Efek Berganti Alamat Blog atau URL Blog

mengganti alamat blog


Hari ini adalah hari yang benar-benar kelabu buat saya. Maaf ya sebelumnya ini adalah sebuah postingan semi curhat, tapi semoga pengalaman pahit dari saya ini ada manfaatnya untuk teman-teman blogger dimanapun Anda berada. 

Meski sudah cukup lama berkecimpung di dunia blogosphere, akan tetapi saya belum begitu mengetahui dengan baik tentang seluk beluk blogging secara teknis. Dan kabar buruk tiba-tiba menimpa blog saya akibat mengganti alamat URL blog.

CERITANYA

Awalnya dulu saya pernah mendaftarkan blog saya ke Adsense dengan URL azkiarafanada beberapa tahun silam. Mendaftarkannyapun cuma iseng pilih opsi EARNING di dashboard blogger. Sebetulnya waktu itu saya cuma penasaran seperti apa sih EARNING yang dimaksud. 

Maklum ya waktu itu saya benar-benar baru di dunia blogosphere. Padahal kondisi blog waktu itu masih kosong juga. Ngapain pakai didaftarin ke adsense haha konyol sih ingatnya. 

Ternyata tidak ada balasan apapun dari pihak Adsense (iya lah). Sayapun lalu mengganti URL blog menjadi dinierianggara. Waktu itu saya pikir itu tidak ada efek apapun, ya cuma seperti mengganti nama saja. Lagian juga blog saya dulu itu blog baru. Sialnya, sampai kemarin saya masih berpikiran yang sama yaitu saya pikir ganti URL hanya seperti berganti nama.

Setelah sekian lama saya pakai URL dinierianggara dan memiliki trafik lumayan, saya mencoba mendaftarkan lagi blog tersebut ke adsense. Then, baru kemarin saja, saya mendapat email dari pihak Adsense yang mengatakan bahwa iklan saya ditolak karena alamat blog azkiarafanada tidak ditemukan. 

Loh kok bisa, padahal kan di dashboard adsense alamat website saya dinierianggara gitu. Kenapa masih belum move on dari azkiafanada?. Bingung deh. Kemudian saya mikir, apa URLnya saya kembalikan ke nama azkiarafanada lagi saja yaa. Dan boom...blog sayapun berpindah lagi ke URL lama, azkiarafanada.blogspot.com.

BOOM

Akibat ketidaktahuan itu, akibat saya mengembalikan URL blog saya ke alamat pertama yaitu azkiarafanada.blogspot.com itu, bencana besar pun menimpa. Dan hari itu saya galau semalaman. Hiks. Yaa bagaimana mau santai kalau blog kita kembali jadi bayi lagi, tanpa trafik gan. Enol trafiknyaaa mbloo, ENOL!. Uhh sakitnya tuh dimana-mana.

Efek Mengganti Alamat URL Blog saya, ini yang saya terima:


  1. Statistik blog kembali ke nol. Karena blog ini sama saja seperti blog baru, akibatnya butuh waktu supaya terindeks oleh Google. Bahkan artikel terbaik saya yang ada di page one pun ikut raib dari indeks Google.
  2. Alamat blog tidak terdeteksi oleh Google. Ganti URL artinya sama dengan menghapus blog dan membuat blog baru.
  3. Konten blog tidak terdeteksi oleh mesin pencari. Butuh waktu untuk bot Google mengindeks artikel-artikel kita lagi. Kalaupun terindeks nanti menuju ke alamat blog lama. Kalau kita pilih bakal muncul notifikasi: Blog tidak ditemukan.
  4. Ketika search keyword artikel yang tadinya ada di page one Goggle, artikel tetap ada tapi ketika dibuka linknya sudah broken alias tidak bisa dibuka. Ini menyakitkan.
  5. Alexa rank membengkak sebengkak-bengkaknya.
  6. Butuh waktu 3 bulanan untuk google bot bisa mendeteksi blog-blog baru dan ini berarti saya harus sabar menanti sembari kembali membangun blog dari awal.

Yahhh itu dia pengalaman saya ketika mengganti URL blog yang telah memiliki trafik cukup tinggi. Biasanya ada ratusan pengunjung per hari. Setelah URL berubah, trafikpun terjun bebas menjadi NOL per hari alias tidak ada pengunjung. Let's going back to the start...!. FIGHTING!!!.

