Minum Air Hangat Setelah Bangun Tidur Bisa Sembuhkan Penyakit Serius??? Baca Dulu!


tips sehat dengan air putih hangat
Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Hari ini saya mau membahas tentang sebuah ilmu perawatan kesehatan praktis yang sangat mudah untuk kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Apakah itu?

Siapa yang setuju dengan pernyataan saya ini: tanpa tubuh yang sehat kita tidak akan bisa menikmati hidup. Saya sih setuju banget dengan ujaran tersebut. Salah satu cara saya untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Tahukah Anda apa manfaat minum air putih? Kita bahas satu per satu, oke?!.

Air Putih

Untuk berbicara tentang berbagai jenis-jenis air, jujur saja saya bukanlah ahlinya. Apalagi kalau diminta untuk mengklasifikasikan air berdasarkan pH dan lain sebagainya. Akan tapi untuk perihal air putih, saya punya kok selaksa pengetahuan tentangnya.

Air putih adalah istilah yang biasa digunakan oleh orang-orang dalam menyebut air minum bening. Meski air tersebut sejatinya tidak memiliki warna putih, entah mengapa orang lebih suka menyebutnya demikian. 

Sejak kapan air minum diberi nama air putih? Berdasarkan pencarian fakta yang saya lakukan, saya belum dapat menemukan secara pasti sejak kapan air minum bening jadi lebih populer dengan nama air putih.

Air putih ini sejatinya tidak memiliki warna, akan tetapi karena nama tersebut sudah sangat umum dipakai untuk menyebut air minum bening maka sepertinya agak sulit untuk menggantinya. Kecuali di beberapa daerah di Banyumas, Jawa Tengah dimana masyarakat masih banyak menyebut air minum dengan sebutan 'wedang bening'.

Air Mineral

Selain istilah air putih, air minum juga punya sebuah istilah lain yang tidak kalah terkenal. Sebutan itu ialah 'air mineral'. Apakah yang dimaksud dengan air mineral tersebut? 

Air berwarna bening ini diberi nama air mineral karena di dalamnya terdapat kandungan berbagai mineral alami yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Itulah asal-usul kenapa air minum bening juga sering disebut sebagai air mineral.

Air Minum

Nah, meski memiliki berbagai penyebutan yang berbeda tapi inti dari semua sebutan itu adalah air minum, betul? Eh tapi tunggu dulu, coba izinkan saya bertanya. Apakah definisi air minum? Bingung lagi kan kalau ada pertanyaan seperti itu. Apakah semua air yang bisa diminum bisa disebut sebagai air minum? Jawabannya iya.

Setelah menilik pada kamus besar bahasa Indonesia, air minum memiliki pengertian sebagai air yang dapat diminum. Dengan dasar pamahaman tersebut maka tidak salah lagi jika semua cairan yang dapat diminum bisa disebut sebagai air minum. 

So, air minum bukan hanya air bening saja melainkan juga air kopi, air teh, atau juga sirup. Itulah kenapa kalau ada tamu yang datang ke rumah kita selalu ditanya mau minum apa.

Air Bersih

Itu semua kan tentang air yang bisa diminum, kalau air bersih definisinya apa? Apakah air bersih dapat diminum? Saya pernah juga menanyakan hal ini ketika masih duduk di bangku sekolah dasar dulu. Air bersih itu sulit untuk ditentukan kadar kebersihannya kalau tidak menggunakan bantuan alat khusus.

Air yang terlihat bersih boleh digunakan untuk keperluan mandi, mencuci, dan juga memasak. Akan tetapi sebaiknya jangan diminum kecuali sudah dimasak terlebih dahulu. Air yang layak untuk dikonsumsi setidaknya harus memenuhi syarat berikut; tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. 

Jadi, kalau masih terdeteksi ada aroma dan rasa yang aneh meski hanya sedikit maka sudah bisa dipastikan air tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Catat baik-baik tiga ciri air layak konsumsi di atas ya.

Di era modern seperti sekarang ini jumlah sumur artesis sudah banyak berkurang. Fenomena ini dipengaruhi oleh semakin meluasnya pembangunan gedung dan infrastruktur negara yang harus mengorbankan area terbuka hijau. Hutan-hutan dan daerah resapan air banyak yang berubah jadi perumahan. 

Ketika hal seperti itu terus berlanjut, secara perlahan namun pasti sumber air bersih berkualitas semakin lenyap. Mau tidak mau orang-orang memilih beralih ke air galon untuk memenuhi kebutuhan air minum setiap harinya.

Mereka pun galau untuk menentukan air galon yang paling bagus. Apalagi setelah berbagai merk air minum kemasan bermunculan meramaikan pasar. Meski tetap didominasi oleh perusahaan air yang telah dikenal sejak dulu, tidak jarang orang membeli merk baru karena harganya yang miring. 

Air galon hanya untuk mencukupi kebutuhan di rumah. Sementara di luar rumah orang butuh minum air. Untuk mencukupi kebutuhan cairan ketika di luar rumah mereka akan berburu air kemasan atau air mineral terbaik yang bisa ditemukan. 

Carilah air mineral yang baik untuk dikonsumsi dan baik untuk kesehatan Anda dengan memperhatikan kemasan, perusahaan penyedia air minum, kode produksi, serta tanggal kadaluwarsa. 

