Bau Mulut Kronis??? Usir Aroma Tidak Sedap Itu dengan Cara Ampuh Ini



Assalamu'alaikum, selamat datang di blog saya! Kali ini saya akan mengupas perihal kesehatan mulut. Siapa yang masih suka mengalami masalah bau mulut alias nafas berbau tidak sedap? Apakah itu Anda? Jangan bersedih, semua itu ada jalan keluarnya. Kabar baiknya, saat ini Anda sudah berada di tempat yang tepat untuk menemukan bagaimana cara mengatasi bau mulut.

Akibat Bau Mulut Tidak Sedap

Bau mulut pada umumnya disebabkan oleh kurangnya kebersihan gigi dan mulut. Selain sebagai upaya untuk menjaga kesehatan jangka panjang, menjaga kebersihan gigi dan mulut sejatinya adalah hal yang wajib untuk dilakukan jika Anda tidak ingin mengalami masalah akibat bau mulut tidak enak.

Saya yakin tidak ada satu pun orang di dunia ini yang akan menyukai bau busuk, dari manapun aroma tersebut berasal. Tentu saja termasuk bau mulut tak sedap. Iya bukan?

Bau mulut di dalam istilah medis disebut dengan istilah halitosis. Meski pada umumnya bau mulut disebabkan oleh makanan dengan bau menyengat, kurangnya kebersihan, dan juga masalah gigi berlubang, ternyata ada beberapa kondisi lain yang juga akan memicu timbulnya aroma tidak enak pada mulut.

Akibat bau mulut tidak sedap bisa bermacam-macam. Mulai dari dijauhi oleh orang-orang terdekat di sekitar kita, merasa minder ketika harus berbicara di depan umum, diledek oleh teman-teman sepermainan, hingga stress. 

Dilansir dari situs kesehatan alodokter, beberapa masalah kesehatan tertentu dapat menjadi biang kerok dari aroma tidak sedap di mulut kita. Coba perhatikan beberapa daftar penyakit penyebab bau mulut di bawah ini. Bisa jadi masalah bau mulut anak dan juga anggota keluarga lainnya di rumah Anda disebabkan oleh:

1. Bau mulut karena gangguan saluran pencernaan atau infeksi (termasuk penyakit refluks gastro-esofaegal dan bau mulut karena asam lambung). Bakteri penyebab bau mulut bernama Helicobacter Pylori.
2. Xerostomia atau kondisi mulut kering karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut.
3. Infeksi saluran pernafasan seperti bronkhitis kronis.
4. Gangguan hati.
5. Diabetes.
6. Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip atau aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan.

Jika anggota keluarga Anda telah melakukan kebiasaan-kebiasaan baik dalam hal perawatan gigi dan mulut akan tetapi masih saja mulutnya bau, coba cari tahu lebih dalam tentang apa penyebab bau mulut pada mereka. 

Bisa jadi itu bau mulut karena parasit atau karena tengah menderita salah satu dari penyakit di atas. Untuk menyembuhkannya silakan berkonsultasi kepada petugas medis kepercayaan keluarga Anda yakni dokter spesialis gigi.

Cara mengatasi bau mulut harus disesuaikan dengan penyebabnya. Misalnya bau mulut saat puasa yang terjadi akibat kondisi kosongnya pencernaan kita. Cara mengatasinya tentu tinggal membersihkan gigi dan mulut setiap setelah makan serta segera berbuka puasa saat sudah memasuki waktunya.

Lain lagi jika bau mulut ini disebabkan oleh masalah sakit gigi yang merupakan pangkal dari rasa malas kita dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut selama ini. Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang? Agar mulut tidak bau karena gigi bolong, pergilah ke dokter gigi untuk mencabut gigi berlubang tersebut.

Agar nafas wangi dan mulut tidak bau, beberapa cara agar mulut tidak bau di bawah ini dapat Anda coba praktekkan di rumah. Cara di bawah ini cocok untuk dilakukan jika bau mulut Anda bukanlah akibat suatu penyakit tertentu. Check them out!

1. Sikat Gigi

Untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dan menghindari berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut, sebaiknya tanamkan kebiasaan menyikat gigi setiap selesai makan, minum susu, dan juga sebelum tidur saat ini juga.