Teman-teman blogger semoga tidak mengalami hal yang sama dengan saya yaa. Berpikirlah seribu kali ketika ingin mengganti alamat URL blog Anda. Kalau blog Anda masih sepi atau bahkan masih baru mungkin tidak begitu jadi masalah jika melakukan ini. Tapi jika blog Anda telah memiliki trafik yang cukup bagus, hal tersebut sangatlah disayangkan. Watch your step.

Jika memang tidak terlalu mendesak untuk berganti alamat blog sebaiknya tidak usah diganti. Namun jika Anda sudah siap dengan konsekuensinya yaitu harus membangun trafik dari awal lagi, maka mengganti URL blog bukanlah sebuah masalah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tulisan berikutnya. ^_^

Salam,
(diens)

17 komentar untuk "Efek Berganti Alamat Blog atau URL Blog"

Comment Author Avatar
Wah bermanfaat bnget kak,, kmaren sya jg kepikiran buat gnti url blog,, untuuuuuung sja gk jd.. thanks udh curhatannya yg bermafaat ini kak
Comment Author Avatar
Hello kak... Hihi alhamdulillah kalau bermanfaat. Memang ganti URL alias alamat blog adalah keputusan besar yg harus dipikir matang2. Tetep semangat berkarya via blog kak. Salam blogger ^_^
Comment Author Avatar
Makasih banget info nya, ini Baru aja mau ganti soalnya alay banget maklum bikinnya zaman dulu
Comment Author Avatar
Sama-sama kak... Nggak apa-apa sih kak kalau misal mau ganti alamat. Memang trafiknya akan balik ke nol dan harus membangun dari awal tapi kalau konsisten insyaa Allah bakal balik lagi ke trafik yang dulu atau bahkan lebih baik. Semangat!
Comment Author Avatar
itu yang gue alamin sekarang alamat www.kumas.me berubah jadi angka angka gak jelas dipencarian google
Comment Author Avatar
Wah, baru tau saya kalau bisa berubah jadi angka juga mas.
Comment Author Avatar
mantap gan, hampir saya mau ikutan BOOM..hehhee
Comment Author Avatar
Hehe... Iya gan kalau trafik blog udah lumayan bagus, sayang banget buat ganti URL sih. Mulai dari awal soalnya.
Comment Author Avatar
Artikel yang sangat membantu.
tapi kak ketika dikembalikan ke alamat lama itu gak jadi masalah kan? hanya butuh beberapa waktu untuk sinkron lagi ke alamat lama?
Comment Author Avatar
Halo! Iya kak kalau dibalikin ke alamat lama efeknya paling parah seluruh konten blog bakal hilang dari indeks Google. Waktu yang dibutuhkan untuk indexing juga beda2 tiap blog tergantung SEO dll. Tapi intinya sih tetep bakal terindex ulang nantinya, cuma soal waktu :)
Comment Author Avatar
waduuh...saya habis ganti judul blog (bukan url blog) kok traffic jadi 0 ya, judul apakah sama efeknya?
Comment Author Avatar
Kalau di dalam judul blognya mengandung beberapa kata kunci maka bisa saja berefek ke traffic-nya saat diubah...
Comment Author Avatar
haaaaaaaa..... nangis bombay.... ini sedang saya alami mbak eeeee..... gara@ iseng dan tidak tau efek ganti nama blog, begitu ditautin ke adsen permberitahuannya situs tidak aktif atau tidak tersedia... syyyeeeeediiih
Comment Author Avatar
Waah ikut prihatin yah mbak,, coba ditunggu dulu mbak siapa tau ntar beberapa waktu ke depan udah keindex lagi blognya dan bs buat ng-Adsense deh ;) syemangaat!!
Comment Author Avatar
Makasih kak..tadinya saya emang mau ganti url..karena url yang sekarang di banned fb..
Mampir juga ya kak
https://www.bangbangsavage.blogspot.com
Comment Author Avatar
Wah kalo boleh tau kenapa bisa kena banned kak?
Oke meluncur ke tekape...
Comment Author Avatar
Thanks infonya jgn lupa berkunjung je blog ane metafisikakuantum.blogspot.com klo gk ada ganti domain metafisikakuantum.com

Silakan tulis komentar Anda di sini. Semua komentar akan ditampilkan kecuali yang mengandung unsur SARA, pornografi, spam, dan perjudian. Have a good discussion!

Klik kotak Notify Me (Beri tahu saya) untuk mendapatkan pemberitahuan saat saya membalas komentar Anda. Dan please jangan tinggalkan link aktif. Terimakasih ^_^

Regard,
-diens-