15 Makanan yang Tidak Membuat Gendut Meski Dimakan Dalam Jumlah Banyak

makanan yang tidak membuat gendut

Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Banyak orang bermimpi bisa makan apapun dan kapanpun tanpa khawatir berat badan bertambah. Apakah hal seperti itu mungkin terjadi? Makanan apa yang tidak bikin gemuk? 

Meski hal ini terdengar agak sulit untuk dipercaya tapi faktanya ada cara agar bisa makan banyak tanpa takut jadi kegemukan. Bagaimana bisa begitu? Rahasianya ada pada jenis makanan yang saya pilih.

Jenis makanan berikut ini masuk dalam golongan makanan tinggi serat dan rendah kalori. Apakah kelebihan dari makanan yang seperti ini? Jeng jeeeng...dia ini nggak bikin gemuk tapi mengenyangkan. Itu kuncinya!

Kabar baiknya, hari ini saya akan membagikan sebuah fakta yang bisa membuat Anda membuang jauh rasa takut gendut saat makan, terutama di malam hari. Akan saya sajikan daftar makanan yang aman dikonsumsi dalam jumlah banyak tanpa membuat berat badan Anda bertambah. Asyik kan?


Jangan lupa untuk membagikan info menarik ini kepada orang-orang terkasih di sekeliling Anda yang sedang melakukan diet. Langsung saja ya, inilah 15 makanan yang tidak akan membuat Anda menjadi gendut:

15. Popcorn

Wuih kok popcorn bisa masuk daftar makanan yang tidak membuat gendut? Yep Anda boleh mengernyitkan dahi tapi akan lebih mengernyitkan dahi lagi setelah tahu alasan mengapa popcorn aman untuk dijadikan camilan anti gendut.

Popcorn sangat baik untuk tubuh Anda. Meski banyak orang berpikir kalau popcorn masuk ke dalam golongan junk food yang biasa dijadikan teman nonton film, sebenarnya tidak demikian. Kalau Anda memanggang popcorn tanpa menambahkan gula, Anda bisa menikmatinya tanpa rasa khawatir. Untuk menambah rasa, cukup taburkan garam sedikit saja. 


Dalam satu porsi popcorn yaitu sekitar satu cup jumlah kalori yang terkandung adalah sebanyak 31 kkal. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan dengan 1 butir telur. So, tidak perlu lagi berpikir dua kali untuk ngemil pop corn.


14. Seledri

Di dalam seledri terdapat sekitar 95% kandungan air. Ini akan membantu merontokkan lemak dengan efek diuretiknya. Seikat seledri dengan ukuran sedang hanya mengandung kalori sebanyak 6 kal. Anda bisa menambahkan sayuran ajaib ini sebagai campuran salad, sup, atau konsumsi langsung sebagai snack sehat. Sehat dan mengenyangkan!


13. Terong

Seporsi terong bakar atau panggang mengandung 24 kkal. Dengan ini Anda bisa mengkonsumsi sayuran unik berwarna ungu ini dalam jumlah cukup banyak. Di dalam terong terkandung aneka macam vitamin seperti B, C, B2, B3, dan tidak ketinggalan juga karoten

Mengkonsumsi terong akan membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta menormalkan metabolisme dalam tubuh lho.


12. Jeruk, Jeruk Bali, Jeruk Keprok

Konsumsi buah dalam jumlah besar tidak direkomendasikan jika Anda ingin menurunkan berat badan. Akan tetapi golongan buah sitrus bisa menjadi pengecualian. Mengapa bisa begitu?

Kandungan serat, flavonoid, dan vitamin C di dalam buah citrus akan membantu melancarkan proses pencernaan, meningkatkan fungsi hati serta meningkatkan penampilan kulit menjadi lebih sehat. 

Jeruk dengan ukuran sedang mengandung 43 kalori. Jeruk bali mengandung sekitar 30 kalori. Dan jeruk keprok sekitar 40 kalori. Yuk makan jeruk?!


11. Melon dan Semangka

Melon dan semangka terdiri dari 95% air dan memiliki 60-70 kkal per potong. Ini membuatnya aman untuk dikonsumsi sepanjang hari dalam jumlah yang cukup banyak. Hanya saja konsumsi yang terlalu berlebihan bisa memicu terjadinya diare. Konsumsi semangka bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus mengenyangkan.


10, Alga

Alga termasuk dalam sumber asupan iodin terbaik yang akan membantu mempertahankan fungsi tiroid agar tetap berada dalam kondisi normal. Tanaman ini akan membuat hormon Anda tetap berada dalam kondisi normal. 

Kabar baiknya, kondisi hormonal yang stabil secara tidak langsung akan mencegah terjadinya kenaikan berat badan. Seporsi alga yaitu sekitar 1 cup terdiri dari 15 kkal. Sangat sedikit dan mengenyangkan!


