Zat Penting di Dalam Produk Kecantikan Untuk Memutihkan Kulit


Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Hari ini saya akan membahas tentang skincare. Produk perawatan kulit merupakan satu kebutuhan penting, apalagi bagi kaum hawa varietas yang seperti saya. Hehe 

Dari sekian banyak produk perawatan kulit dengan berbagai merek, terkadang Anda pun dibuat bingung olehnya. Saat menjelajah produk untuk mencerahkan kulit misalnya. Melihat deretan produk pemutih yang mirip satu sama lain, tangan ini pun gamam mau mengambil yang mana.

Di sini pengetahuan saya tentang dunia kecantikan seakan diuji. Beberapa pertimbangan matang harus menjadi landasan keputusan. Iya, soalnya tidak mungkin jika Anda memilih produk pencerah hanya berdasarkan kemasannya apalagi hanya karena diiklankan oleh artis idola Anda. Hmm saran saya jangan seperti itu ya. Lalu bagaimana dong?

Tips Memilih Produk Pemutih Kulit

Memang jadi bingung kalau dihadapkan pada pilihan yang terlalu banyak, ya? Hmm untuk menghalau kebimbangan hati itu saya punya sedikit uraian yang semoga bisa sedikit membantu Anda. 

Produk skincare pemutih dan pencerah biasanya mengandung bahan aktif yang dapat memberikan efek mencerahkan. Mencerahkan di sini maksudnya apa? Well, artinya berkhasiat untuk menaikkan skin tone

Inilah poin pertama dan utama yang harus Anda garis bawahi (plus cetak tebal) ketika memilih produk di department store maupun minimarket. Eh sekarang sudah zamannya olshop ding, ya? 

Ya pokoknya lihat secara seksama pada bagian komposisi produk alias bahan atau ingredients. Dari situ Anda bisa melihat apa fungsi produk tersebut. Bingung? Baca terus nanti uraian tentang zat-zat yang dimaksud akan dijabarkan. Secara tajam, setajam...pisau dapur mamak saya! :p

Saya pribadi biasa mencari bahan aktif yang telah terbukti secara klinis mampu mencerahkan kulit dengan baik sebelum membeli. Dengan mengetahui bahan-bahan ini, Anda jadi bisa mendapatkan produk yang tepat. 

Memang sih cara ini bisa membuat aktivitas berbelanja Anda jadi sedikit lebih lama. Ya soalnya harus sambil baca-baca dulu kan. Tapi tidak ada salahnya kok daripada salah membeli, betul?

Bahan Aktif Pencerah Kulit

Di dalam sebuah produk pencerah harus terkandung agen pencerah yang baik agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Memang benar cara alami adalah yang terbaik. Akan tetapi jika Anda punya keterbatasan dalam mendapatkan bahan alami dengan kandungan pencerah, Anda bisa mencari alternatif lain. 

Ada yang bisa tebak benda apakah yang dimaksud? Tidak lain dan tidak bukan dengan menggunakan produk perawatan kulit buatan pabrik.

Berikut merupakan daftar bahan ampuh yang memiliki fungsi untuk memutihkan kulit Anda. Zat ini biasanya dipakai dalam losion, pembersih wajah, pelembab, dan juga sabun mandi. Langsung cek daftarnya di bawah ini:

1. AHA 
Merasa sangat familiar dengan AHA? AHA merupakan kependekan dari Alpha Hydroxy Acid. Zat ini sangat baik untuk mencerahkan kulit wajah maupun kulit mencegah penuaan dini. Selain itu AHA juga termasuk ke dalam salah satu agen eksfoliasi kulit yang mampu bekerja dengan lembut di kulit. 

2. Licorice Extract 
Terhitung sampai saat ini licorice sudah banyak digunakan dalam industri produk perawatan kulit. Kemampuannya yang baik dalam menghilangkan flek hitam di kulit membuatnya banyak diburu. Bonusnya, tanaman yang memiliki nama lain akar manis ini bisa juga mencegah terjadinya kulit kusam. Mau kulit mulus anti kusam? Skin care dengan kandungan ekstrak licorice bisa menjadi pilihan.

