Menghilangkan Ketombe Dengan Cepat



Cara menghilangkan ketombe secara alami. Ketombe adalah sejenis gangguan yanG terjadi pada kulit kepala manusia. Pada umumnya ketombe muncul dengan warna putih. Kepala yang berketombe memang membuat pemiliknya menjadi tidak nyaman. 

Selain menimbulkan rasa gatal yang seringkali tidak tertahankan, ketombe juga akan menyebabkan sebuah fenomena yaitu kulit kepala kering yang beterbangan. Hal ini tentu membuat Anda jadi serba salah. Terlebih untuk mereka para lelaki dan juga perempuan yang tidak atau belum berhijab.

Bagaimana tidak? Kepala rasanya sangat gatal tapi mau garuk-garuk di depan umum pasti malu. Belum lagi nanti ketombenya jadi pada nempel di baju. Tapi kalau tidak digaruk rasanya gatal minta ampun. Duh jadi bingung! 

sudah menjadi resep andalan saya sejak lama. Selain caranya sangat mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan pun murah meriah. Yakni jeruk nipis. Bahan alami nan mudah ditemui di pasar-pasar modern ataupun tradisional. Khasiat jeruk nipis untuk kesehatan pun tidak perlu diragukan lagi kemujarabannya. Demikian juga untuk kasus ketombe. Buah ini bisa kamu andalkan untuk mengatasinya.

Ketombe
Data dari National Institute of Health menunjukkan bahwa sebanyak lebih dari separuh manusia dewasa di dunia ini mengalami masalah ketombe. Jika Anda sedang mengalami masalah kulit kepala tersebut saat ini maka itu adalah hal yang normal terjadi.

Ketombe pada umumnya sering dikaitkan dengan kurangnya kebersihan kulit kepala seseorang. Bisa jadi statement tersebut ada benarnya. Pasalnya, kulit kepala juga mengalami regenerasi secara kontinyu layaknya kulit wajah dan juga tubuh.

Saat proses pengelupasan sel kulit mati terjadi secara tidak sempurna maka sel kulit mati akan menumpuk di sana. Saat keadaan tersebut diikuti dengan jarang mencuci rambut, maka jamur akan ikut muncul di sana. Kemudian terjadilah ketombe yang terasa gatal.

Sebetulnya hingga saat ini para ilmuwan belum yakin terhadap apa sebenarnya penyebab munculnya ketombe di kulit kepala. Namun jika ditelisik secara sederhana maka dapat kita temukan bahwa penyebabnya adalah beberapa poin yang telah disebutkan di atas.

Kabar baiknya, meski belum diketahui secara pasti penyebabnya namun ketombe dapat diobati. Beberapa cara mengatasi ketombe dapat Anda coba.

Menghilangkan Ketombe Dengan Shampoo

Ketika mengalami masalah ketombe sebaiknya Anda mengganti shampoo Anda dengan shampoo khusus untuk mengatasi masalah ketombe. Anda bisa memilih jenis shampoo yang mengandung zinc, sulfur, selenium disulfide, atau asam salisilat.

Apesnya, shampoo anti dandruff (anti ketombe) belum tentu akan cocok untuk Anda. Menurut pengalaman saya kebanyakan shampoo anti dandruff hanya cocok di awal pemakaian saja. Kalau sudah begini saya jadi sibuk mencari cara ampuh menghilangkan ketombe.

Pernah beberapa kali mencoba merk shampoo berbeda tapi hasilnya malah ketombe semakin parah. Parah banget!!! Mulai dari shampoo he*ad and should*ers, pante*ne, sampai na*tur belum ada yang cocoknya long lasting alias awet. Huft!

Nasehat Ibu

Suatu hari saya pernah merasa give up sama masalah ketombe parah di kulit kepala ini. Bandelnya minta ampun dan bikin stress! Sampai akhirnya ibu menyarankan saya untuk pakai cara menghilangkan ketombe secara tradisional saja. 

Menurut ibu saya, menghilangkan ketombe dengan cara tradisional jauh lebih ampuh daripada pakai shampoo. Di samping itu juga tidak akan menyebabkan ketergantungan seperti pada produk berbahan kimia. Sangat menarik!

Cara Mengobati Ketombe dengan Jeruk Nipis

Ibu saya yang tersayang menyarankan untuk mencoba terapi jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe membandel. Alhasil pergilah saya ke pasar Banyumas diantar adik lelaki saya. Waktu itu sudah siang hampir sore. Pasar sudah mulai lengang.

Saya pun memasuki lorong pasar yang remang-remang. Langsung saya borong 2 kg jeruk nipis alias jeruk bayi dari penjual bahan tradisional langganan ibu. Sesampainya di rumah, saya mulai mempraktekkan apa yang disarankan oleh ibu. Caranya sebagai berikut :


1. Ambil dua buah jeruk nipis yang sudah masak kemudian cuci bersih,
2. Potong jeruk secara membujur menjadi empat bagian,
3. Jika sudah, cucilah rambut menggunakan shampoo, 
4. Bilas hingga benar-benar bersih, 
5. Oleskan air perasan jeruk nipis tersebut ke kulit kepala secara merata,
6. Pijat-pijat agar cairan jeruk nipis meresap ke dalam kulit kepala. Ini bakal sedikit perih,
7. Diamkan selama kurang lebih 3 menit,
8. Bilas hingga bersih.

Pada awal pemakaian, Anda akan merasakan sensasi kesat dan segar di kulit kepala. Kulit kepala yang rusak karena ketombe perlahan akan terkelupas. Sementara pengelupasan terjadi, kondisi kulit kepala Anda akan berangsur pulih dan kembali pada kondisi normal.

Lakukan perawatan ini secara rutin sebanyak dua kali dalam seminggu sampai masalah ketombe benar-benar hilang. Berdasarkan pengalaman saya, ketombe akan hilang seluruhnya dalam jangka waktu tidak lebih dari satu bulan.

Jika di lain waktu ketombe terjadi secara berulang, andalkan saja si bulat jeruk nipis yang akan membantu Anda menyembuhkan ketombe membandel dengan cepat dan aman. Cara ini terbukti cepat, mudah, murah, dan manjur! Selamat mencoba kawan!

Terimakasih sudah membaca dan semoga tulisan ini bermanfaat ^_^



(diens)

Posting Komentar untuk "Menghilangkan Ketombe Dengan Cepat"