9. Zucchini atau Timun Jepang

makanan berserat yang mengenyangkan

Mungkin buah ini belum begitu populer di Indonesia namun sudah cukup populer di beberapa kota besar. Pada seporsi buah timung jepang atau sekitar satu potong mengandung sebanyak 45 kkal. Buah segar ini mampu menormalkan dan menyeimbangkan rasio air dan garam dalam tubuh serta meningkatkan fungsi intestinal. Benar-benar pengganjal lapar yang baik.

8. Timun

Buah timun mengandung sebanyak 95% air. Mengkonsumsi timun di saat haus dapat dengan cepat meredakan dahaga yang melanda. Di dalamnya terdapat sekitar 5% kandungan vitamin dan mineral. Konsumsi timun dapat membantu melawan kembung dan membuat Anda lebih langsing tanpa efek samping. Asyik!

7. Beetroot

Beetroot atau yang juga dikenal dengan nama buah bit mengandung zat mangan yang akan membantu membakar lemak, membantu proses pembentukan massa otot, dan juga menstabilkan kadar gula dalam darah. Buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Di dalam secangkir jus buah bit terkandung sekitar 45 kkal.

6. Telur

Telur tetap aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak karena dia sebenarnya tidak mengandung begitu banyak kalori. Namun untuk bisa mendapatkan telur rendah kalori, sebaiknya Anda mengolahnya dengan cara direbus saja. Dalam satu buah telur rebus terdapat sekitar 80 kkal. Jumlah yang tidak begitu banyak.

5. Nanas

Nanas adalah sahabat baik bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan. Enzim bromelain di dalamnya akan bekerja secara aktif dalam memecah lemak dan membantu melancarkan metabolisme protein dalam tubuh Anda. Sepotong buah nanas mengandung sekitar 30 kkal.

4. Apel dan Plum

Kandungan kalori di dalam setiap buah apel dan plum juga tergolong cukup rendah yaitu sekitar 50 kkal. Kandungan vitamin C dan potasium di dalamnya akan sangat bermanfaat untuk program diet Anda. Lezat tanpa takut badan bertambah berat. Hihi...

3. Salad

Mengapa salad? Di dalam salah sayuran terkandung hanya sekitar 3 kkal. Jika Anda merasa kelaparan dan tidak ingin menjadi gendut, makan saja seporsi salad sayuran. Selain mengenyangkan salad juga sehat dan bisa membantu membuat perut jadi rata.

2. Buah Berri

Buah berri dikenal sangat kaya akan kandungan vitamin C. Diantara beragam jenis buah berri, stroberi memiliki kadar nutrisi yang lebih tinggi dari rekan satu familinya. Jika kelaparan melanda lebih baik untuk ngemil berries family daripada keripik. Oke?!

1. Kubis, Brokoli, dan Kembang Kol

Tahukah Anda bahwa sayuran kubis hanya mengandung sebanyak 7 kkal pada setiap cangkirnya? Jadinya sangat aman untuk dijadikan pengusir rasa lapar. Anda bisa merebusnya sebentar kemudian dicocol dengan mayonnaise pedas. Enak lho!

BONUS

Di luar sana pasti Anda sudah pernah mendengar sebuah mitos yang masih sangat dipercaya. Apakah itu? Yap, banyak yang percaya kalau seseorang yang ingin menurunkan berat badan atau ingin menjaga berat badannya diharuskan untuk makan malam sebelum pukul 7 p.m. Hmm ternyata semua itu hanyalah MITOS belaka!

Makan sebelum jam 7 malam dianjurkan jika Anda terbiasa pergi tidur sekitar pukul 10 malam. Maka jika Anda akan tidur jam 12 malam nanti, artinya batas waktu makan malam Anda adalah sampai pada pukul 9 p.m. 

Dengan kata lain, untuk menjaga agar berat badan Anda tidak melonjak drastis adalah hentikan kebiasaan langsung tidur setelah makan. Setidaknya berikan waktu tubuh untuk mencerna makanan tersebut sekurang-kurangnya selama 3 jam. Jika Anda menaati aturan tersebut maka Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan bobot berlebih.

Mudah bukan? Sekian tips mengatur pola makan agar tidak gemuk plus ulasan tentang makanan apa saja yang tidak akan membuat gemuk dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel berikutnya, insyaa Allah!. 

Selamat mempraktekkan tipsnya ya, good luck! Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, maupun kritik terkait tulisan ini silakan tinggalkan pesan untuk saya di kolom komentar di bawah sana. Komen yuk?! Xo ^_^


(diens)

Orang juga mencari:
makanan yang tidak membuat tubuh gemuk
makanan yang tidak membuat gendut
makanan yang tidak membuat gendut di malam hari
makanan apa yang tidak membuat gendut
makanan apa saja yang tidak membuat gendut
makanan yang mengenyangkan tapi tidak membuat gendut
makanan yang tidak membuat perut gendut

Posting Komentar untuk "15 Makanan yang Tidak Membuat Gendut Meski Dimakan Dalam Jumlah Banyak"