Pengalaman Pribadi Konsumsi Teh Hijau dan Efeknya untuk Tubuh

testimoni teh hijau cap kepala jenggot

Assalamualaikum, selamat datang di azkiarafanada.blogspot.com! Ada yang suka minum teh hijau? Iya teh hijau yang kadang disebut matcha itu. Hari ini kita bahas tentang minuman herbal ini, ya.

Dengan berbagai khasiat dan kekayaan zat bermanfaat di dalamnya, tidak mengherankan jika minuman sehat ini berhasil menjadi salah satu minuman dengan jumlah penggemar tertinggi diantara jenis minuman herbal lainnya. 

Saya menjadi penikmat teh hijau rutin sejak beberapa minggu terakhir. Jadi, di kesempatan kali ini saya akan membahas pengalaman pribadi minum teh hijau dan efeknya, ya. ^_^v

Teh Hijau Itu Teh yang Seperti Apa Sih?

Pernah bertanya seperti itu jugakah dalam hati? Dulu waktu saya masih duduk di bangku sekolah, pernah sih mempertanyakan itu dalam hati. 

Saya yang saat itu masih anak SD berpikir kenapa tidak semuanya saja dinamakan teh hijau, kan semua teh berdaun hijau. Hehe

FYI, teh terdiri dari beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut; 

  1. Teh melati,
  2. Teh hijau, 
  3. dan teh hitam. 

Ketiganya sudah pernah saya coba dan berbeda-beda dari segi harga, warna, rasa, sampai efeknya ke tubuh. 

Menurut saya orang menyebut teh hijau dengan sebutan itu karena ketika diseduh dengan air mendidih, teh ini cenderung membuat air seduhan tersebut berwarna kehijauan. Sesederhana itu.

Apa Fungsi Dari Teh Hijau alias Green Tea?

Kalau ditanya apa saja manfaat teh, hal pertama yang terlintas di pikiran saya yaitu untuk mengobati diare. 

Ini berawal dari pengalaman pribadi waktu kecil dulu sakit mencret dan oleh ibu dikasih teh super kental (dan pahit). 

Biidznillah walhamdulillah langsung sembuh diare saya hari itu juga. Cuma ya itu, teh yang dipakai cuma teh biasa. 

Ibu saya menyebutnya dengan istilah teh tubruk. Ketika diseduh warnanya jadi merah kecoklatan. 

Fix deh kalau itu bukan teh hijau. Soalnya teh hijau punya efek berkebalikan dengan teh yang saya konsumsi waktu sakit diare itu. Teh hijau tidak akan membuat Anda sembelit. Beda banget.

Alasan Konsumsi Teh Hijau

Ketika saya beranjak dewasa dan mulai makan 'sembarangan', tubuh pun menunjukkan gejala kurang baik. Paling menonjol adalah frekuensi buang air besar menurun drastis.

Parah deh! Kadang dalam seminggu BAB hanya sekali.

Rasanya super tidak nyaman, begah, eneg, perut jadi sakit cekit-cekit, kadang juga sesak nafas rasanya di ulu hati. Sampai suatu hari saya menemukan sekantong green tea di rumah. Alhamdulillah!

Sejauh yang saya tahu, green tea punya khasiat yang populer untuk melangsingkan tubuh. Seperti apa cara teh hijau melangsingkan tubuh

Pertama, di dalam teh hijau terdapat kandungan antioksidan super tinggi (lebih tinggi dari teh biasa). 

Si antioksidan ini powerful banget untuk melawan radikal bebas. Iya radikal bebas yang kerjaannya membunuh sel-sel tubuh Anda. 

Selain antioksidan, di dalam teh hijau juga ada katekin yang lebih kuat dari vitamin E dan C dalam menghentikan kerusakan oksidatif sel tubuh. 

Bonusnya, kandungan mangan, kalium, magnesium, asam folat, kafein, dan vitamin B juga ada di sana. Wah ternyata selengkap itu.

Mungkin karena itulah teh hijau bagus untuk mendukung program diet. Mantap!


Pengalaman Minum Teh Hijau Kepala DJENGGOT

Berawal dari tersadarnya saya akan kondisi metabolisme yang sepertinya semakin buruk akhirnya saya ikhtiar dengan konsumsi teh hijau hangat setiap hari. 

Merk yang saya konsumsi adalah Kepala Djenggot versi kemasan ekonomis seharga 4500 rupiah yang dibeli di toko sebelah. 

Kenapa saya beli kemasan ekonomis daripada kemasan besar? Alasannya supaya teh ini tetap segar sampai masanya habis nanti. 

Kalau beli kemasan besar biasanya belum sampai habis teh sudah mulai bau apek. Kalau sudah begitu tandanya teh sudah tak layak konsumsi.

Jadi itulah alasan saya memilih beli teh hijau kemasan ekonomis. Alasan lain adalah supaya tidak mubadzir alias buang-buang uang. Hehe


Cara Minum Teh Hijau

Tidak ada cara khusus atau teknik meracik apapun di sini. Pagi hari ketika bangun tidur, saya akan langsung minum air bening. Usahakan minum yang hangat. 

Setelah minum air tadi, saya minum lagi air tapi kali ini dicampur madu murni. Segelas saja cukup soalnya kalau kebanyakan perut akan sebah

Habis itu saya makan buah apa saja yang tersedia. Secukupnya yaa buat ganjal perut.

Kadang saya makan mangga, kadang juga apel, pepaya, asal jangan pisang. Bahaya kalau pisang dikonsumsi pas perut kosong. Nah, habis makan buah terus minum teh hijau Kepala Djenggot kapan?

Sebaiknya beri jeda waktu sekitar 30 menit antara makan buah dengan minum teh hijau. Kenapa begitu? 