2. Kurangi Makanan Berbau Menyengat

Makanan dengan aroma menyengat dapat menyebabkan aroma tidak sedap di mulut. Baunya bisa menjadi lebih parah ketika Anda tidak menggosok gigi setelah mengkonsumsi jenis makanan tersebut.

3. Bersihkan Lidah

Lidah bisa menjadi sarang berkumpulnya koloni bakteri. Beberapa orang hanya akan menyikat gigi saja tanpa membersihkan lidahnya. Padahal lidah yang kotor juga merupakan sumber aroma tak sedap. Bersihkan lidah menggunakan alat pembersih lidah setiap kali dibutuhkan. Jika tidak tersedia alat pembersih lidah, Anda juga bisa menggunakan sendok.

4. Rawat Gigi Jangan Sampai Bolong

Gigi berlubang adalah sarang yang sangat disukai oleh bakteri. Biasanya makanan akan terperangkap di sana dan sulit untuk dibersihkan. Makanan yang terjebak dalam lubang gigi itu akan mengalami pembusukan. Tidak lama setelahnya Anda akan terus mengeluarkan aroma busuk setiap kali membuka mulut.

5. Makan Permen Mint Rendah Gula

Saat tidak memungkinkan untuk menyikat gigi setelah makan makanan beraroma tajam, Anda bisa mengunyah permen karet beraroma mint yang rendah gula agar tidak bau mulut. Wangi segar mint akan membantu menyamarkan bau tak sedap dari mulut Anda.

6. Ganti Sikat Gigi 2 Bulan Sekali

Menggosok gigi adalah satu cara biar tidak bau mulut yang paling dikenal luas. Sialnya, sikat gigi yang tidak kunjung diganti justru akan menambah aroma tidak sedap pada mulut. Gantilah sikat gigi Anda setidaknya 2 bulan sekali.

7. Rajin Membersihkan Gigi Palsu

Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana agar pemakai gigi palsu tidak mengalami bau mulut? Caranya mudah, rajin-rajinlah melepas dan membersihkan gigi palsu Anda setiap hari seperti layaknya merawat gigi asli.

8. Hindari Rokok dan Kopi Berlebih

Rokok sebenarnya tidak memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan keburukannya bagi kesehatan. Berbeda dengan kopi yang masih punya lebih banyak manfaat ketimbang efek merugikan. Namun demikian demi nafas yang sedap sebaiknya kurangi konsumsi keduanya secara berlebihan.

9. Hindari Alkohol Sama Sekali

Aroma alkohol yang sangat menyengat sangat mengganggu. Jika tidak ingin mulut bau, sebaiknya hindari alkohol sama sekali.

10. Cukup Air Putih

Last but not least, cukupi kebutuhan tubuh akan cairan. Kecukupan air putih akan membersihkan bakteri yang terdapat di sepanjang saluran pencernaan, termasuk mulut. Oleh karena itu konsumsilah air putih dalam jumlah cukup setiap harinya.

Cara agar nafas tidak bertambah bau bisa dengan merubah kebiasaan makan dan ngemil Anda selama ini. Gantilah makanan dengan yang tidak memiliki aroma menyengat. Saat waktu ngemil tiba, ganti camilan dengan buah-buahan segar seperti apel segar. Menggunakan cairan mouthwash juga bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan bau mulut sementara.

Bau mulut yang busuk memang membuat kita merasa tidak percaya diri. Bagi mereka yang sudah terlanjur menderita keluhan tersebut sebaiknya lakukan identifikasi mandiri terlebih dahulu. Jika setelah melakukan tips di atas bau mulut belum kunjung menunjukkan tanda-tanda perkembangan menjadi lebih baik, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis gigi dan mulut.

Itu dia jawaban yang bisa saya sampaikan untuk Anda yang sedang mencari solusi untuk mengatasi bau mulut yang membandel. Semoga tulisan ini bermanfaat! Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah. ^_^


(diens)

Posting Komentar untuk "Bau Mulut Kronis??? Usir Aroma Tidak Sedap Itu dengan Cara Ampuh Ini"