Selain itu periksalah warna, aroma, serta rasa air tersebut. Jika warnanya jernih, tidak berbau, serta tidak memiliki rasa (kecuali sedikit sensasi rasa manis) maka air tersebut insyaa Allah berkualitas.

Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Kalau sudah tahu dan bisa membedakan mana air yang layak untuk dikonsumsi dan mana yang tidak, sekarang saatnya untuk memanfaatkan air tersebut untuk menjaga kesehatan. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan. 

Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk selalu memperhatikan asupan cairan tubuh. Cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan air adalah dengan mengkonsumsi air putih berkualitas.

Salah satu cara untuk mempertahankan kondisi homeostatis tubuh kita harus mengkonsumsi air dengan pH sedikit di atas 7,5. Homeostatis sendiri merupakan suatu kondisi keseimbangan internal yang ideal dimana semua fungsi tubuh dapat berjalan sebagaimana mestinya secara tepat. 

Air hangat dengan pH sekitar 8 bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi kita diantaranya untuk mempertahankan kondisi homeostatis tubuh. Jika di luar sana telah beredar pesan berantai yang menyatakan bahwa terapi air putih hangat di pagi hari dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit serius, sesungguhnya pernyataan tersebut belum mempunyai pembuktian yang valid. 

Faktanya hingga saat artikel ini diterbitkan, belum ada penelitian yang dilakukan terkait isu air putih hangat untuk menyembuhkan penyakit.

Kabar baiknya, meski belum terbukti dapat memberikan dampak langsung pada kondisi medis tertentu ternyata air hangat bisa meringankan sejumlah kondisi sakit pada seseorang. Beberapa contohnya adalah yang akan saya tuliskan di bawah ini:

1. Meringankan Radang Tenggorokan

Ketika Anda mengalami rasa sakit ketika menelan makanan, itu adalah salah satu gejala radang tenggorokan. Terapi air hangat di pagi hari dapat meringankan rasa sakit yang tengah Anda alami. Untuk mempercepat penyembuhan alangkah lebih baik lagi jika Anda terus mengkonsumsi air putih dalam kondisi hangat selama mengalami radang tenggorokan.

2. Membantu Mengaktifkan Enzim Pencernaan

Enzim pencernaan berfungsi untuk memaksimalkan proses pencernaan makanan yang kita konsumsi. Enzim ini terdapat di sepanjang saluran pencernaan mulai dari mulut, lambung, usus, pankreas, hingga usus besar dan anus. Ketika tidur di malam hari enzim-enzim pencernaan ini juga ikut beristirahat. Konsumsi air putih hangat mampu membantu membangunkan enzim untuk segera bersiap bekerja kembali.

3. Mengurangi Nyeri Haid (Dysmenorrhea)

Kaum hawa biasanya akan mengalami kram di bagian perut selama masa menstruasi berlangsung. Meluruhnya darah dari dinding rahim menimbulkan sedikit rasa tidak nyaman di area perut. Air hangat dapat membantu relaksasi otot sehingga rasa nyeri pun berkurang.

4. Memperbaiki Pergerakan Usus

Usus manusia tergolong sangat panjang. Untuk itu diperlukan pergerakan yang bagus agar usus bisa mencerna makanan dengan baik sekaligus mengeluarkan sisa metabolisme dari dalam tubuh. Air hangat mampu membantu memperbaiki pergerakan usus sehingga performa usus jadi lebih baik.

5. Mencegah Sembelit

Dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan air, proses pencernaan akan berjalan dengan lancar. Air hangat dipercaya efektif untuk membantu melunakkan tinja. Salah satu efek minum air hangat di pagi hari adalah tubuh yang akan terbantu dalam hal proses pengeluaran feses yaitu dengan membuat pengeluarannya menjadi lebih mudah.

6. Mencegah Ambeien

Apa hubungan antara minum air putih hangat di pagi hari dengan ambeien? Meski keduanya tidak memiliki korelasi secara langsung namun jika proses buang air besar menjadi lancar, otomatis kita akan terhindar dari hemoroid. 

Aturan Minum Air Putih

Setelah mengetahui segudang manfaat dari minum air hangat di pagi hari, sekarang Anda bertanya-tanya bagaimana aturan minum air putih yang baik dan benar, kan? 

Kalau ditanya tentang aturannya, sebenarnya minum air putih tidak ada aturan pastinya. Namun ada patokan umum yang bisa dipakai untuk mengukur cukup tidaknya jumlah air putih yang telah kita konsumsi.

Manusia pada umumnya membutuhkan air putih sekitar 2 liter dalam sehari. Namun demikian ini hanya patokan saja. Pada prakteknya kebutuhan air putih seseorang senantiasa berubah sesuai dengan aktivitas, suhu udara, serta kebutuhan kalori hariannya. Aturan pasti dalam mengkonsumsi air putih hanya satu, yaitu minumlah ketika tubuh memberikan sinyal haus.

Baiklah, kiranya sekian dulu untuk hari ini. Terimakasih sudah mampir ke sini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya! ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Minum Air Hangat Setelah Bangun Tidur Bisa Sembuhkan Penyakit Serius??? Baca Dulu!"