Tujuannya untuk memastikan buah yang baru saja dikonsumsi tadi sudah sampai di lambung seluruhnya.

Begini cara saya menyiapkan tehnya;

  1. Seduh teh hijau menggunakan air mendidih ya. 
  2. Setelah itu tunggu sampai sari teh hijau benar-benar keluar. 
  3. Untuk hasil terbaik konsumsi tanpa tambahan gula.

Buat yang nggak bisa tanpa gula silakan ditambahkan madu murni. Ini lebih sehat sebagai pemanis daripada gula pasir. Selain itu juga tidak akan membuat gendut.

Review Rasa Teh Hijau Kepala DJEnggot

Now is time to review! Sebelumnya saya juga pernah mencoba teh hijau merk ternama lain yaitu Tong Tji. 

Kalau diminta untuk membandingkan rasa keduanya secara umum semuanya nikmat dan terasa tehnya.

Untuk penilaian yang lebih spesifik mengenai perbedaan rasa keduanya seperti ini ya. Teh Hijau Tong Tji ada sedikit sensasi rasa asam. 

Sedangkan Teh Hijau Cap Kepala Djenggot cenderung lebih pahit dan sepat. Over all keduanya oke banget.

Efek Samping Teh Hijau Cap Kepala Djenggot

Beberapa saat yang lalu saya sempat browsing tentang efek teh hijau cap Kepala Djenggot bagi kesehatan tapi apesnya artikel yang saya temukan itu tidak relevan.

Menurut hemat saya, teh hijau merk apapun tidak akan menimbulkan efek samping bagi yang meminumnya, kecuali jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan di luar batas normal.

Review Teh Hijau untuk Melancarkan BAB & Menjaga Berat Badan Ideal

Saya mengkonsumsi teh hijau secara rutin di pagi hari setelah sarapan. Kadang jika saya rasa pola makan saya agak kelewatan tidak sehat (makanan berminyak dkk) saya akan minum satu cangkir lagi di malam hari setelah makan malam

Baca juga:

Ini yang saya rasakan sejak rajin minum teh hijau;
  1. Metabolisme tubuh berjalan dengan lebih cepat.
  2. Frekuensi buang air besar kembali normal.
  3. Tubuh terasa lebih ringan dan energik.
  4. Perut jadi rata lagi.
  5. Lemak berlebih seperti selulit kian memudar.

Sisa ampas teh saya pakai untuk digosokkan ke wajah dan berhasil membuatnya lebih bersih dan bebas jerawat. Asyik banget deh!

Yeay! Saya lega dengan efek teh hijau terhadap metabolisme tubuh saya. Langsung terasa efeknya bahkan sejak cangkir pertama!

Saran

Untuk Anda yang ingin mencoba membuktikan manfaat teh hijau cap Kepala Djenggot untuk kesehatan atau untuk melangsingkan tubuh, sebaiknya jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Kenapa?

Konsumsi teh secara berlebihan justru bisa memicu terjadinya penyakit tertentu seperti liver/sirosis (pengerasan hati). Seram kan...?

Demikian artikel tentang review teh hijau cap Kepala Djenggot untuk diet dan kesehatan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di artikel berikutnya, inshaa Allah! 

Selamat mencoba konsumsi teh hijau dan semoga program Anda berhasil! 

Punya pertanyaan, saran, atau apapun terkait tulisan ini, cusss langsung coret-coret di kolom komentar. Komen yuk?! Xoxo ^_^



(diens)

10 komentar untuk "Pengalaman Pribadi Konsumsi Teh Hijau dan Efeknya untuk Tubuh"

Comment Author Avatar
Brp kali sehari bu mnum teh hijauny yg bgus?
Comment Author Avatar
Hallo... Saya sendiri konsumsi teh hijau 2x sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam setelah makan malam.
Comment Author Avatar
Udah brp lama ibu mengonsumsi teh hijau?
Comment Author Avatar
Hai kak... Sejak hamil dan menyusui saya stop konsumsi teh hijau secara rutin, cuma sesekali saja. Waktu itu sebelum hamil saya rutin konsumsi sekitar 1 tahun lamanya.
Comment Author Avatar
Biasanya tehnya Beli dimana
Comment Author Avatar
di toko kelontong biasa.
Comment Author Avatar
Koq beda2 ya tiap baca artikel... Ada yg bilang.. Teh hijau bagusnya di minum sebelum makan...tp disini anjurannya malah setelah makan....
?
Comment Author Avatar
Hallo... Beda itu biasa koq kak, hehe. Di sini saya cenderung memilih konsumsi teh hijau setelah makan karena lebih aman untuk lambung. Perlu diketahui bahwa teh punya kandungan yg dapat meningkatkan produksi asam lambung. Nah, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan maka lebih baik perut diisi dulu sebelum minum teh apapun.

Pengalaman saya sih oke konsumsi setelah makan. Tidak harus makan besar, yang penting perut tidak kosong. CMIIW
Comment Author Avatar
Kak, umurku masih 17 tahun. Aman ga ya minum teh hijau?
Comment Author Avatar
Hallo kak Kiki, sepengetahuan saya boleh kak. Asalkan nggak berlebihan ya. Sehari 2 cangkir cukup, yakni pagi 1 cangkir dan sore 1 cangkir.

Silakan tulis komentar Anda di sini. Semua komentar akan ditampilkan kecuali yang mengandung unsur SARA, pornografi, spam, dan perjudian. Have a good discussion!

Klik kotak Notify Me (Beri tahu saya) untuk mendapatkan pemberitahuan saat saya membalas komentar Anda. Dan please jangan tinggalkan link aktif. Terimakasih ^_^

Regard,
-diens-