Persiapan Masuk Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru


Menjadi siswa SMA adalah masa paling seru dan penuh cerita. Itu menurut pendapat sebagian orang yang saya tahu. Kalau menurut Anda?. Apakah benar demikian atau justru sebaliknya yang Anda rasakan di masa SMA?. Bagaimanapun itu, masa SMA adalah batu pijakan yang harus dilewati untuk dapat menuju jenjang yang lebih tinggi yakni universitas. Lalu hal apa saja sih yang harus dipersiapkan oleh teman-teman sebelum nanti mendapatkan gelar sebagai mahasiswa?. Jangan sampai teman-teman tidak tahu bagaimana persiapan masuk kuliah bagi calon mahasiswa baru ya?.

SISWA KELAS XII

Ketika seorang siswa tengah memasuki jenjang kelas 3 SMA atau yang sekarang disebut kelas XII, tak jarang mereka tak menyadari bahwasanya saat tersebut merupakan masa kritis bagi mereka. Pada jenjang ini, siswa sudah harus menguasai sebagian besar materi pelajaran yang telah mereka pelajari semenjak duduk di kelas X hingga saat ini guna menyongsong ujian akhir nasional. Nahasnya, di samping ujian nasional ternyata ada hal lain yang tak kalah mendebarkan. Ialah persiapan masuk kuliah.

Memasuki semester 2 biasanya siswa kelas XII mulai disibukkan dengan serba-serbi memilih jurusan kuliah. Hal tersebut juga penulis rasakan pada masa itu. Perasaan ragu dan takut salah jurusan selalu menghantui. Hal seperti itu pasti dirasakan oleh mereka yang baru saja lulus SMA dan akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Jujur saja hal seperti itu sangat mengganggu konsentrasi siswa yang tengah mempersiapkan diri guna menghadapi ujian akhir nasional. Tapi apa mau dikata?. 

GALAU

Sebagian besar siswa bisa jadi bersekolah karena permintaan orangtua atau mengikuti apa yang dilakukan manusia lain pada umumnya. Iya, mengikuti pola yang umum supaya terlihat seperti layaknya manusia normal. Mungkin. Sedangkan tujuan bersekolah yang paling tepat (menurut pendapat pribadi penulis) adalah untuk mencari ilmu yang bermanfaat kemudian menyebarkannya lagi. Alih-alih punya tujuan, beberapa siswa justru pergi ke sekolah untuk sekedar mengikuti pola yang telah turun temurun ada. Hasilnya?. Di akhir perkuliahan terjadi penyesalan. Banyak yang begitu?.

Ketika menjalani masa sekolah, siswa datang dan mendengarkan materi pelajaran yang notabene banyak materi teoritis daripada aplikatif. Padahal untuk memasuki jenjang perkuliahan, keterampilan aplikatif juga dibutuhkan di samping kemampuan akademik yang penuh dengan teori. Hal ini menyebabkan banyak siswa dilanda galau ketika harus memutuskan jurusan kuliah.

However, meski tengah dilanda galau dan bimbang, tidak semestinya Anda terus larut di dalamnya. Ingat, terus-menerus menggalau tidak akan membuat Anda bisa memutuskan jurusan kuliah yang tepat. Jadi mulailah bangun dan hadapi saja kenyataan yang ada. Oke?.

CARI INFORMASI

Sebagai langkah awal persiapan masuk kuliah, mulailah bertanya kepada diri sendiri tentang apa sebenarnya minat dan bakat Anda yang mungkin masih terpendam dalam. Jika bingung, mulai dengan menjawab pertanyaan berikut ini:
- Buat check list tentang hal-hal yang Anda sukai.
- Tuliskan keterampilan apa saja yang Anda kuasai.
- Mencari info mengenai jurusan yang Anda incar dan apa saja yang dipelajari di sana.
- Mencari info prospek kerja jika telah lulus dari jurusan tersebut kelak.
- Minta pendapat orangtua atau orang terdekat.
- Shalat istikhoroh untuk memutuskan pilihan terakhir.

Coba ikuti petunjuk penulis di atas insyaa Allah teman-teman tidak bimbang lagi dalam menentukan jurusan kuliah. Ingat, keputusan yang diambil dengan ragu-ragu berpotensi menelurkan penyesalan di masa depan kelak (sudah banyak contohnya). Jadi, sebelum hal semacam itu terjadi baiknya pahami persiapan apa saja yang perlu dilakukan sebelum masuk kuliah bagi calon mahasiswa baru.

Berdasarkan pengalaman penulis, belajar saja masih kurang cukup untuk menuju kata siap menjadi mahasiswa sesungguhnya. Hal tersebut dikarenakan belajar hanya mendukung perkembangan kemampuan akademik kita. Di luar daripada itu kita juga membutuhkan kesiapan mental guna menjadi mahasiswa yang sejati.

BERBEDA

Teman-teman yang sedang atau sebentar lagi akan duduk di kelas XII SMA, Anda perlu tahu bahwa kehidupan perkuliahan dengan Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah itu jauh berbeda. Beberapa perbedaannya di universitas Anda akan:
- Mendalami satu bidang ilmu saja, berbeda dengan di sekolah.
- Jumlah mata kuliah jauh lebih banyak.
- Materi perkuliahan akan jauh lebih kompleks dan mendetail sesuai jurusan yang diambil, maka pastikan Anda benar-benar menaruh minat yang besar pada jurusan tersebut.
- Anda mungkin akan indekos dan tinggal jauh dari orangtua serta kampung halaman.
- Dituntut untuk lebih kritis dan banyak bertanya.
- Belajarlah mandiri (bisa memenuhi kebutuhan diri sendiri) semenjak sekarang.
- Dituntut untuk melek teknologi.
- dan lain-lain.

Masih banyak perbedaan yang bisa kita cari, akan tetapi perbedaan mendasar ada pada hal-hal tersebut di atas. Maka persiapkanlah semuanya dengan baik mulai dari saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagaimana, sudah siapkah Anda memasuki gerbang perkuliahan?.


Salam,
(diens)

Posting Komentar untuk "Persiapan Masuk Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru"