Cara Mengusir Tawon Dari Dalam Rumah Dengan Mudah

cara usir tawon dari rumah

Assalamu'alaikum, selamat datang di blo saya! Pernahkah Anda mendapatkan pengalaman buruk dengan tawon? Hewan yang satu ini sangat mudah dikenali dengan melihat perilakunya yang suka menyengat ketika diganggu. Jika dilihat dari klasifikasinya tawon termasuk ke dalam ordo Hymenoptera

Uniknya, semut juga termasuk dalam ordo yang sama dengan tawon lho. Kemudian kabar buruknya, ada jenis tawon yang suka bersarang di rumah penduduk dan sangat mengancam ketenteraman penghuninya. Menurut Anda, adakah cara mengusir tawon yang aman dan mudah?

Tawon di Dalam Rumah

Sebuah rumah sejatinya merupakan tempat tinggalnya manusia. Di dalam rumah-rumah tersebut para manusia menghabiskan waktu untuk bercengkerama, melakukan hobi, atau juga beristirahat. Apesnya, kadang ada makhluk hidup lain yang ikut masuk juga ke rumah. Ngerinya nih, kadang mereka juga sampai membangun rumah juga. Duh!

Berbagai makhluk hidup telah diciptakan untuk menjalani kehidupan sehari-harinya di dalam habitat yang cocok bagi mereka. Namun demikian terkadang karena cuaca yang kurang bersahabat, para hewan pergi mencari tempat yang dirasa lebih nyaman dan juga aman. 


Repotnya kadang ada yang sukanya bersarang di tempat tinggal kita, manusia. Contoh hewan yang paling sering ada di hunian manusia selain cicak yaitu tawon dan juga lebah.


Kalau tawon itu hanya satu atau dua ekor saja mungkin kita tidak akan merasakan gangguan yang berarti. Bisa saja mereka hanya sedang tersesat atau juga numpang lewat, ya kan? Hehe... However, kalau sudah sampai bikin susuh itu artinya kita harus segera mencari cara mengusir tawon dari sarangnya.


Cara Mengusir Tawon dari Dalam Rumah

Berbicara soal membasmi sarang tawon, dengan hanya membayangkannya saja sudah membuat bulu kuduk merinding. Selain mereka suka hidup secara bergerombol dalam jumlah yang cukup banyak tawon juga bisa menyakiti manusia dengan sengatan mautnya. 

Tempat yang biasanya dijadikan lokasi untuk membuat sarang oleh tawon adalah di kolong meja, kolong tempat tidur, dan juga langit-langit atau eternit rumah. Keberadaan sarang tawon di atap rumah sudah beberapa kali saya dapati. Langsung saja saya bertanya ke tetangga kanan kiri tentang bagaimana cara menghilangkan sarang tawon tersebut.


Mengusir tawon dan sarangnya memang sebuah tindakan yang tidak semua orang berani untuk melakukannya. Para kaum hawa pada umumnya tidak akan mau berurusan dengan persoalan seperti ini. Apalagi kalau tawonnya bersarang di atap begitu. Selain butuh keberanian, mengusir tawon dari atap rumah juga perlu keterampilan memanjat yang baik.

Cara membasmi tawon sebenarnya ada beberapa macam. Salah satunya dengan memanfaatkan kantong kresek. Oh iya saya jadi ingat cara mengusir tawon ndas dari rumah ala paman saya. 

Beliau menggunakan kantong kresek tebal untuk membungkus dan membuang tawon ndas beserta sarangnya dari langit-langit rumah. Jujur, cara ini kurang praktis untuk dipraktekkan oleh kaum wanita. Lagipula juga ngeri banget!

Kalau ada tawon yang mulai bersarang di rumah Anda, coba pakai tips membuat tawon pergi dari rumah ala saya ini. Caranya praktis dan sangat gampang. Saya selalu memakai tips ini setiap ada tawon yang memperlihatkan gelagat mau numpang tinggal plus beranak pinak di dalam rumah. Ikuti caranya ya?!


1. Siapkan sebuah galah dengan ukuran yang cukup panjang. Ukurannya bisa disesuaikan dengan jarak Anda dengan sarang tawon yang akan dibuang. Jika tidak bisa menemukan galah maka Anda bisa memakai gagang sapu.


