yang tidak dikunyah dengan baik ternyata merupakan faktor penyebab terbentuknya bau busuk pada kentut. 

Tidak percaya? Mari Anda simak uraian penjelasan ilmiahnya. Ketika makanan tidak dikunyah dengan baik, makanan akan menuju usus besar dalam bentuk potongan-potongan. Bakteri yang berada di usus besar akan membuatnya membusuk dan terfermentasi. Inilah yang membuat kentut Anda bau busuk.

Untuk menghindari bau kentut yang menyengat ini, Anda dapat mencegahnya dengan selalu mengunyah makanan dengan baik. Cara ini sudah saya aplikasikan dalam kebiasaan makan sehari-hari dan hasilnya memang benar terlihat.

Makanan Bau

Tips kedua dari saya adalah dengan menghindari berbagai makanan dengan aroma menyengat. Contohnya telur, jengkol, dan juga daging hewan berkaki empat. Secara logika, aroma menyengat yang terdapat dalam makanan pasti akan ikut masuk ke dalam sistem pencernaan Anda. 

Misalnya ketika Anda mengkonsumsi telur maka gas yang keluar dari usus juga akan beraroma telur. Jika Anda ingin menghindari kentut yang berbau maka hindarilah konsumsi makanan dengan aroma menyengat.

Tips Tambahan

Sementara Anda telah mempraktekkan tips agar kentut tidak lagi berbau busuk, Anda juga bisa mencoba tips lain untuk mengurangi frekuensi kentut Anda. Meskipun tidak berbau, kentut yang terlalu sering juga akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan juga malu. 

Apalagi jika kejadian tersebut kejadiannya pas berbarengan dengan acara spesial Anda. Pastinya tidak lucu kan kalau Anda kentut terus-terusan  secara membabi buta pas ada acara keluarga? Hehe...

Hindari segala jenis makanan yang bisa memicu terbentuknya gas seperti: 
1. Aneka jenis kubis, 
2. Minuman bersoda, 
3. Umbi-umbian terutama dari jenis ubi,
4. Daging,
5. Telur,
6. Kopi,
7. Bawang. 

Setelah mempraktekkan cara ini Anda tidak perlu lagi khawatir. Dengan memperhatikan kebiasaan baik ini maka frekuensi kentut Anda akan tetap normal dan tidak beraroma menyengat.

Nah, itu dia tips ampuh agar kentut tidak bau busuk yang bisa saya sampaikan. Mudah bukan untuk dipraktekkan? Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. 

Selamat mencoba tips dari saya dan semoga berhasil! Punya pertanyaan? Silakan langsung tulis pesan Anda di kolom komentar. Komen yuk?! Xo ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Tips Mudah Agar Kentut Tidak Bau Busuk"