Cara Mengobati Sariawan Dengan Garam


Mengobati sariawan dengan garam dapur. Apakah Anda sedang menderita sariawan di mult? Pas banget! Hari ini saya akan membahas tentang pengobatan sariawan secara alami. Lebih tepatnya cara cepat menyembuhkan sariawan dengan garam. 

Garam adalah komoditi yang tidak akan pernah mati dalam dunia perdagangan. Populer sebagai bumb dapur, sudah tahukah Anda kalau garam ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai obat? Di samping dijadikan sebagai bumbu utama pada berbagai olahan makanan, garam ternyata juga menyimpan khasiat obat di dalamnya. 

Khasiat tersebut didapatkan dari kandungan iodium dan juga sifat kimia dari garam itu sendiri. Salah satu khasiat garam di dunia pengobatan adalah bisa dijadikan sebagai bahan alternatif untuk menyembuhkan penyakit sariawan. 

Sariawan dalam istilah kedokteran disebut stomatitis aphthosa recurrent (SAR). Meski bukan termasuk ke dalam golongan penyakit serius, sariawan bisa sangat mengganggu aktivitas.

Garam
Garam dapur memiliki beberapa sifat khusus. Dengan kemampuannya dalam mengikat cairan maka garam adalah sahabat baik bagi mereka yang sering terkena sariawan. 

Lesi atau luka robekan di rongga mulut lebih lama sembuh karena kondisi mulut yang selalu lembab. Kelembaban akan menyebabkan luka sariawan lebih cepat melebar sehingga menjadikannya lebih lama sembuh.

Dilansir dari laman jawapos, Dr drg Harum Susanti SpPM menguraikan, sariawan ini pada umumnya terjadi sejak usia muda. Sariawan dapat muncul secara berulang namun kabar baiknya, penyakit ini termasuk yang bisa sembuh dengan sendirinya. Dalam istilah medis disebut dengan self limiting disease.

Cara Menggunakan Garam Untuk Sariawan
Untuk mengobati sariawan menggunakan garam, caranya sangat mudah. Campurkan satu sendok makan garam dapur dengan segelas air hangat (200ml) dan aduk rata hingga garam larut sempurna bersama air. Gunakan larutan garam ini untuk berkumur. Lakukan 3 kali sehari hingga sariawan tidak terasa sakit lagi.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, setelah kita rutin berkumur menggunakan larutan air garam hangat 3 kali sehari, dalam 3 hari sariawan sudah tidak terasa sakit. Dalam kurun waktu beberapa hari maka jaringan luka akan berangsur pulih. Ketika berkumur, diamkan cairan di dalam mulut dan tahan selama beberapa detik sebelum dibuang. Rasanya sedikit agak pedih tapi khasiatnya mantap.

Di samping itu Anda juga harus lebih menjaga kebersihan gigi dan mulut. Usahakan untuk tidak meninggalkan menggosok gigi setidaknya 2 kali sehari.

Sariawan yang dibiarkan begitu saja memang akan sembuh dengan sendirinya. Namun alangkah lebih baik jika kita berusaha untuk mempercepat proses penyembuhannya. Meski banyak obat sariawan pabrikan tersedia di apotek, akan tetapi mengandalkan cara alami bisa lebih banyak memberikan keuntungan. 

Diantaranya yaitu kandungan dari alam tersebut akan lebih bersahabat dengan tubuh sehingga efektif untuk mengobati penyakit tanpa menimbulkan efek samping.

Sekian untuk hari ini. Terimakasih sudah membaca dan semoga tulisan ini bermanfaat. ^_^

(diens)


Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Sariawan Dengan Garam"