Bagaimana Cara Agar Panjang Umur dan Awet Muda? Ini Jawabannya!

Cara agarpanjang umur

Hi pembaca setia blog ini yang saya sayangi? Hari ini kita akan membahas tentang gaya hidup. Lebih tepatnya tentang cara untuk mendapatkan umur panjang serta tetap awet muda secara alami. Ada yang penasaran dan ingin tahu? Atau mungkin Anda sudah tahu bagaimana cara agar panjang umur dan awet muda? 


Well, memiliki umur panjang dan awet muda merupakan impian setiap orang. Meski banyak krim anti kerut tersedia di pasaran, semua itu tidak akan dapat menggantikan apa yang bisa diberikan oleh sebuah gaya hidup sehat untuk penampilan dan umur panjang.

Perubahan gaya hidup di bawah ini akan memberikan sebuah perubahan besar dalam hidup Anda. Beberapa diantaranya bahkan bisa sangat mengejutkan Anda. Membacanya hingga akhir akan membuat kita tersadar kalau tips agar panjang umur dan awet muda ternyata sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan.

#1 Tingkatkan Ritual Kopi Pagi Anda ke Level Berikutnya
Memulai hari dengan secangkir kopi sudah seperti sebuah ritual rutin bagi banyak orang, mungkin juga termasuk Anda. Akan tetapi tahukah Anda bahwa meminum secangkir kopi bukanlah satu-satunya cara untuk membuang rasa kantuk di pagi hari. 

Kelenjar adrenalin akan tertidur sepanjang waktu istirahat malam dan akan mulai menunjukkan aktivitasnya sekitar pukul 3 atau 4 pagi untuk mulai membuat Anda terbangun secara alami. Jika Anda mengkonsumsi kopi di saat perut kosong, ini ibarat menampar mereka (adrenalin) tepat di wajahnya. Coba bayangkan betapa kaget dan sakitnya jika tiba-tiba ada seseorang yang menampar kita tepat di bagian wajah.

Di sini saya bukan berarti menyarankan Anda untuk berhenti minum kopi tapi alangkah lebih baiknya jika Anda mengkombinasikannya dengan bahan makanan bernutrisi seperti lemak baik dan juga protein. Minum kopi sah-sah saja namun pastikan untuk tidak langsung mengkonsumsi kopi saat perut masih benar-benar kosong. Setidaknya minumlah segelas air putih sebelum menikmati kopi pagi Anda. Jangan lupa untuk segera menyantap makanan bergizi setelahnya ya!

#2 Makan Sehat dan Sering
Kebanyakan dari kita sebenarnya butuh untuk makan lebih sering guna menurunkan berat badan. Iya saya serius. Menjalankan diet tanpa lemak dengan pembatasan kalori justru akan membuat tubuh mengalami malnutrisi dan lebih parah lagi tubuh bisa saja stress. 

Ahli kesehatan merekomendasikan untuk tetap mengkonsumsi lemak (lemak baik) seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, serta alpukat. Selain itu asupan sayuran hijau dan protein juga harus dipenuhi. Jangan lupa juga kalau Anda harus terus makan sepanjang hari sesuai jadwal dan kebutuhan tubuh. 

Sebagai patokan, Anda bisa memulainya dengan sarapan pagi sehat berimbang, dilanjutkan camilan (sehat) pagi menjelang siang, makan siang tidak lebih dari jam 1.30 pm, camilan siang (sehat) menjelang sore, camilan (sehat) menjelang makan malam, dan makan malam sekitar jam 7.00 pm. Jangan terlalu malam ya!

Dengan pola makan terus menerus yang teratur seperti ini Anda akan terhindar dari rasa kelaparan hebat yang bisa membuat Anda kalap. Hal ini secara otomatis akan membatasi jumlah tekanan pada kelenjar adrenalin Anda. 


FYI, kondisi kelaparan akan membuat kelenjar adrenalin masuk dalam kondisi stress dan tertekan. Jadi untuk membuatnya tetap sehat, pastikan untuk tidak membuat tubuh Anda kelaparan. Kelenjar adrenalin yang terganggu dapat memicu munculnya penyakit seperti komplikasi kelenjar adrenal dan addison. Ngeri banget!