3. Susu Kambing 
Susu mengandung begitu banyak nutrisi yang baik bagi bayi. Selain itu ternyata susu punya kebaikan yang tidak kalah banyak lho untuk kecantikan kulit. Vitamin yang ada pada susu mampu mencerahkan warna kulit. Apalagi jika Anda merawatnya secara teratur. 

4. Ekstrak Bengkoang 
Umbi berwarna putih yang satu ini sudah sangat melegenda sejak zaman kerajaan dahulu kala. Konon kabarnya para puteri keraton biasa menggunakan ekstrak bengkoang untuk merawat kecantikan kulitnya. 

Bahan aktif whitening alias pemutih alami di dalam bengkoang bisa membuat kulit semakin putih dan juga halus secara alami.

5. Kolagen 
Kolagen erat kaitannya dengan kelenturan persendian dan juga kekenyalan kulit. Padahal fungsi kolagen bukan hanya itu lho. Stok kolagen di dalam tubuh manusia dapat berkurang seiring dengan bertambahnya usia. 

Untuk itu Anda perlu mengkonsumsi makanan kaya kolagen untuk menjaga kecantikan kulit dari dalam dan tidak lupa memakai skincare yang mengandung kolagen untuk memelihara dari luar. Anda bisa memilih sabun ataupun lotion dengan kandungan kolagen menjaga kekenyalan kulit.

6. Vitamin E 
Kenapa ada vitamin E? Vitamin E memang bukan termasuk ke dalam bahan pemutih kulit. Akan tetapi vitamin ini penting untuk menjaga kelembaban kulit plus meremajakannya. Makanya selain bahan-bahan di atas, pastikan juga skincare Anda mengandung vitamin E ya.

7. UV Protection
Kalau kulit sudah putih dan mulus bersinar, artinya pengorbanan Anda selama ini telah membuahkan hasil. Pastinya tidak mau kan kalau kulit putih Anda gosong lagi? Untuk itu sunscreenatau UV filter juga harus ada di dalam produk skincare Anda. 

UV filter atau SPF akan bekerja melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet untuk mencegahnya kembali gelap. Selain itu sunscreen juga akan melindungi kulit dari berbagai bahaya sinar UV seperti flek hitam hingga kanker kulit.

Bagaimana teman-teman? Wah ternyata lumayan banyak juga ya zat penting yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih produk perawatan kulit. Kulit Anda memang membutuhkan berbagai nutrisi di atas untuk bisa mencapai goal menjadi lebih putih secara natural. 

Kira-kira dari nomor 1 sampai 7 itu ada berapa yang sudah ada di produk skincare Anda? Semuanya? Anda luar biasa! Pokoknya semakin lengkap kandungannya maka semakin manjur juga produk tersebut.

Tapi meski belum semuanya ada, setidaknya beberapa dari bahan aktif di atas bisa ditemukan di dalam produk perawatan Anda. Alternatif lain, jika Anda sedang memiliki waktu senggang yang cukup banyak, Anda juga bisa mencarinya di dalam bahan alami. 

Maksud saya yang benar-benar alami. Contohnya saja Anda bisa mengolah bengkoang segar menjadi masker. Selain sensasi segar yang lebih nyata, khasiatnya yang murni tidak akan menimbulkan efek samping. Seru banget!

Well, itu dia tadi daftar zat pemutih kulit yang penting untuk ada di daftar bahan pembuat produk personal care Anda. Kulit yang cerah bisa jadi memang cantik, namun tetap kulit sehatlah yang paling cantik. 

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda. Sampai berjumpa kembali ya di artikel berikutnya?, insyaa Allah. Memiliki pertanyaan, saran, atau komentar? Silakan tinggalkan pesan Anda di kolom komentar di bawah sana, yuk?! XO ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Zat Penting di Dalam Produk Kecantikan Untuk Memutihkan Kulit"