2. Sekarang ikatkan beberapa lembar kertas kepada ujung galah yang telah disiapkan tadi. Anda bisa mengikatkan kertas ke galah menggunakan karet gelang atau tali rafia. Usahakan kertasnya jangan terlalu pendek ya karena bisa cepat habis.


3. Nyalakan ujung kertas tersebut menggunakan korek api hingga terbakar, kemudian dekatkan bakaran tersebut ke arah sarang tawon namun jangan terlalu dekat sekali. Pastikan bakaran kertas tersebut tidak sampai mengenai tawonnya.


4. Terakhir, pastikan kepulan asap dari bakaran kertas itu mengenai tawon-tawon yang bersarang di rumah Anda. Meski agak pegal, tahan terus galahnya hingga asap mengepul dan mengenai seluruh tawon yang ada di sana.


Tawon sangat tidak suka dengan aroma asap. Mereka akan langsung pergi meninggalkan sarangnya hanya dalam hitungan detik saja. Fungsi galah yang panjang tadi selain untuk mengikatkan kertas juga untuk menyesuaikan jarak Anda dengan tawon agar jangan terlalu berdekatan. Gerombolan tawon akan beterbangan dan mencari jalan keluar.



Tips

Saran saya, jangan panik atau malah memukul tawon yang sedang berusaha untuk kabur itu. Biarkan saja mereka pergi meninggalkan huniannya. Selama Anda tidak menyakiti dan membuat mereka merasa terancam maka tawon juga tidak akan mengusik Anda. 

Satu per satu mereka akan pergi menuju ke alam bebas untuk menghindari kepulan asap yang Anda buat tadi. Tunggu sampai semua tawon benar-benar telah pergi dan tidak ada satu pun yang tersisa di sarang. Setelah sarang dipastikan steril dari serangga menyengat itu, Anda bisa membuang sarangnya kemudian membakarnya.


Untuk mencegah agar tawon tidak membangun sarang di tempat yang sama lagi, oleskan sabun mandi batangan di tempat bekas rumah tawon yang baru saja Anda hancurkan. Oles agak banyak dan merata di bekas sarangnya. Cara ini akan membuat tawon tidak mau membuat sarang di situ lagi. 


Nah itu dia tips tentang cara mengusir tawon dari dalam rumah sekaligus menghancurkan sarangnya dengan aman. Bukan hanya itu saya juga sudah memberikan tips agar tawon tidak membuat sarang kembali di tempat yang sama, benar? 


Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan yaitu lakukan tips dari saya tadi dengan tenang dan santai saja ya. Soalnya kalau Anda merasa panik dan membuat tawon terusik, bisa jadi malah Anda yang akan dikeroyok oleh mereka. Tidak mau kan disengat kawanan tawon? Hehehe...


Sekian tips yang dapat saya sampaikan untuk kali ini. Dengan membuat tawon pergi dari rumah semoga tempat tinggal Anda menjadi jauh lebih nyaman. Selain itu semoga tawon yang tadinya ada di situ juga kembali ke habitat aslinya dengan selamat serta bisa berkumpul kembali bersama sanak keluarganya. Hehe...


Semoga tulisan tentang cara mengusir lebah dengan asap ini bermanfaat dan tidak lupa saya ucapkan sampai berjumpa kembali di artikel berikutnya! Punya pertanyaan atau pengalaman dengan tawon? Share di kolom komentar ya?! Xoxo ^_^



(diens)

2 komentar untuk "Cara Mengusir Tawon Dari Dalam Rumah Dengan Mudah"

Comment Author Avatar
Saya biasa menghadapi sarabg jecil didlm rumah biasanta pergi sendiri stl sebesar bola tennis,tapi ternyata mrk bikin sarang di teras rumah besarnya dua kali bola sepak,ngeri
Comment Author Avatar
Wah kalau sarangnya sudah sebesar bola takraw saya biasanya minta tolong paman buat pawangin tawonnya. Soalnya ngeri kalau sampai sarangnya berukuran jumbo... Hehehe

Silakan tulis komentar Anda di sini. Semua komentar akan ditampilkan kecuali yang mengandung unsur SARA, pornografi, spam, dan perjudian. Have a good discussion!

Klik kotak Notify Me (Beri tahu saya) untuk mendapatkan pemberitahuan saat saya membalas komentar Anda. Dan please jangan tinggalkan link aktif. Terimakasih ^_^

Regard,
-diens-