#3 Gandum Sesekali Saja
Makanan apapun dengan kandungan gandum (termasuk roti yang terbuat dari gandum utuh) akan berubah menjadi gula dan merangsang terjadinya lonjakan insulin. Artinya meskipun makanan tersebut sepertinya lunak dan lembut, mengkonsumsinya ternyata dapat mengacaukan kesehatan Anda hanya dalam beberapa jam setelahnya. Untuk menjaga agar tubuh Anda tetap kenyang dan terjaga, buatlah gandum sebagai makanan opsional yang hanya dikonsumsi sesekali saja. 

Gandum tidak cocok sebagai makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Biasanya orang menyangka kalau gandum itu sehat untuk tubuh, padahal bahan pangan ini hanya boleh dikonsumsi sebagai makanan selingan. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan, gandum yang dikonsumsi berlebihan bisa memicu terjadinya berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes dan serangan jantung.

#4 Cegah Kelaparan dengan Camilan Sore
Daripada menuruti hasrat Anda untuk makan permen coklat ataupun setangkup cake manis untuk meredakan rasa lapar Anda ketika hari mulai menjelang sore, biasakan untuk mengkonsumsi camilan sehat sebelum rasa lapar itu hadir. Waktu yang tepat adalah sekitar pukul 2.30 pm di sore hari. 

Jika Anda mengkonsumsi snack dengan kandungan gula alami dan lemak sehat pada jam 2 atau 2.30 pm di sore hari maka rasa lapar tidak akan sampai muncul. Kebutuhan tubuh akan energi juga akan terpenuhi sampai waktu makan malam tiba nanti. Saran saya untuk camilan sehat di sore hari adalah sayuran segar atau apel dengan yogurt segar.

#5 Meditasi
Agar panjang umur dan sehat

Biasanya yang terjadi adalah, Anda akan menyalakan televisi atau laptop untuk melepas lelah setelah seharian bekerja di kantor. Jika mungkin menonton acara hiburan favorit Anda dapat merelaksasi tubuh, itu tidak seberapa besar. Relaksasi yang sebenarnya adalah lebih dari sekedar duduk diam di depan layar kaca tanpa melakukan apa-apa.

Untuk melakukan relaksasi, Anda harus mengaktifkan respon relaksasi tubuh terlebih dahulu. Hal ini akan memberikan efek memperlambat denyut jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi konsumsi oksigen dan juga kortisol dalam darah. Jadi sebaiknya bagaimana? Yap, lakukan relaksasi dan meditasi selama 10 sampai 20 menit sebelum menjatuhkan diri di sofa.

#6 Tidur Secara Teratur
Masalah sulit tertidur atau insomnia telah melanda banyak sekali penduduk di dunia dan sudah menjadi masalah laten. Bukan hanya di negara maju seperti Amerika, Indonesia pun memiliki tingkat penderita insomnia yang cukup banyak. Untuk membantu Anda memejamkan mata secara teratur, biasakanlah untuk melakukan ritual menjelang tidur yang dapat merelaksasi otot-otot tubuh. Seperti apakah itu?

Mulailah dengan pergi ke kamar tidur setidaknya 30 menit menjelang waktu tidur Anda. Pastikan untuk mematikan seluruh gadget Anda, mematikan lampu kamar, membersihkan tubuh, dan bisa juga menyemprotkan parfum lavender di ruangan. Aroma lavender dikenal ampuh untuk membantu Anda agar lebih cepat tertidur. Lakukanlah kebiasaan ini setiap malam dalam waktu yang sama untuk membuat tubuh Anda terbiasa dan lama kelamaan akan melakukannya secara otomatis.

Bagaimana? Menarik bukan 6 tips sederhana di atas? Rahasia umur panjang sejatinya memang hanya rahasia illahi, akan tetapi melakukan usaha guna merawat aset tubuh supaya tetap berada dalam kondisi terbaiknya adalah hal yang patut untuk dicoba. 


Meskipun 6 hal di atas terdengar sangat sederhana dan sepele, jika dilakukan secara konsisten sejak dini sangat bisa mendukung tubuh agar senantiasa sehat dan otomatis juga awet muda. Dengan demikian jiwa Anda pun akan lebih tenang yang secara tidak langsung merupakan salah satu faktor yang bisa membuat seseorang berumur panjang.

Sekian tulisan yang bisa saya sampaikan untuk hari ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel menarik berikutnya. Stay tune! ^_^


(diens)

Kata kunci terkait:
faktor umur panjang
rahasia umur panjang
rahasia panjang umur itu ternyata sederhana
umur panjang manusia
resep umur panjang
panjang umur sehat selalu
panjang umur tips

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Agar Panjang Umur dan Awet Muda? Ini Jawabannya!"