Mengobati Batuk dengan Kecap dan Jeruk Nipis

jeruk nipis dan kecap untuk obat batuk
mengobati batuk dengan kecap dan jeruk nipis

Assalamu'alaikum. Halo, Teman-teman. Selamat datang di azkiarafanada,blogspot.com! 

Siapa yang tidak mengenal penyakit yang identik dengan bunyi "uhuk" yang satu ini?. Saya yakin hampir semua orang familiar dengan penyakit batuk. Penyakit yang membuat tenggorokan gatal ini pada umumnya disebabkan oleh virus HRV (human rhinovirus) yang lazim menyebar melalui udara. 

Anda akan terjangkit batuk ketika menghirup udara yang telah tercemar oleh virus . Tahukah Anda? Selain dengan obat batuk yang tersedia di apotek, ternyata bisa juga loh mengobati batuk dengan kecap dan jeruk nipis. Penasaran bagaimana caranya?. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Kecap memang telah lama dikenal secara luas sebagai bumbu masak. Namun siapa sangka jika si hitam manis yang terbuat dari bahan baku kacang kedelai ini ternyata ampuh juga untuk digunakan sebagai obat batuk? 

Benarkah ramuan mengobati batuk dengan kecap benar-benar ampuh? Tidak ada salahnya untuk mencoba cara tradisional satu ini ya teman-teman. Apalagi bahan-bahan yang digunakan di sini pun sangat aman karena alami. 

Dulu, ketika saya masih anak-anak dan beberapa kali terserang batuk, ibu saya dengan sigap menyiapkan ramuan herbal untuk mengobati batuk dengan kecap dan jeruk nipis. Hasilnya, biidznillah atas izin Allah semata, khasiat jeruk nipis untuk batuk berdahak terbukti ampuh.

Tapi Anda jangan senang dulu, karena kecap sejatinya tidak memiliki khasiat menyembuhkan batuk. Lho?! Menurut Prof Sumali, penggunaan kecap pada ramuan tersebut bertujuan untuk meminimalisir rasa asam jeruk nipis saja. Selain menggunakan kecap, dapat juga digunakan bahan lainnya seperti madu murni.


"Pada dasarnya kecap tidak berkhasiat untuk mengobati batuk, sifatnya hanya sebagai sediaan saja agar air jeruk nipis bisa dikonsumsi," katanya dalam acara pengenalan teknologi ekstraksi herbal terkini yang diadakan oleh PT Deltomed Laboratories di Jakarta.

Cara Membuat Obat Batuk dari Jeruk Nipis dan Kecap

Cara membuat ramuan jeruk nipis dan kecap sebagai obat batuk tersebut pun sangat praktis. Anda hanya perlu menyiapkan satu sendok teh kecap manis dan mencampurnya dengan satu sendok teh air perasan jeruk nipis. 

Untuk mengobati batuk pada anak-anak, berikan ramuan sehat ini dengan dosis 2x1 sendok makan diiringi dengan memperbanyak minum air bening hangat. Cara ini dapat membantu melegakan tenggorokan, mengusir rasa gatal serta dahak yang mengganggu.

PERHATIAN!!!

Mengobati batuk dengan kecap dan jeruk nipis tidak cocok untuk jenis batuk kering. Mengapa???. Kandungan asam yang terdapat pada jeruk nipis dapat semakin melukai tenggorokan yang sudah meradang oleh batuk. Maka, menggunakan kecap dan jeruk nipis untuk mengobati jenis batuk kering adalah tidak disarankan. 

Anda dapat mengaplikasikan resep tersebut pada kasus batuk lainnya seperti batuk berdahak. Jika batuk yang diderita belum kunjung reda setelah 3 hari, segeralah hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jangan lupa untuk memperkuat daya tahan tubuh teman-teman dengan melakukan gaya hidup sehat dan berimbang disertai mengurangi konsumsi fast food & makanan instan agar tidak mudah terjangkit virus batuk dan juga influenza. 

Sekian artikel cara mengobati batuk dengan kecap dan jeruk nipis ala penulis. Selamat mencoba yaa semuanya!. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Jika Anda mempunyai pertanyaan, kritik, atau saran terkait tulisan ini silakan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah sana. Komen yuk?! ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Mengobati Batuk dengan Kecap dan Jeruk Nipis"