[BAHAYA] Efek Begadang Terhadap Kecantikan Kulit


AWAS!!! Begadang bisa bikin muka jadi jelek!

SERIUS! Disadari ataupun tidak, kehidupan era gadget ini telah membuat banyak orang berubah. Mereka jadi suka mantengin gadgetnya sampai larut malam yang berakibat pada insomnia berkelanjutan. Akibatnya jadi sering begadang deh. Psst...hati-hati yaa temen-temen, begadang itu bikin muka jadi jelek !

Apa saja sih efek begadang terhadap kecantikan kulit kita? Apa bener begadang bikin muka jadi jelek? Check this out!

Efek begadang yang dapat dilihat di wajah;

Jerawat

Masalah kulit berjerawat adalah masalah umum yang mungkin semua orang pernah mengalaminya. Jerawat dapat timbul karena berbagai faktor. Tahukah temen-temen bahwa ternyata begadang merupakan faktor penyebab jerawat?

Ketika kita begadang, tubuh akan memproduksi hormone androgen dan insulin dalam jumlah lebih. Dalam hal ini, hormon androgenlah yang menjadi penyebab utama timbulnya  jerawat.

Seringkali setelah kita begadang, kita akan mendapati wajah kita sudah ditumbuhi jerawat keesokan harinya. Buat temen-temen yang suka begadang, mulai sekarang jangan heran kalau jadi sering jerawatan yah. *wink

Wajah Berminyak
Begadang juga memicu tubuh untuk memproduksi hormon insulin dimana peningkatan produksi insulin ini akan berefek pada peningkatan aktivitas kelenjar sebasea atau kelenjar minyak pada wajah.

Hasilnya adalah wajah yang bersinar penuh minyak dan tidak sedap dipandang mata. Kotoran, debu, serta radikal bebas juga jadi lebih mudah menempel pada kondisi wajah yang berminyak. Keadaan ini akan memicu tumbuhnya bakteri yang akan semakin memperparah kondisi jerawat.

Kantung Mata
Semua orang pasti akan berbahagia jika kantungnya penuh, kan? Hehe,,, Namun akan lain ceritanya dengan kantung yang satu ini ==> KANTUNG MATA.

Begadang akan menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata sehingga mata akan tampak “bengep” menggembung. Parahnya lagi selain bengep, kantung mata juga akan menghitam.

Masalah  ini tentu akan memperburuk penampilan kita. Kabar kurang baiknya, kantung mata yang disebabkan oleh begadang semalaman biasanya tidak mudah hilang. Dibutuhkan waktu yang cukup menyita kesabaran untuk mengosongkan kantung yang satu ini.

Kerutan
Regenerasi sel kulit terjadi secara maksimal di malam hari ketika tubuh beristirahat (baca: tidur). Sayangnya, orang yang suka begadang di malam hari tanpa sadar telah merampas hak tubuh untuk memperbaharui diri.

Ketika kita begadang semalaman maka regenerasi sel tidak terjadi. Akibatnya kulit akan tampak kusam keesokan harinya. Biasanya akan sangat mudah dilihat perbedaan orang cukup tidur dan kurang tidur dari kondisi wajahnya yang segar atau kusam lusuh.

Jika begadang terjadi dalam jangka panjang, tidak diragukan lagi efek buruknya bagi kulit. Bersiap-siaplah karena cepat ataupun lebih cepat, kulit akan mengalami penuaan sebelum waktunya atau yang biasa disebut penuaan dini. O'oww!

Nah itu dia artikel kali ini yang mengupas tuntas tentang efek begadang terhadap kecantikan kulit. Semoga bisa memperkaya wawasan temen-temen tentang efek buruk begadang yaa. 

Memang terkadang kita dihadapkan pada suatu kondisi dimana mau tidak mau, kita harus melakoni yang namanya begadang. Setelah membaca artikel ini, apakah temen-temen masih mau begadang untuk hal-hal yang kurang penting (dan bahkan tidak penting)??? ^_^

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja asal ada perlunya. (Rhoma Irama)

Sekian dan semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. XOXO

(diens)

Posting Komentar untuk "[BAHAYA] Efek Begadang Terhadap Kecantikan Kulit"